Tulus

Desember 27, 2014


Maaf baru update blog ini lagi. Laptop gue rusak, sementara di HP kurang maksimal. Ya jadi gitulah. Ini juga nyoba post lewat HP.
=============
Yap, bedewei, gue sekarang lagi dengerin acara "Tulus di Radio" yang ada di 103.1 Oz Radio Bandung.

Dan beberapa saat lalu gue baru aja dengerin lagu "Teman Hidup" yang di cover seorang cewe di sebuah cafe jazz, dimana Tulus nya sendiri ngerekam, nyanyi bareng dan muterin di acara siaram itu. Dan gue terhanyut pas dengerin.

Haduh, bahasa Najma.

Tulus adalah musisi favorit gue, nomor duanya Adhitya Sofyan. Dari lagu pertamanya dia yang gue denger, Sewindu, gue langsung suka. Liriknya aduhai. Suaranya bagus. Waktu itu adalah periode awal-awal pasca ditikungnya gue oleh Ninja merah (awal kelas 9). Jadi, lagu Sewindu dan Hivi yang Orang Ketiga sempet lagi anthem gue.

Makin lama, lagu Tulus makin banyak. Bahkan album pertamanya dia udah dirilis (malah sampe cover album nya diedit macem-macem jadi meme). Tapi cuman Teman Hidup yang bener-bener gue suka waktu itu.

Abis 2 lagu itu, gue kurang ngikutin perkembangan dia. Ketutup sama band lain yang muncul dan gue suka (Boyce Avenue dll). Gue mulai ngikutin perkembangannya lagi pas lagu 'Sepatu' dirilis. Gak langsung dengerin sih. Tapi pas langsung dengerin, ya, aweu.

Keren banget.

Kita, adalah sepasang sepatu
Selalu bersama, tak bisa bersatu

Yah, siarannya udah selesai...

Abis itu ngikutin lagi pas lagu "Gajah" dirilis, kira-kira pas masih kelas 9 juga. Gak langsung dengerin sih (pertama denger pas awal kelas 11, ngehits di radio Bandung malah baru akhir-akhir ini). Tapi seperti biasa, sekalinya dengerin, aweu lagi.

Kau temanku, kau doakan aku
Punya otak cerdas, aku harus tangguh

Abis itu udah, tep, gue gak ngikutin lagi karena lagi-lagi ketutup sama musisi lain yang menurut gue lebih mantep.

~~~

Pas awal SMA, saat gue lagi ngubek playlist lagu di HP, gue nemu lagu Tulus gue yang saat itu baru 3 : Sewindu, Teman Hidup sama Sepatu. Gue iseng dengerin aja dan...

Eh, ketagihan dengerinnya ampe sekarang...

Dari situ gue donlot beberapa lagu Tulus mulai dari Jangan Cintai Aku Apa Adanya, Jatuh Cinta, Bumerang, dll.

Ah ya ampun, sadar gak sih kalo sekarang malem minggu, eh maksudnya Sabtu malem. Dan sekarang adalah Sabtu malem terakhir di 2014.

Maaf jadi ngelantur....

Jadi sejak itu gue jadiin Tulus sebagai musisi favorit. Walau beberapa saat sempet ketutupin lagi sama lagu band / musisi lain (macam Imagine Dragons waktu itu), Tulus tetep masuk daftar favorit. Dan album "Gajah" pun gue beli dengan syahdunya.

Saking sukanya, kalo lagu Tulus diputerin di radio, gue berhentiin aktivitas gue buat dengerin lagu itu dengan saksama (serius loh hahaha). Rada alay sih, tapi menurut gue lebih pantes daripada gue menghayati lagu dugem atau hatjep yang notabene bukan lagu favorit gue.

Ya, gatau deh, gue pikir hampir semua orang sekarang suka Tulus. Suara jernih dan lirik yang aduhai jadi alasan kenapa Tulus jadi musisi favorit gue. Aneh aja menurut gue ada orang yang gasuka Tulus, ya paling ngga menikmati lah pas lagunya diputerin. Yah, people changes.

Eh, gak ada hubungannya ternyata...

Tapi ternyata, ada juga yang gak suka sama Tulus. Adek gue. Dia gak suka. Malah bilang benci katanya, sama Tulus. Secara singkat gue bisa prediksiin kalo adek gue punya sakit gila nomor 19.

Gatau sih apa yang ngebuat adek gue benci sama Tulus (dia dulu pernah bilang 'Dikasih tiket konsernya gratis aja gamau'). Gue perkirakan adek gue gasuka gara-gara dia punya kenangan buruk sama salah 1 lagunya. Karena dia pernah pacaran (iya, pernah, sementara kakaknya belom pernah sepanjang 15 tahun hidupnya), jadi kemungkinan lebih besar.

Perkembangan Tulus terakhir yang gue tau adalah akhir-akhir ini Tulus lagi ngadain "Konser Gajah" di beberapa kota di Indonesia. Gue tentu pengen banget nonton, tapi gue bahkan gatau jadwalnya kapan.

Gue tau Tulus manggung di Bandung itu, pas Tulus lagi manggung...

Waktu gue lagi eskul bola di GOR Suci, hari Kamis 25 September, gue denger desas-desus di eskul sebelah (softball) yang nanyain Ivanka sama Trisi (salah 2 anggotanya) kok gak eskul.

Dari desas-desus itu, para petinggi eskul softball mendapatkan informasi bahwa Ivanka dan antek-anteknya (mungkin) lagi nonton Konser Tulus, di Sabuga. Kabar Trisi gak mereka dapatkan.

Btw, 'petinggi' eskul softball itu macam Diko, Robby (naon ieu mah), Zhafran dll. Dan Diko Robby adalah temen deket gue.

Yah, sial. Kalo aja hari itu gue tau ada Konser Gajah di Bandung, niscaya gue sudah ditemukan di Sabuga dengan keadaan tampan tapi jomblo. Sendirian aja, mungkin bawa bendera Slank dan selama konser ngibarin tuh bendera sambil teriak "Allahu akbar!! Tuhan bersama kita, kawan-kawan!!" dan gue mungkin bakal berakhir di pusat rehabilitasi hewan langka.

Ngga deng ehehe. Yah, kalo gue dateng hari itu gimana ya. Asik kali ya. Dengerin Tulus nyanyi secara live. Apalagi pas lagi nyanyiin lagu "Teman Hidup". Mungkin yang lain mah gandengan tangan sama pacarnya, gue mah ngibarin bendera Slank da jomblo.

Poor Haykal.

Ya paling dia numpang lewat di pikiran gue waktu lagu Teman Hidup sama Sepatu dinyanyiin, seperti biasa lah.

Lagu Favorit
Kalo soal urusan lagu, ada beberapa yang gue suka. Kebanyakan gue suka liriknya, kejernihan suara Tulus jadi nomor 2 (karena gue juga suka nyanyiin, dan tau sendiri kan kalo gue nyanyi konon bisa menyebabkan tanda-tanda kiamat bakal muncul lebih cepat). Jadi, ya, gitudeh.

1. Teman Hidup
Dia indah, peretas gundah
Dia yang slama ini kunanti

Inilah lagu Tulus favorit gue, nomor 1. Gue dengerin hampir tiap hari, entah dari kapan, udah lama banget. Bahkan kayanya ngalahin kepamoran lagu 'After The Rain'-nya Adhitya Sofyan di playlist HP gue yang gue dengerin terus-menerus selama 1 bulan lebih.

Pembawa sedu, pemanja rasa
Dia yang slalu ada untukku

Yang buat gue suka sama Teman Hidup ini adalah, liriknya jelas nomor 1 syahdunya, musiknya yang kalem, sama intro (musik awal lagu sebelum nyanyi)-nya yang mantep. Kayanya hampir semua penggalan lirik lagu ini gue suka deh.

Di dekatnya, aku lebih tenang
Bersamanya, jalan lebih terang
Tetaplah bersamaku, jadi teman hidupku
Berdua kita hadapi dunia
Kau milikku milikmu
Kita satukan tuju
Bersama arungi derasnya waktu

Hadeh, galau mode on di Sabtu malem terakhir 2014 ini. Btw kalo gue lagi sama dia (entah kapan) terus lagu ini berkumandang mantep kali ya. Termasuk kalo nonton Konser Tulus dan lagu ini dinyanyiin, dia masuk kategori VVIP nomor 1 sebagai orang yang terlintas di pikiran gue.

Kau milikku
Ku milikmu
Kau milikku
Ku milikmuu

Dan gue inget pernah nyoba 'bantu' temen gue yang lagi nembak cewenya pake lagu ini, 2 kali. Yang pertama waktu Robby nembak Sa*sa di aula yang sepi, sebelum sanlat. Gue sama Diko tiba-tiba nyusup dan sembunyi secara epik, mereka tau sih tapi untung Robby diam saja.

Pas Robby ngomong entah apa, tiba-tiba terlintas ide hebat. Gue nyetel lagu Teman Hidup di HP, volume maksimal, dan gue taro diatas meja tempat gue sembunyi, deket sama Robby dan Sa*sa.

Si Sa*sa yang merasa terganggu dengan kehadiran 2 bandit jomblo yang sialan ini, maka dia berkata "Aku emang suka Tulus, tapi lagunya tolong matiin dong". Yah. Abis itu ya udah, cerita Robby Sa*sa panjang. Untung Robby udah gamau buka blog ini lagi, jadi aman.

Yang kedua waktu Diko bilang dia suka Ga*by. Di lobi, tempat nongkrong anak Warlob alias Warung Lobi (gak ada warung sih, tapi biar gawhl aja). Pas Diko lagi ngomong, gue lempar HP gue lewat lantai (kaya yang biasa dilakuin dikelas kalo mau pinjem penghapus tapi duduknya jauhan), dimana lagu Teman Hidup lagi berkumandang disitu.  Sayang dia overrated kalo lagi kasmaran dan Diko sontak balikin HP gue dengan liar.

Kau punya aku
Ku punya kamu
Selamanya akan begituu~

Makanya setiap dateng ke kawinan orang gue berharap lagu Teman Hidup ini dinyanyiin dengan cara Shirotol mustaqim alias dengan jalan yang lurus.

Soalnya dulu pas dateng ke kawinan tetangga, lagu ini (Alhamdulillah) dinyanyiin, tapi, ya gitu, aweu.

WTH. Ini lagu Tulus? Pikir gue saat denger aransemennya.

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada penyanyi berjiwa malang itu, suaranya gak jelek kok. Lumayan lah, malah mereka grup yang suka ngisi acara di TSM (yang kawinan kan pegawai TSB).

Tapi yang buat aneh adalah nada sama musiknya yang diganti. Jadi aneh, banget. Kalo dianalogikan, ini bagaikan wajah gue dengan wajah Andrew Garfield. Udah jelas kan siapa yang bagaikan lagu original nya Tulus yang mana? Gue lah.

Mohon jangan panggil rehabilitasi hewan langka lagi. Gue bosen, makanannya mentah, kan gak sehat. Temen gue disana katro semua lagi pada mainin iPhone mulu, ya mending N-Gage lah ya.

Loh...

Walaupun begitu, gue tetep menikmati penampilan nya dan lagu ini tetep jadi lagu nomor wahid di playlist HP gue.

Kau jiwa yang slalu aku pujaaaa~

2. Sepatu
Kita, adalah sepasang sepatu
Selalu bersama, tak bisa bersatu

Sekarang, siapa sih yang gak terhanyut denger lagu ini? Oke, adek gue. Liriknya oke, analoginya mantep, dan musiknya juga asoy. Dan ini mungkin bisa dibilang sesuai dengan kenyataan gue saat ini, huahahaha. Maaf jomblo.

Kita sadar ingin bersama
Tapi tak bisa apa-apa
Terasa lengkap, bila kita berdua
Terasa sedih bila kita di rak berbeda

Dan kayanya lagu Sepatu ini kayanya lagi hits banget di seaentaro negara ini, apalagi di kalangan dedek-dedek puber yang lagi mencari jati diri lewat cinta. Ea.

Gue juga sempet liat di arbes (buku tahunan TB). Di sana ada foto waktu Tulus konser di SMPTB, dan di salah 1 foto ada pemandangan penonton (yang kebanyakan cewek-cewek puber) lagi pada ngangkat sepatu mereka (kalo gue disana mungkin ada bendera Slank berkibar). Lagu Sepatu lagi dinyanyiin nih. Saking hits nya bisa sampe bisa menghipnotis dedek-dedek puber sampe segitunya kan.

Dan akibat itulah lagu ini jadi lagi favorit nomor 2 setelah Teman Hidup (Number One Losers kalo kata salah 1 guru gue di EF mah. All hail Mr. Chris)

Ah iya, lagu ini juga sempet jadi hits kecil-kecilan di kelas gue selama beberapa hari. Jadi waktu lagi istirahat, gue seperti biasa diem di kelas, dengerin lagu lewat headset nya Gazza. Lagi dengerin lagu Sepatu. Nah, terus si Daffa (Mahdifa) ngeliat HP gue yang lagi muter lagu Sepatu dan seketika dia nyanyi lagu itu dengan suaranya yang aduhai.

Kayanya dia ketagihan, eh dinyanyiin terus tiap hari. Sampe beberapa temen sekelas gue kemudian nyanyi lagu Sepatu juga, berdampingan sama lagu "Terlalu Lama Sendiri"-nya Kuntoaji. Sayang cuman bertahan beberapa hari, abis itu lagu ini kalah pamor sama lagu hatjep yang emang semenjak Abstrak (atau bahkan sebelumnya) lagi hits di TB.

Cinta, memang banyak bentuknya
Mungkin tak semua, bisa bersatu~

3. Gajah
Sebenernya, penggalan lirik awalannya cukup aneh bagi gue. Berisi tentang gajah dan sifat-sifatnya. Tapi suara jernih dan musik asoy berhasil menjadi nomor 1 di bagian pembuka lagu ini.

Selain itu, analogi yang mantep dari Tulus (setelah analogi sepatu) ngebuat lagu ini keren, dan mungkin bisa membuat orang yang baru pertama kali denger bilang "Wah, Haykal kok ganteng tapi jomblo yah" eh maaf, salah. Maksudnya bilang "Wah, kok kepikiran ya analoginya kaya gitu. Kerenn".

Kau temanku, kau doakan aku
Punya otak cerdas, aku harus tangguh
Bila jatuh, gajah lain membantu
Tubuhmu di situasi, rela, jadi, tamengku

Analoginya keren tuh. Bisa membuat hal yang waktu pikiran kita masih botjah dianggap buruk, tapi malah diambil sisi positifnya dan yang lebih

Ya ampun, lagu Sepatu lagi diputerin di radio. Berhenti sebentar.

*tapi malah diambil sisi positifnya dan yang lebih kerennya lagi, biar diubah jadi lagu dan jadi uang. Mantep gak sih. Sesuatu yang sederhana jadi bermakna. Dan bagian yang paling gue suka di lagu ini adalah :

Kecil, kita, tak tau apa-apa
Wajar, bila, terlalu cepat marah
Yang terburuk kelak
Bisa jadi yang terbaik

Kekerenan analoginya inilah yang ngebuat lagu ini ada di urutan 3, ngalahin Sewindu yang lama ada di posisi ini. Aweu.

4. Sewindu
Sudah sewindu, ku didekatmu
Ada di setiap pagi, di sepanjang harimu
Tak mungkin bila, engkau tak tau
Bila ku menyimpan rasa, yang kupendam sejak lama

Kepada Yth. Saudara 'Bintang' Fajar Supriyanto dan Saudara Arya Dipajaya Nugraha. Yang masing-masing pernah ditikung oleh 1 lelaki serupa. Saudara Bintang ditikung 2 kali dan Saudara Arya hanya 1 kali.

Mungkin ini adalah salah 1 anthem bagi orang yang pernah ditikung, sebelum lagu Orang Ketiga nya Hivi ngehits dan ngalahin pamor lagu Sewindu. Tapi kalo Bintang didengerin lagu kaya gini, dia pasti bilang "Bacot Kal mati aja".

Yap, 'Sewindu' adalah lagu pertama Tulus (seenggaknya yang pertama buat dia terkenal kan ini). Dan lagu ini masih tetep mantep sampe sekarang, walau masih kalah sama lagu 'Teman Hidup' sama 'Sepatu'. Yang gue suka tentu lirik nya yang cocok dengan keadaan gue pas awal kelas 9, dan musiknya lagi-lagi asoy. Gue tebak kalo lagu ini adalah pengalaman pribadi Tulus, atau temennya paling.

Ya gimana nggak. Sewindu coy, delapan tahun nyoba PDKT, terus tiba-tiba ada cowo / cewe lain nikung, kan gila. Delapan tahun coy. Orang mah delapan tahun udah kuliah sampe S2 atau udah sukses kerja atau udah ngurus anak eh inimah masih weh PDKT, ditikung deui, meni sedih :((

Sesaat dia datang
Pesona bagai pangeran
Dan beri kau harap
Bualan cinta, di masa depan
Engkau lupakan aku
Semua usahaku
Semua pagi kita
Semua malam kitaa

Bait pertama adalah bagian nyeseknya, kalo di lagu Orang Ketiga nya Hivi itu hampir sama kaya di bagian ini :

Namun tiba-tiba
Kau ada yang punya
Hati ini terluka

*Mohon diperhatikan agar Anda sekalian tidak terhanyut dalam kenangan masa lalu. Penulis khawatir akan dijadikan bahan studi kera langka atas nama ilmu pengetahuan.

Setelah yang udah gue bilang di awal, lagu ini jadi anthem buat orang yang abis ditikung. Dan awal kelas 9 pun gue jadiin lagu Sewindu sama Orang Ketiga jadi anthem kehormatan gue. Sedih juga sih kalo nginget Ninja merah sialan itu. Tapi tak apalah, sudah berlalu.

Cukup bagiku,
Melihatmu tersenyum manis
Di setiap pagimu, siangmu, malamuuu~

5. Jangan Cintai Aku Apa Adanya
Tak sulit mendapatkanmu
Karna sejak lama, kau pun mengincarku

Pikiran orang yang susah dapet cewe (atau istilah kerennya, Petualang Asmara), waktu denger lagu ini adalah "Yaelah bro, sukuri bro yang udah lo punya. Gue mah disini boro-boro dapet cewe, dateng ke Taman Jomblo aja diusir".

Menurut gue, lagu ini judulnya kepanjangan. Dan yang membuat lagu ini ada di urutan 5 adalah : gue cuman suka bagian intro sampe reff doang. Abis itu lagunya malah gak jelas ngomongin apaan.
Ya, intro lagu ini, beuh, edan sangat. Mahaedan malah saking bagusnya. Mungkin intro di lagu ini jadi yang terbaik, abis itu ada Sepatu sama Teman Hidup.
Bagian lirik awal sebelum reff juga bagus. Keren maknanya. Tapi, begitu sampe bagian reff, gatau kenapa lagu ini jadi, wth.
Awalnya ngomongin gampang dapetin cewe, pas reff malah ngomongin gak mau dicintai apa adanya. Jadi maunya apa :((

Yah, mungkin ceritanya adalah ada cewe yang rela ngapain aja buat cowonya, sampe gak nuntut cowonya apa-apa (takut marah si cowonya mungkin). Kejadian ini hampir sama kaya salah 1 kisah (gak langsung) yang ada di buku Hibiscus karya Agnes Arina, novel pembunuhan dan detektif asli Indonesia nih, latar tempatnya aja Bali.

Di salah 1 adegan diceritain kalo dulu adeknya si korban pembunuhan yang namanya Susan, suka sama temennya. Tapi sedih, si temennya (namanya Mr. Roland) bilang dia udah punya pacar. Sampe akhirnya si Susan ini bunuh diri. Ini bukan cerita utama, cuman si tokoh utama yang nanya ke salah satu saksi sapa tau bisa bantu.

Maaf jadi ngelantur jauh...

Tapi secara pembawaan lagu sama musiknya keren kok, kecuali liriknya gue agak keganggu dikit.

Aku, sangat ingin jadi petamu
Aku, ingin jadi jagoanmuu~

==========

Hal lain yang gue suka (tapi rada aneh) dari Tulus adalah, 3 lagunya hampir sesuai dengan keadaan sama harapan gue saat ini.

((Gue yakin kalo gue baca ini lagi pas udah kawin, gue bakal ngakak sampe mungkin tetangga melaporkan gue ke KUA buat dinikahin ulang sama simpanse))

Yah, jadi gini ceritanya,

Teman Hidup : Harapan
Sepatu : Kenyataan
Sewindu : Masa Lalu

Menyedihkan emang. Nanti bakal gue jelasin, kalo sempet.

Dan kayanya hampir semua orang di negara ini setuju kalo Tulus jadi musisi lokal of the year. Majalah Hai pun bilang gitu, walau kalau anak TB liat bakal di aweu-aweuin tuh majalah. Cuman panitia publikasi Abstrak yang mengerti sepenuhnya :-)

Ah ya ampun, gue baru inget kalo Tulus pernah konser di TB (ya, Taruna Bakti). Tepatnya pas pensi SMPTB yang bertajuk 'Ethiqly'. Gue udah tau bakal ada Tulus, dan konsernya hari Sabtu. Gue mau sih dateng, tapi males aja, gue gak dapet info siapa aja anak SMATB yang dateng. Jadi aja hanya diam di rumah.

Poor Haykal (again).

Ya, dan akhir-akhir ini juga gue cukup seneng dan bersyukur karena di radio Bandung sekarang udah cukup sering muterin lagu Tulus. Paling sering kayanya Gajah, 1000 Tahun Lamanya, Sepatu sama Teman Hidup.

Terima kasih udah mampir disini. Maaf kalo ada salah kata maupun salah muka karena mungkin gue terlalu tampan (tapi jomblo).

Salam Teman Tulus. Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar