Serba Serbi Siswa X-6 SMA Taruna Bakti Bandung (Absen 1-5)

Juni 13, 2014

Yahh!! Hari terakhir di kelas X-6, SMA Taruna Bakti. Hari pembagian rapot. Alhamdulillah gue masuk IPS. Sedih juga ternyata gue harus meninggalkan kelas ini setelah 1 tahun disini. Awal SMA, gue masih rada kaya anak kecil yang egois dan belum bisa beradaptasi, makin kesini gue makin bisa menyesuaikan diri sama temen-temen di kelas walau kadang rada dangdut.

Nah, di hari terakhir di kelas X-6 ini, gue mau mendeskripsikan setiap temen-temen gue di kelas X-6 dari absen pertama sampe terakhir (termasuk gue juga). Walaupun udah rada-rada lupa hehehe. Yaudah, mumpung masih inget, ini dia :

1. Addina : Gatau apakah ia punya nama panjang selain "Addina", walau di Path dia 'menamakan' diri sebagai "Addina Wangsaatmaja", kayanya nama keluarga. Gatau deh. Addina, sering dipanggil Andono sama cewe lain di kelas gue, entah atas dasar apa. Dia juga kadang jadi korban 'kejeniusan' cewe di kelas lain, dan kadang-kadang ditipu, hanya untuk iseng. Emang dia ini rada lemot. Kaya contoh, Marisa atau Alinda bilang "Addina, Minggu depan X-6 mau ke Bali loh, tapi kamu lupa diajak, gimana dong?" (padahal boongan), eh Addina malah jawab "Oh iya? Ya ampun Alinda kok gak ngajak? Yah gimana dong?". Percakapan selanjutnya jika ditampilkan disini mungkin dapat membuat WWF memblokir blog gue ini dengan alasan keamanan karena dianggap mengandung kata yang konon memiliki kekuatan yang bisa memusnahkan spesies kera putih pemakan aspal dalam waktu 5 menit saja.

Lewat kisah tadi, bisa disimpulkan kalo Addina adalah orang yang rada polos. Kasian sih, jadi sering digangguin juga sama sekelas, tapi ya rame aja ahaha. Fashionable kalo kata gue, seneng warna pink, kadang jadi satu-satunya yang ketawa waktu Pak Hikmat nyeritain ceritanya yang termahsyur itu di depan kelas. Rambutnya kadang lepek, sama Daffa pernah dibilang "Ih Addina gak nyampo yaa ihh". Nada suaranya kecil dan feminin, kaya suara orang-orang tertindas pas zaman Genosida di Bosnia.

Saking polosnya malah bisa ngebuat dia jadi terlalu baik. Kaya pas di villa lagi rada penuh dan gue mau lewat, gue cuman bilang "Addina punten" (karena di depan gue Addina) dengan nada biasa aja (alias dengan nada F Intro), dia tiba-tiba bilang "Oh iya aduh maaf banget ya". Ya Allah Ya Tuhanku. Apa salah hamba-Mu yang mirip Robert Lewandowski ini *dibakar hidup-hidup*. Gue langsung mikir "Ya Allah, apakah waktu teman-teman saya bilang kalo suara saya mirip monyet pelolong, itu merupakan suatu kebenaran yang sahih? Tolong saya Ya Rabb!! *tiba-tiba petir menyambar*"

Saking kasiannya gue sampe pernah ngerjain modulnya pas praktek di Lab. Kimia haha plis :(( Waktu itu mepet banget dan dia belum selesai. Berhubung dia sekelompok sama gue dan Ghibran (yang sekelompok juga) udah ke kelas sementara anak X5 (yang abis itu jadwalnya di Lab. Kimia) udah nunggu di depan Lab dengan ekspresi "Cepetan, nyet. Atau ngga nanti gue panggil pihak Kebun Binatang Bandung dengan alasan ada simpanse langka berkeliaran di Lab. Kimia sekolah loh". Serem abis. Balik lagi. Yah, jadi terpaksa deh gue ngerjain pekerjaan dia yang belum selesai, karena dia juga kayanya gak ngerti amat soal grafik itu, emang rumit sih. Itu karena emang di Lab. Kimia dia biasanya gue suruh buat nyuci peralatan yang udah gue sama Ghibran pake buat eksperimen menakjubkan kita, HAHAHAHA. Untung 'cuman' grafik doang... *keluar busa dari mulut*

Pernah digosipkan sama Sansan, sama Ihsandri, dan beberapa yang lain. Tapi yang paling sahih sih dia sama Sansan. Dan dia sekelas 4 tahun sama Alif, menurut pengakuan Alif sendiri, waktu gue lagi gak nanya. Ah iya, dia pindahan dari X-5, dan asalnya dari SMP Taruna Bakti. Dia juga sekelompok sama gue di pelajaran Lab. Kimia sama Lab. Fisika. Sekarang IPA 5, sekelas lagi sama Sansan CIEEEE. Udah itu aja.

Semoga pikiranmu tercerahkan di kelas 11, ya.

2. Adilla Punky Meyda Suhanda : Seringnya dipanggil Adilla. Tapi kadangkala dia dipanggil dengan nama keduanya. Tapi gue mau mengingatkan, nama keduanya bukan dibaca "Punky" apalagi "Pangky", yang benar adalah "Pungky". Ya, kadangkala dia dipanggil "Pungky" sama Ihsandri atau yang lainnya, termasuk sama Pak Redi guru Lab.Fisika. Pindahan dari X-5 dari SMP 13.

Pas semester 1 dia gak pake jilbab, semester 2 dia tobat dengan pake jilbab, kayanya Indah sudah berhasil mencuci otak si Adilla. Mungkin pas semester 1 Indah sering nasihatin Dilla kaya gini "Dil, hati-hati loh sekarang katanya ada Mas-Mas yang suka banget motong-motong rambut kita gitu, tapi anehnya abis dia ambil rambut kita eh malah kita disuruh bayar. Aneh banget kan gila coba bayangin ih serem tau, apalagi konon katanya Mas-Masnya sering bilang "Adek, sini yuk sama Om. Om punya akun wifi.id lohh". Gamau kan Dil jadi korbannya Mas-Mas itu? Makanya nanti pake jilbab ya Dil supaya Mas-Masnya gak berani motong rambut kita."

Dari situ kita bisa simpulkan kalo si Mas-Masnya emang tukang potong rambut di salon kecantikan, yang punya akun wifi.id ....

Ah iya, dia ini suaranya lucu, apalagi kalo udah bilang "Ihh bukan" ada aksen yang Adilla banget, mungkin bisa dijadiin jadi hak cipta barengan aksennya Nanad. Suaranya juga khas banget kaya pembawa acara, pantes jadi moderator di acara debat Capres kemaren-kemaren. Pas perkenalan presentasi dia selalu bilang "Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Adilla Punky Meyda Suhanda...", selalu itu, seakan dia udah terbiasa pake kalimat itu. Seakan hidupnya terasa hampa tanpa kalimat itu.

Dia juga katanya pernah ke Malaysia sama Singapura gara-gara nari tradisional pas SMP dan ngaku pernah ketemu Perdana Mentri atau salah 1 Mentri di Singapura, gue lupa. Keren. Salah 1 Mentri di Indonesia aja gue belum pernah ketemu. Maaf, gue keseringan ngemil duri kaktus soalnya.

Kadang dia sering ngeluh juga sekolah di TB, kaya gak betah sekolah disini, atau gak betah sama orang-orang di kelas yang emang rada liar. Tapi wajahnya gak menunjukkan kalo dia gabetah. Dan kadang-kadang suka nangis tiba-tiba. Kaya pas gue abis test speaking sama Bu Mira (sendiri-sendiri), pas selesai Bu Mira bilang "Kal tolong ya, abis ini Adilla yang test", pas gue masuk kelas suasana hening, ternyata Adilla lagi nangis di pundaknya Indah. Awkward abis. Pas gue baru masuk dan liat suasananya muka gue langsung masang ekspresi heran semacam "Loh, sekarang panda bisa bertelur?" atau "Loh, gebetan gue sekarang udah punya pacar ya? Selamat ajadeh... *terus nangis di bawah shower*". Tapi serius, gaada yang tau kenapa dia tiba-tiba nangis, yang tau penyebab dia nangis kayanya cuman Adilla sendiri sama Indah. Abis itu Indah nganterin Adilla ke UKS, abis itu gatau gue suasana normal kembali, Bu Mira mengganti orang yang bakalan di test, dan gue masih rupawan seperti biasanya.

Baik juga dia orangnya, setidaknya menurut gue. Sering digangguin sama Ihsandri juga, sebenernya menurut hipotesis gue berpotensi buat nyiptain kisah romansa di kelas 11, tapi sayang Ihsannya udah pindah. Jangan bersedih hati ya Adilla. Pinter juga anaknya, semester 2 ini nilainya konsisten di 78-80an, pernah dapet rangking 5 di bulan Maret kalo gasalah. Pernah nyelamatin jiwa gue secara heroik pas jam 12 malem dari kegilaan nyari hand out materi ekonomi buat besok waktu presentasinya...kelompok dia.

Sekelompok sama gue di pelajaran Lab. Fisika, kadang gue pinjemin tipex pulpen penggaris penghapus kertas binder dan yang lainnya kalo lagi gapunya/gabawa hehehe dan sering nyumbang HP-nya buat jadi kalkulator di Lab. Fisika. Maaf ya Dil aku kere. Oiya sekarang dia ada di IPA 5

3. Aditya Renaldy : Ketua Kelas X-6 tak tergantikan, copo apa-apa gak berani. Kalo manggil orang sering pake "Cuy cuy". Harry Potter-nya Taruna Bakti, mirip soalnya. Jangkung ceking Tiongkok suka resah kalo ada masalah di kelas tapi hoki nemu solusinya wae. "Keberuntungan Pemula" kalo kata di buku The Alchemist-nya Paulo Coelho. Matematiknya pinter, gue sering diajarin sama dia selain sama Nofal MJ / Ihsandri / Fikri / Fadly / Nanad / Bu Isna, tapi tetep weh gak ngerti huhuhu aku pria lugu. Bek kanan X-6 pas Liga TB yang menjadi penyebab terjadinya gol pertama XI-5 pas lawan X-6, dimana kelas gue waktu itu kalah 3-0 dan gue cuman main beberapa menit. Keras.

Bisa ngemotivasi sekelaseun, walaupun kadang rada dangdut. Pas semester 1 kekeuh pengen duduk sama gue mulu. Kadang homonya kambuh emang. Kalo nyubit sakitnya lebih menyakitkan daripada waktu digigit semut, digigit semut peluru 1 peleton maksudnya. Eh ngga deng, lebih sakit digigit semut peluru 1 peleton. Tapi beneran, kalo nyubit atau mukul dia sakit abiszz. Tapi pas semester 2 berkhianat dari gue dan lebih milih duduk sama Fikri sepanjang semester 2, di bangku paling belakang pojok kanan. Kalo kaget ekspresinya kocak :))

Sering ngerjain tugas barengan sama gue (mohon tidak ada suara bilang "Ciee") kaya pas bikin makalah biologi, walaupun gak baleg si Adit makalahnya huhuhu syedih. Kadang nanya-nanya juga terutama pas pelajaran B.Indo. Sering juga jadi korban keganasan Pak Yandi dalam hal tau gosip romansa murid-muridnya. Sama Pak Yandi sering disepet kalo ada gosip baru tentang Adit. Mulai dari yang di X-2, X-8 sampai yang "Kenalan di Pramuka". Banyak deh gosip Adit yang berhasil didapet sama Pak Yandi.

Kadang ngelawak tapi jadinya garing huhuhu. Bisnis kain. Sering jadi SUPIR pas X-6 ada acara karna dia kadang bawa mobil ke sekolah. Kadang riweuh kadang cuek sama HPnya. Gangerti lagi model rambutnya asa gak berubah dari awal :(( Sering ngagetin juga, targetnya siapa lagi kalo bukan Sansan. Bisa jadi teman berbagi masalah kejiwaan, bisa tiba-tiba cerita hal yang gak lebih jelas daripada siapa tetangga sepupunya Adolf Hitler sebelum Perang Dunia 1, bisa tiba-tiba annoying, dan sering nyuruh gue buat bantuin dia ambil infokus ke TU di Lantai 3. Kadang mukanya berubah menjadi ekspresi "Aduh maneh lagi nyet" pas gue nanya waktu kelompok dia presentasi. Eh, semua orang juga gitu deng ekspresinya waktu gua nanya pas kelompok mereka presentasi hehehe. Maafkan daku, kawan-kawan.

4. Alif Fadillah Rizka : Bacot, satu kata pertama yang pantas menggambarkan Alif. Sebenernya kalo lo baru kenal sama Alif pasti (iya, pasti) bakal nganggep dia pendiem lah, introvert lah, Tiongkok lah, gamers lah. Tapi kalo lo berhasil 'menjinakkan' dia (seperti apa yang berhasil gue dan beberapa temen yang lain lakukan), dia bisa jadi orang yang bacot abis. Jadi biang keladi gue mempopulerkan kata "Tiongkok" yang akhirnya melegenda di kelas pas presentasi ekonomi. Pelit jaim jomblo tukang tidur penggemar berat Korea Utara. Tapi gini-gini konon katanya kelas 8 dia pernah memadu kisah asmara (baca : pacaran) sama si Jihan HAHAHA. Ternyata dia punya mantan (yang menurut gue adalah mahluk setengah mitos) yang lebih banyak daripada gue *lalu nangis tersedu-sedu*.

Sebelum pake kacamata gue sering banget pinjem kacamatanya kalo gak jelas liat materi di papan tulis. Dengan setengah terpaksa dia ngasih kacamatanya, kadang malah pas lagi mau tidur. Walaupun minus kacamatanya gak pas ke gue, setidaknya masih keliatan lah. Makasyi Lif *ketjup mandja*. Gue gak ngerti apakah kalo gak pake kacamata pas tidur mimpinya bakal ikutan burem juga. Gatau deh. Dia juga yang menciptakan lukisan "Nanas Terbang" yang menakjubkan itu. Sering nanya tugas ke gue, dan sering waktu di sekolah pas gue lagi ngerjain tugas sebelum bel dia suka nanya "Ada PR, Kal?", dan saat gue jawab dia cuman bales "Anjrit aing belum sama sekali, nanti minjem ya njinx".

Sering ketawa terus tiba-tiba diem. Rada gila soalnya dia gamau nuker laptopnya sama tempat pensil gue full isinya. Gila kan, gue... Sering curhat soal Korea Utara, Vatikan, Komunis dan gimana caranya biar gue bisa jadi warga negara Vatikan pertama yang beragama Islam. Ekstrim. Setia pake vest kemana-mana gak pernah dilepas kancingnya. Laptopnya berat wallpapernya karakter anime atau barisan tentara China.

Setia sama bluetooth headset-nya. Lagu yang dibencinya "Star Spangled Banner", lagu favoritnya adalah lagu PKI (Partai Komunis Indonesia) yang katanya berisi tentang sawah dan sejenisnya, dan enakeun buat didenger. Bluetooth headsetnya sering gue pinjem, kadang sampe batrenya abis, kalo udah gitu dia biasanya bilang "Kan ampas maneh mah Kal. Ngan baelah".

Pernah buat gue pengen nangis terharu waktu dia bilang "Tempat pensil gue lebih penting daripada hidup elo, nyetKalo aja maneh ada 1 lagi Kal, hidup urang bakal bahagia sia". Walaupun gue gatau itu bermaksud hinaan atau pujian. Tapi gue terharu. Belum pernah ada orang yang bilang gitu ke gue. Aku padamu Lif *ketjup lagi*

Salah 1 ulah tersohor dia yang jadi cerita rakyat di X-6 adalah waktu dia nempelin kertas bergambar mata ke kacamatanya supaya dia keliatan gak tidur, abis itu dia tidur dengan asoynya. Untung Pak Syarif sang guru Agama masih berbaik hati. Sering juga disebut Sleepy Hollow (film horror yang pernah kita tonton di Lab. Inggris) karena kalo tidur kepalanya nunduk sampe gak keliatan lagi dari belakang, cuman tampak lehernya doang. Sansan udah membuktikanya.

Oiya, dia teman sebangku gue di semester 2 dan beberapa bulan semester 1, romantis ya tak tergantikan. Bahasa Inggrisnya jago, nilai test EF-nya 900an, sinting dan tertinggi di kelas, gue aja cuman 400an.... Makanya gue bahagia tiap pelajaran Inggris TBI gue sekelompok sama dia mulu, gue tinggal semangatin dia aja abis itu dia mulai bekerja dengan sepenuh hati. Tapi sayang dia suka gak tau cara ngajarin orang, jadi aja ujung-ujungnya gue nanya ke Ihsandri, atau Nofal MJ, atau Sheila. Ampas Lif.

Masih punya janji ke gue berupa : Koprol di skywalk sekolah dari lantai 4 ke lantai 3 (perjanjian awal dari lantai 4 ke lantai 1, tapi dirubah dengan alasan ketampanan). Penyebabnya adalah saat Bu Lia (guru biologi) ngasih kita tugas di kertas abis itu baru diterangin di depan kelas. Pas kita lagi debat nentuin salah 1 bagian itu bener atau salah, gue tantang dia "Lif, mun bagian ieu bener maneh koprol siah nya di skywalk ti lantai 4 nepi ka lantai 1". Dia setuju, dengan perjanjian kalo bagian itu salah gue ngasihin penghapus sama penggaris gue ke dia. Sangat seimbang. Abis itu kita salaman sebagai janji.

Lalu, ternyata jawabannya bener.

Dia harus koprol di skywalk dari lantai 4 ke lantai 3 (perjanjiannya rada diubah). Tapi dia gamau-gamau terus, padahal karena kasian gue udah langgar janjinya dengan ngasihin penghapus sama penggaris gue. Dan ternyata dia bilang dia bahkan gatau koprol itu apaan, setelah gue kasitau koprol itu apaan, dia bilang "Anjrit Kal aing bisa tewas mun kitu mah". Urusan elu itumah Lif... Karena itu juga sampai sekarang dia belum nepatin janji ini. Syedih.

Si ampas ini sekarang ada di IPS 2, emang dari kelas 10 dia pengen masuk IPS dan berharap kita sekelas. Dan ternyata Tuhan menakdirkan kita tidak bersama lagi. Sedih emang. Padahal kalo gue sekelas lagi sama dia (apalagi sama Jul yang juga ada di IPS 2) bukan gak mungkin kalo sekarang muka gue Alif sama Jul udah terukir dengan menawannya di permukaan Pluto dan jika dilihat dari teleskop akan keliatan bahwa muka kita 98% mirip kotoran kuda yang udah diinjek-injek. Yah, kayanya kalo gitu banyak yang syukur deh gue gak sekelas lagi sama mereka... Asal SMPTB bukan siswa murni X-6 alias dulunya pindahan dari X-5, udah.

5. Alinda Thalia : Rasanya gue gak pernah liat dia sedih selama kelas 10. Yap, Alinda orangnya ceria mulu. Ketawanya kadang menggelegar. Pernah menciptakan pose tidur yang melegenda (setidaknya buat perempuan) pas pelajaran geografi. Pas awal-awal SMA sering banget ngegodain Nofal MJ dengan bilang "Halo Nofal ganteng" sampe-sampe si MJ trauma dan malu kalo ada yang bilang ganteng. Tapi pas semester 2 udah jarang karena pas Field Trip dia resmi pacaran sama Farhan kelas X-2.

Suka nanyain hal-hal yang kurang jelas. Contoh yang gue inget adalah sebelum ulum semester 1. Di kelas, dia nanya keras-keras "Eh temen-temen, ada yang liat pulpen Alinda gak?". Kalo ngomong di grup Line kelas pasti hurufnya banyak, misalnya "Eeehh temenn temeenn, beesokk adaa tugaasss apaa aajjaaa??". Gue gak ngerti lagi apakah di HP-nya 1 klikan huruf sama dengan 3 huruf atau jarinya terlalu besar buat keypadnya. Kadang suka iseng kaya nulis nama gebetan Nadhira di bindernya pas dia presentasi B.Inggris. Oiya, tingkat pedenya bisa dibilang jadi salah 1 yang tertinggi di kelas.

Adek angkatnya Aretha. Yang kalo dari yang pernah dia ceritain di depan kelas, cerita hidupnya lumayan menyedihkan. Bahkan konon namanya dulu adalah Linda Thalia Alinur, diambil berdasarkan tokoh telenovela terkenal hahaha, tapi diganti jadi Alinda Thalia. Dan walaupun kisah hidup masa kecilnya menyedihkan, dia gak pernah keliatan sedih. Entahlah. Rada tomboy, pas ke villa aja dia maksa pengin ikutan maen bola sama cowo-cowo yang lain. Pas semester 1 pernah jadi salah 1 orang yang pernah menikmati sedapnya membully gue HAHAHA #AkuRapopo. Kadang juga ngebully Addina secara brutal bareng temen-temen lainnya. Kesimpulannya, dia masih rada kaya anak kecil dalam wujud anak SMA.

Sohibnya Ayunda, jadi bendahara juga sama Ayunda yang sering secara brutal nagihin uang kas ke temen-temen, terutama Daffa, sama Dicky yang hutang uang kasnya sudah berbulan-bulan. Pernah jadi panitia buat ngumpulin buku sebelum Field Trip. Oiya, dia juga yang mempopulerkan panggilan "Pak Asyep" ke Pak Asep guru seni. Suka gangguin Pak Daru yang spektakuler juga di Lab. Biologi hahahaha.

Asal SMPTB, bukan X-6 murni alias pindahan dari X-5. Sekarang ada di XI IPA 4 setelah sebelumnya pas kelas 10 dia bilang gak tahan sama pelajaran ngitung dan mau masuk IPS. Dasar ABG...

Mungkin segini aja dulu. Buat kedepannya InsyaAllah gue bakal nulis deskripsi temen-temen X-6 absen 6-31, dengan keterangan per post kayanya cuman ngedeskripsiin 5 siswa, karena segini aja udah panjang, kaya cinta aku padamu #Eaaa. InsyaAllah bakal ada revisi soalnya kerasa belom lengkap aja hehehe. Makasih udah sempetin waktu kalian buat baca tulisan yang lebih kayanya pantes di print terus dijadiin bungkus gorengan, Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar