Lika-Liku UTS Semester 2 : TTKI

Maret 01, 2017


Di hari ketiga UTS ini, aura-aura UTS udah mulai gak kerasa, karena kami seangkatan sudah sepakat bahwa UTS (dan UAS) yang sesungguhnya itu cuman matbis sama statbis, yang bikin kami kejang-kejang karena kebanyakan belajar tapi masih gak ngerti sampe konon ada yang didakwa gila karena terbukti sedang mengenyot pagar kosan sambil memegang catatan statbis. Ya, setelah 2 hari penuh perjuangan otak dan hati buat bener-bener memahami statbis sama matbis, akhirnya UTS hari ketiga sama keempat ini kami bisa rada 'santai' walau sebenernya gak ada kata santai di kamus anak SBM, kecuali lu mau lulus 4 tahun disini. Tapi seenggaknya, persiapan belajar buat UTS hari ketiga sama keempat ini kemungkinan gak ada yang didakwa gila karena ngeyot pager kosan, paling cuman didakwa depresi karena ditinggal waktu lagi sayang-sayangnya.

Eh gini bukan sih cara mainnya?

Yah tapi begitulah, UTS kali ini emang gue rasa santai banget dan gak ada aura UTS-nya karena emang 'cuman' TTKI (Tata Tulis Karya Ilmiah) yang gak beda jauh sama pelajaran Bahasa Indonesia waktu SMA, yang kita gak perlu belajar banyak banget buat bisa ngerjain semua soalnya, karena kita udah terbiasa make Bahasa Indonesia dari kecil, ya kecuali kalo ada yang masa kecilnya dibesarkan dan diasuh sama kumbang pohon sih mungkin butuh belajar banyak biar lancar ngerjain TTKI kali ini. Buat UTS TTKI kali ini pun, gue gak terlalu belajar banyak, gue tetep belajar sih tapi seenggaknya gak sebanyak matbis dan statbis, karena jujur aja gue bingung mau belajar apa. Karena, ya, kelas TTKI gue sendiri diajar sama dosen paling seterah sepanjang hayat, sama salah satu dosen paling senior di ITB karena dia udah ngajar dari tahun 1970-an. Sebenernya, dosen gue ini emang patut banget buat disegani dan dihormati karena pengalaman mengajar dia yang gak ada habisnya, bukti bahwa dia peduli dengan pendidikan. Tapi kadang, semua orang di kelas gue suka heran aja sama tingkah lakunya, yang kadang bisa nyebelin, yang kadang bisa lucu, yang kadang bisa tiba-tiba marah, yang kadang bisa abis marah terus ketawa, yang kadang bikin kita bilang "Yha Pak seterah", dan yang kadang bikin hidup kita terancam kalo misalkan ketauan tidur atau main HP di kelas. Sebenernya, dosen TTKI gue (namanya Pak Amas btw) emang pengetahuannya luas, dia suka tiba-tiba ngasih contoh dalam bidang lain dan suka ngebenerin kalo misal ada yang salah. Tapi kadang kelakuan sama kata-katanya suka aneh, kita pun suka gak ngerti apa itu serius atau ngelucu, kayak gini nih :

M = Mahasiswa
P = Pak Amas

M : "Pak, ai Bapak kalo weekend suka jalan-jalan kemana?"
P : "Ah Bapak mah di rumah saja di Sumedang, menikmati udara segar bersama keluarga tercinta"
M : "Widihhhh, sambil makan masakan istri ya, Pak?"
P : "Oh jelas, Bapak mah anti itu yang namaya makanan luar negri kayak hamburger atau pasta itu"

Kita juga gak ngerti kenapa dia tiba-tiba punya rumah di Sumedang. Namanya juga idup.

Tapi di lain waktu, alur percakapannya bisa juga jadi sebegini randomnya :

P : "Nanti suatu saya bakal ketemu si Aniaya (Abul, nama aslinya Ainaya btw) udah jadi bos PT. Maju Mundur
M : "Widihhh mantap, Pak. Ketemunya di Sumedang ya Pak?"
P : "Eh naon atuh teu elit. Nanti mah ketemunya juga di Berlin, di Paris, di San Fransisco atuh"
M : "Sambil makan pecel ya, Pak?"
P : "Eeeh naon atuh pecel mah bukan level Bapak. Bapak mah levelnya juga makan hamburger, makan pasta, makan spaghetti"

Seterah aja lah ya.

Tapi beneran deh, persiapan buat UTS TTKI ini minim banget, bukan cuman gue tapi juga semua anak ITB kayaknya (karena TTKI ini mata kuliah TPB, jadi semua anak baru ITB pasti dapet TTKI ini). Bahkan, tadi abis pulang UTS matbis, gue ngaso dulu ke perpus sambil nunggu ujan dan waktu di rumah, kerjaan gue gak lebih dari tidur-tiduran ditemenin beberapa kertas TTKI yang dikasih dosen gue dan juga buku paket warna oranye yang di kelas pun jarang dipake, tapi tetep berguna. Kalau aja tiba-tiba orang dari BPS (Badan Pusat Statistik) dateng ke rumah gue waktu guenya lagi tidur-tiduran, setelah 5 menit di kamar gue pasti mereka langsung bisa menyimpulkan bahwa presentase kegiatan gue untuk persiapan UTS TTKI tanggal 1 Maret 2017 adalah 5% belajar, 95% lain-lain. Yang gue pelajari dari kertas yang dikasih dosen gue adalah tentang pola kalimat sama ejaan yang bener sesuai EYD (EYD Yang Disempurnakan HEHE maksudnya Ejaan Yang Disempurnakan) kayak bedanya "komplek" sama "kompleks", yang bener "sekedar" atau "sekadar" ya yang gitu-gitulah. Setelah belajar itu dari oret-oretan random gue selama di kelas, gue cuman tidur-tiduran lagi sambil nyecroll tymlin, dan gue agak kecewa sama tim Twitter, Instagram & Facebook karena gak ada upacara penyambutan gue setelah 3-4 hari hilang dari ranah Twitter, setelah gue sengaja ngehapus semua aplikasi sosial media gue biar gue bisa fokus belajar buat UTS kali ini.

Netizen pun bergeming "Lah lau syokap?" *dijadiin umpan hiu*

Gue pun baru lanjut belajar lagi subuhnya, waktu gue baru ngerjain latihan UTS TTKI online yang ada di situs akademiknya ITB, dimana temen gue yang lain rata-rata pada ngerjain di malem sebelumnya. Gue sendiri ngerjain latihan UTS tersebut di rumah kurang lebih 2 jam sebelum ujian dimulai, dimana mata gue masih kliyep-kliyep dan tiba-tiba gue berkeinginan besar untuk ngerjain soal latihan tersebut dengan garang tanpa ampun. Gue pun ngerjain sekitar 50 soal itu dalam waktu 34 menit doang, dengan hasil akhir cuman 64% soal yang bener HAHA alangkah kacaunya hidupku, tapi ya lumayan lah kan baru bangun nih mata lagi kliyep-kliyep, kondisi otak juga belum terlalu bagus buat ngerjain soal.

Netizen lain bergeming "Ah sa ae lo pecel basi" *dicium badut sirkus*

Hari ini sendiri UTS mulai jam set8 pagi, dimana gue baru dateng sekitar 5 menit sebelum ujian dimulai saking santainya, dan alhasil dapet bangku di pojok kanan depan, sebelah pintu masuk, tanpa ada kekhawatiran apapun karena ya Bismillah I can do this, sambil sekalian mau ngecas HP juga yang posisi casannya ada di bawah kursi gue. Dosennya sendiri masuk rada telat 5 menitan tadi, dan pengawasnya adalah Bapak-Bapak muda, mungkin baru umur 35 tahunan, rambutnya gondrong dan dia berkumis, pake baju batik warna pink dan sekilas dia ngingetin gue sama salah satu temen TEC yang gue lupa namanya, kalo gak salah Kakang tapi kalo gak salah juga bukan :(

Sebelum ngerjain soal, pak pengawas yang kayaknya dosen TTKI juga itu ngasitau kita buat ngelengkapi data identitas diri ke lembar jawaban, yang agak beda sama lembar jawaban matkul lain, dimana biasanya pake answer sheet yang warnanya oren itu. Kita juga diingetin buat nulis nama dosen masing-masing, dimana akhirnya kelas jadi ricuh karena kelas UTS ini diatur berdasarkan kelas PRD dan kelas PRD ini orangnya beda sama kelas TTKI, tapi tetep ada yang sekelas 1-2 orang mah. Akhirnya, beberapa orang yang TTKI-nya sekelas pada nanyain nama dosen mereka siapa. Termasuk kelas gue, dimana Vivian sama Laras sempet bersekongkol buat menyetujui nama dosennya, sampe akhirnya gue ngasitau di grup kelas bahwa nama dosen TTKI kelas gue adalah Pak Suryadi, setelah gue mengandalkan ingatan gue yang lupa-lupa inget itu. Untung aja belum ada yang bilang di kelas gue kalo nama dosen TTKI itu Pak Gonzales atau Pak Ricardo, bisa-bisa gue percaya aja kalo kayak gitu caranya.

Setelah perdebatan batin soal nama dosen TTKI merebak di kelas gue tanpa adanya yang bakar ban dan tanpa adanya kerusuhan, akhirnya kelas mulai tenang lagi dan semua mulai ngerjain soal masing-masing. Soalnya sendiri ada 2 bagian, dimana bagian A sendiri tipenya kayak soal SBMPTN, dimana pilihan ABCDE nya berdasarkan pilihan nomor, misalkan jika jawabannya 1, 2, dan 3 maka pilih A, jika jawabannya 1 dan 3 maka pilih B, jika jawabannya kamu butuh pacar yang selalu perhatian maka pilih dia.

Tunggu...

Di bagian ini, gue sempet bingung karena perintah soalnya adalah "Pilih yang sesuai dengan kaidah penulisan bahasa ilmiah" dan disini, gue sempat mengalami perdebatan pikiran apakah bahasa ilmiah yang dimaksud adalah yang sesuai EYD atau bahasa yang benar-benar pintar, karena ada juga yang tiba-tiba ngomongin bisnis. Tapi ya masa bodolah, gue akhirnya ngerjain sebisa yang gue tau dan setau yang gue bisa, sampe akhirnya gue ngerjain pilihan B, yaitu soal esai. Gue sendiri kalo ngerjain esai emang paling bahagia, jadi gak ada hambatan buat gue ngerjain soal esai ini, dan voila! Ujian TTKI pun beres dalam waktu sejam lebih sedikit, dimana gue jadi salah satu yang ngumpulin pertama, yang memacu teman-teman gue buat ikut ngumpulin juga.

(( memacu ))

(Bukan) simulasi ujian TTKI.
Jadi ya, begitulah kisah UTS TTKI kali ini, gue sendiri berharap TTKI gue dapet nilai yang bagus walau sebenernya matkul ini cuman berbobot 2 SKS doang, tapi jangan dianggap remeh karena gue bisa mampus kalo macem-macem sama dosen TTKI kelas gue. Besok, UTS SHS, gue harap gue bisa belajar lebih serius karena SHS ini 4 SKS, paling besar diantara matkul lainnya dan juga banyak materi yang harus gue pelajari, walau sebenernya gue seneng sama matkul ini karena gak beda jauh sama sosiologi-antropologi yang gue pelajarin waktu SMA dulu sama Pak Dadi dan Pak Hikmat.

Semoga sukses !!

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar