Sebelum Mudik

Juli 15, 2015

Udah 15 hari berlalu semenjak Juli tahun ini dimulai dan besok subuh adalah saur terakhir di puasa Ramadhan tahun ini *huhuhu*. Dan gue sadar bahwa post terakhir gue itu tanggal 2 Juli, yang artinya 13 hari gue gak nulis apa-apa. Alangkah produktifnya diri gue ini. Dan selama periode 13 hari itu, sungguh banyak cerita yang bisa ditulisin disini. Tapi karena waktu gue malem ini gak banyak, jadi nanti lagi deh *hehehe ngeles*.

Entah apa yang ada di otak gue *kayaknya gak ada apa-apa sih* sampe gue pengen nulis ini post. Padahal besok pagi gue udah mudik (biar gaul kayak orang-orang) dan kemungkinan gak akan bawa laptop, jadi blog ini bakal ditinggal dulu maksimal sampe hari Minggu atau Senin pas gue udah sampe rumah. Dan ah iya, harusnya sekarang gue lagi beres-beres buat mudik besok (gue 'cuman' ditugasin beresin barang gue sendiri aja, karena Ibu gue tau kalo gue bakal males ngurusin keperluan sendiri, apalagi keperluan orang lain, jadi aja). Tapi ya gitulah, karena gue males milihin baju yang bakal dibawa, jadi kayaknya tugas ini bakal gue lakukan waktu saur ntar. Gampanglah, buat 3 hari doang.

Haykal waktu bulan Juni dan Haykal waktu bulan Juli sangatlah beda. Liat aja di blog ini. Waktu bulan Juni, gue hampir tiap hari nulis dan ngepost minimal 1 tulisan setiap hari (iya, setiap hari) walaupun tanggal 20an kesana gue udah mulai bolos nulis beberapa kali. Dan di bulan Juli ini, gue baru nilis 1 kali, dan itu pun gue gak ngerti intinya apa. Kalo misalkan gue ini adalah cewek yang lagi nyari cowok penulis, gue dengan hati mantap dan ikhlas pasti bakal macarin Haykal selama bulan Juni, tapi waktu Juli udah diputusin.

Gatau apa yang ngebuat penyakit males buka laptop dan nulis di blog gue kambuh lagi semenjak tantangan nulis bulan Juni itu udahan. Teori paling mungkin adalah gue gak tau mau nulis apaan. Iya kali ya. Selama bulan Juni gue nulis udah dikasih temanya dan gue tinggal nulis aja santai. Tapi bulan Juli ini udah gak ada tantangan begituan lagi jadi gue diharapkan udah bisa mandiri mengurus rumah tangga blog ini (naon pisan). Dan karena gak ada ide, jadi ada blog ini terbengkalai lagi. Sebenernya ide banyak (banget) sih, tapi gue suka males aja gara-gara ide di otak gue random parah gak nentu dan gak sistematis, jadi gue makin males buka laptop.

Dan selama liburan juga gue gak kemana-mana alias diem aja di rumah. Walau sebelum Ramadhan gue udah ngerencanain perjalanan ke Malang atau Jogja atau Solo, tapi akhirnya gak jadi karena kayaknya pada males dan miskom ke Robo akibat HPnya yang udah ngelag parah. Jadi aja selama liburan gue cuman tidur, baca buku, ngurusin jualan dan intinya kayak gini lah :
Walau kayak lagi nonton TV, tapi selama liburan gue gak nonton TV sama sekali kecuali Copa America kemaren.
Yah, intinya puasa udah hari ke-29 (eh, iya kan?) besok hari terakhir puasa Ramadhan dan lusa udah Lebaran. Banyak banget momen seru puasa tahun ini. Kayak nyasar di Antapani, kesel sama pembeli jersey, ngantuk pas taraweh, kelas 12 (waw, gue udah kelas 12 loh, udah pantes dipanggil om), ketemu dedeque-dedeque emesh kelas 10, dan masih banyak lagi. Tapi sama kayak kehidupan kelas 11 gue, puasa tahun ini gak terlalu baik, atau gak sebaik waktu gue SD atau SMP. Alhamdulillah puasa gue full gak ada yang bolong, tapi entah pahala puasanya dapet apa nggak, selain itu gue suka kebablasan abis saur malah tidur. Gue sadar, ini parah abis, setidaknya kalo dibandingin sama tahun kemaren.

Tapi yang berlalu sudahlah berlalu. Fokus ke depan.

Dan sadarkah kalian, semakin dewasa kita maka momen puasa sedikit demi sedikit jadi kurang kerasa, alias kerasanya biasa aja kayak bulan lain. Beda sama waktu kita kecil, puasa ini kita tunggu banget. Saurnya, acara saur yang gak jelas, shalat subuh di Mesjid bareng temen, main petasan abis shalat subuh, ngabuburit (dalam pengertian sebenarnya), dan menjelang Maghrib, dan taraweh juga, dan jajan abis taraweh.

Sekarang semua kerasa biasa aja. Saur ya gitu-gitu aja, nunggu Maghrib juga gitu-gitu aja. Pas adzan Maghrib apalagi, kayak gak ada yang spesial. Bahkan kadang gue diem dan tau-tau mikir "Eh, udah Adzan ternyata..." walaupun momen buka puasa sama keluarga masih tetep spesial sih. Buat bukber sendiri, jujur tahun ini paling sedikit gue bukber, kebanyakan buka puasa di rumah, gak kayak tahun kemaren. Gatau karena gue gak gaul atau gue males ikut.

Apa cuman gue doang yang kayak gini, atau emang kita semua (khususnya dedeque-dedeque pasca puber kayak gue, anak SMA keatas) ngerasain hal yang sama? Momen puasa makin lama makin kerasa biasa aja. Kalo iya, kenapa? Apa gara-gara kita terlalu sibuk sama urusan duniawi? Gak tau deh.

*********

Seperti yang gue bilang di awal, selama 13 hari gue gak nulis, ada banyak cerita yang sebenernya bisa ditulis disini. Yang pertama mungkin waktu sebelum masuk sekolah, 6 Juli kemaren. Gue beberapa kali ke sekolah buat ngurusin sanlat sama OPK (semacem MPLS nya pramuka, mulai berlaku di sekolah gue tahun ini). Sanlat masih santai sih karena gue cuman jadi humas sama logistik doang (humas gak berat amat, logistik berat sih tapi udah biasa). Yang OPK gue rada deg-degan dikit.

Selain itu, ada juga kelas 12 yang baru. Waw, tahun ini gue udah kelas 12. Tahun terakhir di Taruna Bakti setelah 3 tahun (walau gak sedramatis temen-temen gue yang di TB nya dari TK, 14 tahun bo). Gue sendiri masuk 12-8 alias IPS-2. Pertama liat pengumuman kelas (waktu itu gue lagi latihan buat OPK), gue rada kecewa, orang-orang yang gue butuhkan buat undangan SBM (buat ngebantu maksudnya) kayak Nadyra, Mataya, Hasna atau Jul atau Rasiq gak sekelas sama gue alias mereka ada di 12-7. Yah, setidaknya di 12-8 ini ada Gazza, dan kayaknya gue bisa nyabet 3 besar, saingan yang gue liat berat sejauh ini ada Shanaya sama Dea, atau Nadine.

Awalnya gue ngebet banget pengen pindah kelas, gue ngajak banyak orang buat tukeran kelas dari Ocan sampe Mumtaz. Dan sumpah rumit bener gue gak ngerti... Tapi setelah gagal tukeran sama Ocan, akhirnya gue berakhir di Rahmadi. Gue sama dia udah ngelengkapin syarat tukeran kelas (surat ortu) dan akhirnya konsultasi sama Bu Vita (guru BP) selama 1 jam, dan ujung-ujungnya gue gak diizinin tukeran karena suatu alasan yang masuk akal juga. Yasudahlah.

Tapi kejadian yang paling ntap OPK sih. Gak tau deh, setelah kelas 11 gagal kepilih jadi panitia MPLS (dan untungnya gak keterima juga, karena gue males marah atau dimarahin), akhirnya gue disuruh (iya, disuruh karena kurang orang) jadi panitia OPK tahun ini. Jadi ya gitulah intinya, 3 hari, ngurus dedeque-dedeque kelas 10, gue jadi kabim kelas X-8 sama si Ronal, walaupun ujungnya gue rada kecewa karena anak X-8 kayaknya terlalu serius gak kayak anak kelas lain. Gitulah, mungkin bakal ada post khusus OPK abis gue balik mudi ntar.
Quote of the month.
Dan gara-gara OPK sama sanlat, gue cuman bener-bener belajar itu hari Senin sampe jam 11 siang dan hari Jumat sampe jam 8 doang, sisanya gue bahkan gak masuk kelas sama sekali, full dispen. Tapi TB suka aneh-aneh, jadi ada abis balik mudik gue harus ngerjain beberapa tugas liburan... BTW, kelas 12 ini kayaknya udah banyak temen gue yang nyari bimbel buat SBMPTN sama UN. Sementara gue disini gak tau mau ngapain waktu masuk ntar. Sungguh visioner.

Selain itu, di dunia sepak bola juga banyak transfer gile. Yang keren sin Man United kata gue, Schweini sama Schniderlin sama Darmian (katanya lulusan akademi Milan nih) berhasil direkrut dengan jantan. Dan banyak lagi lah, termausk Turki yang klubnya edan-edanan gara-gara peraturan baru soal perekrutan pemain asing di Liga. Milan sendiri, ya gitulah. Dapet Luiz Adriano sama Bacca (Rodrigo Ely juga), tapi El Shaarawy pindah ke Monaco sama Lord Bonera & Lord Muntari dilepas gitu aja. Belum ada yang wow dari Milan, mungkin sampe dapet Ibra lagi.

Soal dunia perjerseyan, wah gile. Banyak banget yang gue mau akhir-akhir ini. Para seller banyak yang lagi pada obral, dan makanya gue mulai naik tingkat ke jersey yang lebih mahal, sekitar 400-600rban, dan jelas inceran gue techfit yang LS (lengan panjang) atau jersey yang ada namanya, dan ori yang jelas. Walau gitu gue bakal belinya abis lebaran aja biar gak buru-buru.

*********

Dah ah, cape, gue gak tau mau nulis apa lagi. Udah mau jam 12, besok saur terakhir, dan gue belom beresin apa-apa buat mudik besok. Sebagai penutup post ini :

Taqobbal Allahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin, selamat Lebaran. Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar