Tips Kalo Lagi Bosen di Motor (Bagian 1)

Maret 07, 2015

Huah, udah sekian lama gue gak nulis post tentang tips dan trik yang (kurang) berguna bagi kehidupan sehari-hari. Dan kali ini gue bakal ngasitau beberapa tips bagi kalian (pengendara motor) buat ngatasin rasa bosen waktu lagi di motor.

Nah, setelah selama 2 tahun lamanya gue berubah haluan dari angkot ke motor kalo mau ke sekolah, tentunya udah banyak hal gue alamin sebagai pengendara motor. Mulai dari (hampir) ketabrak, jatoh, bensin abis, ban bocor, mogok mendadak, nyalip dengan lihai, kehujanan, ngerasa bosen sampe nganterin gebetan pun pernah gue alami di motor.

Berbagai kesimpulan dan pelajaran di jalanan yang keras pun gue dapetin waktu naek motor dari Gatsu - Jl. Riau. Dan kali ini gue akan berbagi pengalaman gue selama 2 tahun itu, tentang bagaimana cara menghadapi kebosenan waktu kalian lagi di motor. Penelitian dan tips kali ini beberapa udah gue praktekkan (dan Alhamdulillah sebagian berhasil) tapi ada juga yang dapet dari internet dan belum gue praktekan. Langsung saja ah :

1. Nyanyi-nyanyi : Hal ini kayanya gue lakukan setiap kali gue berangkat dari rumah ke sekolah. Atau malah setiap gue lagi di motor. Yap, nyanyi-nyanyi di motor merupakan salah 1 cara ampuh gue ngilangin stress di perjalanan. Gue biasanya nyanyi lagu yang gue suka (dan apal liriknya), kalo gak apal liriknya ya tinggal "nanananana" aja sambil sesuain sama nadanya.

Waktu nyanyi-nyanyi, jangan peduliin pengendara lain denger suara lo atau ngga, lepas aja nyanyi bagaikan lo adalah penguasa jalanan. Gue juga sebenernya gak tau suara gue kedengeran gak waktu nyanyi-nyanyi. Kalo gak kedengeran Alhamdulillah, kalo kedengeran ya santai aja, siapa tau ada yang ngasih receh.

Walaupun gitu gue kayanya gak pernah nyanyi-nyanyi waktu lagi macet / lampu merah. Tau sendiri alasannya, suara gue yang amat merdu itu bahkan konon bisa ngebuat gue tereliminasi dari Indonesia Idol waktu gue bahkan belum niat ikutan audisinya. Tapi kalo kalian pede sama suara kalian sih (atau gak lagi butuh duit receh) silahkan aja kalian nyanyi-nyanyi waktu macet / lampu merah.

2. Pake Headset / Earphone : Hampir sama sih kayak tips nomor 1, tapi gue kira cara ini bisa meningkatkan rasa pede kita kalo mau nyanyi-nyanyi. Yap, pake headset / earphone (jangan lupa setel lagunya juga) bisa membuat kita lebih PD kalo mau nyanyi-nyanyi di jalan. Kenapa? Karena ya pasti kita mikir suara kita bakal setara sama suara yang kita dengerin dari headset / earphone kita, jadi kita pikir suara kita gak akan kedengeran sama orang lain. Dan kayaknya gue nyanyi lebih keras waktu pake headset di motor, kecuali waktu lampu merah / macet.

Tapi jangan keseringan juga ya, nanti telinga lo rusak pada gak mau kan. Dan jangan juga terlalu kenceng, nanti suara lain (misalnya kereta api mau lewat) bisa-bisa gak kedengeran sama sekali kalo lo makenya terlalu kenceng. Jadi ya atur-atur aja sendiri pemakaiannya, udah gede kan, bobonya udah gak sama boneka lagi. Dan jangan juga sekali-sekali pake headphone, soalnya, gak muat bro ke helmnya...

3. Ngajak Temen Pulang Bareng : Cara ini adalah salah 1 cara ampuh menghilangkan kebosenan di motor, khususnya bagi para jomblo yang tiap hari pulang sendiri. Ngajak temen kita pulang bareng bisa menghilangkan kebosenan karena tentu di perjalanan nanti kalian bakal ngobrol (kecuali kalian lagi musuhan atau lagi sakit gigi) dan kita merasa gak jomblo lagi (walaupun yang ikut itu cowo).

Beberapa tips sebelum ngajak temen pulang bareng : Cari temen yang pulangnya searah, jangan pernah ngajak temen pulang bareng kalo rumah lo di Gatsu dan rumah temen lo di Lembang. Jangan lupa bawa helm. Jangan sekali-kali pake headset / earphone karena bisa ngeganggu obrolan di jalan. Jangan lupa mastiin temen lo udah naik waktu lo mau berangkat (pengalaman pribadi, temen gue belum naik tapi gue udah tancap gas aja). Kalo bisa cari yang bisa bayarin bensin, hehehe. Kalo temen lo mau nyetir (sementara lo jadi penumpang di motor sendiri), biarkan, kecuali kalo dia mantan anggota kelompok begal cinta ibunda.

Cara ini terbukti ampuh buat gue, yang setiap hari nganterin Rafi Rasiq (karena dia belum boleh pake motor sampe umurnya 17, dan arah pulangnya searah). Keliatan cocwit emang, tapi lumayan buat ngilangin rasa jomblo gue di motor. Gue pun hampir tiap hari ngobrolin tentang cewe waktu di motor. Iya hahaha, tapi yang diomongin cuman cewe di sekolah aja, keliatan centil emang tapi ya gitulah. Selain itu kadang kita ngomongin kuliah, orang-orang keren di sekolah, chat Rafi ma pacarnya gimana, kerja, dan lain-lain. Untung pacarnya Rasiq gak cemburu gue anterin tiap hari.

Satu aturan penting kalo lo nganterin temen cowo lo pulang : jangan pegangan tangan.

4. Ngajak Gebetan Pulang Bareng : Cara ini kayaknya adalah cara paling ampuh ngilangin kebosenan waktu di motor, sekaligus jadi cara paling ampuh ngilangin rasa kejombloan waktu di motor. Buat cara ngajak nya sendiri, bisa dengan “Eh, pulang bareng yuk? Bosen nih pulang sendiri terus” atau “Pulang sama siapa? Aku anterin mau gak?” atau kata-kata lain sesuai kreatifitas lo sendiri. Satu hal yang harus digaris bawahi kalo lo mau ngajak gebetan pulang bareng : lo harus yakin dia nerima ajakan lo. Karena yang dapat membuat dirimu kecil adalah pikiranmu sendiri. Asik gak tuh.

Ada beberapa hal yang harus lo bedakan waktu nganterin temen sama gebetan. Misalnya : jangan ciut waktu tau rumah doi jauh banget, jangan lupa bawa helm 2, jangan lupa ngobrol (gile aja di perjalanan gak ngobrol. Santai aja ngobrolnya, jangan kecepetan, jangan kaku, rasain dunia milik berdua walau cuman di motor, dan jangan ngobrolin hal yang bisa bikin dia ilfil sama lo, kayak “Eh tau gak, aku dulu kalo ngupil suka pake jempol kaki mantan aku loh, jadi kangen deh sama dia”. Pokoknya, kalo kata Pak Dadi mah “Cewe itu suka kalo dia nyaman sama kamu”.

Gue sendiri sebenernya baru sekali mengalami hal ini, dan ya gitu, rasa kebosenan dan kejombloan gue sejenak terlupakan walau cuman sekitar 20 menitan dan bukan nganterin ke rumahnya. Coba deh lo juga sekali-kali ngajak gebetan pulang bareng. Rasain deg-degan nya waktu dia mau naik dan waktu ngobrol di perjalanan, rasain gimana lo bakal senyum-senyum sendiri di perjalanan abis nganterin dia pulang. Pokoknya nikmatin aja deh saat-saat itu, karena hidup ini gak melulu soal kesedihan.

“Kehidupan memberi kita saat-saat singkat dengan orang lain, tapi terkadang saat singkat itu memberikan kita kenangan abadi”

Kalo frekuensi nganterinnya udah sering dan dia udah keliatan nyaman sama lo, siapa tau sebelum lo anterin dia pulang dia bilang “Eh, anterin aku kemana yuk, bosen nih” atau “Sebelum anterin aku, kita ke Bakso Green Tea yuk, aku traktir deh” atau malah “Nanti mampir dulu yuk ke rumah aku, Ibu aku udah nyiapin makanan loh”. Abis itu kemungkinan besar temen-temen lo nyaranin lo nge-“dor” sidoi dan kejombloan lo InsyaAllah berakhir.

Tapi jangan sampe dia ngomong kayak gini ya :

“Aduh maaf, pacarku udah nunggu disana, duluan ya”

Atau malah

“TURUNIN AKU SEKARANG !!”

Dan jangan sampe lo jadi ojekzone sidoi ya.

5. Ngomong Sama Diri Sendiri : Menurut gue ini juga bisa menjadi cara yang lumayan ampun melawan kebosenan di motor, walau gak terlalu ampuh dibanding nyanyi-nyanyi. Gue kadang suka ngomong sendiri waktu di motor. Kadang gue juga gatau ngomong apaan. Kadang pake bahasa Indonesia, kadang bahasa Inggris, dan kadang bahasa Spanyol, Italia atau Jerman. Buat 3 bahasa terakhir, tentu gue asal-asalan aja ngomongnya, gak tau ngomong apa gue juga, cuman ngomong dari kata-kata yang gue tau dari 3 bahasa itu.

Yang gue omongin ke diri gue sendiri bisa macem-macem. Kadang tentang diri sendiri, kadang tentang masa depan, kadang tentang sekolah, temen-temen, sidoi, kadang tentang diri kita lagi dalam situasi khayalan, kadang juga ngomongin hal gak jelas yang bahkan gue sendiri gak ngerti lagi ngomong apaan. Ah iya, ini beneran ya gue ngomong ya, alias bukan dalam pikiran aja. Gue bener-bener gerakin mulut gue, istilahnya kayak ngobrol sama diri sendiri lah.

Biasanya gue kayak gini kalo gue lagi naik motor malem-malem, dan itu biasanya kalo gue abis pulang dari les gue yang selesai jam setengah 8 malem. Kalo siang atau pagi entah kenapa gak pas aja buat ngobrol sama diri gue sendiri. Kalo malem-malem ya enak aja gitu, gatau kenapa. Yah, gitulah, namanya juga jomblo.

6. Buat Skenario Khayalan : Setelah gue teliti, ternyata waktu di motor bisa menjadi quality time buat berpikir atau merenung selain di wc. Walaupun kayaknya merenung di motor bisa ngebuat kita gagal fokus dan berakhir dengan rumah sakit, tapi setidaknya hal ini berlaku buat gue, walaupun gak setiap saat.

Gue sendiri emang cuman kadang-kadang aja buat scenario khayalan waktu di motor. Salah satu yang paling mantep gue buat waktu gue lagi pulang dari tempat les ke rumah, jam 8 malem (entah kenapa malem adalah saat yang enak buat berpikir), scenario itu menceritakan gue waktu kuliah nanti dan ya, gitulah mantep pokoknya. Ide itu gue dapat waktu gue lagi dengerin lagu Maliq yang Setapak Sriwedari.

Buat quality time lo sendiri di motor waktu jalanannya gak rame-rame amat dan jalannya mulus alias gak banyak bolongnya. Pokoknya kalian boleh merenung atau berkhayal kalo jalannya kalian pikir cukup aman buat ngalihin fokus kalian ke jalan. Tapi jangan sampe fokus kalian teralihkan semuanya ya.

**********

Kayaknya bakal berlanjut di post 2, soalnya masih rada banyak bro. Terima kasih udah baca.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar