Lika-Liku UTS Semester 2 : Statbis

Februari 28, 2017

Setelah kemarin gue pede banget nilai UTS Matbis gue bakal lumayan bagus, kali ini gue harus menghadapi UTS Statbis alias statistika bisnis, dimana ini jadi matkul yang paling gue gak suka karena jujur aja gue gak ngerti apa-apa selama di kelas, gak ngerti apa-apa berarti beneran gak ngerti apa-apa, walau gue udah mencurahkan fokus 100% buat statbis kali ini, yang emang baru mulai di semester 2 ini. Gue sendiri sebenernya sempet ngerti statbis waktu materi awal-awal, yang gue sebut statbis culun, tapi abis itu, sumpah, gue gak ngerti ini dosen ngomong apaan. Setiap dosen gue ngomong, waktu sesi auditorium atau sesi kelas tutorial, gue selalu ngebayangin dosen gue ngomong itu kayak lebah lagi ngedengung, yang ngebuat gue bawaannya malah pengen minum Madu TJ saking gue pasrahnya sama statbis ini. Gue aja sampe gak paham harus belajar apa dan belajar sama siapa, karena rata-rata temen gue pada pengen belajar sendiri. Akhirnya, gue ngandelin catatan salah satu temen gue yang sempet gue fotokopi sebelumnya, dan gak ngandelin catatan gue sama sekali karena lebih bikin hati tersayat daripada catatan matbis gue, saking bingungnya gue mau nyatet apa waktu lagi di kelas :( Bermodalkan Bismillah dan seperangkat alat tulis, gue pun nyoba belajar walau gak tau apakah gue bakal kejang-kejang waktu baru 10 menit belajar.

Akhirnya, gue belajar.

Gue gak kejang-kejang sih walau udah 11 menit belajar.

TAPI GUE GAK NGERTI WOY INI APA PARAH.

Waktu belajar statbis.
Walau udah mengandalkan catatan temen gue dan berbagai fotokopian materi buat UTS statbis ini, gue masih bingung gue belajar apaan. Akhirnya, gue nanya ke beberapa temen gue, ke pacar gue, ke Susilo kura-kura kesayangan gue, sampe ke bumbu kacang yang ada di tempat jualan lotek deket rumah gue, tapi gak semua dari mereka bisa membantu gue. Akhirnya, ujung-ujungnya gue belajar sendiri juga dan gak lupa Bismillah aja karena nanti, kita semua bakal dikasih cheat sheet alias kumpulan rumus yang sekiranya diperluin buat UTS Statbis ini, karena saking susahnya statbis ini sampe dosen pun ngasih kertas penuh rumus ke kita, tinggal kitanya aja yang pinter-pinter tau tiap rumus hari dipake dimana. Akhirnya, gue cuman belajar pola dari tiap soal yang ada di materi tiap minggunya, bermodalkan pembahasan dari PR yang ada tiap minggunya, lumayan ngebantu sih walau ujung-ujungnya otak gue tetep kejang-kejang.

Akhirnya, gue tidur dan kebangun jam setengah 5 subuh, buat lanjut belajar walau masih gak ngerti harus belajar apa lagi, sempet kepikiran buat belajar mindahin awan hujan saking bingungnya harus belajar apa tadi subuh. Tapi akhirnya, gue memutuskan buat menghadapi UTS Statbis pertama secara jantan, dengan harapan jelas yaitu gak dapet nilai E jadi gak harus ngulang tahun depan. Kelas sendiri masuk setengah 8 pagi kayak biasa, masih di kelas 2A. Gue sendiri agak bego hari ini, dateng 10 menit sebelum ujian mulai jadi gak sempet belajar atau nanya-nanya ke temen gue sebentar mah. Tapi ya kadang idup menuntut kita untuk jantan. Pengawasnya sendiri kali ini dari tim dosen statbis, dimana gue gak kenal pengawasnya tapi tau, abang-abang yang mukanya arab dan jenggotnya keren itu. Soal pun dibagiin, sama answer sheet yang warna oranye itu, sama cheat sheet yang cuman selembar tapi menyangkut nyawa kita itu, dan berbagai tabel yang gue gak paham lagi apa fungsinya selain buat dipake jadi bungkus gorengan mang-mang.

Sambil baca Bismillah, gue buka soalnya. Cuman ada 4 soal, dan tipe soalnya sama kayak matbis, yaitu tipe soal dengan mindset banyak anak banyak rejeki.

(( cuman ada empat soal ))

(( banyak anak banyak rejeki ))

Dimana ini artinya setiap soal nilainya 25, yang artinya gue harus seenggaknya ngerjain 2 soal atau ya kalo bisa 3 biar ngebuat belajar gue yang gak faedah itu jadi ada faedahnya dikit. Sekitar 15 menit pertama gue baca dulu semua soalnya, yang Bahasa Inggris semua itu, dan mencoba buat ngertiin soalnya ini mau apa. Sayang sekali, gue lagi-lagi gak nemu soal yang minta ditraktir nasi padang, padahal gue udah siapin duitnya kali-kali ada soal yang mau makan nasi padang. Tapi akhirnya, setelah 15 menit baca soal, 10 menit selanjutnya gue nyoba ngerjain 1 nomor dulu yang dimulai dengan nyalin ulang soalnya tapi dalam bentuk angka dan beberapa rumus yang gue liat dari cheat sheet (karena semua soal bentuknya cerita). Yang gue kerjain pertama adalah soal survei parkir di mall, dimana soal itu nanya berapa rata-rata orang ngabisin waktu sampe dapet parkir di mall yha begitulah, tadinya gue mau jawab bodo amat bukan urusan gue :( Tapi seketika gue tersadar bahwa ini urusan gue.

Soal parkir itu, gue lumayan bisa ngerjain walau sebenernya gak lancar-lancar amat karena ada bagian yang gue lupa. Tapi setelah sekitar 90% soal itu selesai, gue coba ke soal lain YANG TERNYATA MASYA ALLAH SUSAHNYA BIKIN GUE PENGEN TERNAK SAYUR LODEH AJA. Gue butuh waktu lebih lama buat baca 3 soal sisanya dan ngeidentifikasi ketiga soal ini harus pake rumus yang mana. Gue rada dapet pencerahan yang gak tau darimana pas waktu tinggal setengah jam lagi, jadi gue ngebut ngerjain 2 soal yang belom di setengah jam sisa, sambil nyelesein soal parkir tadi. Di salah satu soal yang gue lupa tentang apa, gue sempet diem dulu merenung sambil mikir tentang salah satu bagian soal, yang akhirnya ngebuat gue capek duluan dan jadi males ngerjain 1 soal sisanya :( Karena waktu juga udah mepet tinggal 3 menit lagi kalo gak salah jadi yasudala saya pasrah seperti yang biasanya saya lakukan.

Gue pun cuman ngerjain 3 soal, udah lumayan banget walau gak semuanya selesai. Akhirnya gue kumpulin soal beserta answer sheet yang warnanya oren itu beserta cheat sheet beserta segala macam tabel gak faedah dengan baca Pasal 31 UUD 1945 Bismillah, sambil berharap ya seenggaknya gue dapet C juga udah syukur Ya Allah mahasiswa macam apa gue :(

Jadi ya, besok UTS TTKI.

Dimana menurut gue UTS udah selesai.

Hehe.

Doain aja semoga semester ini lancar.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar