178 cm

Agustus 30, 2013

Untuk Yth. Saudara Nauval Zulfikar alias Jul yang ditolak sebelum nembak sama gebetannya dengan dibilang pendek dan berotot.

Banyak yang heran sama gue. Bukan, mereka bukan heran karena gue itu ganteng tapi kenapa sampai sekarang gue jomblo *ngesot*. Tapi, mereka heran karena gue itu, (maaf, gue bukan mau sombong, kecuali ke Jul) tinggi. Ya, tinggi. Tapi kan, orang tinggi itu wajar kan? Iya, wajar, tapi bagi kalangan om-om yang tinggal di Eropa sana. Mungkin kalian bertanya, “Berapa sih tinggi gue, sampe orang-orang pada heran sama gue?”
Bukan gue kok tenang sodara-sodara !!
Oke, terakhir gue ngukur tinggi gue itu saat di UKS sekolah gue beberapa bulan lalu, dan tinggi gue itu 175 cm, tapi beberapa menit kemudian gue ngukur lagi, eh malah jadi 178 cm, dan pas diukur untuk yang ketiga kalinya, tinggi gue malah jadi 173 cm. Dan dari hal ini gue bisa belajar 2 hal : Pertama, ternyata dalam beberapa menit saja, tinggi gue bisa nambah 3 cm dan tiba-tiba turun secara sadis (5 cm). Dan yang kedua, selain cewek jomblo yang mempunyai sifat labil, ternyata tulang di tubuh gue juga labil. Mungkin karena masih jomblo kali, ya? *meratapi nasib*

Oke, itu beberapa bulan lalu, dan sekarang gue ambil kesimpulan bahwa tinggi gue itu 178 cm (perkiraan, entah udah nambah tinggi). Mungkin, tinggi 178 cm itu sekarang gak aneh lagi bagi orang Indonesia. Tapi masalahnya, gue itu kelahiran tahun 1999 (ya, 1999. Jadi bukan tahun 1741 seperti yang kalian ketahui selama ini). Dan umur gue setahun lebih muda dari temen sekelas gue. Tapi, gue bisa dibilang manusia paling tinggi di kelas 9.8. Walaupun menjadi anak tertinggi di kelas, gue merasa ada yang lebih tinggi dari gue di 9.8, siapa dia? Dia adalah Bagas, karena tiap kali gue berdiri di sebelah dia, gue jadi merasa lebih pendek beberapa senti.

***

Draft berakhir sampe situ, saatnya melanjutkan. Kisahnya mungkin dicampur dengan masa SMA karena post ini dilanjut pas gue kelas 2 SMA.

***

Seperti yang udah gue bilang di atas, tinggi gue waktu SMP kira-kira 178cm. Entah sekarang, gue terakhir ngukur ya pas itu. Mungkin udah nambah dikit mah.

Tadi juga di SMP gue bilang kalo Bagas kayanya lebih tinggi daripada gue. Kalo di SMA, woah, banyak banget yang lebih tinggi, cewepun ada malah. Orang macam Arya (Dipajaya), Ozi, Rizky (Pradipta) dkk adalah orang yang kalo gue berdiri di sebelahnya, gue berpikir 'Buset, tinggi amet lu tong'. Bahkan cewe pun ada yang setara sama gue. Yang seangkatan itu Disa (Pranaya), dan adek kelas ada (Ra)bita. Tinggi nya sama kaya gue, atau lebih tinggi malah.

Gapapa sih.

Yah, gatau, kenapa gue bisa kaya gini, Alhamdulillah aja. Di keluarga gue gak ada yang tinggi menjulang malah. Yah wajar aja keluarga asal gue berasal dari keluarga petani. Gatau sih hubungannya apa, tapi ya gitulah.

Pas awal SD, gue sama kaya temen gue yang lain. Sama pongkrengnya, sama itemnya (keseringan keliling komplek make sepeda dan keseringan maen bola), sama jeleknya (untung wajah gue sekarang lebih makmur). Nah, pas pindah ke rumah sekarang (di Gatsu) tahun 2008, gue kayanya mengawali periode awal tumbuh tinggi (dan besar, sial). Waktu kelas 5, tinggi gue 158cm, tertinggi di kelas. Waktu kelas 6 juga, walau mungkin si Theo setara sama gue, dan Rezki juga. Waktu SMP, udah lumayananlah banyak yang sama. Kaya Rauf, Yara, dll. Tapi pas kelas 9 Bagas kayanya yang lebih tinggi dari gue. Pas SMA udah banyak yang lebih tingg . Akoe rapopo.

Mungkin 178 cm ini gue raih karena kebiasaan gue yang bertahan sampe sekarang. Rada botjah sih, tapi kayanya efektif juga. Minum susu. Sampe sekarang gue rajin minum susu tiap hari (ya, tiap hari). Gak lengkap aja hari gue kalo gak minum susu. Dan susu inilah yang membuat gue gak terlalu suka kopi. Kurang cowo emang. Entah gimana kalo gue ke daerah Melayu (dimana masyarakatnya adalah peminum kopi kelas beradz) dan bilang gak suka kopi. Mungkin gue akan dianggap sebagai penjelmaan Satan dan dibakar hidup-hidup disana.

Ah iya, selain itu gue dari kelas 7-10 juga ikutan eskul basket. Mungkin ini juga rada membantu gue untuk mencapai 178 cm. Walaupun sampe sekarang cara bermain basket gue gak lebih dari amatir, tapi ya setidaknya gue dapet manfaat dari basket inilah. All hail John Naismith. Jadi orang yang (bisa dibilang) tinggi itu lumayan lah banyak untungnya. Kalo main basket ngeshoot gampang. Kalo maen bola nyundul gampang. Juga lebih gampang dapet cewe (kata gue, walau gue jomblo sampe sekarang *nangis*). Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh seseorang, cewe cenderung akan nyari cowo yang lebih tinggi paling nggak 10cm dan lebih tua paling nggak 2-5 tahun darinya.

Dan cewe yang kayanya setara / lebih tinggi di SMATB cuman Disa sama Bita, jadi gue lebih banyak kesempatannya buat dapetin cewe, yah terlepas dari kenyataan pahit berupa gue jomblo. Alasan cewe nyari cowo yang lebih tinggi kayanya biar dia bisa sandaran ke pundak cowonya deh. Ea.

Selain itu, dengan jadi orang tinggi kita juga bisa ngejek orang pendek (hanya bisa diterapkan ke temen deket). Dalam hal ini, gue melakukannya kepada Jul. Dia kira-kira cuman sebahu gue. Dia nyesel katanya dulu ikut beladiri terus (makanya badannya keker macan Ade Rai, gak serem amat sih) dan mau ikutan basket, pas kelas 2 udah setengah jalan, pas umurnya udah menuju 17. Malang nian Jul ini. Dan akibat 'kependekan'nya itu, dia malah ditolak sama gebetannya, bahkan dia belum nembak. Kalo dianalogikan kaya gini :

Rencana kita gagal total disaat kita bahkan belum nyusun rencana itu sama sekali.


Gitulah, saat gue nanya ke gebetan Jul (temen deket gue juga) "Eh, maneh lebih suka cowo tinggi atau berotot?" dan dia jawab "Tinggi lah, apalagi atletis. Geleh weh kalo ada cowo yang *****" gak akan ditampilkan, kasian Jul penderitaan dia banyak. Mungkin kalian yang SMATB bakal nanya 'Naha si Diko jarang dibully ku maneh Kal? Sieta kan cebol". Gak cebol sih, setara Jul lah, tapi lebih kurus. Yah, alesan dia gak diejek pendek sama gue adalah : Diko gak jomblo.


Gue aja yang sangat diuntungkan menurut penelitian tadi masih jomblo. Lah Diko yang jadi objek tidak diuntungkan di penelitian itu, malah udah punya pacar.

Hidup emang kadang gak sesuai dengan kenyataan.

Hidup memang perih, kawan.

Tetaplah berjuang.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar