Klub Sepak Bola Favorit

Juli 17, 2012

Kayaknya, hampir semua anak cowok di Indonesia suka sepak bola dan hampir semua juga melanjutkan kecintaannya sama olahraga ini sampe dia tua. Dan gue juga yakin kalo seenggaknya, kita cowok-cowok punya 1 atau ya 3 lah klub bola favorit, bisa dari Indonesia bisa juga dari negara lain terutama Eropa. Dan, kita punya cara unik tersendiri soal proses gimana dan kenapa kita suka klub bola tersebut. Hmmm, berhubungan kalo beberapa hari lalu gue dianggep cowo (apa-apaan ini?!) jadi, gue pun punya cara untuk menyukai tim sepakbola.

Oke, mungkin diantara kalian ada yang suka kepada tim sepak bola karena pemainnya ganteng, mainnya bagus, hubungan sama fansnya kuat atau mungkin lo suka sama tim bola gara-gara waktu beli gorengan, bungkusnya itu koran yang isinya berita suatu tim bola. Atau yang sedikit ekstrim lo suka ke sebuah tim sepakbola gara-gara kalo mereka ngegolin, selebrasi nya dilakukan dengan cara melawan naga dengan naik elang, bisa aja kan lo suka yang begituan. Atau yang paling ekstrim lo suka kepada tim sepakbola gara-gara salah satu pemainnya adalah penjaga warteg yang sesekali jadi tukang odong-odong dan pas main mereka bawa jengkol buat dikasihin ke seluruh penonton sambil promosi “Ayo!! Naikilah odong-odong kami!! Lebih nikmat sambil menyantap jengkol & bila anda naik 3x dalam sehari, kita beri diskon 5 lagu hanya Rp. 2000,-!!”.

*dimasukkin ke kandang babi*

Huh, gila bukan? Yaudah, lupakan. Oiya, omong-omong soal bola, dari dulu itu gue cuman suka sama 3 klub bola. Yaitu AC Milan, Lyon dan ehem, Persib. Kalo lo gak nanya, buruan jual komputer atau HP kalian, sebelum meledak di tempat dan melukai tukang odong-odong setempat. Disini gue gak akan ngejelasin kenapa komputer yang meledak dapat melukai tukang odong-odong. Tapi gue bakal menjelaskan kenapa gue suka sama 3 klub yang gue sebutkan tadi, Ac Milan, Lyon dan Persib, ini dia

1. AC Milan
AC Milan adalah klub pertama yang gue sukai dan kayaknya bakal bertahan terus sampe gue kakek-kakek nanti. Entah kapan persisnya gue mulai suka klub Italia ini, tapi gue bisa suka klub ini sederhana doang: waktu bocah gue sering main Winning Eleven di PS1 dan sering pake AC Milan. Dan gue waktu itu ngerasain, Dida (kiper Milan waktu itu) mainnya bagus banget dan gue keenakan make AC Milan sampe gatau kenapa gue nyebut gue sebagai fans AC Milan sampe sekarang. Kira-kira waktu itu tahun 2005, tahun dimana Milan abis kalah di Final Liga Champions lawan Liverpool yang melegenda di Istanbul itu.

Tapi seiring waktu, gue mulai lupain AC Milan karena jadwal mainnya yang rata-rata diatas jam 12 malem dan juga gara-gara gue mulai kenal Persib Bandung yang mainnya sore hari atau paling malem juga jam 9 malem udah selesai. Tapi gue mulai suka lagi sama Milan setelah beberapa waktu lalu gue nonton AC Milan lawan Arsenal di babak 16 Besar Liga Champions, dimana waktu itu gue kayak ngerasa nemuin setengah jiwa gue yang hilang selama 6 tahun. Setelah itu gue pun mulai ngikutin perkembangan AC Milan lagi, sampe sekarang pun gue masih cinta AC Milan walau akhir-akhir ini Milan lagi mulai kacrut mainnya, apalagi abis Ibrahimovic sama Thiago Silva dijual ke PSG. Tapi gapapa, kalo kata Rui Costa mah "AC Milan akan selalu mengalir dalam nadimu dan tak akan pernah keluar". Forza Milan !! (|||+) Pemain Favorit : El Shaarawy, Robinho, Pazzini, Boateng, Ambrosini.

2. Olympique Lyon
Lyon menurut gue adalah klub paling random yang pernah gue suka, karena kayaknya masih jarang banget yang ngefans sama Lyon ini di Indonesia. Yak, jadi, alasan kenapa gue suka sama Lyon gak beda jauh sama alasan kenapa gue suka AC Milan, yaitu gara-gara game bola. Akhir-akhir ini, gue sering main Fifa Ultimate Team dari hape Android gue, dan sekali waktu gue pernah pake tim Lyon dalam jangka waktu yang lama dan yak gue tiba-tiba suka aja sama tim ini, apalagi kalo bukan gara-gara banyak pemain bagus di tim ini. Yang paling gue sukai adalah Briand, yang umpannya aduhai terus. Jadi aja sekarang gue mulai ngikutin berita tim Prancis ini yang ternyata pernah juara Liga Prancis 7 kali beturut-turut dari tahun 2000 sampe tahun 2007, PSG mah kalah~

Sekarang ini, banyak pemain Lyon yang gosipnya mau dijual ke klub laen kayak Lloris, Lovren, Briand, Lisandro Lopez sampe Gomis. Agak sedih sih gue bacanya dan berharap itu gak kejadian, cukup Benzema aja yang dijual ke Madrid 2 tahun lalu. Tapi ya, namanya bola, kalo udah setuju ya mau gimana lagi, apalagi gue gak punya peran di klub itu, masih mending kalo gue jadi tukang mie ayam langganan deket stadion disana kan. Tapi tetap Allez OL lah !! Pemain favorit : Briand, Gomis, Lovren.


3. Persib Bandung
Nah, jeng-jeng *lagu sirkus mengalun dari kejauhan*, ini dia satu-satunya klub di Indonesia yang gue sukai, dan bila 3 klub ini ibarat tubuh gue, maka Persib adalah otaknya. Gue suka sama Persib dengan alasan yang sederhana, karena gue orang Bandung. Tapi jelas, bukan gue aja yang pake alasan itu, hampir semua orang suka pada klub sepakbola Indonesia karena klub itu berasal dari daerahnya. Misalnya orang Jakarta suka Persija, orang Surabaya suka Persebaya, orang Solo suka Persis Solo, orang Jogja suka PSIM Jogjakarta, orang aku suka sama kamu.

Eh gini bukan sih mainnya?

Tapi gimana pun, kecintaan gue ke Persib bakal lebih besar daripada keicntaan gue ke Milan atau Lyon, karena gue suka klub ini secara emosional, bukan dari pemainnya yang bagus dan bukan juga dari game Fifa atau pun PES. Gue pernah baca salah satu artikelnya Pangeran Siahaan soal fans karbitan (yang suka sama suatu klub karena prestasi doang), dia di artikel itu nulis kalo cintanya orang Manchester asli ke klub Manchester United bakal lebih besar dari fans Manchester United dari mana pun, karena mereka udah terikat secara geografis dan emosional di kota Manchester itu. Halah gue ngomong apaan sih. Tapi ya intinya begitu, gue cinta Persib karena gue orang Bandung, gak lebih gak kurang. Apapun hasil yang diraih Persib, gue tetep suka sama Persib. Pokona mah, Persib nu Aing!! Pemain Favorit : Atep, Toni Sucipto, Hariono, M. Ridwan.

Nah, segitu aja yang bisa gue jelasin soal 3 klub sepakbola yang gue sukai. Pokoknya, apapun klub yang kita suka, jangan sampe ke fanatikan itu menimbul kan kerributan dengan orang yang menyukai klub lain, setiap orang mempunyai selera yang berbeda. Jadi, hargailah teman, sodara atau orang lain yang tidak menyukai klub yang kita sukai. Jadikanlah perbedaan tersebut untuk bersahabat, saling berbagi informasi tentang klub yang ia suka dll. Cintailah klub sepak bola karena sejarahnya yang menakjubkan, janganlah mencintai sebuah klub sepak bola karena kekayaan klub bola tersebut. Dan 1 lagi, jangan lupa masukkin motor kalo udah malem biar emak lu gak kecewa karena sesungguhya surga ada di telapak kaki Ibu.

Jauhi narkoba dekati bola !!

Wassalam :)

You Might Also Like

2 komentar