Haminsatu Nalaswara

April 21, 2017

Hari Rabu kemaren bukanlah hari yang terlalu baik buat gue dan mungkin bagi beberapa orang. Pagi-pagi waktu gue lagi di jalan ke kampus, motor gue sempet nyenggol mobil orang yang ngebuat si empu mobilnya keluar mobil dan memandang gue dengan tatapan marah, terus dilanjut sama TTKI dimana tugas kelompok bikin proposal gue gak lengkap di bagian lampirannya, matbis yang masih belum paham juga, sampe gue salah dalam pendataan barang performance dan akhirnya ada barang yang kebeli 4 biji padahal cuman butuh satu doang, belum lagi ada salah satu properti performance yang patah (murah sih kalo beli lagi juga) dan juga ada beberapa yang belum dapet, yang ngebuat gue sempet ngerasa gak enak ke Azel sebagai managing team dan juga ke seluruh anak performance. Ah iya, Rabu siang juga ada hujan es yang gede banget di Bandung, yang ngebuat banyak pohon besar roboh, nimpa mobil motor, sampe ngebuat beberapa jalan di daerah Dago macet total karena alurnya diputer, buat mengevakuasi pohon roboh yang ngalangin jalan. Contohnya Jalan Tamansari, dimana gue liat ada 2 pohon gede roboh yang ngalangin seluruh jalan, jadi gak bisa dilewatin mobil, tapi masih bisa dilewatin motor walau tetep hati-hati, jadi yang pake mobil disuruh puter balik sampe Mcd Simpang Dago, dan tentu macet total.

Menarik.

Tapi, dari semua hal sial yang kayaknya ada di hari Rabu ini, tetep ada hal yang bikin seneng, yang gak bisa gue liat kalo gue cuman liat sisi buruk dan gak ngebuka mata gue lebih jauh lagi hari Rabu kemaren. Yang pertama, Pak Amas (dosen TTKI gue yang bener-bener legenda itu) sempet terharu waktu dibacain puisi yang dibikin sama kelompoknya Serena, Bella & Gio, yang ngebuat anak-anak sekelas juga ikutan terharu walau selama ini cara ngajar dia terserah banget. Yang kedua, Bu Gantina akhirnya balik lagi ngajar kelas matbis gue setelah 2 pertemuan gak masuk, yang ternyata karena dia nikah hari Jumat kemaren, sama orang Tasik lulusan salah satu universitas di Madinah dan mereka berdua pertama kali kenalan di pengajian. Jadi, selama sekitar 25 menit pertama dipake buat sesi cerita nikahnya Bu Gantina, yang ngebuat anak-anak sekelas terharu lagi sama kisah yang diceritain ini, yang ngebuat Eggy sempet nanya tips n tricknya. Yang ketiga, adalah hal yang ada di depan mata gue sekarang.

Waktu lagi nulis ini, gue lagi nonton latihan sekaligus pentas performance secara langsung buat Nalaswara hari Sabtu besok. Beda kayak hari-hari sebelumnya dimana biasanya performance ini latihan di studio buat latihan performance, kali ini performance latihan di Teater Rumentang Siang, Jalan Baranang Siang, daerah Kosambi. Latihan ini dilakukan karena waktu itu, 3 hari lagi Nalaswara bakal dimulai, dan supaya semua anak performance bisa tau gimana rasanya tampil di panggung beneran dan juga ngerasain aura panggung dan penonton. Latihan pentas ini sendiri baru diumumin kemaren sama Rais selaku ketua venue. Dan latihan ini sebenernya terbuka untuk ditonton bagi seluruh anak SBM 2019, tapi gak semuanya datang karena masih banyak yang ngurusin kebutuhan divisi masing-masing dan akhirnya yang dateng kesini rata-rata cuman yang emang ada keperluan buat bantu-bantu, macem operasional, LO, medik, dokum, dan juga para petinggi Nalaswara. Gue sendiri ada disini karena gue adalah anggota logistik yang termasuk bidang operasional, jadi gue termasuk wajib dateng kesini, apalagi hampir semua kebutuhan performance ini disediakan sama logistik. Gue sendiri udah ada disini dari jam 4 sore, belum banyak anak operasional lain yang udah dateng waktu gue udah sampe karena emang tadi siang, sempet ada hujan es gede banget yang ngebuat banyak pohon gede di sekitar ITB tumbang, yang ngebuat jalan diputerin lalu ya terjadilah macet yang ngebuat Dipta butuh waktu 2 jam make mobil dari ITB ke Rumentang Siang ini, padahal gue hanya butuh waktu 15 menitan pake motor dari daerah ITB ke Rumentang Siang ini.

Waktu gue nulis ini, di panggung sana lagi ditampilin pentas drama dari tim yang dinamain Navilera, yang ditampilin sama sekitar 20 orang, yang kalo gue tangkep, ceritanya adalah soal sebuah keluarga di sebuah desa yang tiba-tiba diserang sama tentara sampe ngebuat beberapa pemeran penting di pementasan itu harus mati, dan abis itu dilanjutin dengan pembacaan puisi soal perang sama si Dhita terus lanjut lagi sama nyanyi lagunya Michael Jackson yang Heal the World. Jadi, pada intinya storyline tersebut lebih nunjukkin gimana suasana sedih dan mencekam waktu perang dan juga buat ningkatin empati kita bahwa perang itu gak berguna lewat puisi yang dibacain sama Dhita dan lagu Heal the World. Meskipun beberapa kali Sandra sama Felix (pelatih performance) ngeberhentiin pementasan waktu ditengah dan dikomentarin kayak “Baba mukanya kurang keliatan, Riki kurang ngelawan Nomus, Greg kelamaan, Dhita lebih centil lagi, Amel kurang menjiwai jadi istrinya Riki, sampe posisi tidurnya hebohin lagi”, tapi itu gak ngebuat mereka semua malah makin jelek, tapi malah makin mantep, sampe gue aja yang gak ngerti seni pementasan bisa sampe terharu pas liat pementasannya secara keseluruhan, padahal gue duduk sendirian di deretan paling belakang.

Abis Navilera selesai, ada pertunjukkan music dance gitu dari WR sama Najla sebagai pemeran utama, dan Karisha, Anin sama Sheren sebagai cewek centilnya. WR sama Najla sendiri dance bareng sambil diiringi lagunya Bruno Mars yang Too Good To Say Goodbye, sama lagunya Ed Sheeran yang Shape of You, yang gue akuin bagus banget, walau speaker panggungnya sempet rada error. Dansa yang diiringi lagu Shape of You makin ngena karena tiba-tiba ada temen gue yang joget dan nyanyiin lagu Shape of You ini buat pacarnya yang duduk di deket gue. Walau ngena, gue tetep mandang mereka dengan tatapan “Mahabenar Allah dengan segala firman-Nya”, bukannya gue iri atau gimana, tapi ya lu juga bakal memandang dengan tatapan yang sama kalo lu liat secara langsung :(

Sebelumnya juga, gue sempet nonton Rara tampil buat nyanyi sama Malkiel, Elda, David, sama Devon. Merea berlima nyanyi lagu paling tenar sepanjang sejarah, Bohemian Rapsody punya Queen sama satu lagu lagi yang gue gak tau judulnya apaan. Malkiel jadi pementas utama kali ini, karena mungkin dia yang paling bisa nyanyiin nada Bohemian Rapsody dengan pas dan aduhai. Tapi menurut gue, sempet ada masalah sama mic yang dipake mereka berlima, yang ngebuat suaranya jadi gak terlalu kedengeran, tapi suaranya Rara masih kedengeran walau kecil.

Abis itu, gue gak terlalu merhatiin siapa yang tampil dan apa yang ditampilin, karena gue rada sibuk di backstage, nyiapin semua kebutuhan performer selanjutnya, Monotown, yang bakal dimainin sama Jona, Tiara Imani & Rara. Agak bingung juga nyiapin barang buat pementasan kali ini, karena ada 3 orang dengan posisi yang berbeda dan barang yang berbeda juga, gue sendiri nyiapinnya bareng sama Toto & Ihsan, sama dibantu anak LO lain. Saking ribetnya, gue bahkan ngegambarin peta pertunjukkan plus posisi serta barang-barangnya abis Risma jelasin gue soal semua alur pertunjukkan ini, gue bahkan harus ngegambar 2x karena sempet salah penempatan di gambar pertama. Abis pertunjukkan musik yang gatau dimainin sama siapa ini selesai, gue dan beberapa anak lain langsung naik panggung, bukan buat kayang massal atau debus, tapi buat nyiapin kebutuhan 3 orang yang bakal tampil, termasuk rante dan pengaitnya. Sekitar 15 menit kemudian, semua termasuk penampil siap. Gue yakinin lagi ke 3 orang tadi kalo rantenya udah cukup kuat nempel ke badan kalian. Abis itu, gue masuk ke backstage dan dapet arahan buat mindahin semua barang ke backstage pas lagu Radioactive beres. Monotown ini sendiri nampilin 3 orang yang kayak terkekang gitu sama kehidupannya, gak ngerasa bebas, terus ya gitulah gue sendiri gak nonton sampe akhir gara-gara ngurusin barang di backstage :( Gue sendiri baru nyadar kalo Risma salah ngasih arahan ke gue, dengan nyimpen wooden easel (tatakan kanvas) sama kanvasnya di sebelah Rara, sementara Tiara malah dikasih meja dan laptop. Padahal, di ceritanya, Rara diceritakan sebagai penulis dan Tiara diceritakan sebagai pelukis, jadi waktu show si Tiara tetep ngelakuin gerakan ngelukis walau gerakannya kayak ngelukis angin. Adegan sendiri ditutup sama sebuah lagu yang mereka nyanyiin bertiga, judulnya Tak Berarti, diciptain sama Brenda, anggota performance juga tapi di tim musik.

Abis itu, gue lagi-lagi gak terlalu fokus sama apa yang tampil karena terlalu pusing ngurusin semua barang performance, apalagi gue ngurusnya cuman berdua sama Ihsan karena anggota logistik yang lain lagi makan di luar dan susah ditelpon. Pokoknya, pertunjukkan beres jam 9 malem, dimana abis itu gue masih harus bawain semua barang performance ke mobilnya Dipta, terus ikut nongkrong dulu sama sebagian temen SBM gue di warung nasi goreng depan SMA 5, dimana kali itu kayaknya gue baru pertama kali nongkrong sampe jam setengah 1 malem.

Tapi jujur, gue baru kali ini nonton secara langsung dan full semua hasil dari latihan performance selama ini, dan gue ngerasa mereka keren banget. Gue sendiri awalnya mau masuk divisi performance, mau ngerasain gimana rasanya latihan yang bikin gila sama gimana rasanya tampil di depan banyak orang, tapi akhirnya gue milih logistik karena Dipta katanya bakal susah kalo gue gak masuk logistik.

Udah passion susah, gan.

Gue ngerasain bahwa mereka semua pasti capek, kerasa gara-gara gue ngeliatnya aja capek :( Tapi beneran deh, gue gak ngeliat banyak muka capek dan males waktu pertunjukkan selesai dan para performer pulang, yah walaupun ada tapi paling cuman 2-3 orang. Gue ngeliat mereka seneng, mereka tetep bahagia dan kayaknya gak ada beban abis selesai tampil, mereka tetep becanda, tetep hepi, tetep senyum, walau mereka udah latihan lama banget dan sering diberhentiin sama pelatih karena gerakan yang salah. Itu sebenernya yang mau gue contoh dari anak performance, termasuk anak performance Wisokto juga, yang gak beda jauh kayak gini situasinya, lebih ekstrem malah.

Beda sama gue, yang jujur aja gue rada kesel sama beberapa temen logistik gue, karena gak ada waktu dibutuhin dan kadang keseringan ngeluh sama gak jelas inti omongannya dia mau bantu apa nggak, jadi ujung-ujungnya gue harus kerjain sendiri karena udah keburu males denger dia ngomong lagi. Gue sendiri ngerasa bahwa gue adalah orang yang gak sabar, yang kalo laper dikit pasti ganas, yang kalo sedih atau ngerasa kacau dikit pasti langsung menyendiri sampe gue diforumin sama anggota gue waktu simulasi bisnis (ini kata Faisal HAHA), yang kadang susah banget percaya sama orang sampe banyak tugas tim yang akhirnya gue kerjain sendiri. Kadang, gue bisa gitu karena gue lagi capek, atau lagi laper.

Gue tau gue capek, gue tau logistik capek, gue tau operasional capek, tapi jangan mengeluh. Kita udah maju sejauh ini, bego kalo tiba-tiba nyerah gitu aja. It’s okay kalo lu salah, it’s okay kalo lu gak paham, it’s okay kalo lu capek, it’s okay kalo lu sedih, it’s okay kalo lu galau divisi lu gak pernah didokumentasiin, it’s okay kalo lu udah kerja capek banget tapi gak dapet makanan, it’s okay kalo lu udah pusing banget dan pengen acara ini cepet kelar. It’s okay, itu manusiawi. Yang terpenting, kita tetep sabar, jalani semuanya dengan hati besar walau semakin lama kepusingan semakin melanda.

Karena, sabar diperuntukkan bagi orang-orang yang berhati besar.

Tapi sebesar apa?

Sebesar kameranya anak viskom?

Sebesar Ucup anak dekor (HEHE) ?

Sebesar maskot Nalaswara yang bakal keliling waktu hari H?

Sebesar panggung Rumentang Siang?

Sebesar main stage nanti di hari H?

Sebesar Gedung SBM ITB sama gedung barunya?

Atau, sebesar harapan kita untuk acara ini?

Sebesar apapun itu, gue yakin kita bisa jadi orang-orang yang berhati besar, kita bisa jadi orang sabar. Kalo kita pusing dan capek, coba liat anggota divisi lain, yang juga sama capeknya. Liat venue, ngurusin semua panggung dan alat musiknya. Liat sponsor, yang udah nyari uang sana-sini. Liat costume make up, yang udah nyiapin semua kostum dan bahkan harus pake peralatan make up pribadi buat latihan. Liat keamanan, yang udah latihan bela diri berbulan-bulan. Liat performance, yang udah latihan secapek itu sampe bisa sebagus ini. Liat wahana, yang udah berkali-kali diaudit sama Pak BPI dan perjuangan mereka cari vendor sana-sini. Intinya, kita semua emang capek, tapi kita semua bakal ngerasain perjuangannya di akhir. Karena SBM ITB 2019 buat gue itu sebadan, satu capek semua capek, satu seneng semua seneng. Tetap sabar karena Tuhan akan memberikan sesuatu yang lebih dari kamu harapkan sampe kita semua bakal lupa sama kesedihan itu.

Sekarang udah H-1 Nalaswara, dimana panggung utama udah kepasang kemaren malem. Dimana nanti malem juga performance bakal ada gladi resik sampe jam 12 malem, dimana semua anak operasional bakalan nginep dan beresin semua waktu acara udah selesai. Perjalanan udah sejauh ini.

Tetap semangat, SBM ITB 2019, Nalaswara udah di depan mata. Fight for the best, but prepare for the worst. Semoga Tuhan menyertai langkah kita selalu.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar