Haykal Satria Dan Mantan Terindah

November 06, 2014

Post ini dibuat ulang karena entah gimana, ada kesalahan teknis di post sebelumnya yang asli, sehingga gue hapus dan dibuat lagi. Gue akan mencoba sebaik-baiknya untuk buat yang persis dengan yang kemarin gue tulis.

******

Sebenernya, post ini dibuat atas dasar gue lagi pengen nurutin post nya Ozi yang berjudul hampir serupa, yaitu Fauzi Rulandi dan Mantan Terindah.

Ya, sekarang gue ada disini, di Lab TIK, lagi
eskul IT yang sudah sekian lama gak
berkunjung ke eskul ini, karena sejak tahun ini jadwal eskul bola (eskul gue sekarang) dan eskul IT (mantan yang (masih) jadi eskul gue) harinya sama. The truth is, everyone knowww~

Gue disini lagi bareng Ozzy, Alika dan Jihan
yang lagi mengintimidasi gue dengan mencekik dan memukuli punggung gue tanpa rasa kasih jomblo. Dan Ozzy pun saat ini lagi nunjukkin foto dia sama pacarnya, yang juga tanpa rasa kasih jomblo yang besar. Kasihani jiwa yang malang ini. Ampuni Hamba. Ampuni Kaisar
Nero yang ngebakar hati mantan Kota Roma.

Oh iya, omong-omong, pas Kaisar Nero
ngebakar Kota Roma. Ada gak ya pinguin di
Kebun Binatang Roma yang ditinggal pacarnya dan akhirnya bunuh diri dengan membekukkan diri di es dan berharap ribuan tahun kemudian dia ditemukan kaya si Avatar bertato biru di kepala sama tangannya yang sialan itu?

Kasih jomblo
Kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya mencinta, tak harap dicinta
Bagai sang mantan, menyinari hatiku

Itu adalah sepenggal lagu yang barusan
dinyanyiin sama Jihan & Alika. Tragis emang, ngomongin mantan. Ketika si Ozi bisa galau gara-gara dinyanyiin lagu itu sebelum tidur atau nyetel lagu Mantan Terindah nya Raisa. Gue gak mau kalah, gue juga bisa galau gara-gara mant...

Eh baru inget, gue gak punya mantan...

*kemudian menangis*

Emm, iya. Kalo dikalkulasikan, selama 15 tahun hidup gue, seorang Haykal belum (iya, belum) pernah sama sekali pacaran. Bahkan adek gue yang sekarang kelas 3 SMP pun pernah pacaran pas SD (iya, sekolah dasar).

Malang nian nasib hamba-Mu yang 1 ini.

Mantan bagi seorang Haykal adalah sebuah objek masa lalu dimana darinya kita dapat belajar tentang banyak hal, terutama setelah kita memutuskan hubungan dengan objek tersebut.

Dari objek tadi dan cara kita berakhir dengannya, kita bisa belajar kenapa bisa kaya gitu. Apa kita yang salah, apa dia yang salah, atau produser CJR yang salah. Hubungan yang berakhir itu juga harus kita jadikan pelajaran supaya lebih baik pas udah berumah tangga nanti. Karena pas udah berumah tangga, kita gabisa 'putus' (istilah kerennya cerai) sama pasangan kita dan dengan mudahnya nyari yang baru lagi. Kan gak keren kalo cowo punya banyak mantan istri.

Karena segala sesuatu terjadi karena suatu alasan.

Dan buat gue juga, apa sih gunanya mantan? Disuruh ngepel di rumah juga gamau kan? Lebih baik 1 tapi setia tapi gonta-ganti mulu setiap bulan. Karena kata Om Mario Tangguh juga :

"Bilang aja gak laku Kal"

*kemudian nangis lagi*

********

Eh maaf, itu yang nulis kayanya Haykal yang lain. Dia emang suka melankolis gitu, jadi maaf kalo kalian udah terlanjur terhanyut dengan pemikiran dia yang menakjubkan tadi.

