Als ik een ingenieursstudenten was

Maret 01, 2017

Gue ambil judul post ini dari tulisan karya Ki Hadjar Dewantara yang make Bahasa Belanda, "Als ik een Nederlander was" yang artinya "Seandainya saya orang Belanda" dan dimuat di surat kabar De Expres punya Belanda sana tanggal 13 Juli 1913. Tulisan Ki Hadjar Dewantara ini berisi soal kritikan pedas ke pejabat Hindia Belanda waktu itu, dan gara-gara tulisan ini beliau ditangkep sama Gubernur Jenderal Belanda waktu itu, Idenburg untuk lalu diasingkan ke Pulau Bangka tapi lalu dipindah ke Belanda bareng 2 sohibnya waktu itu, Douwes Dekker sama Tjipto Mangunkusumo, karena mereka berdua protes kenapa Ki Hadjar Dewantara malah diasingkan ke Pulau Bangka padahal Ki Hadjar Dewantara sendiri yang minta diasingkan ke Pulau Bangka.

Buat isi "Als ik een Nederlander was" sendiri, gue gak terlalu inget detailnya karena gue baca tulisan itu terakhir sekitar bulan Juni, tapi secara umum tulisan itu berisi soal curhatan orang Hindia Belanda yang berangan-angan jadi orang Belanda, tentu dengan kalimat sindiran, tulisan itu sendiri dibuat karena kalo gak salah waktu itu Belanda mau ngadain pesta dalam rangka ulang tahun Kerajaan Belanda, dan itu ngebuat rakyat Hindia Belanda cukup menderita karena harus ikut patungan buat pesta yang bukan milik mereka. Kalo gak salah sih gitu isinya, kalo salah benerin ya huehehe~

Als ik een ingenieursstudenten was

Mungkin beberapa dari kalian memiliki perasaan gundah atau ada sesuatu yang mengganjal di hati gara-gara mikirin ini,

"terus artinya tulisan ini apa Kal? Seandainya saya badak epilepsi gitu?"

Ya, jadi, berbekal tulisan Ki Hadjar Dewantara dan juga Google Translate, gue menemukan formula yang pas buat judul tulisan ini. Buat klean-klean netters budiman yang punya kartu member Awkarinholic Premium Class dan gak sempet belajar Bahasa Belanda, nih gue kasitau arti judul tulisan ini. Jadi, judul tulisan ini gak beda jauh sama judul tulisan Ki Hadjar Dewantara yang gue tulis tadi, bedanya cuman di kata "Nederlander" yang artinya "seorang Belanda" dan diganti sama kata "ingenieursstudenten" yang artinya "mahasiswa Fakultas Teknik".

Jadi, arti dari judul tulisan ini adalah "Andai we fall in love with people we can't have saya seorang mahasiswa Fakultas Teknik".

Sebenernya, besok gue masih UTS 1 matkul lagi (dan 4 SKS) terus besok juga adalah hari deadline buat ngumpulin learning journal matkul MPL (Management of Practice Leadership) dan learning journal yang harus ditulis pake Bahasa Inggris itu belom gue kelarin, tapi gue malah nyasar di perpus ITB lantai 3 sambil nulis tulisan ginian, yang gue sendiri pun gak tau kenapa gue tiba-tiba pengen nulis ginian. Mungkin alasan paling kuat yang bisa gue pake adalah karena judulnya keren aja pake Bahasa Belanda jadi keliatan intelek-intelek lucu gimana gitu HEHEHE. Dan yang lebih kerennya lagi, gue di perpus ini bareng si Faisal dan dia lagi belajar SHS (Studies of Human Societies) buat UTS besok sementara gue ngeblog sambil dengerin lagu di laptop.

Sekali lagi, aktifitas menentukan kualitas.

Daripada nungguin BIN (Badan Intelejen Namibia) yang lagi menyelidiki kenapa gue tiba-tiba pengen jadi mahasiswa fakultas teknik, mending gue aja deh tulisin di sini sekarang. Oh iya, buat klean yang mungkin bingung dan berharap mendapat jawaban dengan hati penuh tanya, gue sekarang ini adalah mahasiswa SBM (Sekolah Bisnis Manajemen) di ITB yang menjadi salah satu fakultas di ITB yang kagak ada teknik-tekniknya sama sekali, ya kecuali kalo teknik mencari duit dan teknik nego biar bayar parkir motor murah masuk kurikulum sih bisa lahh SBM ini disebut fakultas teknik. Dan, hal itu juga yang jadi latar belakang kenapa gue nulis ini, gue mahasiswa bisnis manajemen di institut teknologi, yang lingkungan sosialnya jelas teknik banget dan otak-otak mahasiswanya dipenuhi sama angka-angka dan rumus-rumus ilmu pasti.

Setiap hari, gue liat ratusan anak fakultas teknik di ITB walau gedung SBM letaknya paling ujung di ITB, rata-rata dari mereka keliatan kayak orang pinter yang hobinya ngitung dan NIK di KTP-nya make angka biner saking pinternya. Apalagi kalo gue udah ke perpustakaan pusat ITB, dimana waktu baru masuk dan nengok kiri kanan aja pasti ada mahasiswa yang lagi duduk anteng dan ngerjain soal, kadang sendiri dan kadang rame-rame, lalu gue akan semakin banyak nemu yang semacam itu kalo gue menjelajah lebih jauh ke perpus, dari mulai lantai 1 sampai 4 pasti penuh sama anak-anak lagi belajar, apalagi sekitar jam 1-2an, dimana hampir semua bangku lantai 3-4 yang jadi tempat paling pewe di perpus ini penuh sama ratusan mahasiswa pintar yang lagi ngerjain soal. Ini beda banget sama kelakuan mahasiswa SBM, yang rata-rata datang ke perpus buat ngaso atau tidur sekalian, kayak yang lagi gue lakukan ini, nulis blog sambil pake headset, kagak ada ngitung-ngitungnya, palingan gue ngitung berapa sisa duit gue kalo 5rb nya gue pake buat beli martabak mini di sebrang gedung SBM yang enaknya bikin lupa diri itu. Gue sendiri sekarang lagi ada di sekeliling banyak mahasiswa fakultas teknik yang rata-rata lagi bahas soal bareng, bisa kimia, fisika, matematika, gamtek (gambar teknik), gamsin (gambar mesin) dan segala macem ilmu kepastian yang isinya angka-angka itu.

Bayangin, gue tiap hari sampe tahun 2019 nanti ada di lingkungan kayak gini, dimana setiap hari gue dikelilingi ribuan mahasiswa teknik, di ITB pula, yang namanya aja jelas-jelas institut teknologi, gimana gak pengen gue jadi mahasiswa fakultas teknik? Kalo di sosiologi, hal kayak gini namanya kompulsi, salah satu jenis pengendalian sosial yang dilakukan dengan cara menciptakan suasana atau kondisi tertentu supaya seseorang akhirnya bisa kembali ke norma yang sesuai di masyarakat. Gue juga gini kayaknya, suasana dan kondisi yang mendukung gue buat seenggaknya pengen jadi mahasiswa fakultas teknik.

Sebenernya, gue nulis ini cuman karena gue gak ngerti lagi kenapa gue ini lama banget ngerti soal matematika atau segala yang ada hitungannya. Ini gara-gara beberapa hari lalu waktu gue lagi belajar matbis (matematika bisnis) dan statbis (statistika bisnis) buat UTS, gue beneran butuh waktu lama banget buat paham dan inget sama semua materinya. Matbis masih mending gue emang lumayan ngerti karena materinya pelajaran waktu SMA, beda sama statbis dimana waktu ngerjain soal UTS statbis kemaren, rasanya gue mau nangis aja sampe Bulan Ramadhan dan nulis permintaan maaf di akhir jawaban gue "Maaf Pak / Bu kertasnya basah dan asin" saking gue gak bisanya walau udah belajar sedemikian rupa. Ini beda sama Rara, pacar gue, yang entah udah nyicil belajar matbis dan statbis dari kapan hari, dimana gue liat dia kalo gabut pasti ngerjain soal matbis sama statbis. Gue bawaannya aja udah males kalo liat soal matbis atau statbis, kalau pun gak males, gue bingung harus diapain itu soal :(((((

Aq hinaaaa, tukarkan saja daku dengan beras biar ramai.

Mungkin salah satunya karena waktu SMA, gue adalah anak IPS yang senengggg banget bisa masuk IPS, walaupun waktu disuruh milih IPA atau IPS, gue sempet bingung karena gue gak sebenci itu sama pelajaran IPA, tapi pada akhirnya gue gak bisa ngebayangin gimana mampusnya gue kalo aja dulu gue milih jurusan IPA. Ayah gue sendiri dulunya kuliah di teknik mesin UGM terus pindah ke teknik elektro STT Telkom, dan ini menandakan kalo otak ayah gue gak nurun ke gue, dan kayaknya lebih nurun dari Ibu gue yang dulunya mahasiswa hukum di Lampung sana, yah walaupun gue gak minat masuk hukum juga sih. Karena emang dari SD, gue adalah salah satu anak yang butuh waktu lamaaaa banget buat bisa ngerti pembahasan soal matematika dan itu masih gue alami sampe sekarang, walaupun gue udah konsentrasi penuh pun, gue jarang banget bisa ngerti soal matbis ini dalam waktu yang cepet, kecuali kalo gue diajarin berdua sama temen gue, yang entah kenapa biasanya langsung bisa walau kadang 1 jam kemudian gue udah lupa temen gue ngajarin apaan tadi.

Dan yang jadi alasan lain adalah, stereotip orang Indonesia soal mahasiswa fakultas teknik adalah keren dan masa depannya gilang-gumilang serta cerah membahana, ini adalah cara pandang orang Indonesia yang masih bertahan sampai sekarang karena waktu zaman Suharto dulu, beliau lebih ngutamain pembangunan negara dan itu jelas butuh insinyur yang banyak, jadi dulu semua orang tua berharap anaknya masuk fakultas teknik di kuliahan, karena keren dan (katanya) gajinya gede. Hal ini membuat fakultas lain rada kalah pamor dibanding teknik, ya kecuali fakultas kedokteran mungkin yang keliatan sama kerennya, tapi tetep keduanya dari jurusan IPA. Gue juga gak tau kenapa suka ngerasa kalo mahasiswa teknik itu emang keren banget, keliatan berkelas padahal aslinya sama aja kayak fakultas laen, ke perpus buat belajar tentu lebih keliatan intelek dan pintar daripada ke perpus malah ngeblog sambil pasang headset padahal besok UTS.

Mamah dari cewek mana sih yang gak nyari cowok macam gituan~

Gue sendiri akhir-akhir ini jadi suka ngebayangin kalo aja gue anak IPA di SMA dulu, gue bakal milih fakultas dan jurusan apa di ITB ini. Dulu, sebelum gue milih jurusan, Ayah gue sempet nyaranin gue buat masuk Teknik Industri sampe Ayah gue sadar kalo Teknik Industri gak bisa diisi sama anak IPS, jadi mungkin seandainya gue anak IPA, gue bakalan milih Teknik Penerbangan / Aeronautika, Teknik Mesin atau Teknik Industri karena, ya gak tau namanya juga berkhayal :(( Gue tiba-tiba pengen ke Teknik Mesin mungkin karena seneng sama slogannya mobil Audi yang dari Jerman itu, "Vorsprung durch Technik" yang artinya "Keunggulan melalui teknologi".

Tapi lalu gue sadar kalo orang beda-beda, termasuk gue. Gue mungkin gak akan bisa ngerjain soal fisika dasar selancar para mahasiswa teknik, tapi mungkin mereka juga gak akan betah liat catatan pelajaran sejarah gue waktu kelas 11 yang katanya ampuh buat nyembuhin katarak itu, karena gue suka banget sama pelajaran sejarah waktu SMA. Jadi, intinya, semua orang punya zonanya tersendiri, ada yang pinter ilmu pasti, ada yang pinter antropologi, ada yang pinter memahami orang, ada yang pinter olahraga, dan ada juga yang pinter ninggalin waktu lagi sayang-sayangnya.

Eh gini bukan sih cara mainnya?

Yang penting, kita bisa bersyukur sama apa yang kita bisa, karena apa yang kita bisa ini belom tentu bisa orang lain lakukan. Kayak misal gue sama Rara. Mungkin Rara bisa aja seharian diem di kosan sambil ngerjain statbis sampe mampus dan gue gak bisa kayak gitu, tapi mungkin si Rara juga gak akan mau seharian di kamar sambil baca buku "Sejarah Tuhan"-nya Karen Armstrong terus keluar kamar dalam kondisi mulut berbusa-busa sementara gue mau-mau aja baca buku itu seharian walaupun emang gaya bahasanya Mbak Karen suka bikin otak gue kebalik. Yang penting lagi, kita tau diri, bisa memosisikan diri sesuai apa yang kita bisa. Jangan maksain apa yang nggak lu bisa supaya apa yang lu bisa ini dapat lu maksimalkan. Jangan sampe kalo lo suka banget sama sejarah, tapi malah gak mau belajar sejarah dan malah belajar matematika sampai mulut berbusa cuman karena Mamahnya gebetan lu mau punya mantu anak teknik. Don't lose yourself trying to impress someone.

Asek gak tuh.

Nggak ya :(

Tapi sampai kapan pun, gue gak akan bisa masuk fakultas teknik dan kalau pun bisa, gue juga gak mau karena gue udah seneng di jurusan bisnis manajemen ini HEHEHEHE NAMANYA JUGA ANDAIKAN. Begitulah namanya juga mahasiswa labil dan laper.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar