Lika-Liku UTS Semester 2 : SHS

Maret 02, 2017

Hari UTS terakhir, dimana aura UTS pelan-pelan mulai pudar tapi buat beberapa orang, aura UTS ini meningkat lagi karena hari ini adalah UTS 4 SKS, dimana beban SKS nya paling besar dibanding matkul lain. Setelah kemaren dikasih 'hari santai belajar' waktu UTS TTKI, kali ini gue gak bisa terlalu santai karena walaupun gue suka dan lumayan ngerti sama materi SHS, tapi gue gak bisa sepenuhnya ngandelin otak gue yang udah mulai tua dan rada pelupa ini, walau gue yakin banget gue gak akan lupa. Dibanding semua matkul lain pun, matkul SHS jadi salah satu matkul dimana gue paling rajin nyatet selain matbis. Tapi bedanya, di SHS ini gue nyatet karena emang materinya menarik, dibanding matbis dimana gue nyatet karena kalo gak nyatet, gue jadi tambah bego. Seinget gue pun, gue cuman pernah sekali gak masuk SHS sesi auditorium dan sekali SHS sesi kelas tutorial, dan di hampir semua sesi gue selalu merhatiin dengan seksama kecuali pernah 1-2 kali gue setengah tidur di auditorium. Tapi dari itu semua, gue jadi yakin bahwa gue lumayan nguasain semua materi SHS ini, yang perlu gue lakukan cuman belajar ulang lagi biar gue gak lupa sama materi SHS yang bejibun tapi rame itu.

Matkul SHS gue anggap paling seru karena ngebahas soal budaya, agama, pola hidup masyarakat, sama segala jenis begituan-begituannya yang sebenernya udah gue pelajarin juga di SMA, tapi kali ini lebih dalem lagi. Gue juga selalu tertarik denger cerita Pak BR, dosen utama SHS yang udah senior dan kabarnya, dia punya tatto Mentawai di badannya yang tandanya dia udah dianggap jadi warga kehormatan di Suku Mentawai sana, karena dulu dia pernah 8 tahun tinggal bareng Suku Mentawai, buat meneliti kehidupan masyarakat disana. Selain itu, Pak BR juga suka cerita soal perjalanannya ke tempat-tempat dengan suku terasing di Indonesia, kayak Suku Tanimbar di Maluku sana, dimana waktu itu Pak BR cerita soal pola perkawinan sama derajat keluarga yang ada di Suku Tanimbar itu, gak lupa juga dia cerita soal kain tenun Suku Tanimbar yang harganya bisa jutaan itu (dan hebatnya, dia dikasih sama orang sana langsung). Gue juga suka sama cara ngajar Pak Awi, yang menurut gue mirip sama cara ngajar Pak Dadi (guru sosiologi / sejarah gue di SMA) tapi lebih galak dikit, dimana Pak Awi ini detail kalo ngejelasin dan suka ngasih contoh yang baru kita tau, atau ngasih contoh dengan pengalaman dia waktu kuliah di Italia sana. Emang sih kadang Pak Awi ini rada galak dan suka bikin dagdigdug serrr, tapi kadang dia juga suka ngelucu walau kadang lucuannya itu gak terjangkau buat mahasiswa mecin kayak gue. Tapi ya begitulah, SHS tetep jadi matkul favorit gue sampe saat ini.

