14 Tahun

Februari 12, 2013

Hari ini, 12 Februari 2013.

Tepat 14 tahun yang lalu, tepatnya jam 18.40 WIB. Di Kabupaten Pandeglang, Banten. Seorang sesepuh perlotengan multi-nasional anak bernama Haykal Satria Panjeraino lahir dengan kondisi tampan normal.

Yap, hari ini adalah hari ulang tahun gue, yang ke 14. Alhamdulillah, gak kerasa gue udah 14 tahun, udah mau masuk SMA. Mungkin kalo diinget-inget gue waktu masih kecil, lucu juga kali ya. Waktu masih di Rangkas Bitung (Banten), waktu zaman TK-SD di Marga Cinta yang antah-berantah, dan akhirnya pindah ke Gatot Subroto, sampe sekarang. Ah, entahlah.

Hari ini, Selasa. Hari ini dimulai dengan ucapan selamat ulang tahun dari beberapa temen sekelas gue, yang entah tau darimana hari ini gue ulang tahun. Tau dari Facebook (ya, Facebook) kali ya? Karena gue juga ngerasa jarang ngasitau tanggal ultah ke temen-temen. Tapi ya Alhamdulillah aja ada yang tau dan ngasih perhatian. Makasih banyak yaa.

Dan hal konyol terjadi hari ini, buat gue dari sebagian kecil teman gue. Bukan surprise ngasih hadiah atau skenario rumit nan menyedihkan sih, cuman candaan bodoh ala cowo-cowo SMP yang masih ngejalanin masa puber. Gue dijebak, di atas Masjid sekolah (BTW, bagian Masjid SMP gue sampe sekarang masih belom rampung, jadi masih kosong aja gak jelas buat apaan). Dan keliatan oleh semua kelas yang ada di wilayah belakang SMP gue.

((SEMUA KELAS))

Kejadian bermula waktu istirahat pertama. Gue, yang seperti biasa males jajan di Lt. 1 dan tetep diem di kelas, cuman duduk-duduk di depan kelas aja, sama beberapa temen cowo yang baru dateng dari bawah. Kaya biasa lah, Adit, Ilham, Rizky Ilyas, Redzki, dkk. Waktu itu kita lagi main permainan ala bocah, ngelemparin batu ke ember gak kepake yang jaraknya cukup jauh. Kerjaan pria-pria galau yang lagi puber.

Di salah 1 kesempatan, si Ilham secara presisi (akurat) mencopot salah 1 sepatu gue waktu lagi lengah dan ngelemparnya ke ember itu, walau gak masuk. Dan secara naluriah gue naik (karena kelas gue adalah salah 1 kelas yang menempel dengan bagian atap Masjid yang belom jadi itu, kelas lainnya adalah 7.4) ke bagian fondasi atap Masjid yang belom jadi itu, suatu hal yang jarang dilakukan (ya gara-gara tadi, cuman 2 kelas yang bagian depannya berbatasan langsung sama bagian fondasi atas Masjid).

Sepatu berhasil gue amankan, tapi temen-temen gue secara konyol diem di depan tempat buat naek ke fondasi Masjidnya, alias mengurung gue. Gue jadi kejebak disana, gabisa keluar. Semua jadi serba salah. Mau turun lewat depan kelas 9.7 terlalu bahaya, karena walau masih bisa, tapi bawahnya udah lantai 1, kalo jatuh udah Wassalam, turun lewat kelas 9.9 apalagi.

Satu-satunya jalan keluar emang lewat depan kelas 7.4 yang berarti harus nyebrangin Masjid. Tapi pas mau jalan kesana, temen-temen gue pun ngasitau "Kade dicarekan Pak Adang sia Kal". Ya, emang, nyebrangin fondasi atas Masjid adalah hal yang aneh. Karena bagiannya terbuka, keliatan hampir semua kelas, dan mungkin pamali juga kalo lari-lari diatas Masjid (walaupun masih fondasi). Perihal kata-kata temen gue, itu belom tentu bener, karena Pak Adang (gak galak sih, tapi gatau kenapa mereka malah ngerujuk ke Pak Adang) juga belom tentu lagi di Lab. TIK (yang ada di deket bagian atas fondasi Masjid itu).

Yah, akhirnya gue dijebak disana selama kurang lebih 15-20 menit. Keliatan sama semua temen sekelas gue yang baru dateng dari kantin (untungnya gak ada yang peduli, walau gue lagi ultah). Sampe pas bel tanda isirahat udah selesai bunyi, gue dibolehin turun. Alhamdulillah. Abis itu suasana larut kaya biasa lagi. Yah, namanya juga remaja.

Di Lab. Biologi, gue dapet ucapan selamat ulang tahun dari sekelaseun, termasuk dari Wali Kelas gue, Bu Ida. Makasih lagi buat semuanya. Dan waktu pulang, di Twitter pun gak banyak orang yang ngucapin. Dan malemnya gue dapet ucapan dari keluarga, terus keluar rumah buat makan-makan. Sesederhana itu.

Walau sesederhana itu, overall, gue tetep bersyukur buat hari ini. Karena menurut gue, ulang tahun gak perlu dirayain mewah-mewah. Cukup dari doa buat jadi lebih baik ke depannya dari orang-orang terdekat (apalagi kalo dikabulin) pun bagi gue udah cukup. Gue gak terlalu butuh pesta gede-gedean yang ribut karena hal itu seringkali ngebuat gue mikir kalo hidup itu gak nyata. Karena hidup adalah anugerah itu sendiri.

Maap kalo susah dimengerti hehehe. Namanya juga Haykal. Makasih udah baca. Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar