Cowok Sunda-Cewek Jawa

Juni 21, 2016

Konon katanya, ada 3 hal yang gak boleh di dunia ini :
1. Makan harta anak yatim
2. Sleding tekel waktu main basket
3. Cowok Sunda nikah sama cewek Jawa

Udah dari jaman WR Supratman magang di tempat servis alat musik "Kakanda Seorang" ataupun kurang, kita semua udah tau legenda bahwa perempuan Jawa gaboleh nikah sama laki-laki Sunda. Hal ini berkaitan erat dengan sejarah kerajaan di masa lalu, antara Kerajaan Pajajaran dan Kerajaan Majapahit. Karena Diah Pitaloka (eh iya kan?) yang dijanjiin nikah sama Pangeran Majapahit yang gue lupa namanya, malah diharkosin setelah Keluarga Mbak Diah diserang sama pasukan Majapahit di tengah jalan. Jadi aja Raja Pajajaran dendam ama Majapahit.

Kalo salah benerin yak :"

Itulah penyebab kenapa di Jawa Barat gada satupun nama jalan yang pake istilah dari Kerajaan Majapahit, baik nama raja, patih, ataupun nama kang ulek sambel favorit Gajah Mada. Ini juga berpengaruh ke dunia per-uwuwuw-an (percintaan). Katanya cewek Jawa gabole nikah ama cowok Sunda, gue gak tau alasannya tapi ya begitulah. Hal ini gak berlaku sebaliknya, alias cowok Jawa boleh aja nikah sama cewek Sunda.

Sebagai fakir asmara yang masih bingung mencari 'dia', gue agak sedih aja ama larangan tadi. Apalagi larangan itu tidak beralasan yang jelas, kayak kalo cowok Sunda nikah sama cewek Jawa nanti anaknya bakal jadi kang perobek karcis bioskop atau anaknya secara hukum harus tinggal di Palung Mariana sampe usia 21. Karena tidak adanya alasan yang hakiki, gue agak menentang pernyataan berikut, apalagi gue cowok Sunda yang walau ada Jawanya tapi dari lahir ampe sekarang tinggal di Tanah Sunda.

Apalagi gue jomblo, yang 17 tahun tinggal di Jawa Barat pun belun kunjung dapet pacar.
Siapatau dari Jawa Tengah-Jawa Timur sana ada yang nyantol satu.

:3

Lu kira ikan sapu nyantol ke akuarium toko ikan Jalan Karapitan.

Pernyataan tersebut udah lama ada, bahkan kayaknya itu ada waktu jaman uyutnya kura-kura gue lagi lucu-lucunya PDKT sama gebetan di sekolah kura-kura. Dan harusnya semakin lama hal tersebut udah mulai dilupakan oleh orang-orang, karena ya nanaonan :( Watir nu jomblo mak #LoveWins. Buat beberapa orang emang udah dilupakan, tapi rasanya bakal tetep aneh aja buat orang Sunda kalo liat cowok Sunda nikah sama cewek Jawa. Walau gakan jadi trending topic sampe masup Line Today, tapi gue yakin yang tau bakal nyinyirin dalem hati "Ih nanaonan si Dadeng nikah ama si Sumini nu icalan galon di Probolinggo, mending jeung aing Fatimah anu geulis anu someah anu pamajikan kebon cau di Cadas Pangeran".

Eh di Cadas Pangeran ada kebon pisang gitu?

Tapi gue berharap, makin lama orang Sunda-Jawa yang tau tentang ini bisa melupakan dan menerima bahwa gada yang salah cowok Sunda nikah sama cewek Jawa, seluwes mereka nerima cowok Jawa nikahin cewek Sunda. Karena ya apa salahnya sih Asep Tambal nikah sama Susi Jamu? Sama-sama mahluk Allah ini kan.

Yang pasti gabole itu cowok Jawa nikah sama cowok Sunda. Karena ya haram bg nikah sesama jenis :<

Btw gue juga belom pernah liat deh kayaknya cowok Sunda nikah sama cewek Jawa. Anyone?
Gue ngomong ini atas nama Komisi Pemberantasan Kangen, yang berjuang agar kita bisa mencintai siapapun tanpa dibatasi dinding dinding perbedaan yang bau keringet gajah abis ikut marathon. Karena setelah 12 tahun sekolah di Tanah Sunda, akhirnya gue berkuliah di ITB.

Eh da ITB Bandung oge sih heheheh.

Tapi seenggaknya gue di kuliah bisa kenal dengan banyak orang baru yang tentu berasal dari seluruh Indonesia, beda sama di TK-SMA dimana gue rata-rata temenan ama yang dari kecil udah di Bandung juga.

Ya siapatau di ITB ada yang satu gitu hehe.

Hehe.
Jomblo.

Tapi intinya, doakan saja~
Wassalam.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Wkwk #surabayawin

    BalasHapus
  2. Jodoh rezeki itu tuhan yang ngatur bukan suku ..

    BalasHapus
  3. saya juga tergila gia mojang bdg tp tdk kesampaian.. saya juga lg stress krna saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja di bdg saya sering dimutasi, diremehkan orang krna otak dan tenaga saya payah shg saya mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja. dulu saya kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang saat nyari cewe dll.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan online tdk laku.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah..dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nur andir (karyawati iwamatex), tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2thn ditolak habis habisan.. saya melamar dia saya ditolak. nur cuma org pelosok kampung, anak dari petani miskin tp cantik bngt, spt artis korea. dulu saat saya pertama kali ke rumah nur di minggu pagi, dia baru bangun tidur blm cuci muka tp tetap cantik.

    BalasHapus
  4. Sy sunda. Istri jawa. Untungnya sy hd ngerti bhs jawa.istri sy jd kesundaan..wkwk..alhamd rejeki jg lancar dan rejeki klo mnurut sy bner2 nomplok..yg pnting brdoa trs sm Allah SWT
    .mudik jg bisa giliran k tanah sunda n tanah jawa lebih seru gan

    BalasHapus
  5. Mmm byk jg ya yg blg laki sunda nda boleh sm perempuan jawa..
    Sy perempuan jawa pacar sy org sunda
    Sudah 2 thn bersama tapi ayah sy blm tau klau sy pacaran sm org sunda karena sy tau klau ayah sy tdk suka org sunda.. hal itu pula yg membuat sy blm berani maju utk memperkenalkan dy.. takut tdk diterima..
    Sy masih berusaha mengumpulkan keberanian sy utk bicara..
    Pdhl tdk semua org sunda seperti yg dibicarakan..
    Tp harus d mulai seperti apa ya utk bicara ttg ini ke ayah sy?
    Mohon sarannya����
    Doakan hubungan sy lancar2 saja ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sama kak. Cowo aku sunda akunya jawa. Kita perbanyak doa dan usaha aja.insya Allah kalau niatnya ibadah (nikah) nanti di lancarkan Allah. Ceritain tentang dia, Kasih pengertian ke orang tua pelan pelan baik baik. Insya Allah nanti kedepannya kalau jodoh pasti dipermudah Allah. Aamiin..

      Hapus