Karena Kita Adalah Sahabat Bagi Diri Sendiri

Juni 27, 2015

Sahabat, apa sih artinya buat kalian. Orang yang selalu ada? Yang selalu dengerin curhatan kalian? Yang selalu nraktir bakso rudal waktu ulang tahun? Yang sering ngingetin Shalat? Yang ngechat tiap hari? Hmm, yah, apapun itu artinya, itu semua bener kok (ketauan lagi buntu ide hehehe :#).

Makin kesini, gue makin sering aja liat orang nambahin definisi sahabat, terutama dari hasil ngelike post dedeque-dedeque di Line yang lagi marak belakangan ini. Mulai dari “orang yang gak pernah ninggalin kita waktu kita lagi dibawah”atau “Lebih baik punya 1 sahabat yang setia daripada 1000 temen yang cuman dateng waktu ada maunya aja” sampe yang galau bijak ala Mario Teguh kayak “Jodoh itu sahabat. Kalo tidak sahabat, mungkin karena mencintai tapi tidak tau caranya bersahabat, atau memang tidak jodoh”. Tapi gue liat, inti dari pengertian sahabat dedeque-dedeque galau adalah “Sahabat itu beda sama temen”, penjelasannya ada banyak yang tentu kondisinya beda-beda buat setiap orang.

Orang zaman sekarang juga makin banyak yang nambahin kategori siapa aja yang pantes dibilang sebagai sahabat terbaik. Mulai dari yang temenan dari TK sampe SMA (macem yang TK sampe SMA-nya di TB), atau orang tua, atau kakak / adek, atau anjing, atau kucing :3 atau kura-kura, atau mungkin juga anime naruto yang dia tonton setiap hari.


Tapi entahlah, buat gue pribadi, yang masih 16 tahun dan masih jomblo, yang dari TK sampe SMA nya gak pernah cuman di 1 yayasan doang (macem TB), sahabat terbaik bagi gue adalah… diri gue sendiri.

Emang sih keliatan “jomblo banget”, tapi ya gatau kenapa gue selalu menganggap bahwa kita adalah sahabat terbaik bagi diri kita. Entah karena gak pernah punya temen yang selalu bareng dari TK / SD, atau emang pengaruh #TerlaluLamaSendiri.

Ya iya sih di sekolah gue juga punya sahabat yang deket macem Ozi atau Irfan atau Rasiq dan yang lain, di SMP juga punya R-Bros yang selalu nongki jantan di masjid sekolah sampe jam 5 / sampe diusir Pak Entang :( Di SD juga dulu ada Egga, Dissa, Rezky dan kawan-kawan lain walau sekarang udah gak pernah komunikasi lagi, kecuali Rezky kadang-kadang. Tapi, sahabat terbaik bagi gue tetep ya diri gue sendiri.
R-Bros sebelum pisah SMA, guenya masih unyu :3
Tapi kategori terbaik itu muncul waktu kita udah ngebandingin banyak hal dan menarik 1 kesimpulan. Iya kan?

Jadi gue memilih diri gue sendiri.

Banyak yang gak sadar kalo kita adalah sahabat terbaik buat diri kita sendiri. Kalo kita sebenernya adalah anugrah paling besar yang Allah pernah kasih ke kita. Kalo terkadang cuman kita yang bisa nolong diri kita sendiri. Kita cuman bakalan punya diri kita sendiri waktu orang lain pergi ninggalin kita, sekalipun itu keluarga atau jodoh. Atau apapun itu.

Buat gue sendiri, kenapa ya milih diri gue sendiri… Mau keliatan jomblo jadi dikasianin sama cewek-cewek? Wekaweka. Ngga kok. Gue juga gatau alasannya kenapa :| Ah iya, mungkin karena gue akhir-akhir ini sering ngerasa sendirian walau lagi ditengah banyak orang, jadi gue cuman punya doang yang bisa diajak ngobrol. Jadi ya ginilah kerjaan gue kalo lagi gadag (gak ada kerjaan), ngobrol sama diri sendiri, kadang mulut gue ikut komat-kamit kadang cuman di pikiran doang. Tapi percayalah, itu bukan David yang pernah gue ceritain beberapa waktu yang lalu, hehehe.

Entahlah gimana kalian. Mungkin diantara kalian ada yang punya sahabat dari TK / SD (macem Ivanka-Trisia-Shavira yang kayaknya kemana-mana bareng) sampe anaknya pun sahabatan sampe punya anak lagi, atau adek / kakak kalian, atau orang tua kalian atau sahabat terbaiknya itu kucing di rumah,atau sahabat bagi kalian adalah game yang kalian mainin tiap hari, atau sahabat hidup mungkin? Buat penggemar Tulus mungkin lebih sreg nyebutnya sebagai Teman Hidup.

Kau jiwa yang slalu aku pujaaaa~

Jodoh itu sahabat. Jika tidak bersahabat, mungkin saling mencintai tapi tidak tau cara bersahabat, atau memang bukan jodoh – Mario Teguh

*********

Yah, mungkin sekarang ini gue cuman bisa milih diri gue sendiri jadi sahabat terbaik, entah gimana nanti. Mungkin makin lama gue makin berpikiran lebih terbuka, lebih bisa nerima orang sebagai temen yang selalu ada sampe kakek-nenek alias teman hidup (ciyee siapa tuh). Atau gue masih bakal tetep milih diri gue sendiri sebagai sahabat terbaik? Entahlah.

Kalo jaman sekarang sih, kalimat “teman” sama dedeque-dedeque emesh sering di-baperin jadi “Yaah cuman temen” atau “Yaaah friendzone” atau “Yakin cuman temen?”

Ngomongin soal sahabat lagi, gue pengen ngomongin hal yang rada menggelitik sampe bisa ketawa wekawekaweka. Hehehe nggak deng. Tapi gini intinya : pernah gak sih kalian sama kawanan kalian, waktu kelulusan sekolah atau pokoknya acara terakhir kalian bisa kumpul rutin, salah 1 dari kalian ngomong "Eh guys walau kita udah gabisa bareng lagi tapi nanti harus tetep sering ngumpul yaa!!" dan apa yang biasanya terjadi?

Teman 1 : "Eh guys kita bukber yuk di manaa gitu, kangen udah lama gak ngumpul nih"
Temen 2 sampe terakhir : "Ngikut ajaa"

Dan acara bukber pun berakhir di rumah masing-masing.

Hehehe.

Sumpah gue bingung mau nulis apaan, makanya kacau gini maafkan :(

Wassalam.

You Might Also Like

1 komentar