Akhir Yang Indah di Bulan Juni

Juni 30, 2015

Jujur, gue baru sadar kemaren kalo ternyata hari ini itu udah 30 Juni aja, yang artinya besok udah masuk bulan Juli. Kalo mau masuk awal bulan gini biasanya orang-orang mulai berkicau “Wah udah bulan Juli aja ya gak kerasa, perasaan baru kemaren deh gue ngerayain ulang tahun ke-3”.

Yah gue juga begitu. Awal Juni alias tanggal 1 kemaren gue masih kelas 11, masih ulum walaupun tinggal 2 hari lagi. Sekarang gue udah kelas 12, dan gue baru sadar kalo gue bahkan gak akan sampe 1 tahun lagi di SMA. Tanggal 30 Juni tahun depan mungkin gue udah jadi anak kuliahan, dagangan gue makin maju, kacamata gue udah ganti, brewok mulai tumbuh, nulis makin rutin, ukuran sepatu jadi 45 setengah, tapi tetep jomblo.

Dan gue senennnggg banget bulan ini. Karena, bulan Juni 2015 ini adalah bulan paling produktif selama sejarah kepenulisan gue. Ya iyalah gile, hampir tiap hari gue nulis buat ini blog, yang ngebuat post diterbitkan akhirnya bisa lebih banyak dari draft setelah bertahun-tahun draft menghantui gue (dulu post diterbitkan masih 100an, draft bisa 180an. Sekarang post diterbitkan udah 157 dan draft tinggal 148, walau masih banyak tapi seenggaknya jumlahnya udah ngurangin drastis).


Hal ini (nulis di blog hampir setiap hari) belum pernah gue lakukan di bulan-bulan sebelumnya, paling top post per bulan itu 10an paling atau 15, lah ini bisa 30an :’) Walaupun gue selalu nulis menjelang tengah malem (gatau kenapa gue lebih semangat nulis menjelang jam 12an), tapi ada beberapa hari dimana gue gak nulis, biasanya karena males parah atau ada 1 hari yang gue pusing gile jadi pengennya tiduran mulu. Yah, gue harap bulan-bulan ke depan gue bisa nulis tiap hari.

Dan mungkin buat kalian yang sering baca blog ini (ada gak yah?) bakal menyadari perbedaan tema tulisan gue sebelum bulan Juni dan selama bulan Juni. Kalo sebelum bulan Juni, post gue kebanyakan tentang kehidupan sehari-hari gue yang gak jelas, jarang ada post diluar itu. Selama bulan Juni ini, gue berhasil menepati janji gue di salah 1 tulisan Mei akhir (lupa yang mana hehehe), di post itu gue bilang kalo gue bakal mencoba nulis yang lebih bertema daripada hal gak jelas dari keseharian gue, yang gue yakin elo pun tidak tertarik membaca kisah pelajar SMA penyuka gehu ini.

Ya, selama bulan Juni ini gue nulis jadi rada bertema sedikit, tulisan tentang keseharian gue mulai berkurang karena Juni ini kebanyakan libur dan gue selama libur di rumah mulu (huhuhu). Walaupun masih ada serial galauan lagu, tapi selain itu gue bisa nulis yang lebih random lagi. Gak kebayang kan kalo di blog ini tiba-tiba ada post tentang gehu, besoknya ada post tentang lift dan besoknya lagi ada cerpen sedih dari Prancis? Mungkin bagi kalian yang tidak percaya hal mistis kayak cowok setia atau naganya Tutur Tinular, bakal ngebayangin kalo current mood gue selama sebulan itu kayak gini :

Tapi, semua hal itu tentu beralasan. Gue gak mungkin tiba-tiba pengen nulis tentang hal ini semua tanpa mikirin temanya sebelumnya. Gue bukan orang yang jago mikirin tema secara mendadak. Dan khusus buat bulan ini, gue sebenernya ikutan sebuah kompetisi nulis kecil-kecilan, yang tantangannya itu nulis secara random selama bulan Juni ini, setiap hari, dan temanya udah ditentuin dari sananya. Sebenernya gue nemu 2 kompetisi kayak ginian, di facebook dan twitter. Tapi gue lebih milih yang di facebook, karena udah ada temanya. Kalo yang di twitter gak ditentuin, bebas, sementara gue kalo gitu suka bingung parah mau nulis apa, ujung-ujungnya gak jelas lagi.

Dan inilah tema asli dari kompetisi 30 hari nulis random itu. Gue tulisin semua siapa tau kalian terinspirasi buat ikutan juga (walau udah ditutup sih kompetisinya) cuman buat sekedar melatih tulisan kaliah, ini dia :

Hari 1 : Apa yang membuatmu menyukai film
Hari 2 : Ambil buku di dekatmu, buka halaman 2 dan lihat kata pertama halaman itu
Hari 3 : Ceritakan hidupmu dari sudut pandang orang lain
Hari 4 : Tulis fanfiction dari film favoritmu
Hari 5 : Bebas
Hari 6 : Tulisan pengalaman horror yang pernah dialami
Hari 7 : Baca berita hari itu, dan tulis opinimu
Hari 8 : Ceritakan dunia dari sudut pandang benda
Hari 9 : Tulislah tentang makanan yang berkesan buatmu
Hari 10 : Bebas
Hari 11 : Bayangkan kamu ada di pemakaman, pilih 1 nama disana dan ceritakan tentangnya
Hari 12 : Tulis 12 hal yang ingin dilakukan sebelum mati
Hari 13 : Tulis kisah hidupmu dari salah 1 tokoh film
Hari 14 : Tulislah tentang dunia dari sudut pandang anak kecil
Hari 15 : Bebas
Hari 16 : Berceritalah mengenai 1 warna
Hari 17 : Berceritalah dari sudut pandang lawan jenismu
Hari 18 : Ceritakan perjalanan yang berkesan
Hari 19 : Tulis buku yang menginspirasi kamu
Hari 20 : Bebas
Hari 21 : Jika kamu tidak seperti sekarang (sekolah blabla), akan jadi apa kamu sekarang
Hari 22 : Siapa penulis atau actor atau ilmuwan yang menginspirasimu
Hari 23 : Tulis tentang teknologi yang menurutmu menarik
Hari 24 : Tulis pelajaran favoritmu saat SMA
Hari 25 : Bebas
Hari 26 : Tulis pengalaman saat kau harus memilih keputusan besar dalam hidup
Hari 27 : Ceritakan mengenai sahabat terbaikmu
Hari 28 : Ceritakan tentang isi tasmu
Hari 29 : Ceritakan lagu yang menggambarkan perasaanmu saat ini
Hari 30 : Yang lagi kalian baca, alias kesan selama 30 hari nulis random

Sekilas keliatan gile emang harus nulis setiap hari selama sebulan dengan tema yang beda-beda tiap harinya. Buat gue yang gak rutin amat nulis di ini blog, waktu menyanggupi tantangan ini dan nyoba nulis selama beberapa hari, yang gue rasakan adalah :

Bedewei, tanggal yang kelipatan 5 temanya bebas, dan Alhamdulillah di tema bebas itu gue masih bisa nulis walapun kadang masih suka bingung. Di beberapa hari gue bolong-bolong alias bolos nyetor, terutama setelah hari ke-14, gak tau kenapa gue mulai males nulis di hari ke 16 alias tentang warna, eh abis itu malah kadang kebawa-bawa di hari lain.

Di 5 hari pertama, gue kesusahan di hari ke-4 alias tentang fanfiction. Ya karena gimana mau nulis fanfiction (cerita film yang lo edit lagi seenak jidat), nonton film aja jarang. Tapi akhirnya gue berhasil juga nulis post fanfiction itu walau rada lama dikit, dan kayaknya gak bagus-bagus amat. Abis itu Alhamdulillah gak ada halangan, paling tentang pengalaman horror itu gue gak mau nulisnya malem-malem, takut cuy hehehe walau kisahnya gak serem.

Yang paling bikin gondok atau kzl itu hari 12 atau tentang bucket list. Gue waktu itu lagi nginep di rumah Diko, di Lembang. Gue gak nemu laptop yang bisa dipake (karena semuanya dipake Robo sama Diko buat maen game) buat nulis, dan akhirnya gue nulis lewat HP. Gileee pegel bener dah. Daaann yang bikin kesel, waktu gue mau ngepost, gue lupa nyalain internet (sengaja gue matiin dulu biar bisa fokus) dan tulisan itupun hilang dalam sekejap, tanpa jejak. Gue gak tau kenapa kalo di HP kayak gitu, padahal kalo di laptop mah nggak. Akhirnya dengan kesel gue nulis ulang lagi versi gak niatnya, dan akhirnya gue edit lagi beberapa hari kemudian.

Hari 15, 16, 17 sama 18 adalah 3 hari yang gue bolos nyetor semua, alias gak ada tulisan apa-apa di 4 hari itu. Gue baru nulis di hari ke-19 alias tentang buku. Dan sekarang baru post hari 15 yang udah gue “tambal”, sisanya belum. Gak tau dah kenapa gue males nulis hari itu. Yang hari 18 alias tentang dunia dari sudut pandang lawan jenis, sebenernya gue udah mau nulis. Tapi gue kebanyakan mikir, kebanyakan nanya ke Hasna sama Nadyra, jadi malah bingung mau nulis apa dan akhirnya gak nulis apa-apa (bahkan draftnya pun gak ada). Tentang perjalanan berkesan, gak tau, gue mau nulis tentang Bali sama angkatan gue, kepanjangan, dan gue gak tau perjalanan berkesan lain, jadi aja gak nulis. Buat hari ke-16 alias tentang warna, jujur gue gak tau mau nulis apa, gue gak tau makna warna bagi kehidupan. Jadi ya gitu.

Hari ke-19 nulis, eh dari hari ke-20 sampe 24 gue bolos lagi, hehehe. Seperti biasa, bingung. Kalo penulis yang menginspirasi gue baru kepikiran barusan dan kayaknya mau mulai nulis besok-besok. Hari 24 sampe 27 akhirnya nulis lagi walau sumpah tulisan hari ke-27 gue kacau bener. Tentang sahabat. Gue gak tau siapa yang mau gue tulis, jadi gue nulis diri gue sendiri, dan hasilnya zonk… Hari 28 gue gak nulis karena gak sempet (dan males) hari ke-29 Alhamdulillah sempet nulis walau bingung mau lagu apa. Dan sekarang ini nulis post hari terakhir.

Yaahh gitu, banyak seneng susahnya selama nulis 1 bulan ini. Senengnya kalo tulisan gue bagus (ada beberapa tulisan yang entah kenapa gue seneng banget bisa nulis itu, jarang-jarang loh gue kayak gitu), dan susahnya ya kalo lagi buntu ide atau kasus hari ke-12 yang super ngeselin itu.

Dan Alhamdulillah tulisan gue di 3 hari pertama sempet jadi favorit si admin (hehehe makasih Teh!!), juga hari ke 26 walaupun menurut gue itu biasa aja. Kompetisi ini ada hadiahnya dari sponsor walau belum pasti (berubah-ubah tiap Minggunya), dan gue gagal menang (bahkan kayaknya masuk nominasi aja nggak) karena ketidak-konsistesan gue dalam nulis, atau telat nyetor (abis jam 12 malem dianggep telat).

Tulisan yang paling jadi favorit gue itu hari ke-3, tentang kisah hidup gue dari sudut pandang orang lain. Ide cerita itu udah kepikiran sama gue semenjak pulang sekolah, waktu lagi di motor. Di perjalanan itu (gue bisa mikir jernih karena Rasiq gak nebeng hari itu) gue udah kepikiran gimana kalo tentang kepribadian ganda, karena gue pernah novel tentang kepribadian ganda dan kayaknya seru kalo gue coba nulis hal yang sama. Jadi begitulah, gue mulai nyusun ceritanya dan inget-inget lagi waktu nulis di rumah. Awalnya bingung dan gak ngurut sih, tapi setelah istirahat bentar Alhamdulillah bisa dirapihin lagi dan entah kenapa tulisan itu bagus banget :’)

Sisanya ya gitulah, gue ngerasa masih harus ngembangin lagi tulisan gue, dan kekonsistenan-nya. Gue harap bulan depan bisa gini lagi. Kompetisi ini ngebuat gue lebih produktif selama liburan dan viewers blog gue meningkat sekitar 2ribu orang, Alhamdulillah :’)

Jadi ya begitu. Terima kasih udah baca tulisan gue selama sebulan ke belakang, buat yang masih bolong, InsyaAllah besok-besok bakal gue tambal. Rajin-rajin ngecek aja.

Wassalam :)

You Might Also Like

0 komentar