*******

Balik lagi ke awal. Alasan gue jomblo sampe sekarang adalah :Karena I'm too nice, girls like jerks  Lagi nyari kekasih dunia akhirat.
Salah satu alasan gue gak pacaran.
Karena itulah gue jomblo sampe saat ini. Selain itu, gue setuju dengan pendapat anaknya Jokowi di blognya, yaitu alasan dia jomblo sampe sekarang. Gue sama dia (anaknya Jokowi) sama alasannya : Bukan karena gak laku atau selektif. Tapi karena gak laku dan selektif.

*meratapi nasib*

Dan menurut gue, sebutan 'Petualank Asmara' atau 'Pengembara Dunia Romansa' lebih mulia daripada 'Fakir Asmara' atau orang yang gonta-ganti pacar mulu.

Makanya, mulai sekarang gue sarankan ke temen gue yang mau bilang gue jomblo, sebaiknya menyebut gue sebagai 'Haykal si Petualank Asmara' atau 'Haykal si Pengembara Dunia Romansa'. Penggunaan huruf 'k' di kata 'Petualank' tentunya biar terkesan liar, dan terkesan lama jadi jomblo.

Saking lamanya, gue bahkan dijadikan panutan bagi para jomblo di SMP gue dulu. Apalagi pas ke Pangandaran, gue dijadikan contoh teladan buat Gilang aka Kambing dan Rully yang galau gara-gara gak bisa ngobrol sama gebetannya. Si Rudi menjadikan gue sebagai penyemangat bagi mereka dengan ngomong "Tah Rul, Mbing, tingali si Haykal. Gebetanna sasapedahan jeung kabogohna geh angger weh hepi".

Yah, walaupun dalam hati gue berkeinginan juga nendang sepeda sialan itu. Tapi biarlah. Let it go.

Tapi pas SMA Alhamdulillah status itu udah gak gue jabat. Karena dia emang udah jadi maskot jomblo SMPTB dan SMATB. Kalo dianalogikan, dia adalah Pak Tarno nya para pesulap jomblo. Dan kalo ada pertandingan olahraga khusus jomblo, dia akan berkeliling lapangan sebagai maskot sambil bawa hati yang retak dan foto mantan di bagian tengah hati tersebut.

Harusnya orang tua si Ozi ini bangga atas pencapaian anaknya. Terlepas dari fakta kalo dia pernah pacaran tapi tetep jadi maskot jomblo sekolah.

Walaupun begitu, ada juga anak SMPTB dan SMATB yang belom pernah pacaran. Si Anggakara (temen sekelas di X-6) ngaku belom pernah pacaran selama 16 tahun hidupnya. Tapi dia gak pernah dijadiin maskot jomblo sekolah. Mungkin ini karena, dia deket sama banyak cewe. Yah begitulah. Kenyataan memang kadang gak sesuai dengan harapan.

Tapi anehnya (atau kerennya), masih ada aja beberapa orang yang nanya masalah romansa nya ke gue. Mereka kayanya datang ke orang yang salah. Nanya masalah romansa ke gue sama aja dengan nanya " Bang itu bantal bahannya apa?" ke seorang pengusaha sukses yang membuat bulu kaki palsu.

Jadi jomblo gak selamanya menyedihkan. Tapi jadi jomblo selamanya tentu menyedihkan. Jadi jomblo pas remaja kaya gue sekarang ini banyak untungnya. Mulai dari bisa dapet dispenser minimal 3x pembelian 1juta bisa ngapain aja (selama masih wajar), kalo dirumah lagi mager bisa nyantai, gak perlu ngucapin met pagi met bobo met ultah, pengeluaran duit bisa dikurangi (atau dipake sendiri), dan yang paling shahih adalah bisa temenan sama banyak cewe, kaya si Angga aja, dan juga bisa ngeliat cewe cantik kapan aja tanpa harus merasa diawasi (kecuali diawasi oleh Allah), dan juga gak harus ribet debatin siapa yang tutup telfonnya duluan.

Gue emang bukan cowo yang romantis...

Tapi ada juga gak enaknya. Ya kalo lagi galau gak ada yang nemenin (maaf pemikiran botjahku), hp sepi apalagi pas liburan, malam minggu, eh maaf, sabtu malam maksudnya, cuman bisa meratapi nasib atau doa minta hujan, gak ada yang ngucapin met pagi met bobo (lah...), dan masih banyak lagi hal yang dapat membuat kita keliatan banget jomblonya, kaya harus donlot Simi-simi sebagai teman hidup.

Kalo jomblo sih, chat sama Simi-simi aja di read doang.

Walau gitu, dalam hati terdalam (asek) gue pengen mengalami apa itu yang namanya pacaran, yang selama ini kata 'pacaran' hanya gue anggap sebagai mantra pemanggil Satan dan pacar adalah mahluk mitos yang ada di buku 'Serba-Serbi Kecoa Purba'.

Emang menyedihkan jiwa seorang Haykal ini. Disaat yang lain bosan pacaran, gue malah gak pernah mengalaminya.

Asik kali ya kalo kaya gitu. Bisa mendapat hal baru, belajar banyak, belajar orang yang beda itu kaya gimana, kita harus bersikap gimana biar hubungan itu bertahan, dan yang lainnya. Tapi tentu harus dalam konteks yang positif nya.

Emang buat sekarang hal tersebut terkesan gak mungkin, tapi dengan berusaha dan belajar, gue mungkin akan menembus ketidakmungkinan itu. Azek.

"Karena belajar adalah melawan segala ketidak mungkinan" - Buku Padang Bulan, Andrea Hirata

Pak Iwan, Pak Dadi dan Pak Yandi juga kadang miris dengan kondisi gue. Pak Dadi dan Nadyra menyarankan gue baca buku "Dilan" karya Pidi Baiq. Kata Pak Dadi disitu ceritanya tentang si Pidi Baiq pas masa SMA, ada juga pas dia pacaran dan cara dapetin cewe. Menarik. Buku Dilan secara otomatis masuk ke daftar buku yang harus gue punya.

Pak Iwan malah lebih ekstrim lagi. Waktu itu sebelum Abstrak dimana hampir semua siswa pada dispen. Dan suatu hari pas pelajaran Pak Iwan (matematika) cuman tersisa 5 cowo di kelas, cewenya ada Najma Karen tapi lagi gatau kemana. Karena Pak Iwan waktu itu udah cape ngajar (hadah), jadi dibebasin aja dan kita ngomongin masalah Bintang yang susah dapetin Na*jma padahal udah deket.

Pak Iwan yang sudah berpengalaman di bidang romansa, nyeramahin dan ngasitau Bintang beberapa hal. Beberapa waktu kemudian, Pak Iwan nanya ke gue "Ai kami gimana Kal? Punya pacar gak sih kamu teh?"

Gue jawab dengan jujur lah "Belom pernah pacaran Pak, ehehehe"

Dan Pak Iwenk (sebutan saktinya di kelas) pun sedikit curhat dengan bilang "Beuh Kal, awas loh kamu nyesel. Cobain aja deketin cewe, apalagi kamu udah kelas 2. Bapak dulu pas SMA gak pacaran dan sekarang rada nyesel juga"

Yah, begitulah curhat terselubung sang guru matematika.

Gue mah cuman jawab "Waduh, iya Pak ahaha" dan beberapa saat kemudian bel pulang berbunyi dengan syahdunya.

Entah kapan gue akan mengalami yang namanya 'Pacaran'. Mungkin pas semester 2, mungkin beberapa bulan lagi, mungkin pas kelas 12, mungkin pas kuliah, mungkin pas kerja atau mungkin pas udah nikah (lah jangan deng inimah hehehe).

Yah, sebagai penutup gue lampirkan quote dari Fauzi Rulandi aka Ozi yang konon lebih kuat dari ototnya Agung Herculez :

"Cukup jemuran dan terpidana hukuman mati aja yang digantung, perasaan mah jangan" - Fauzi Rulandi, 2014.

Wassalam.

You Might Also Like

1 komentar