Gue sendiri dari beberapa hari sebelumnya udah ngerapihin semua catatan SHS gue (dikumpulin maksudnya, bukan dicatet ulang idih ogah) mulai dari catetan gue di buku ijo kecil nan sakti itu, di binder merah kesayangan gue, di kertas random yang gue temuin di tas, di catetan orang lain yang gue fotokopi, sampe catetan yang gue tulis di paha kalo dulu gue bosen di auditorium. Pokoknya, persiapan belajar sudah terkumpul dan catatan pendukung juga sudah siap, paling gue tinggal nanya beberapa temen gue kalo ada catatan yang gue gak punya, tapi gue tetep mengandalkan catatan temen gue yang gue fotokopi, dimana catatannya sendiri MasyaAllah lengkapnya dan gue yakin pahala dia banyak banget karena catatan dia difotokopi sama temen-temen seangkatan, sampe kayaknya gue yakin nanti dia kalo misalkan gak bisa ngerjain soal SHS, dia tinggal tidur dan biar pulpennya mengerjakan sendiri sebagai imbalan atas kebaikan dia buat angkatan. Tapi beneran deh, catatan Regita ini (temen gue itu) lengkap walau pake Bahasa Inggris dan gak semua dijelasin secara detail, tapi ya mending lah daripada gue belajar termodinamika mesin buat SHS ini.

Tapi sayang, semua niatan dan catatan pendukung buat gue belajar SHS itu harus ditunda gara-gara kemaren, si Ziyan ulang tahun. Gue sama Indra sama Andri pun diundang si Syntia (karena dia sekampus sama Ziyan) buat dateng ke Unpad di Jatinangor sana, buat ngerayain ultah Ziyan kecil-kecilan, kayak yang biasa kita lakuin kalo ada yang ulang tahun juga. Si Indra lagi-lagi gak bisa dateng gara-gara masih sekolah (dia anak SMA sendiri) dan Andrie katanya mau dateng, walau kadang susah dipercaya Andrie bisa dateng ke acara ginian. Gue sendiri bilang mau dateng walau sebenernya mager bgt ke Nangor HEHE :(( Syntia Andrie dan gue sendiri janjian jam 2 siang, walau sebenernya jam 2 siang itu gue baru berangkat gara-gara ujan gede waktu gue lagi diem di perpus ITB, dan akhirnya begitulah blabla gue sendiri baru pulang sekitar jam 7 malem dan langsung belajar saat itu juga, ya walau cuman baca-baca, tapi tetap ak lupa nyecroll tymlin karena sosmed is lyfe.

Di Nangor sendiri, gue dapet musibah payung gue ilang secara misterius karena rencana gue ke Nangor itu biar ditraktir si Ziyan di Jatos (Jatinangor Town Square) dan akhirnya gue Ziyan dan Syntia (Andrie gak dateng) makan di KFC, nah waktu makan gue liat payung gue masih ada di sebelah gue, tapi waktu beres makan payungnya udah gaada padahal gue cuman ninggalin bangku buat cuci tangan doang, dan cuci tangan pun cuman di wastafel KFC Jatos bukan di Curug Pelangi, jadi gue juga gak paham kenapa payung gue bisa ilang.

Sebua keanehan !!

Dan juga, tangan gue gak tau kenapa keliatannya kecil banget kayak orang baru sakit tipes, padahal akhir-akhir ini gak ada yang aneh sama pola makan gue. Tapi emang beneran sih ternyata tangan gue kecil banget kayak abis sedot lemak :( Apalagi waktu gue lepas jam tangan, itu kayaknya kalo harimau liat tangan gue aja, mereka langsung gak nafsu makan dan langsung jadi vegetarian.

My hand :(

Waktu sampe rumah itu, gue bener-bener langsung baca hampir semua materi SHS dan mencoba memahami apa yang sudah gue pelajari selama ini, ada beberapa materi yang gue lupa tapi bisa terselesaikan waktu gue nyari di internet atau nanya ke temen. Jujur, gue sendiri siap banget buat UTS SHS kali ini, lebih siap dari UTS matbis statbis TTKI. Dan yang lebih mantepnya lagi, UTS SHS ini baru masuk jam setengah 10, beda sama matkul lain yang rata-rata jadwal UTS-nya jam 7 atau set8 pagi, jadi gue masih punya waktu belajar banyak banget sebelum UTS-nya dimulai, dan itu otomatis ngebuat gue semakin siap menghadapi dunia. Ah iya, SHS itu singkatan dari Studies of Human Society. Sapatau udah baca ampe sini tapi masih gundah gulana SHS apaan ehe ehe ehe.

Waktu masuk kelas, gue belajar dulu dikit-dikit sebelum pengawas dateng, dan ternyata pengawasnya adalah dosen yang terkenal tapi gue gak tau namanya, antara Kak Kampret atau siapa gitu. Waktu dia masuk, dia langsung nyuruh tas kita ke depanin semua dan bilang "Kalian udah siapin contekan?" dan di titik ini, gue yakin semua anak di kelas kita pada panik atau takut kenapa-kenapa, walau kayaknya semua aman dan gak ada yang nyiapin contekan buat SHS ini. Tapi kalimat selanjutnya dari pengawas.yang.gue.lupa.siapa ini "sungguh menghebohkan!!" kalo kata berita LineToday mah, dia bilang gini "Sekarang, kalo kalian punya catatan atau contekan keluarin aja, bawa aja termasuk HP kalian. Saya ngebolehin kalian liat catatan kalian sendiri selama kalian tidak ribut dan tidak nyontek ke temen kalian".

Idaman sih.

Gue sendiri akhirnya ngeluarin HP dan semua catatan gue buat dibawa ke meja gue, temen-temen gue yang lain juga gitu, dengan syarat gak boleh ribut dan gak boleh nyontek temen. Pengawas.yang.gue.lupa.siapa ini pun bilang kalo misalkan ada dosen lain masuk, kita harus pinter-pinter nyembunyiin catatan kita biar gak ketauan, karena waktu ujian dah mulai, dia malah keluar kelas dan kalo ada di kelas pun, cuman 1-2 menit abis itu keluar lagi. Dan emang, gak ada satupun dari kita yang ribut atau nyontek waktu pengawas.yang.gue.lupa.siapa ini keluar kelas, semua ngerjain sendiri karena kayaknya semua udah tercukupi di catatan sama HP.

UTS SHS kali ini juga jadi matkul dimana gue paling lancar ngerjainnya, karena dari 6 soal (5 soal utama, 1 soal bonus) gue ngerjain semuanya sesuai urutan, beda sama ujian matkul lain kayak matbis statbis dimana gue cenderung ngacak ngerjainnya, maksudnya gak sesuai urutan. Yah tapi walaupun boleh liat catatan, gue tetep baca semua soal dan perintahnya karena semuanya soal analisis dari berbagai budaya yang disajikan di suatu artikel, kayak misalkan soal nomer 1 ngebahas tentang salah satu tradisi Suku Toraja kalo ada orang yang meninggal, terus ada soal yang ngebahas cara hidup orang Eskimo ya terus begitulah, kita harus analisis apakah kebudayaan tersebut termasuk penganut kepercayaan jenis apa atau kenapa mereka begitu atau kenapa banyak orang yang fall in love with people we can't have.

Tunggu...

Gue sendiri super lancar ngerjainnya, apalagi ditambah catatan sama HP yang ngebantu banget walau gue udah belajar kemaren, tapi ya sekedar ngecek aja apa jawaban gue udah bener apa belum. Gue ngerjain semua soalnya urut, dari nomor 1 sampe nomor 6 tanpa cela. Gue pun entah kenapa yakin banget UTS SHS ini gue bakal dapet nilai bagus, dibading matkul lain yang bikin gue setengah gila. Hehe tapi ya aamiin aja lah gada salahnya berharap setelah berusaha keras. UTS pun beres sekitar jam setengah 1 siang, dimana gue pun beres setengah jam sebelum jadwal sebenernya, jadi gue bisa langsung pulang atau bisa kemana dulu sama uwuwu~

Yah jadi begitulah lika-liku UTS SHS gue kali ini, semoga aja apa yang gue harepin bisa jadi kenyataan dan SHS gue bisa dapet nilai A di transkrip akhir nantinya karena SHS adalah salah satu harapan terbesar gue buat ngeraih IP tinggi di semester 2 ini.

Ada aamiin?

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar