Hari Pertama di SMA Taruna Bakti (Part 1)

Juli 11, 2014

Harusnya, tulisan ini di post hampir 1 tahun yang lalu.

Tapi, entah gen malas gue lebih dominan daripada gen tampan gue, atau karena gue terlalu sibuk nyari jodoh sampe gak punya waktu buat nulis post ini (walaupun akhirnya gak dapet-dapet juga *nangis di pojokan*). Jadi, post ini baru sempet ditulis 1 tahun kemudian. Hehehe. Aku lemah. Jangan intimidasi hamba...

Rabu, 10 Juli 2013.

Hari itu adalah hari pertama gue di SMA Taruna Bakti Bandung. Sekolah baru, lingkungan baru, temen-temen baru, dan mungkin juga "dia" yang baru. Gue secara ajaib keterima disana setelah menjalani test masuk yang ngebuat gue sakit kepala (mungkin belom biasa). Dari sekolah gue sebelumnya, SMPN 43 Bandung sendiri, ada 2 orang yang keterima ke SMA Tarbak ini (Tarbak adalah sebutan lain buat Taruna Bakti, sebutan lainnya TB), yaitu gue sama Randy Rizky, yang keterima lewat jalur nem. Sebenernya ada 1 lagi temen SMP gue, Deina, yang udah keterima di SMATB. Tapi dia gak ngambil dan pindah ke SMA lain. Sementara gue sendiri sudah membulatkan tekad gak daftar ke SMA Negri setelah keterima di SMATB. Begitulah.

Sebelumnya udah dikasitau bahwa sekolah mulai jam 6.30 pagi. (Sangat) kepagian emang, tapi mau gak mau gue tetep harus mematuhi peraturan ini, berhubung SMATB akan jadi sekolah gue selama 3 tahun ke depan. Oh iya, by the way, hari itu adalah hari pertama Puasa Ramadhan 1434 H. Jadi mungkin selama beberapa Minggu gue gak akan telat sekolah karena bisa bangun lebih awal buat saur, abis itu nyiapin sekolah tanpa tidur dulu (bisa sih tidur beberapa menit mah abis Shalat Subuh, tapi mampus kalo kebablasan).

Ya, jadi gitu. Abis saur gue gak langsung tidur. Tapi nyiapin buat hari.pertama.sekolah ini. Entah nyiapin apaan, serasa gak ada tujuan. Ya karena gue bahkan gatau mau ngapain di sekolah baru hari itu. Alhasil gue hanya memasukan beberapa buku tulis, dan tempat pensil yang dibawa waktu UN sama waktu test masuk SMATB. Setelah mandi, make seragam SMP lengkap, dan make sepatu. Gue siap, menuju lingkungan baru tempat gue akan berada selama 3 tahun ke depan. Mari kita mulai.


"Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah" ~ Pepatah China

Kira-kira jam 5.40an gue berangkat. Naik motor. Dianter Bapak gue (sebenernya gue direncanain naik motor sendiri, tapi gatau mulai kapan, pas udah make seragam SMA kali). Jalanan waktu itu masih sangat sepi. Di jalan gue melihat beberapa tukang balon, buat keperluan anak yang baru masuk SMP (biasa, MPLS SMP kan biasanya siswa baru disuruh bawa balon berbagai warna). Dan 1 lagi, udaranya dingin.banget. Entah udara Bandung subuh menjelang pagi emang dingin atau gimana. Pokoknya udara pagi itu dingin banget deh, walau gue udah make jaket, tetep aja kerasa dinginnya.

Karena jarak yang gak jauh-jauh amat (Gatsu-Jl. Riau) dan jalanan yang sepi, akhirnya gue sampe di TB dalam waktu kurang lebih 10 menit sajah. Tapi, waktu gue sampe depan gerbang, ternyata masih ditutup. Buset. Bapak gue pun nanya mau nungguin sampe gerbangnya dibuka atau mau keliling dulu. Gue bilang mau keliling dulu. Alhasil, gue 2 kali keliling Jl. Riau-Jl. Banda-Jl. Lombok dan akhirnya kembali ke TB lagi. Selama periode keliling itu, Bapak gue sekalian nunjukkin beberapa alternatif jalan pulang kalo gue udah make motor sendiri nanti (karena sebelumnya gue juga jarang lewat Jl. Riau). Alhamdulillah, setelah 2 kali keliling, gerbang TB akhirnya dibuka juga.

Akhirnya gue diturunin disana, pamit, terus masuk. Waktu itu belum banyak yang dateng, sepi lah pokoknya. Anak SMP atau SDTB yang baru dateng pun belum banyak. Di depan gerbang, kakak kelas (alias kelas 11 sama 12 SMATB) udah standby, menginstruksikan anak kelas 10 yang baru dateng buat baris dulu di depan gerbang, nunggu yang lain dateng. Dan anak kelas 10 yang baru dateng pun gak banyak amat, kurang dari 10 mungkin, kebanyakan dari luar SMPTB yang udah datang.

Akhirnya gue pun ikut nunggu yang lain datang. Setelah lumayan banyak yang dateng, para Kakak kelas itu nyuruh kami buat baris berdasarkan ketinggian. Dan akhirnya entah gimana gue ada di barisan yang hampir paling kiri, sama beberapa murid cowo (kebanyakan SMPTB) yang tingginya hampir sama kaya gue. Disaat itu yang baru dateng kebanyakan dari SMPTB, akhirnya, dan gak ada satupun yang gue kenal waktu itu...

Setelah baris cukup tertib, akhirnya jam 6.30 pas para kakak kelas nyuruh kami buat jalan berurutan sesuai barisan dan ngikutin para kakak kelas. Akhirnya barisan gue jalan dengan tertib. Menuju ke aula lewat pintu tengah, kondisinya masih sangat sepi. Akhirnya kami naik tangga sebelah lift, lantai 2, naik lagi, lantai 3, naik, lagi, lantai 4, dan akhirnya berakhir di lantai 5 (iya, naik ke lantai lima naik tangga).

Disana kita dibarisin, entah berdasarkan apa, asal aja. Waktu itu ruangan Roof Top masih kosong, belum ada peralatan (yang katanya) bakal dijadiin perpus. Di depan kita udah berdiri kakak-kakak OSIS, make vest warna maroon yang dikancingin.

Waktu itu baru 2 barisan. Sampe-sampe gue aja heran, masa yang keterima SMATB dikit banget? Ternyata gue salah, kita disuruh nunggu yang lain datang, padahal waktu itu udah jam setengah 7 lebih, dan yang datang baru 2 barisan. Ah iya, dan gue saat itu juga nyariin Randy, satu-satunya yang gue kenal disana. Dan dia belom dateng. Well.

Dan disitulah gue belajar kalo disana itu ada istilah "Waktu Taruna Bakti".

Beberapa menit nunggu, akhirnya murid lain datang. Dan makin lama murid yang dateng makin banyak. Alhamdulillah. Setelah memastikan kalo semua murid udah dateng. Akhirnya acara dimulai. Kakak OSIS ngerapihin barisan kita secara acak dulu. Abis itu ada sambutan dari Ketua OSIS saat itu, Jerry Rachman. Dan bla bla bla, ya gitu deh seterusnya.

Sebenernya bukan masalah buat gue nunggu beberapa menit, atau bahkan beberapa jam cuman buat barisan itu. Karena gue pernah nungguin "dia" selama 1 tahun lebih beberapa bulan, dan gue baik-baik aja. Ea.

Sambutan udah selesai, sekarang saatnya pembagian kelompok sementara. Gue (dan yang lain juga) gak ngerti apa-apa, tiba-tiba kita dikelompokkan berdasarkan barisan dan ikut salah 1 kakak kelas, 1 kelompok kira-kira 20an orang. Gue kebetulan sekelompok sama Randy, karena barisannya deket. Dan kelompok gue dibawa ke bagian kiri rooftop, disuruh duduk dan nunggu perintah selanjutnya.

Waktu itu, awalnya gue kira kelompok adalah kelas kita (dan jelas gue mikir, dikitan banget sekelas cuman seginian?). Eh ternyata cuman kelompok doang. Waktu itu juga gue kenalan sama temen pertama gue disana (selain Randy). Rasyif Asyubarru, dipanggil Arru, asal SMP Darul Hikam. Ya abis itu cuman ngobrol-ngobrol doang. Sampe akhirnya kita semua disuruh masuk dan baris lagi di dalem ruangan.

Kita disuruh baris lagi. Setelah bla bla bla. Kakak OSIS akhirnya ngumumin kelas yang bener. Dimulai dari X-1 sampe X-8. Tiap kelas yang udah beres dibawa sama 2 orang Kabim (Kakak Pembina ato apapun itu namanya) ke kelas. Gue sendiri masih nunggu rada lama. Sampe akhirnya nama Jay Chou Haykal Satria dipanggil pas pengumuman kelas X-6. Akhirnya gue ikut barisan yang ada, dan diem, karena gak ada yang gue kenal sama sekali. Dan saat lagi diem itu, tiba-tiba dibelakang gue seorang siswa tinggi berkacamata dan sedikit rusuh nanya ke gue "Yang dipanggil baris disini kan?". Ya, itu adalah si Ihsandri, si pemuda dari Kalimantan Timur. Gue sendiri awalnya kaget pas liat ternyata SMP nya di Kaltim.

Ah iya, ternyata gue gak sekelas sama Randy, padahal pas hari bagi rapot SMP dia bilang "Kal, ngke di TB hayang sakelas teu?". Yah, gitulah.

Pas pengumuman kelas selesai, kita dibalik-kanan kan buat menuju ke ruang kelas. Waktu barisan jalan, gue liat ada yang telat, dari SMPTB. Sangatlah tepat waktu menurut "Waktu Taruna Bakti" mah. Dan ternyata dia ada di kelas gue, ahaha. Ah iya, Kabim kelas X-6 waktu itu adalah Kak Yahya Arifin (Ketos abis Jerry) sama Kak Sheila. Kita disuruh jalan, turun ke lantai 4, dibawa ke kelas X-6, suasana kelas 10 waktu itu lagi sedikit rusuh yang mau ke kelas masing-masing, ada juga kelas 11-12 yang mau liat "adek-adek" baru.

Akhirnya sampe ke ruangan X-6. Kita disuruh duduk bebas, sama siapa aja. Gue milih duduk di paling belakang (beda kaya sekarang, maunya duduk di depan mulu hahaha), barisan kedua dari meja guru. Gue duduk sendiri, belum ada yang duduk di sebelah gue, awalnya gue perkirakan yang duduk sama gue adalah yang dari luar SMPTB (karena pasti anak SMPTB udah pada kenal jadi gampang dapet temen duduk). Eh ternyata, yang duduk di sebelah gue adalah. Dicky Prayudi.

Iyap, si Dicky resmi jadi temen sebangku pertama gue di SMATB. Waktu itu dia masih pake kacamata, masih lebih kurus dari sekarang, belom punya kumis, dan rambutnya masih gondrong. Gue yakin si Dicky dulu milih duduk di sebelah gue karena gak ada tempat duduk lain. Karena abis dia duduk, dia tetep ngobrol sama orang di bangku depan gue, kalo gasalah Sansan sama Ryan. Gue sendiri cuman diem, duduk di tepi kanan meja. Nunggu perintah selanjutnya, berharap ada yang ngajak ngobrol, syukur-syukur kalo ada cewe ngajak kenalan.

Akhirnya Kak Yahya sama Sheila bilang ini kelas baru kalian (kita). Terus mereka pergi dengan alasan "Biar bisa kenalan dan ngobrol sama temen baru". Abis itu, yaudah. Gue cuman diem, liatin sekeliling kelas, temen baru, ruangan baru, suasana baru. Bahkan di kelas waktu itu ada TV tabungnya, ahahaha. Sekarang TV itu udah gaada, diambil sama karyawan, TV nya juga gak nyala sih.

Gue coba inget-inget siswa X-6 "murni" waktu itu, maap kalo ada yang kurang/kelebihan : Gue, Ihsandri, Sansan, Ocan (Fauzan), Alfieri, Ryan, Salim, Ferdi, Ghibran, Fadly, Harris, Nofal MI, Alvi, Dicky, Ravly, Fikri, Rafi, Indah, Ivanka, Najma, Nadhira, Sheila, Marisa, Ayunda, Jihan, Mataya, Farisa, Melinda, Aqilla, Disa, Tari, Anya, Tatia, Tiara dan Navisaa. Buset, banyak amat yak...

Dan ini kelas X-6 setelah dipecah : Addina, Adilla, Adit, Alif, Alinda, Angga, Ayunda, Daffa, Dicky, Ghibran, Haykal, Ihsandri, Indah, Jihan, Marisa, Harris, Fikri, Ferdi, Fadly, Sansan, Nadhira, Nofal MI, Nofal MJ, Rafi, Ravly, Reza, Shanaya, Sheila, Sherman, Taref, Teresa.

Akan dilanjutkan. Tunggu saja.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar