Galauan Lagu : HiVi - Siapkah Kau 'Tuk Jatuh Cinta Lagi

Juni 05, 2015

Judulnya panjang amat yak...

Bedewei, setelah sekian lama gak nulis serial galauan lagu (serial apaan orang baru 1 lagu...), akhirnya gue kembali lagi dengan lagu dari Hivi yang judulnya bikin kita males ngetik, Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta Lagi. Mungkin ini lagu terbaik Hivi menurut gue, ngalahin lagu Orang Ketiga yang sempet jadi anthem gue waktu awal-awal ditikung 2 tahun yang lalu *jadi curcol*.

Percayakah kalian, kalo sebenernya gue baru pertama kali ngedengerin lagu ini waktu jam 8 tadi, abis pulang dari Makrab di sekolah gue, dan seketika langsung gue donlot lagunya yang bajakan dan 2 jam kemudian gue langsung nulis tentang lagu ini di blog ini. Luar biasa memang. Lagu Teman Hidup-nya Tulus yang melegenda selama bertahun-tahun itupun belum pernah gue tulis di post yang khusus.

Kalo mau denger lagunya di Youtube bisa klik ini (bukan cerdas.com kok beneran) : Hivi - Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta Lagi

Jadi, secara garis besarnya, lagu ini dinyanyiin dari 2 sudut pandang. Pertama, si cewek yang ngeceng cowok yang udah punya pacar, terus si cowok yang dikeceng ini putus ceritanya. Kedua, si cowok yang baru putus tadi ngaku kalo dia udah putus dan udah gak punya rasa lagi ke mantannya. Anjrit, move-on nya cepet banget ya :( Gue aja belum move-on dari dia sampe sekarang *nyari shower*.


Ketika ku mendengar bahwa kini kau tak lagi dengannya
Dalam benakku timbul tanya

Masihkah ada dia, di hatimu bertahta?
Atau ini saat bagiku untuk singgah di hatimu

Namun siapkah kau 'tuk jatuh cinta lagi?


Lirik ini dinyanyiin si cewek di bagian awal lagu. Bagian ini istilah nya kayak si cewe udah tau kabar putus si cowo kecengannya (entah kenapa gue gak sreg nyebut kecengan, yaudahlah protes mulu) dan bertanya-tanya apakah si cowo itu masih ngarepin mantannya waktu dia putus. Dan dia juga masih nanya-nanya ke dirinya sendiri apakah sekarang tepat waktunya buat singgih ngekodein doinya. Tapi dia abis itu kayak buat anti-tesis perkataan dia sendiri dengan lirik lanjutan "Namun siapkah kau tuk jatuh cinta lagi?". Kau disini berarti dirinya sendiri. Tau lah.

Abis itu, si cowonya ngebales dong :( Kayak sidoi yang tiba-tiba ngechat duluan setelah 2 bulan, kurang lebih begitulah, walaupun ini bentuknya lagu. Yang dibales si cowok agak membuat gue shock.


Kini ku tak lagi dengannya, sudah tak ada lagi rasa antara aku dengan dia
Siapkah kau bertahta, di hatiku adinda
Karna ini saat yang tepat untuk singgah
dihatiku

Namun siapkah kau 'tuk jatuh cinta lagi?


Si cowo kayaknya udah ngelupain mantannya deh, liriknya eksplisit begitu :( Tapi kok cepet banget ya move-on nya? Kalo menurut penelitian Dr. Haykal dan Rafi Rasiq beberapa waktu lalu, kalo kasus kayak gitu muncul berarti pas masih pacaran si cowoknya emang udah gak ngarepin amat si cewek (mantannya) alias dalam hati udah meraung-raung "PUTUSIN GUE WOY CEPETAN" dengan tinggi nada yang sama kayak waktu cewek ngomong "Pokoknya turunin aku sekarang juga!!". Penelitian ini didasarkan pada pengalaman Rasiq sendiri waktu pacaran beberapa waktu yang lalu.

Tapi, ada salah 1 penggalan lirik yang dinyanyiin mereka berdua, yang kalo dibawa ke kasus dedeque-dedeque emesh pasti bakal dianggap baper.

Namun siapkah kau 'tuk jatuh cinta lagi?

Si cowo sama ceweknya sama-sama nyanyiin lirik ini kan? Kalo kata dedeque-dedeque emesh yang kalo nonton 1D aja sampe manjet-manjet pohon (padahal nontonnya di yutub :(((( ), hal ini berarti jodoh. Kesel ya? Yah, namanya juga dedeque-dedeque emesh, baper mulu. Ngomong hal yang sama dianggep jodoh, sebaris waktu upacara dianggep udah emang ditakdirkan bersama, disenyumin berasa dinafkahin. Namanya juga anak SMA.

Pas lagi nulis bagian ini, tiba-tiba ada lagu Teman Hidup diputerin di radio, mikir naon jam sakieu :( Harusnya jam 00.14, yaudahlah, bukan gue yang pegang saham utamanya ini.

Kau jiwa yang slalu aku pujaaaaaaa~

Lah, salah fokus, malah ngebahas lagu tetangga. Oke, fokus-fokus.


Meski bibir ini tak berkata 
Bukan berarti ku tak merasa ada yang berbeda di antara kita
Dan tak mungkin ku melewatkanmu hanya karena diriku tak mampu untuk bicara bahwa aku inginkan kau ada di hidupku...


Ya, itu bagian reff-nya, dinyanyiin sama si cewe sama cowoknya. Intinya, si cewek sama si cowok teh (kayaknya) saling suka, tapi gak jadian :( Aneh kan. Mungkin kata "If only u know..." tepat untuk mewakili perasaan mereka berdua. Atau, bisa diartikan juga kalo cinta itu gak harus dikatakan, bisa lewat tingkah laku lain kayak perkataan macem Jangan lupa Shalat Isya sebelum tidur "Aduh kamu kemana? Kok sendirian kesananya? Aku jemput deh ya", gatau, ngarang aja itu.

Gue jadi inget buku kumpulan sajak nya Tere Liye, judulnya "Dikatakan atau tidak, itu tetap cinta". Gue belum punya karena emang gue gak terlalu ngerti sajak.

Dan tak mungkin ku melewatkanmu hanya karena diriku tak mampu untuk bicara bahwa aku inginkan kau ada di hidupku...

Ah, if only u know :(

Ya sudahlah, pasrah aja.


Pikirlah saja dulu
Hingga tiada ragu
Agar mulus jalanku
Melangkah menuju ke hatimu


Itu lirik selanjutnya abis bagian reff, gatau aslinya dinyanyiin siapa dan ditujukan buat siapa. Tapi gue pikir-pikir, kelamaan merenung juga gak baik. Nanti salah satu pihak malah "Ah elah kelamaan mikir nih orang mau bilang iya atau ngga doang. Move-on ah, mumpung mas-mas baso sebelah rumah katanya mantan artis sinetron laga Indosiar"

Lirik selanjutnya yah gile juga, lebih baik gue post dalam bentuk gambar :
Bila kau jatuh cinta katakanlah jangan buat sia-sia.
Lagunya selesai, si mba galau karena kelamaan mikir, cowonya galau karena cewenya kelamaan mikir, mas-mas baso sebelah rumah galau karena dagangannya digosipin mengandung daging naga sama mas-mas baso RT sebelah.

BTW, produktif amat ya mereka, orang putus dan yang ngarepin aja bisa nyanyiin lagu barengan dan bisa nafkahin keluarga lewat tuh lagu. Lah kalo gue, kalo dia putus sama pacarnya (misalnya, walau gak ada kayaknya) aja gue cuman bisa bengong dan ngechat ke setiap temen gue "ANJIR SIETA PUTUS DONG SAMA PACARNYA, GILE SETELAH 42 BULAN YA AKHIRNYA".

Jangan baper sama jumlah bulannya, itu diketik secara spontan saja tanpa ada maksud khusus.

Entahlah atas dorongan apa gue nulis lagi post galauan lagu setelah bertahun-tahun, lagunya enakeun aja padahal baru pertama kali dengerin :( Gue bahkan dengerin lagu yang lagi gue tulis ini selama gue nulis ini post, kecuali waktu ada lagu Teman Hidup di radio, yang gak sengaja nyusup di tengah-tengah lagu ini.

Dan gue seneng, setidaknya lewat tulisan ini gue balik lagi jadi remaja seutuhnya, setelah 2 post terakhir gue tulis kayak Om-Om... Pokoknya, gitulah, selalu menyenangkan bisa nulis kayak anak remaja yang masih 16 tahun, masih masuk kategori dedeque-dedeque emesh.

Dan sebagai penutup post ini :

Terima kasih udah sempetin baca.

Wassalam :)

You Might Also Like

0 komentar