Kok Mirip Ya...

Juni 26, 2014

Pernahkan kalian,

Melihat orang yang mirip dengan kalian,

Baik liat langsung atau lewat media apapun itu,

Lalu kalian berkata dalam hati...

"Anjrit, kok dia lebih cakep ya?" atau "Aduh euy, kok bisa ya bulu dada dia lebih menawan daripada muka gue..."

Hehehe...

Eniwei, pernah gak sih kalian ketemu orang yang wajahnya mirip banget sama bulu kaki kalian? Kalo gue jujur, gue belum pernah ketemu atau liat orang yang mirip sama gue. Walau pas kelas 9 gue pernah dibilang mirip Om Pandji Pragiwaksono (striker nomor wahid Bedebah FC yang kerjaan sampingannya jadi stand-up comedian). Dan gue merasa gue.kok.beda.jauh.banget.sama.Om.Pandji.ya.gue.lebih.ganteng.gituloh.
Mirip gak ama gue ???
Itu mungkin masih belum seberapa. Beberapa waktu ada Yaasinta, temen SMP gue. Dia bilang begini :

"Ih Kal, kok kamu mirip banget sama Tulus ya?"

Kiamat sudah dekat, rekan-rekan. Mari mempersiapkan diri.

Gue mirip Tulus? Bagian mananya? Suara gue bahkan gak lebih enak didenger daripada suara kentut Tulus yang kayanya terdengar Jazzy. Dan suara dia bahkan 2483x lebih merdu daripada suara gue waktu lagi mau kenalan gebetan beberapa waktu lalu, walaupun gagal. Penelitian itu dilakukan oleh Ikatan Manusia Jomblo Susah Nyapa Gebetan. Ketuanya si Gilang "Kambing" temen SMP gue.

Gue gak tau, tapi kayanya kalo Yaasinta ke dokter mata, dia bakal memecahkan rekor sebagai orang dengan minus mata terbesar sepanjang sejarah peradaban Homo sapiens. Dia bahkan gak bisa bedain mana penyanyi terkenal mana kera hutan yang doyan ngemut jempol kaki.

Buat Yaasinta, semoga kamu diberi pencerahan yang secerah-cerahnya oleh Allah SWT. Siapa tau kalo udah diberi pencerahan elo bisa bilang kalo gue 11-12 sama Andrew Garfield, hehehe *dilempar ke sumur*. Yah, walaupun pada akhirnya gue cuman bisa meringis karena "Muka gue yang gak lebih menawan daripada ketombe di rambut mereka", tapi seenggaknya rejeki gue di masa depan bisa melebihi mereka lah, hehehe.
Doi Tulus, gue tululs
Aamiinin aja lah. Doa orang teraniaya (asmaranya) InsyaAllah dijabah sama Allah. Apalagi ini bulan Ramadhan.

BTW, entah kenapa gue juga tiba-tiba kepikiran buat nulis ini. Ide nulis ini tiba-tiba muncul sama kaya saat lo lagi diem, terus ada penyihir lewat pake sapu terbangnya, setelah itu lo kepikiran buat nulis tentang pria lugu yang pengen jadi penyihir gawl biar bisa tau gimana caranya membuat gebetan terkesan saat lo naik sapu terbang. Dan, voila!! Jadilah Heri Potret yang termahsyur itu.

Aweu.

Ah ngga. Gue tiba-tiba nulis ini karena inget seseorang. Ini karena tadi malem gue abis nganterin Adek gue nyari tas merek Jan*sport di salah 1 Mall. Pas gue sama adek sama Ibu lagi liat-liat tas, tiba-tiba gue liat tas yang sama persis sama tas yang (kadang) dipake sama, ehm, "dia". Jujur, waktu liat tas itu gue cuman bisa inget dia, inget idungnya yang kadang runcing banget dan kayanya cukup buat mecahin 3 balon dalam 1 detik. Hidup itu keras.

Tapi untungnya, waktu gue liat tas itu, gue gak langsung meluk-meluk tas itu ataupun ngegendong tas itu dengan her way. Dalam kasus ini gue belum bisa kaya BJ Habibie (mantan Presiden itu lohh) yang pas di acara Mata Najwa make selendang Ibu Almh. Ainun (istrinya Pak Habibie) dengan cara yang romantis banget. Pas ditanya sama Najwa Shihab (pembawa acaranya) "Kenapa Bapak memakai selendangnya dengan cara seperti itu Pak?" terus abis itu Pak Habibie jawab "Ini karena, dulu Ibu Ainun juga make selendangnya ya kaya gini. Jadi kalo saya make selendangnya kaya gini, saya ngerasa Ibu Ainun ada bersama saya". Kira-kira begitulah, tolong benerin kalo salah kata-katanya.

Ah, jadi inget aja kan kalo Krisbow gak bikin produk Shampoo #KodeKurangKeras.

Cewe yang nonton Pak Habibie tadi pasti mikir "Ohh, co cuit banget sii. Andaikan cowo gue kaya gitu. Oh iya lupa, gue kan jomblo... *terus nyari shower*". Gue gak bisa bayangin kalo semua cowo seromantis itu, mungkin setiap hari cewe-cewe bakal nangis lebih kenceng daripada pas nonton film drama Korea, dan gue yakin kalo gini industri drama Korea Utara Selatan pasti gulung tikar dan abis itu mungkin Lee Min Ho bakal buka usaha DVD bajakan.

Balik ke cerita tadi. Gak kebayang kalo pas disana gue meluk-meluk tas itu dengan brutalnya bagaikan orang yang udah gak ketemu sama pacarnya selama 16 tahun. Dan lebih gak kebayang lagi kalo Mas-Mas disana bilang ke gue "Mas, jangan peluk tasnya terlalu liar gitu dong. Kalo mau mending Mas bayar buat tas ini atau nggak Mas tolong simpen tas ini ke raknya"

Dan, percakapan khayalan pun dimulai...

"Jangan Mas, ini kan kesayangan saya. Jangan diambil sembarangan gitu dong Mas. Emangnya Mas belum pernah nonton acara Mata Najwa yang ada Pak Habibie nya ya Mas? Aduh Mas, makanya jangan kebanyakan ngemil aspal, Mas. Coba aja Mas bayangin kalo barang yang paling Mas sayangin tiba-tiba diambil secara paksa sama orang waktu Mas lagi sayang-sayangnya sama barang itu? Sakit kan Mas? Makanya Mas biarkan saya hidup bahagia bersama tas ini *terdengar lagu cinta lawas India dari kejauhan*"

Setelah itu, mungkin si Mas-Masnya bakal manggil security terus bilang "Pak, aya budak nu geus siap kawin jeung komodo yeuh. Gancang kadieu!!"

Dan abis itu gue diamankan sama security lalu diasingkan ke Pulau Komodo*

Dan saat pengasingan itu, gue masih bisa berpikir hal yang jadi cikal bakal tulisan ini "Kalo mereka ketemu, lucu kali ya. Salah 1 dari mereka mungkin bakal mikir 'Ih, lo kok mirip gue sih?'. Hihihi"

Buat yang tau gue suka sama siapa sekarang. Pasti ngerti hal ini.

Bukan, itu bukan berarti gue jatuh cinta sama salah 1 komodo betina di Pulau Komodo sana. Gue bahkan belum pernah ke Pulau Komodo sebelumnya.

Ah, gue jadi lupa tujuan gue nulis ini. Eh, emang gaada tujuannya deng, buat iseng aja hehehe.

Oiya. Jadi, apakah kalian pernah nemu orang yang mirip sama kalian? Apakah kalian ngerasa lebih cakep atau apakah kalian ngerasa apa yang gue rasakan, yaitu muka gue bahkan gak lebih indah daripada bulu dada mereka yang mirip gue? Yah, apapun itu, cuman kalian sama Tuhan yang tau mana yang lebih cakep. Karena percuma aja wajahnya lebih menawan dari elo tapi hatinya udah lebih keras daripada es balok yang ukuran jumbo. Percuma, kawan.

"Ukuran cakep seseorang dilihat dari hatinya, wajah tidaklah terlalu berpengaruh. Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh Jomblo Jomblo Pencari Jodoh Internasional, menyebutkan bahwa 9 dari 7 wanita lebih menyukai pria yang berhati mulia dan humoris daripada yang berwajah iguana rupawan" ~ Haykal Satria Bronze Way #SeketikaBijak #RomansaJomblo #KangenGebetan

Jadi gak nyambung gini kan. Biarlah.

Eniwei, gue punya beberapa temen yang mirip sama temen gue yang lain ataupun mirip sama artis. Mari :

1. Ilham = Rico. Ya, Ilham 'bule' temen sekelas gue waktu kelas 9 menurut gue mirip banget sama Rico, temen SD gue. Wajahnya sejenis, sama-sama putih, dan mungkin sama liarnya. Bahkan pas kelas 7 gue sering banget bilang ke si Ilham "Anjir Ham, maneh mirip pisan sia sama si Rico" meskipun dalam kenyataannya si Ilham ini bahkan gatau Rico itu siapa. Dan mungkin juga si Ilham berpikir bahwa Rico ini cuman salah 1 dari banyak orang fiksional yang ada di dalam imajinasi gue.

2. Sherman = Rully. Ya, si Sherman temen gue di X-6 menurut gue rada mirip sama Rully temen SMP gue yang juga anak R-Bros. Pemikiran yang rada sinting ini terjadi pas awal-awal masuk SMA. Gue berpikir si Sherman ini punya banyak kesamaan sama si Rully. Wajahnya sama sikapnya juga. Tapi pas gue udah lumayan lama di X-6 dan mulai mengenal Sherman secara seutuhnya sebagai seorang spesies Homo sapiens, gue mulai yakin bahwa gue ditasbihkan untuk selalu berkata "Elo gila ya Kal" kepada diri gue sendiri.

3. Haykal = Arya. Entahlah apa yang yang ada di pikiran Jihan waktu dia bilang pas mau pulang field trip, dia bilang "Kal, kok kamu mirip Arya ya?". Konspirasi ini. Gue yakin pasti Jihan kelamaan diem di loteng dan kurang mengikuti perkembangan peradaban orangutan atau mungkin di mata Jihan ada cacing lagi disko sehingga gue bisa dibilang mirip sama Arya. Kesalahan besar. Setelah gue nanya ke beberapa orang, seperti Pak Yandi, Shaumil, dan yang lainnya, semuanya gak ada yang bilang kalo gue mirip sama Arya. Jelas lah, gue Arya lebih ganteng... *nangis*. Tapi biarlah, mata Jihan tidak lebih parah daripada mata Yaasinta yang bilang kalo gue mirip sama Tulus.

3. Anies Baswedan = Bapak gue. Ih sumpah Anies Baswedan mirip banget banget banget (biar terkesan alay) sama Bapak gue. Masa gak tau Anies Baswedan? Ituloh cucunya Mentri Penerangan pas zaman Presiden Soekarno kalo gasalah. Lhaa makin gatau aja ya itumah hehehe. Anies Baswedan ituloh rektor Universitas Paramadina. Salah 1 pendukung Jokowi yang cerdas karena pernah jadi salah 1 Muslim paling berpengaruh di mana gitu, gatau Asia Tenggara gatau dunia, lupa. Mohon koreksi kalo salah. Eniwei setiap kali Om Anies Baswedan di TV, gue selalu berpikir "Loh, Bapak gue ada di TV ? Perasaan beberapa menit lalu baru aja tidur deh". Ibu gue juga selalu berpikir begitu kalo liat Anies Baswedan di TV. Saudara yang tertukar-kah? Wallahu alam

4. Gemila = Gemala. Wah gila kalo yang inimah miripnya tiada tanding dunia akhirat. Tingkat kemiripan mereka lebih tinggi daripada Anies Baswedan sama Bapak gue. Gue gak ngerti lagi kenapa muka mereka bisa sama banget. Wah keren inimah murni kuasa Tuhan. Oh iya, gue melupakan sesuatu...

Mereka kan kembar ya... *diasingkan ke Gurun Atacama*

I have nothing to lose write again.

Sekian. Wassalam.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Kal bikin buku kal, asik nih gaya tulisnya
    Ada peluang coba ke bukune bagian absurdisme kaya radit hahaha
    Penulisannya jangan terlalu.mirip radit nanti ditolak hehehe

    Gemala gemila kembar bro pantes aja mirip, yaelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aamiin doain aja Was moga bisa nanti ada penerbit yang waras mau nerbitin tulisan aku hehehe. Iya euy masih rada terinspirasi dari Bang Radit, kan kata pepatah juga "Penulis muda meniru, penulis yang sudah tua mencuri ide" #Alesan.

      Nuhun Was, elu juga sukses bukunya :D

      Hapus