Liebe

Mei 05, 2017

Sekarang, mari kita ngebahas yang cukup serius dibalik segala ketidak-intelekan yang pernah gue tulis di blog ini. Kita mulai dari judul tulisan ini, Liebe, diambil dari Bahasa Jerman, yang artinya 'cinta'.

Jadi, apa itu cinta?

Entah udah berapa banyak orang dari jaman Firaun masih main gundu yang mencoba mendefinisikan arti cinta itu sendiri, sehingga sampe sekarang gue yakin ada banyakkkkk banget definisi cinta yang bisa aja berbeda bagi tiap orang. Buat beberapa orang yang suka sama filosofi keanginan semesta, cinta bagi mereka tidak dapat didefinisikan dengan kata-kata, tapi bisa dirasakan. Buat orang yang demen banget mantengin Wikipedia, definisi cinta menurut mereka mungkin adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh Tuhan pada sepasang manusia untuk saling saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi, saling pengertian. Mungkin buat pemegang member Cherrybelle Garis Keras, makna cinta adalah kamu karena "Love is youuu". Atau mungkin buat fans beratnya D'Bagindas, makna cinta adalah C.I.N.T.A, dan mungkin bagi orang yang udah lama les di First English dan Institute The British, arti "what is love?" bagi mereka adalah "apa itu cinta?". Jadi, sebelum gue dikeroyok dan ban motor gue dibakar massa, ada baiknya gue ngutip salah satu bagian terakhir dari bukunya Ika Natassa yang judulnya "Critical Eleven" yang kebetulan lagi bahas soal definisi cinta secara singkat :

"ANYA
Selama beratus-ratus tahun, penulis, filsuf sampai orang-orang biasa seperti kita berusaha mencari kata-kata yang tepat untuk mendefinisikan cinta. Anaïs Nin, penulis, mengatakan "What is love but acceptance of the other, whatever he is". Aktris Katherine Hepburn pernah bilang, "Love has nothing to do with what you are expecting to give -- which is everything". Haruki Murakami di novel Kafka On the Shore menulis 'Anyone who falls in love is searching for the missing pieces of themselves. So anyone who's in love get sad when they think about of their lover. It's like stepping back inside a room you have found memories of, one you haven't seen in a long time.'

Favoritku diantara semuanya adalah yang pernah kubaca dalam penerbangan dari Sydney ke Jakarta, lima tahun yang lalu, setelah pertemuan pertamaku dengan Ale beberapa hari sebelumnya. Buku Antoine de Saint-Exupéry berjudul 'Airman's Odyssey' yang iseng kubeli di toko buku bandara, 'Love does not consist of gazing at each other, but in looking outward together in the same direction' ".

Okay, sekarang gue bakal nulis definisi cinta menurut gue sendiri, and probably it would be long. Jujur aja, definisi cinta seorang Haykal waktu SMA yang punya penyakit jomblo menahun dan Haykal waktu kuliah udah beda jauh. Apalagi semenjak gue pacaran, gue jadi tau banyak hal yang gak gue tau sebelumnya dan juga belajar banyak hal yang gak pernah gue alamin sebelumnya, termasuk soal cinta ini, dan hal itu gue sebut dengan "strange feelings" karena emang ada beberapa hal yang baru gue alamin sampe gue suka bingung harus bereaksi kayak gimana. Dan kalo boleh jujur juga, waktu SMA gue sempet gak percaya kalo manusia bisa ngerasain cinta. Ya, gue liat banyak temen gue pacaran, sebegitu mesranya, kemana-mana bareng, fotonya relationship goals banget, gak malu kalo kentut depan pacarnya sampe berak-beraknya keluar, tapi kadang gue juga suka mikir apa mereka bener-bener feel that real love? Entah karena guenya yang keseringan mengalami cinta sepihak aja apa gimana, tapi gue masih suka berpikir gitu bahkan sampai sekarang, tapi seenggaknya udah gak separah dulu dan gue juga udah nyoba buat lupain gagasan bego nan jomblo sekali itu, karena semakin lama, tau sendiri kan, hehe.

HAHAH JIR KOK GELI YA NULIS GINIAN.

Oke kembali ke mode serius.

Sebelum gue kuliah, yang artinya waktu gue SMP atau SMA, makna cinta sendiri simpel banget buat gue: cinta adalah apa yang menggerakkan elu untuk jadi lebih baik lagi ke depannya. Atau kata lainnya, cinta adalah Mario Teguh, memotivasi. Ini gue alami waktu gue SMP dan SMA. Dimana waktu SMP sendiri, gue cuman punya satu gebetan selama 3 tahun di SMP. Waktu itu gue diberi mukjizat berupa 3 tahun sekelas sama dia padahal sistem kelasnya diacak tiap tahun, tapi tetep kebegoan dan kepolosan gue membuat ujung-ujungnya gue ditikung juga (mau bilang ditikung juga gak bisa sih soalnya ya gak ngapa-ngapain :(( ) tapi intinya, salah satu alasan kenapa dulu gue lanjut ikut eskul PMR sampe lulus adalah salah satunya karena dia HEHE Ya Allah gue waktu SMP minum air putih aja dicampun mecin kayaknya :(

Tapi okelah mari kita lanjut, jarang-jarang kan blog ini bisa dibully.

Waktu SMA, kisahnya gak beda jauh. Selama 3 tahun di SMA, gue punya 2 gebetan. Gebetan pertama, yang kayaknya semua anak di angkatan gue tau siapa orangnya, gue incer selama kurang lebih 2 tahun 1 bulan, dimana selama periode itu gue bener-bener gak ada perkembangan sama sekali, ya sempet ada sih tapi abis itu gak ngapa-ngapain lagi, dan yang anehnya gue malah lebih deket sama Ibunya daripada sama anaknya. Lalu sampe akhirnya muncullah si gebetan kedua ini yang ujung-ujungnya malah jadi kayak pelarian aja karena gue capek 2 tahun gak ngapa-ngapain dan karena sebegitu jomblonya gue saat itu. Bahkan si gebetan kedua ini sampe sekarang cuman 2 orang yang tau identitasnya. Mungkin gue bisa sebut gebetan kedua ini lebih ke “Temen tapi baper”.

Ah iya, selain motivasi, waktu masa-masa pembodohan itu gue juga belajar bahwa cinta adalah soal move-on, kalo kita siap mencintai maka kita juga harus siap melepaskan. Goenawan Muhammad, penyair terkenal itu, pernah ngetweet kayak gini di Twitternya sekitar 2 minggu yang lalu "Dalam perjuangan yang sengit, tak siap menang dan tak siap kalah berarti TAK SIAP. Prepare for the worst. Fight for the best”. Karena selama apapun lu pacaran sama seseorang, belum tentu ujung-ujungnya bakal nikah, karena siapa tau lu sekarang ini cuman minjem jodoh orang buat sementara waktu doang, jadi kapan pun kita harus siap buat move-on. Ditikung setelah sekelas 3 tahun, ditolak cinta setelah hampir semua temennya bilang pasti diterima, Line gue diblock sama gebetan, ngedengerin gebetan nyeritain mantannya terus, adalah pait-pait yang pernah gue alami selama masa SMP-SMA. Makanya, setiap gue dapet masalah soal ginian, gue selalu ngingetin diri gue sendiri bahwa gue udah sering ngadepin pait-pait yang kayak ginian waktu jaman SMP-SMA dulu, walau jelas pait-pait waktu masih jomblo sama pas udah pacaran bakalan beda jauh, tapi seenggaknya gue bisa memotivasi diri gue bahwa kenyataannya, gue masih bertahan setelah banyak kepaitan itu melanda hidup gue. Harusnya, masalah waktu pacaran lebih gampang diatasi karena lu punya hak buat menyelesaikan, baik itu masalah atau hubungannya tergantung seberapa pelik masalahnya. Tapi bisa juga lebih susah, terutama soal move-on.

Buat move-on, emang kita gak bisa nentuin seberapa lamanya, karena itu tergantung sama diri kita masing-masing. Gue pernah baru bisa move-on setelah 7 bulan, tapi pernah juga udah bisa move-on setelah 1 bulan. Emang gak gampang sih buat move-on, gue aja dulu baru bener-bener bisa move-on setelah berbulan-bulan gak ketemu si penyebab gue gak bisa move-on ini. Tapi, waktu mau lulus SMA, gue dikasitau satu hal penting banget soal move-on dari Pak Dadi, guru sejarah / sosiologi yang juga wali kelas gue waktu kelas 12 dan jadi salah satu guru favorit gue semasa SMA. Pak Dadi adalah tipe yang gak beda jauh sama gue, sama-sama suka baca buku dan jenis bukunya pun hampir sama. Kita pun sering ngobrol bareng sampe sore abis pulang sekolah, biasanya sama Pak Yandi, Hasna, Nadyra, Jul, atau kadang si Gazza juga. Ngobrolnya kadang soal materi yang diajarin tadi, tapi malah seringnya ngobrol soal hal-hal diluar sekolah kayak politik, filsafat, sampe kisah asmara SMATB karena Pak Yandi adalah sumber nomor satu kalo soal gosip di SMA gue. Suatu waktu, kita (gue, Hasna, Nadyra, Jul, Pak Yandi juga) lagi ngobrol soal Nadyra atau Hasna gitu gue lupa soal mereka yang lagi galau-galaunya sama cowok, terus Pak Dadi bilang kayak gini :

Untuk melupakan, kita harus mengikhlaskan.

Kalimat sederhana Pak Dadi yang kayaknya dia dapet dari buku Tere Liye itu terus ‘ngena’ buat gue dan gue kasih ke temen-temen gue yang lagi galau soal pacar atau mantannya. Karena setelah gue pikir, itu emang bener. Buat bener-bener bisa move-on dan lupa sama masa lalu, kita harus mengikhlaskannya. Karena dengan ikhlas, itu artinya kita udah berserah diri sama Tuhan dan ngebiarin Tuhan nyelesein masalahnya. Bukan cuman masalah cinta, tapi juga masalah hidup, karena hidup adalah soal move-on. Karena hidup ini bukan melulu soal cinta. Karena hidup ini bukan melulu soal kesedihan.

Dan buat gue pribadi, kunci move-on juga adalah sabar. Kadang-kadang, kita tetep gak bisa ngelupain masalahnya walau udah yakin banget bahwa kita udah ikhlas, padahal sebenernya itu berarti kita belum sepenuhnya ikhlas, tapi kita gak sadar. But sometimes move-on is not that simple. Kadang, waktu kita udah bener-bener mau move-on, tiba-tiba aja suka ada hal yang ngingetin kita sama kejadian yang ngebuat kita jatuh itu. Buat gue, it’s okay, kita cuman bener-bener perlu waktu aja buat bisa move-on total asal kita bisa sabar, ada anggapan terkenal yang bilang bahwa time would heal the wounds. Ali bin Abi Thalib, salah satu sahabat Nabi Muhammad yang paling terkenal juga pernah bilang kayak gini "Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran (yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana sehingga kau lupa akan pedihnya rasa sakit yang sedang kau alami". Setiap orang punya lukanya masing-masing, dan luka itu juga yang jadi sebab kekuatan setiap orang selama ini.


Jadi, mungkin itu sekilas soal makna cinta buat gue semasa SMP dan SMA, yang penuh dangdut banget dan penuh drama tapi sayang gaada produser FTV yang mau nayangin kisah gue tiap Jumat siang di SCTV buat ditonton sama Perkumpulan Asisten Rumah Tangga Ceria Clalu yang ada di tiap RT di Jabodetabek. Tapi waktu kuliah, pikiran gue jadi lebih terbuka soal yang namanya cinta. Karena waktu kuliah ini gue mengalami yang namanya pacaran untuk yang pertama kalinya HAHA Ya Allah sehilang arahkah daku saat sekolah dulu :( Selain itu, banyak temen gue dari luar kota yang pacaran sama temen SMA-nya dan otomatis harus menjalani LDR, yang otomatis juga ngebuat gue belajar lebih jauh soal cinta ini, karena LDR adalah masalah yang jarang ada di ranah pergalauan temen-temen gue waktu SMA. Setelah sebelumnya cuman bisa baca soal kisah-kisah LDR tanpa ada rasa empati sama sekali, akhirnya di kuliah ini gue lumayan bisa ngerasain perjuangan temen-temen gue yang LDR sama pacarnya. Kayak Gemilang yang pacarnya di Tasikmalaya, Ilham Akbar yang pacarnya di Semarang, Ferrel yang pacarnya di Surabaya, Roosy juga pacarnya di Surabaya, dan puluhan orang lain di SBM angkatan gue yang harus menjalani LDR karena kuliah ini. Dari mereka semua, gue belajar banyak hal, baik yang bagus atau yang buruknya, yang ngebuka pikiran gue lebih luas soal hal ginian.

Dan salah satu yang ngebuat gue mikir adalah waktu Rara, pacar gue, suatu waktu cerita gini ke gue “Kal ih si itu baru putus lho sama pacarnya, padahal udah 4 tahun pacaran mereka huhuhu sedih banget. Si itu juga putus sama pacarnya padahal udah tinggal nikah kayaknya mereka, si ini juga putus tauu belum lama ini, si itu juga bentar lagi mau putus deh kayaknya berantem mulu soalnya”.

Intinya, banyak temen kuliah gue yang putus setelah menjalani LDR ini, padahal setau gue banyak dari temen gue ini yang udah pacaran selama 3-4 tahun, terus putus gitu aja padahal belum setahun LDR-an dan malah ada beberapa dari temen gue yang baru putus ini yang langsung bisa move-on dan udah deket sama orang baru setelah mereka putus. Gue juga gak paham lagi kenapa mereka bisa putus, tapi itulah kenyataan yang terjadi. Mereka putus setelah bertahun-tahun pacaran, cuman gara-gara jarak yang misahin mereka yang bahkan belum setahun dijalani. Sempet kasian sih gue ke beberapa temen gue yang kayaknya belum bisa move-on, karena abis putus itu mereka jadi sering kemana-mana sendiri dengan muka murung dan susah diajak ketawa, ada juga yang abis putus hobinya jadi sering ngegalau di snapgram dan juga nyanyi-nyanyi lagu galau, tapi ada juga yang udah langsung move-on dan cerita ke gue “Eh Kal gue mau ngedeketin si ini nih, bantuin dong”. All the best for you guys aja lah.

Kadang-kadang, hidup emang se-gila.ya.ada.yang.kayak.gitu itu.

Gue mau nyoba menganalisis penyebab kenapa banyak temen-temen gue yang LDR bisa putus setelah bertahun-tahun pacaran dan kenapa banyak orang yang gak suka LDR. Yah, walau LDR yang gue jalani cuman sebatas waktu pacar gue pulang ke Surabaya dan gue tetep di Bandung HEHEHE. Jadi, setelah analisis sana-sini dan nanya ke berbagai polsek serta lampu merah, gue mendapat kesimpulan bahwa salah satu penyebab putus rangorang yang LDR itu adalah karena mereka masih susah beradaptasi buat meyakinkan diri mereka kalo mereka percaya sama pasangan mereka yang ada di tempat nun jauh disana. Mereka mungkin gak yakin dia atau pasangannya bisa menjaga diri waktu lagi jauh-jauhan, karena kalo udah lama gak ketemu, semua kemungkinan bisa aja terjadi kalo kita gak ngejaga komunikasi baik kita sama si doski. Karena cinta terjadi waktu kita saling percaya dan saling menghargai.

Kalo kata Tere Liye mah “Tidak perlu cemas apalagi takut, apalagi dalam urusan perasaan. Karena jikalau itu memang sejati, kita tidak akan cemas walau sesenti, sejauh apapun ia pergi, dia pasti akan kembali”. Gue juga jadi keinget salah satu quotes terkenal dari Richard Bach, penulis buku ‘Si Camar Jonathan Livingston’ yang bagus dan memberi motivesyen itu, yaitu “If you love someone, set them free. If they back, they’re yours. But if they don’t, they never were.”

Saling percaya dan saling menghargai ini bukan cuman buat rangorang yang lagi LDR aja, tapi berlaku juga buat semua orang, dan kita pun gak usah melakukan sesuatu yang mewah-mewah (kayak ngebawa dia makan malem di Istana Sultan Brunei) buat membuktikan kalo kita menghargai dan percaya sama pasangan kita. Saling percaya bisa lu lakukan dengan tidak mengekang dia, tetep ngasih dia kebebasan buat ngabisin waktu sama temen-temennya, sama keluarganya, sama diri dia sendiri. Tapi tetep lu harus kasih batasan sama kepercayaan lu ini, jangan terlalu ngasih dia kebebasan karena gimana pun, kalian udah berkomitmen satu sama lain. Kunci biar saling percaya sendiri adalah jujur, baik ke diri lu atau ke pasangan lu. Dan buat menghargai pasangan lu sendiri juga bisa dilakukan dari hal-hal kecil, kayak misalnya perhatian, ngedukung apa yang pasangan kita lakukan, ngehargain setiap kekurangannya dan nyoba buat bantu dia nemuin potensi yang dia gak tau, atau kadang menghargai bisa dilakukan dengan sesimpel gak main HP waktu lagi berduaan. Karena waktu kalian lagi ngobrol berdua, artinya lu udah berkomitmen buat ngasih waktu sama si dia ini, bukan sama orang-orang yang ada di HP lu. Karena kalo misalkan lu keseringan ngutak-ngatik HP waktu lagi berduaan sama si dia, bisa jadi si dia ini bakal males ke lu dan malah bakal nyari pelarian karena lu yang terus ngobrol sama orang-orang di HP lu padahal kenyataannya, lu lagi ngobrol sama dia.

Karena hal yang besar dimulai dari hal yang kecil.

Tapi kadang, hidup gak sesimpel itu buat bisa percaya sama orang. Gue jadi inget salah satu kisah yang menurut gue sedih banget, kejadiannya belum lama kayaknya. Soal anak bungsunya Amien Rais, namanya Haqy, tiba-tiba ngelamar cewek yang sebenernya udah punya pacar tapi lagi LDR-an, namanya Selma, dan si cewek ini nerima lamaran anak Amien Rais ini dengan berbagai pertimbangan dan akhirnya terpaksa harus mengorbankan cowoknya, yang lagi menjalani pendidikan di Malang sana (Selma ini di Jogja btw). Gue rada mager buat nyeritain semua kisah-kasihnya, karena bisa lebih panjang dari tulisan gue sendiri, jadi coba lu cari-cari aja di Google “Kisah Selma-Haqy” atau cari di Instagram dengan hestek #HaqySelmaJourney.

Buat beberapa orang, kisah mereka itu relationship goals banget dan inspiratif. Tapi buat gue dan beberapa orang lainnya juga, kisah mereka gak inspiratif sama sekali. Walau secara agama, emang cara yang paling bener itu adalah langsung ngelamar buat ngajak nikah. Tapi tetep aja gak etis, karena si Selma dan mantan pacarnya ini (namanya Senna) udah pacaran lama dan LDR-an yang artinya seenggaknya dari awal mereka udah membuat komitmen untuk bersama terus walau ada badai menghadang walau jarak memisahkan mereka ~ Komitmen adalah janji dan komitmen ini ada dalam pacaran yang melibatkan orang dewasa. Selama masih berkomitmen bersama, yaudah hargai komitmennya. Mau seburuk apa pun pasangannya, kalo masih berkomitmen bersama ya tetep hargain komitmen itu. Kalo nggak sanggup atau nggak mau lagi, yaudah putusin komitmennya. Gausah nunggu biar lu ditikung, karena bakal lebih nyesek buat mantan lu ntar. Kalo istilah kerennya sih, jangan ninggalin waktu lagi sayang-sayangnya. Kisah Selma-Haqy bakalan lebih inspiratis dan etis kalo misalkan Mbak Selma ini emang lagi single dan lagi memantaskan diri buat dapet yang terbaik, lalu Mas Haqy dateng ngelamar tanpa embel-embel “Nikah ditinggal mantan”. Atau kalau mau edan sekalian, Mas Haqy ini minta izin ke Mas Senna buat ngelamar Mbak Selma, biar bisa diselesein dengan cara yang laki sekalian.

YA ALLAH HAHA GUE GEMES BANGET BACANYA KENAPA SIH RANGORANG ANEH-ANEH AJA.

Tapi siapalah gue ini yang cuman netizen yang suka ngisi bensin motor pake kegiatan yang bermanfaat. Karena pada akhirnya, mereka nikah juga dan Mas Senna harus dikorbankan di Malang sana. Untungnya Mas Senna ini kayaknya tabah dan ikhlas buat nerima kalo Mbak Selma ternyata gak sedewasa yang ia bayangin waktu dulu komitmen pas LDR-an. Keikhlasan Mas Senna ini tergambar dari Mas Senna yang pernah sekali waktu nge-upload foto lampu dengan caption yang gue lupa persisnya tapi intinya adalah lu gak akan bisa menghargai cahaya bila tidak ada kegelapan.

Ngebahas Selma-Haqy, gue jadi mau coba bahas salah satu hal yang bisa jadi paling menarik dan juga jadi salah satu hal yang paling gak mau dialami sama muda-mudi yang sedang tayang-tayangnya. Selingkuh.

Gue pengen aja nulis ini setelah kira-kira seminggu lalu, waktu gue lagi scroll tymlin di Twitter, gue liat bahwa si Joshua (yang dulunya nyanyi lagu “Diobok-obok” itu) ngetwit kayak gini “Reply tweet ini dengan satu fakta yang mantan / gebetanmu gak tau”, dan gue pun cuman bisa ikut baca aja karena gue gak punya mantan dan kalau pun punya, fakta yang mantan / gebetan gue gak tau gak akan lebih dari “Konoha bukan Negara demokrasi”. Waktu lagi scroll tymlin sambil baca reply netizen ke tweet si Joshua ini, gue nemu ternyata banyak banget yang selingkuh waktu masih pacaran dulu, ada juga yang ngaku kalo dia suka adeknya, ada juga yang bilang semoga istrimu gak tau kalo kita masih sering ngechat, ada juga yang ngaku kalo gebetannya gak tau bahwa dia mutusin mantannya dulu gara-gara alisnya gak simetris. Tapi dari itu semua, salah satu reply yang paling menarik adalah dari cewek yang bilang gini “Selama 1.5 tahun kita pacaran dulu, aku udah 2 kali selingkuh loh”.

Jujur aja, reaksi pertama gue abis baca itu adalah, wtf.

Karena apa ya, kadang gue gak paham aja ada orang yang bisa 2 kali selingkuh waktu lagi pacaran, udah 1.5 tahun pula pacarannya, dan itu bukan waktu yang sebentar. Karena buat gue, yang lebih sakit dari “Mencintai tapi tak memiliki” adalah “Memiliki tapi tak dicintai”, sama kayak lirik lagu Armada yang baru “Asal Kau Bahagia” yang ada di bagian reff-nya “Aku punya ragamu, tapi tidak hatimu”. Karena kesetiaan itu diuji oleh waktu, jarak, dan hadirnya orang lain.

Dari sini, mari kita analisis. Sebenernya, apa sih yang ngebuat orang jadi punya niatan selingkuh dari pacarnya? Karena pacar kita membosankan? Karena pacar kita kurang ini kurang itu dibanding selingkuhan? Karena alis dia gak simetris? Karena dia kalo kentut kurang vibra? Apa malah karena pacar kita gak nurut waktu kita suruh buat ngecat rambutnya supaya warnanya sama kayak warna pager TK Harapan Rakyat? Sebenernya, kalo kita udah punya niatan buat selingkuh dari pacar, alasan apapun bisa dicari yang ujung-ujungnya intinya pacar kita jele’ gue maunya sama dia.

Dan ada satu hal yang mendasari semua alasan dan niatan buat selingkuh itu. Bukan cuman mendasari selingkuh aja, tapi juga mendasari hal yang namanya berantem. Setelah melihat perilaku pacaran temen-temen gue dan menganalisis alasan kenapa mereka putus, gue jadi nyadar bahwa selingkuh dan berantem itu biasanya bukan disebabkan sama ketidakcocokan atau perbedaan. Tapi oleh satu hal yang namanya kebosanan.

Akuilah wahai kalian yang udah pacaran lama dan tidak LDR (atau yang LDR juga bole deh ikut nimbrung), bahwa sekeren dan seindah apapun pasangan kita, gak akan ngejamin bahwa kita bakal betah terus sama dia. Karena kita manusia. Di suatu titik, kita pasti bakal ngerasa bosen sama pasangan kita, itu wajar banget, apalagi kalo lu ketemu tiap hari sama pacar lu. Tapi, selingkuh bukan cara yang elegan dan etis buat nyelesein masalah kebosanan lu itu. Karena, kalu lu cinta sama seseorang, lu pasti bakal respect sama dia, dan kalo lu udah punya niat buat selingkuh itu artinya lu udah gak ada respect sama dia.

Karena sebenernya, yang jadi masalah bukanlah bosennya, tapi adalah ilusi waktu lu bosen sama pasangan lu. Waktu lu lagi bosen sama pasangan, bakal muncul tuh ilusi seakan-akan kita nemuin orang yang “lebih baik” dari pasangan kita itu. Dan, kalo misalkan lu putus dan akhirnya milih si ‘orang yang lebih baik’ ini, nantinya lu pasti bakal ngerasa bosen sama dia sekeren apapun selingkuhan lu itu. Jadi, kalo misalkan lu udah nemu pasangan yang oke, yang setia, gak usah deh tergiur dengan ilusi ‘orang yang lebih baik’. Karena faktanya, dia bukan lebih baik dari pasangan kita, cuman lebih baru aja.

Salah satu bukti kalo kebosanan adalah penyebab utama niat pengen selingkuh atau berantem ada waktu kita masih PDKT. Waktu kita PDKT, semua kekurangan gebetan kita kayak dia yang sebenernya males-malesan kek, rambutnya bau matahari kek, eyelinernya kurang badai kek, sampe kayak dia kalo makan nasi goreng kerupuknya dimakan di akhir kek, pasti bakal kita maklumi. Kenapa? Karena orang yang sedang dimabuk cinta itu toleransinya berjuta-juta, jadi dia bakal maklum dengan semua kekurangan gebetannya, sekalipun ia tau bahwa kalo gebetannya itu brengsek atau playboy, misalnya. Sedangkan orang yang bosan sama pasangan, masalah-masalah kecil akan dijadikan keluhan dan tumbuhlah bibit pertengkaran, dan inilah yang akan membawa arah hubungan itu jadi tidak benul. Penyelesaiannya sendiri tergantung gimana cara lu berkomunikasi sama pasangan lu. Dan suatu waktu, sesuatu pasti berakhir, entah itu masalahnya atau hubungan lu.

Emang gue akui, kalo misalkan kita gak bosen pun, di dunia ini pasti ada orang yang lebih baik dari kita atau pasangan kita. Yang lebih ganteng, yang lebih cantik, yang lebih pinter, yang lebih keren, yang lebih tajir, yang lebihnya banyak dari kita. Karena emang, beberapa orang emang diciptain sekeren itu sama Tuhan. Tapi, kalo lu emang bener-bener cinta sama seseorang, semua kelebihan yang ada pada orang lain itu bakal gak berarti apa-apa, karena lu tau kalo lu udah merasa cukup dan bersyukur sama apa yang udah lu punya saat ini, walau yang udah lu punya ini banyak kekurangannya. Lu bisa bersyukur waktu lu udah memutuskan buat berhenti nyari yang lain lagi karena udah ada ‘dia’ yang lu punya sekarang. RA Kartini, yang jadi salah satu panutan soal wanita, pernah bilang kayak gini di salah satu suratnya “Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tak ada alasan baginya untuk mencari orang lain yang lebih baik darimu”.

Karena bahagia datang dari dalam diri, dan bersyukur juga datang dari dalam diri. Karena emang gak ada yang sempurna. Tapi walau gak sempurna, kita bisa membuatnya lengkap dengan cara selalu bersyukur dan berterima-kasih buat semua yang kita punya, termasuk ‘dia’ kalo misalkan lu udah punya. Dengan bersyukur sama apa yang udah lu punya, keinginan ini-itu bakal ilang, kecewa & penyesalan bakal ilang. Apa yang akan datang emang pantas disyukuri, tapi apa yang udah kita punya seharusnya lebih disyukuri lagi.

Dan yang terpenting juga, jangan membanding-bandingkan diri lu atau pasangan lu sama orang lain yang keliatannya lebih baik. Karena setiap orang punya kelebihan kekurangan masing-masing, karena Tuhan nyiptain manusia itu limited edition. Kalo misalkan lu dibanding-bandingin dan lu terima-terima aja, itu artinya lu udah kalah sama diri lu sendiri. Gak ada salahnya juga buat mencontoh perilaku orang yang baik, kalo emang itu bisa ngebuat hidup lu jadi lebih baik ke depannya. Tapi yang gak boleh adalah waktu lu dibanding-bandingin dan lu malah jadi kepikiran terus dan jadinya lu gak belajar apa-apa dan lu malah jadi orang yang gitu-gitu aja.

Which do you want? The pain of staying where you are, or the pain of growth?

Dari situ, gue nyadar lagi bahwa kalo ngejalin hubungan, yang terpenting bukanlah seberapa lama hubungannya, tapi seberapa dalam rasanya. Gue jadi inget lagi sama salah satu penggalan sajaknya Aan Mansyur yang judulnya ‘Pukul 4 Pagi’, yang ada di buku ‘Tidak Ada New York Hari Ini’ yang jadi buku puisi resmi film AADC 2. Di sajak tersebut, dia nulis kayak gini “Kadang-kadang, kau pikir, lebih mudah mencintai semua orang daripada melupakan satu orang. Jika ada seorang telanjur menyentuh inti jantungmu, mereka yang datang kemudian hanya akan menemukan kemungkinan-kemungkinan”.

Saran dari gue, kalo lu udah punya pasangan yang baik, yang setia, yang ngebuat lu ngerasa nyaman, yang ngebuat lu jadi orang yang lebih baik, sebisa mungkin pertahanin. Gak usah aneh-aneh sama ilusi orang baru itu, karena ujungnya bakal sama aja dan orang baru yang lebih baik itu belum tentu bahagia yang elu cari, dan yang menarik belum tentu yang terbaik. Jadilah pasangan yang tetap sejuk dikala panas, tetap manis di tempat yang pahit, dan tetap tenang di tengah badai yang paling hebat. Jadilah yang teratas, tapi tidak dengan cara menginjak kepala orang lain. Jadilah yang tertinggi, tapi tidak dengan cara mencuri tangga orang lain.

Selingkuh buat nyelesein masalah kebosanan sama pasangan malah jadi gak etis sama sekali, sekali pun pacar lu mengakui bahwa emang selingkuhan lu lebih baik dari dia. Karena urusan kayak ginian tidaklah sebercanda itu. Buat gue sendiri, kalo misalkan lu emang udah bosen sama pasangan, coba cari kegiatan lain yang aneh-aneh dan jarang lu lakukan berdua kayak roleplay (lu jadi pasangan lu begitu pun sebaliknya), atau main ke tempat yang baru dan asik, atau naik gunung barengan, atau travelling ke tempat yang jauh barengan, atau bisa juga masak barengan, atau mungkin bisa juga kalian sama-sama belajar jadi pawang ujan kan lumayan menghasilkan duit. Atau kalo nggak, cari topik obrolan lain yang jarang kalian bahas, karena emang semakin sering ketemu semakin sering ngobrol, topik obrolan suatu waktu akan habis (dan itulah yang ngebuat selingkuhan selalu lebih menarik, karena membawa topik obrolan baru yang sebenernya sama aja kayak waktu jaman lu PDKT sama si doi). Makanya, coba cari topik yang gak biasa atau kalo bisa yang lucu dan gendheng sekalian supaya bisa mencairkan suasana. Kalo lu biasanya ngobrolin pembahasan PR matbis, coba deh kali-kali lu bahas soal struktur dan pola bulu di dada pria atau bahas kenapa rangorang di twitter setia sekali dengan slogan ‘We fall in love with people we can’t have’, atau kali-kali bahas kenapa ternak lele adalah ide bisnis paling menjanjikan saat ini.

Atau, kalo cara itu masih gagal juga, coba berikan waktu buat diri lu sendiri, istilah kerennya me time atau q time bagi anak alay pengunjung setia stafaband mah. Kalo kata Fiersa Besari di Instagramnya mah “Sejenak hilang untuk menghargai hadir. Sejenak berjarak untuk menghargai rindu”. Biar lebih paham, coba dengerin lagu Tulus yang ‘Ruang Sendiri’. Kalo misalkan pasangan lu minta waktu sendiri, kasih aja dulu, karena hidup ini bukan melulu soal cinta, ada keluarga, temen-temen, hobi, sekolah, karir juga yang harus kita urusin. Tapi tetep, kasih batasan, jangan sampe dia pengen waktu sendiri selama 15 tahun dan lu ngeiyain aja, itu mah kalo udah beres 15 tahun dia tiba-tiba dateng lagi nganterin anaknya yang mau masuk di hari pertama TK, kali.

Jadi, semoga klean-klean yang lagi tayang-tayangnya bisa terus awet sama pasangan klean masing-masing. Rasa bosen itu pasti, tapi caranya menghilangkan rasa bosen itu tergantung sama diri kalian masing-masing. Karena bisa bikin banyak orang jatuh cinta di waktu yang sama itu hal yang biasa, tapi berkali-kali bikin jatuh cinta orang yang sama itu baru luar biasa.

Dan saran gue buat yang jomblo, jangan buru-buru kalo mau suka sama orang, gak semua kekaguman adalah mencintai, dan gak semua kenyamanan adalah bahagia yang elu cari. Kalo misalkan lu sedih nih udah jomblo selama setahun lebih, inget aja gue. Pacaran pertama gue adalah waktu kuliah ini, umur 17 tahun, pasti dong dianggap telat banget sama temen-temen gue yang udah sering gonta-ganti pacar waktu SMP-SMA, sampe gue aja lumayan sering diejekin jomblo waktu SMA dulu, bahkan sampe awal kuliah sebelum gue pacaran. Buat gue, yang bener-bener baik itu bakal dateng tepat waktu. Gak akan terlalu lama, dan gak akan juga terlalu cepet. Karena kalo itu emang spesial, menunggu lama sekalipun bakal tetep kerasa berharga. Yang penting, tetaplah memantaskan diri dengan cara memperbaiki semua kelakuan lu karena jodoh adalah cerminan diri, sambil tetep berdoa diberikan yang terbaik di waktu yang tepat sama yang diatas sana.

Cari yang sesuai kebutuhan lu, bukan sesuai dengan keinginan lu. Kadang, waktu milih pasangan, kita lupa ngebedain kebutuhan sama keinginan, yang akhirnya kita malah jadi ngedahuluin keinginan diripada kebutuhan, yang ujung-ujungnya bakal ngebawa ke kegagalan karena kalau sesuatu yang kita ingini dari pasangan kita itu pergi, rasa kita juga bakal pergi dari dia. Contohnya gini, kita misalkan pengan punya pasangan yang cakep, tapi apa yang sebenernya kita butuhin adalah punya pasangan yang selalu perhatian. Sayangnya, pasangan yang bisa ngasih perhatian ini mukanya gak cakep-cakep amat, dan yang cakep ini gak terlalu bisa ngasih perhatian dan hobinya malah ngedeketin orang lain waktu udah sama lu, misalnya. Dan anehnya, sebagai manusia, kita lebih cenderung buat milih orang yang cakep walau gak perhatian dibanding orang yang biasa aja tapi bisa ngasih perhatian.

Nah, kalo udah kayak gini, artinya kita udah ngedahuluin keinginan dibandingkan kebutuhan kita. Akhirnya pun bisa ditebak, hubungan itu nggak akan bertahan lama karena akhirnya kita sadar bahwa yang kita butuhin gak ada di orang yang kita pengen tersebut. Ya, tanpa perhatian, kita nggak bisa nyaman sekeren seganteng sepinter apapun pasangannya. Jadi, buat lu yang lagi jomblo dan ngaku-ngaku lagi jadi fakir asmara, carilah orang berdasarkan kebutuhan lu, bukan keinginan lu. Karena lu bisa aja suatu waktu bosen ama yang elu mau, tapi elu gak akan bisa lepas dari yang namanya kebutuhan. Kebutuhan ini pun menurut gue bisa datang dari kita yang menciptakan kebiasaan barengan, dan nanti kebiasaan itu bakal menciptakan kebutuhan. Yah, gitulah.

Tapi, perjuangkan apa yang pantes diperjuangkan. Kalo menurut istilah temen-temen gue di kampus mah, jangan jadi ‘bucin’ alias budak cinta, yang tetep bertahan walau udah disakitin atau udah didiemin berkali-kali. Kalo misalkan lu udah ngasih semuanya buat orang yang lu cintai, tapi itu masih belum cukup, mungkin lu ngasih ke orang yang salah. Lepasin aja, karena salah satu seni dari cinta adalah waktu lu mengalah, waktu lu ngeikhlasin dia karena lu sadar selama ini cuman lu doang yang berjuang. Perjuangkan orang yang memperjuangkan elu juga, karena cinta ini bukan urusan sendiri-sendiri. Kalo kata istilahnya mah, jangan buta saat jatuh cinta, don’t lose yourself trying to love someone. Gue jadi inget salah satu penggalan lirik yang ada di lagunya Efek Rumah Kaca – Jatuh Cinta Itu Biasa Saja :

Jika jatuh cinta itu buta
Berdua kita akan tersesat
Saling mencari di dalam gelap
Kedua mata kita gelap
Lalu hati kita gelap
Hati kita gelap
Lalu hati kita gelap


Mungkin ada salah satu dari kalian yang udah baca sepanjang ini dan masih memiliki gundah dan tanya dalam hati, “Jadi, makna cinta buat lu tuh apa sih, Kal?”

Jadi, sekarang, buat gue cinta adalah saat lu ngerasa cukup dan bersyukur sama apa yang lu punya, karena itu bisa jadi faktor bahagia yang lu cari selama ini. Cinta itu waktu kita memberi tapi tidak berharap apa-apa. Ini kayak Allah dengan sifat Ar-Rahman yang artinya “Mahapengasih”, dimana Allah memberi nikmat buat semua mahluk hidup di dunia ini, tapi tidak berharap semua mahluk hidup itu taat pada-Nya. Dalam Bahasa Inggris, istilah keren untuk “Cinta adalah memberi tapi tak berharap diberi” ini yaitu ‘altruistic’. Buat gue juga, cinta adalah ‘rumah’, alias akan jadi tempat kita kembali kemana pun kita pergi. Mungkin bukan buat gue doang, tapi buat semua orang di dunia ini, terutama anak-anak rantau yang jauh dari rumah. Karena keluarga adalah cinta. Karena keluarga adalah rumah. Karena keluarga adalah tempat kita kembali.

Tapi, cinta gak selamanya soal gebetan atau pacar. Sebenernya, ada orang yang harusnya kita cintai lebih dari pacar atau gebetan kita. Yaitu orang tua, dan diri lu sendiri, dan Allah atau Tuhan lu. Gue jadi inget, waktu masa-masa kelam dimana gue sempet gak percaya kalo manusia bisa ngerasain cinta, gue cuman percaya bahwa cinta yang tulus itu cuman datang dari Ibu ke anaknya. Dan emang, satu hal yang gak bakal ninggalin kita selain Allah adalah doa Ibu kita.

Gue juga mau nekenin bahwa sebelum mencintai orang lain, ada baiknya lu mencintai diri lu sendiri. Ini supaya lu nanti bisa bangkit lagi kalo misalkan lu jatuh, ini supaya lu bisa move-on kalo misalkan lu dapet masalah. Secinta apapun lu sama seseorang, tapi kalo lu gak cinta diri lu sendiri, lu bakal jadi budak cinta ujung-ujungnya dan itu gak sehat buat idup sama hubungan lu. Karena emang kalo udah pacaran, hal yang bikin kita nyaman sama dia adalah waktu kita bisa jadi diri kita sendiri. So, the first rule of love is love yourself.

Gue yakin, setiap orang bakal punya reaksi yang beda-beda setelah baca tulisan ini, tergantung dari kelompok umur dan tergantung dari apakah yang baca ini kenal sama gue apa nggak. Mungkin, buat yang masih usia SMP-SMA dan masih berjuang menemukan doinya, dia bakal geli-geli sambil senyum-senyum sendiri keinget gebetan waktu baca tulisan ini, tapi sambil galau karena gebetannya udah 12 menit gak bales chatnya, padahal dia cuman ngasih jeda 11 menit waktu bales chat yang terakhir. Atau mungkin anak kuliahan, yang udah semakin dewasa dan udah males sama bullshit-bullshit percintaan, bakal langsung nutup blog gue dan lalu ngerjain tugas praktikum kimia yang deadlinenya 2 jam lagi, tapi entah kenapa waktu lagi nyari solusi dari permasalahan praktikumnya, dia malah nyasar ke blog ini. Atau mungkin, yang udah Bapak-Bapak dan udah nikah bertahun-tahun sama istrinya, mungkin dia bakal senyum-senyum sendiri sambil berkata dalam hati “Hahaha baca tulisan ini jadi keinget waktu dulu PDKT sama si Bunda, laporin ke Satpol PP ah”.

Loh-loh?! *digrebek Satpol PP*

Sebagai penutup, gue mau ngutip salah satu kalimat yang ada buku “Critical Eleven” karya Ika Natassa lagi. Entah kenapa, gue suka banget sama bagian ini.

“Ada cerita tentang pasangan kaya raya yang lagi merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang kelima puluh di sebuah hotel berbintang lima. Si MC dengan riang memanggil pasangan itu ke panggung dan mulai mewawancarai sang istri, “Bu, saya mau korek-korek dikit nih, ya. Menurut Ibu, Bapak ini ada kekurangannya gak?”

“Sebanyak bintang di langit !! Sampai nggak sanggup saya menghitungnya.”

Si MC kaget dengan jawaban si istri yang sangat blak-blakan. “Wah, apakah kebaikan Bapak juga banyak sekali, Bu?”

“Justru sedikit sekali. Ibarat matahari di langit. Bumi malah cuma punya satu matahari.”

“Lho, kalau begitu kok bisa Ibu hidup bersama Bapak rukun-rukun, akur, saling cinta sampai setengah abad?”

Sang istri pun menoleh ke suaminya, tersenyum,

“Karena, Dik, begitu matahari terbit, semua bintang di langit jadi tidak kelihatan.” “

Selamat lima yang keenam.

Wassalam.

You Might Also Like

1 komentar

  1. UDAH GEDE YAAAAA:") wkwkwkwkkw panjang btw tp aing nangkep nya maneh jomblo 17 taun (?)

    BalasHapus