Hari Pertama Padahal Bukan

Juli 27, 2015

Setelah sebelum lebaran sempet masuk sekolah selama seminggu dan gak belajar sama sekali di kelas gara-gara kebanyakan ngurusin OPK (MPLS-nya anak pramuka) sama sanlat, akhirnya hari ini gue bisa bener-bener belajar di kelas secara full, tanpa dispen. Gak tau tah nanti besok-besok gue dispen apa nggak, karena acara Runtastic di sekolah gue bakal diadain hari Sabtu besok. Dan sebagai skuad #LogistikDiHati, gue kemungkinan bakal dispen beberapa hari menjelang acara, palingan hari Kamis atau Jumat juga udah ngacir-ngacir unyu lagi dan bisa ditemuin sambil bawa meteran atau bawa bambu macem orang lupa diri.

Yap, hari pertama sekolah setelah Lebaran, buat beberapa sekolah negeri ini jadi hari pertama sekolah, walau bukan buat TB #Hipster4lyfe. Hari ini juga jadi hari resmi dimana Ibu dan Bapak gue jadi orangtua yang anaknya udah SMA semua. Ya, pagi tadi adek gue resmi jadi anak SMA setelah sekitar 3 bulan gak sekolah. Dia keterima di SMA 8 secara hoki karena rumah gue deket sama SMA 8 (jadi katanya yang rumahnya deket diprioritaskan, what a luck).

Dan yang lebih hokinya lagi, dulu waktu mau daftar adek gue sempet mau ke SMA 5, tapi waktu udah sampe sana adek sama Ibu gue gak tau ruang pendaftarannya dimana, gak ada petunjuk jelas katanya. Dari situlah adek gue jadi males dan mau ke SMA 8 aja yang emang udah jadi impiannya sejak dahulu kala (dan untungnya dia gak mau se-SMA lagi sama gue, Subhanallah ya habibi). Di SMA 8 dia dikasitau secara jelas dan mantap sama mas-mas atau mba-mba yang ngurusin pendaftarannya, beda sama di SMA 5. Terus gitu deh daftar, dan keterima, dan sekarang adek gue bakalan sekolah di SMA 8 yang lingkungan sekolahnya kayaknya udah bisa bikin kecamatan sendiri, lengkap dengan gedung serba guna yang bisa dipake buat nobar opera sabun setiap Sabtu malam.

Kalo aja waktu di SMA 5 adek dan Ibu gue secara ajaib nemuin tempat pendaftarannya (gak ngerti sih gue juga kenapa bisa gak nemu tempat pendaftaran, gue curiga Ibu dan adek gue bukan dateng ke SMA 5 tapi dateng ke tempat penitipan hewan setempat) pasti adek gue sekarang udah ada di SMA 11 (pilihan kedua katanya, walau gue yakin adek gue bakal lebih milih dimasukin ke TB sekalian), bukan ke SMA 5 karena dia gak keterima, apalagi rumah gue gak masuk wilayah SMA 5 dan sekitarnya.

Jadi gitulah sekarang, adek gue ada di SMA 8, ngadepin MOS yang gue benci banget, yang biasanya gak ngenalin lingkungan sekolah sama sekali. Yah, dan sebelum ini juga, gue udah dengerin cerita adek gue tentang asoynya jadi anak kelas 10 di beberapa SMA negeri, terutama yang urusannya sama kakak kelas. Mulai dari dilabrak (gatau diapain sama kakak kelas, mungkin ditawarin wifi) sampe gak boleh jajan di kantin selama 3 bulan pertama. Malah kalo di TB mah kakak kelas sangat ngebolehin adek kelas jajan di kantin SMA karena kakak kelas nya juga banyak yang jomblo :((

Dan menurut gue lucu juga kalo seandainya di TB ada labrak-labrakan sampah kayak gitu, gak kebayang suatu hari si Nadyra ngedatengin adek kelas dan teriak-teriak dengan logat Tiongkok-Sunan Bonangnya sambil ngomong “Maneh ya berani-beraninya ngerebut jatah sereal Kelpo aing di kantin, padahal kan aing….” abis itu dia diem sebentar terus ketawa-ketawa sendiri sambil bilang “Hahahaha gajadi deng sori, muka maneh kayak peternak mbe gunung hahaha lawak”.

Kelpo, dengan salah satu hadiah penting di dalamnya.
Balik lagi ke adek gue, dia tadi malem udah dapet bocoran dari temen-temen seangkatannya di SMA 8 (waw gile ketemuan aja belom udah ada grupnya aja) tentang apa aja yang harus dilakuin selama MOS kayak ngapalin lagu yang teuing eta naon :(( Yang sabar aja.

Kembali lagi ke awal, hari ini adalah hari pertama gue full belajar setelah sebelumnya full dispen selama Semingguen. Jadwal pelajaran udah ada, buku udah siap, dandan udah sampe tahap lucu-lucu basah dan gue pun siap sekolah. Buat kelasnya sendiri, gue belum tau apakah gue jadi pindah ke kelas sebelah apa ngga macem Echa sama Rezy, walaupun kemungkinan besar sih ngga, yaudah gue cuman bisa ikhlas aja, setidaknya ada Gazza yang bisa gue jailin tiap hari lagi selama kurang lebih 9 bulan ke depan.

Pas baru sampe sekolah, gue nemuin di lobi lantai 1 udah banyak dedeque-dedeque emesh kelas 10 yang ngegerombol gak tau ngapain, mungkin karena belum ada info kelas resmi buat mereka. Kebanyakan dari mereka udah pada pake seragam SMA yang masih putih bersih, beda sama seragam anak kelas 11-12 yang udah pada kumel kayak muka gue sebelum sesi cukur kumis kemaren malem, tapi ada juga dedeque kelas 10 yang masih pake baju SMPnya masing-masing, entah belum beli seragam SMA atau seragamnya dimakan kura-kura.

Sebelum belajar, semua siswa SMA disuruh ke aula lantai 2 dulu buat upacara. Semua itu artinya ‘semua’, alias kelas 10-11-12 ditempatin di aula lantai 2. Buat upacara (atau yang gue pikir itu upacara pada awalnya), pikiran pertama dan kedua gue adalah “What, srsly?” dan “Ebuset penuh bener, curiga kelas gue upacaranya diluar saking penuhnya disini”. Setelah beberapa lama nunggu pada masuk aula dan sesi pembarisan siswa yang kacau balau (apalagi kelas 12 pastinya), semua siswa disuruh duduk, abis itu Bu Molly sama Pak Hikmat ngomong sesuatu di depan yang gak kedengeran sama kita, atau emang kitanya aja gak mau dengerin… Tapi gue yakin kelas 10 di ujung sana pasti lagi duduk-duduk emesh sambil dengerin secara seksama, siapa tau itu bisa menyelamatkan kehidupan mereka selama 3 tahun ke depan di sekolah ini. Apalagi kelas 10 masih parade bawa tas (karena belum tau mereka masuk kelas mana), bisa-bisa mereka nulis apa yang Bu Molly sama Pak Hikmat omongin di depan, terus ditandatanganin supaya kayak nulis ceramah tarawih waktu jaman SD terus di-ttd-in sama DKM-nya.

Pada intinya, Bu Molly sama Pak Hikmat ngomong kalo momen kita duduk-duduk emesh ini adalah acara halal bihalal dimana semua siswa bakal salaman sama guru yang berjejer di depan. Dimulai dari barisan paling kiri yang artinya kelas gue (XII-8) bakal jadi yang pertama balik ke kelas. ONYESSS. Abis itu ya gitu, pada baris buat salaman walaupun seperti biasa ujung-ujungnya pada nyerobot. Tapi gue cukup hoki dapet yang rada.depan.dikit jadi bisa balik ke kelasnya juga cepet. Walaupun dalam hati gue pengen salam-salaman sama semua siswa juga macem anak SMPTB, HEHEHE nggak deng, tapi iya.

NYESS. BTW kok mirip Reyza ya...
Jadi ya begitu, balik lagi ke kelas. Kelas baru pastinya, walaupun IPS mah cuman 2 kelas jadi orangnya masih itu-itu aja gak banyak berubah. Pelajaran pertama sejarah, gak tau sejarah apa (peminatan apa wajib) jadi gue gak bawa buku paket sejarah, dan gak tau juga gurunya siapa (masih simpang siur antara Pak Dadi atau Bu Santi, walaupun gue pengennya Bu Hana lagi). Beberapa lama nunggu sambil ngerjain tugas liburan matematika sama sejarah (ya benar, namanya juga Taruna Bakti), gurunya belom juga dateng. Bel jam pelajaran pertama udah syahdu berbunyi (jam 7.30), tapi guru sejarah belom juga dateng.

Ah iya, waktu gue ngerjain tugas itu, pintu kelas gue kebuka. Nah, entah kenapa ada beberapa anak kelas 10 yang masih pake seragam SMPnya masing-masing malah ngegerombol di depan kelas gue, gak banyak sih paling 5-10an, kayaknya mau ke BP yang emang ada di depan kelas gue. Gue duduk di meja depan, dan gue liat anak kelas 10 dengan seragam SMP di depan kelas gue, dan seketika pun gue merasa “Wanjrit gue tua banget udah kelas 12 lagi aja…” Ya entah kenapa, aneh emang. Tapi gue ngerasa aneh waktu anak kelas 10 diem di depan kelas gue, padahal waktu OPK gue ngurusin kelas 10 gue ngerasa biasa aja, gak ngerasa udah tua buat ukuran anak SMA. Yah, mungkin karena gue lagi ada di kelas, yang di depan kelas gue udah ada tanda “Kelas XII-8”, pas OPK kan gue cukup yakin cuman beberapa dedeque kelas 10 yang tau kalo gue ini kelas 12, atau mungkin aja mereka malah nganggep gue udah sebagai sepuh disini yang dilahirin tahun 1819 dan udah berteman dengan 27an generasi kucing ras Bandung Tengah yang terkenal liar karena hobinya makan rumput. Hehe ngga deng, gak lucu yah.

Mungkin pikiran ini didasari dari anggapan gue sendiri waktu juga masih jadi anak baru di suatu sekolah. Gue dulu (waktu masih jadi anak baru alias kelas 7 dan 10) kalo lewat lorong kelas 9 waktu SMP dan kelas 12 waktu SMA suka ngerasa “Edan euy, ngelewatin lorong para sepuh sekolah, mungkin mereka udah tau jutsu (iya, jutsu) andalan supaya dapet nilai 90 di ulangan kimia padahal malemnya mereka malah belajar pengobatan tradisional India” Padahal aslinya gue ini lebih muda 1 tahun dari umur rata-rata angkatan gue, dimana rata-rata angkatan gue itu lahirnya tahun 1998 sementara gue lahir tahun 1999 walaupun kayaknya banyak yang percaya kalo sebenernya gue udah hidup sejak jaman rumput liar pertama ada di bumi, itu loh yang bisa bergoyang itu.

Beberapa menit setelah bel jam pelajaran pertama, Pak Hamka masuk ke kelas gue. Bukan artinya Pak Hamka adalah guru sejarah (aslinya guru PKN), tapi karena Pak Hamka adalah wali kelas gue sekarang, setelah 2 tahun berturut-turut sama Pak Yandi mulu. Pak Hamka ngenalin diri sebagai wali kelas dan ngomong beberapa kata serius buat kelas 12 ini. Pak Hamka hari ini ada di kelas gue buat ngebagiin buku siswa (setelah tiba-tiba hilang secara misterius sejak sekitar 4 bulan awal kelas 10 sampe sekarang) yang isinya macem-macem aturan dan blablabla soal SMA Taruna Bakti, gitulah asoy.

Tapi sebelum itu Pak Hamka bakal bikin organigram kelas XII-8 ini mulai dari KM Wakilnya Sekretaris Bendahara sama seksi perlengkapan, da nada juga seksi kebersihan yang gue gak tau bakal ngapain. Pemilihan KM dan Wakil dilakukan secara voting, dan kandidatnya adalah Bintang, Satria, Shafa sama Yasmin. Bintang secara beringas berhasil ngumpulin 12 suara yang ngebuat dia resmi jadi KM kelas gue yang baru (iya Bintang, yang pindahan dari Selandia Baru itu), disusul sama Shafa yang ngumpulin 9 suara yang jadiin dia Wakil KM, terus Yasmin dengan 1 suara (si Bagoes doang yang milih) dan dia pun jadi bendahara, dan Satria gak ada yang milih wkwkkw (orangnya aja gak masuk kok tadi…) jadi aja dia ngejabat dari seksi perlengkapan yang tugasnya motokopi atau semacam itulah. Sementara sekretaris jadi milik Bagoes dan seksi kebersihan diembat sama Mojo walau awalnya dia sempet nolak.

Abis itu buku siswa dibagiin dan Pak Hamka ngasitau lagi beberapa aturan sekolah, terutama tentang kelulusan karena aturan lain gue yakin pasti udah pada tau kelas 12 mah. Setelah blabla, Pak Hamka pun pamit tepat saat bel jam pelajaran kedua (jam 8.15) bunyi dan artinya sekarang adalah jadwal IPS buat olahraga di GOR Suci. Karena udah kelas 12, jadi kita rada seenak jidat buat nentuin mau olahraga apa sekarang (hehehe), dan seperti biasa anak cowok mah gak akan lepas dari pilihan futsal atau sepak bola di lapang gede. Tapi karena yang ikutan dikit (yang gak pake seragam OR gak boleh ikutan kata Pak Diki, dan banyak yang gak pake) jadi kita main futsal aja. Setelah suit blabla, main futsal pun dimulai.

Karena orangnya masih itu-itu juga, jadi main futsalnya juga masih sama-sama riweuh (kacau)-nya kayak tahun lalu. Banyak lawaknya tapi asik. Dimana tim gue menang fantastis dengan skor 8-2 (atau lebih malah, gak ada yang ngitung skor, dan gak ada yang peduli juga) setelah Atya Rasiq Kresna Egi sama Patrick ngebobol gawang Mumtaz beberapa kali, termasuk gol ‘lawak tapi mematikan’-nya Rasiq, own goal Bintang dan pinalti gara-gara bolanya kena tangan Jul.

Gawang tim tim gue sendiri cuman kebobolan 2 sama Adam atau Alvi gue lupa dan 1 gol lagi terjadi gara-gara si Kicim (kiper tim gue) secara lawak gagal nangkep bola lemparan Mumtaz dengan sempurna. Untung Cuma kebobolan 2, karena gatau udah berapa kali si Kicim maju ke gawang musuh secara Spartan walau gagal golin, beberapa kali gue dan Rasiq berhasil nahan bola waktu gawangnya kosong. Mantap inang lah. Abis main futsalnya selesai kita ganti baju terus ya gitu balik lagi ke sekolah.

Abis ini pelajaran ekonomi sama Bu Neni, tapi keselang istirahat pertama dulu waktu gue sampe sekolah. Karena males ngerjain tugas matematiknya yag bejibun itu, gue akhirnya ikut si Rasiq aja ke bawah buat jajan, setelah sebelumnya nemenin Dafa sama Kresna nyari anak kelas 10 yang udah beli tiket runtastic ke mereka. Di sini si Kresna sempet sedih karena 2 kali usahanya buat nawarin tiket berujung gagal. Yang pertama gak diwaro (didiemin aja, si anak kelas 10 nya malah nengok ke tempat sampah) dan yang 1 lagi gue sempet liat si anak kelas 10nya masang muka “Om plis jangan Om saya masih SMA” waktu ditawarin tiket runtastic sama si Kresna, lawak ekspresinya x)) Gue dan Rasiq pun ngacir ke bawah setelah Dafa sama Kresna nemu dedeque kelas 10 yang beli tiket di mereka. Ya gitu aja sih, beli minum doang abis itu ke atas lagi.

Ya, ekonomi, sama Bu Neni bukan Pak Yandi. Belum apa-apa Bu Neni udah bilang “Harusnya ya hari ini teh kalian ulangan tau”, LAH BARU JUGA MASUK BU. Bu Neni beralasan kalo 2x pertemuan selama masuk sebelum Lebaran itu harusnya cukup buat 1 materi dan ulangan hari ini. Tapi karena waktu itu cuman dikit doang yang dateng (sisanya dispen) jadi aja ulangan diundura jadi Senin depan dan hari ini dipake buat ngerjain latihan beberapa soal. Yah gitulah, udah gak sama Pak Yandi lagi guru ekonominya, sekarang ini sama Bu Neni yang kayaknya bakal lebih sering bahas materi daripada bahas lain-lain kayak yang sering Pak Yandi lakukan di kelas waktu kelas 10-11 kemaren. Gitulah.

Dan gue rada gagal fokus waktu ngerjain latihan soalnya, gara-gara gue ngantuk parah. Ya wajar abis main futsal dan setelahnya gue disuruh belajar ekonomi, dan hal ini akan terjadi setiap hari Senin selama kurang lebih 9 bulan ke depan, shide. Gue suka ngantuk parah dan gagal fokus kalo abis pelajaran OR, makanya gue berharap pelajaran OR anak IPS itu jam pelajaran 7-8 alias menjelang pulang supaya abis OR cuman belajar bentar (gak yakin fokus itu juga) abis itu pulang. Tapi sayang kenyataannya adalah anak IPS kelas 12 tahun ini OR di jam 3-4 alias waktu masih jam 8 pagi dan abis itu masih ada pelajaran ekonomi sama matematika menghadang di depan. Gile dah.

Walaupun aslinya pengen banget tidur, tapi gue tetep berhasil ngerjain semua soal dan ngumpulin di awal-awal, mungkin karena gue lagi ngantuk jadi nulisnya disingkat-singkat biar cepet kelar. Dan ah iya, disini gue amsiong parah setelah buku paket ekonomi gue entah hilang kemana tanpa jejak, makin susah dicari bukunya karena gue belum apa-apain tuh buku, dinamain aja belom, dibuka aja belom, kemaren malem langsung masukin tas aja. Dan ternyata langsung ilang di hari pertama sekolah… Gue bahkan belum sempet nyium wangi mematikan buku pelajaran yang masih baru itu. Dan gue liat ternyata harga buku paket ekonomi itu 62rb, buset…

Makanya gue disini ngimbau buat siapapun anak XII-8 atau XII-7 atau siapapun yang ke kelas gue dan dateng ke meja gue dan ngambil buku ekonomi gue secara random, dimohon dibalikin, plis pisan ieumah demi masa depan (naonlah, tapi beneran). Gue gak nuduh siapapun (iyalah bukunya belom juga dinamain atau ditambah aksesorin lain) tapi gue berharap seseorang baca blog ini dan menyadari kalo di tasnya ada 2 buku paket ekonomi kelas 12, kemungkinan besar itu buku gue. Dimohon dengan sangat. Gue gak mau jual diri dulu buat beli lagi tuh buku. Terima kasih.

Ekonomi pun udahan dengan hasil kerjaan gue yang jawabannya diperpendek, tapi matematika udah nunggu abis ini. Shide, gue bahkan gak tau apakah gue masih bisa mempertahankan tubuh gue selama 45 menit ke depan (sampe istirahat kedua doang abis itu lanjut lagi). Pak Eka pun masuk kelas, dan mulai pelajaran, tentang matriks, yang sebenernya udah dipelajari waktu kelas 11 kemaren, tapi gue cuman inget sedikit, dan gue pun ngerjain pr 20 soalnya dengan cara 'liat proses dari temen', itu pun cuman berhasil ngerjain 7 soal doang...

Tapi secara fantastis, gue berhasil ngerti apa yang diajarin tadi siang. Ngerti ya artinya ngerti, beneran ngerti. Jarang-jarang gue bisa ngerti (dan semangat) waktu guru matematika ngajar di kelas. Mungkin karena pernah dipelajari. Dan ajaibnya juga gue udah lupa bahwa 5 menit sebelum ini gue sempet ngantuk parah dan gak yakin bisa utuh sampe akhir. Tapi waw, gile bro, waktu Pak Eka bilang "Nanti abis istirahat kita kuis ya" aja gue sempet semangat, mikir "Eh anjir gampang pisan, bisa lah kuis 100 ini mah". Beneran. Gak tau kenapa. Mungkin Tuhan lagi pengen gue jago ngitung walau cuman sekali doang.

Istirahat pun mulai seperti biasa. Abis Shalat, gue Jul sama Ozi (Rahmadi juga ternyata) naik ke lantai 5 yang ternyata udah ada kantinnya dan lift ke lantai 5 udah bisa lagi, walau perpustakaan belom guna. Disitu juga gak ngapa-ngapain sih. Beli kagak, duduk cuman bentar, dan sisanya paling nyomblangin Ozi sama adek kelas (bukan kelas 10 tapi) walau berakhir dengan si Jul yang dicie-ciein sama temen-temen.adek.kelas.inceran.ozi.itu. Abis itu ya balik lagi ke kelas :(

Pak Eka lagi, sebelum kuis kita ngebahas 2 soal yang udah dikasih sebelum istirahat, dan abis itu dikasih 1 materi lagi lalu 2 soal lagi yang cara ngerjainnya bisa bikin muampus buat anak IPS macem gue yang kemampuan ngitungnya kalah sama kalkulator 15rban. Sebenernya gampang sih (beneran), gue ngerti caranya gimana, tapi da ngerjainnya panjang :( Kudu teliti lagi. Dan masalah matematika gue sejak SD sejak sekarang adalah kurang teliti alias ceroboh.

Soal nomor 1 ada 3 jawaban, yang pertama aja udah Subhanallah bikin pengen ganti kepribadian aja (HEHEHE ngga deng boong). Jawaban pertama gue adalah 20 / 14, jawaban kedua lagi dicari dan jawaban ketiga boro-boro. Waktu gue ngasih liat jawaban ke Pak Eka, dia dengan santainya bilang "Salah itu, semua jawabannya 1, yang X itu 1, Y itu 1 sama Z juga 1". Gue yang udah ngitung segile itu pun langsung masang ekspresi :

Abis ngerjain soal itu, tbh gue langsung sakit kepala seperti biasa. Gue kayaknya belum terlalu terbiasa ngitung serumit ini (gak rumit sih cuman panjang aja) semenjak masuk IPS, jadi waktu dikasih ginian langsung sakit kepala, aku lelaki lemah. Dan sialnya, sakit kepala ini bertahan sampe pulang sekolah, sampe rapat logistik, sampe gue pulang ke rumah, dan sampe jam 8 malem baru ilang, itupun setelah gue minum Param*ex waktu jam 6 sorenya.

Karena kelamaan bahas soal yang jawabannya salam semua itu, akhirnya kuis pun gak jadi karena waktunya gak sempet. Pak Eka pun pamit abis bel bunyi, dan Pak Hikmat masuk di jam tanggung alias tinggal 1 jam pelajaran lagi abis itu pulang. Pak Hikmat juga ngajar waktu banyak siswa yang dispen (apalagi kelas gue cuman 28 orang), makin gadag saja. Makanya 45 menit terakhir itu pun dihabiskan dengan ngobrol soal materi aja, intinya mah tentang perbedaan jaman dulu dan jaman sekarang. Setelah blablabla, akhirnya pulang, dan gue masih harus rapat logistik, dengan kondisi sakit kepala parah.

Walau sakit kepala parah, gue masih bertahan sampe akhir rapat logistik berkat tiduran empuk-empuk emesh di pahanya Jul dan Reyza dan juga tasnya si Arvin. Rada jomblo emang, tapi lumayan pusing gue berkurang setidaknya selama disana doang, abis itu mah pusing lagi. Abis rapat itu pun gue pengen langsung balik, gak mau kemana-mana lagi walau ada urusan di Soekarno-Hatta dan harusnya bantu anak logistik lain bawa barang ke lantai 4. Setelah diem gadag bentar, gue pun balik, bareng Rasiq lagi yang belum dibolehin pake motor ke sekolah, dan ngobrolin mantan Rasiq lagi, seperti biasa. Namanya juga jomblo.

Dan hari itu berakhir dengan gue yang langsung nempel ke kasur sejak pulang sekolah sampe Maghrib, makan bentar abis itu duduk-duduk gadag, nungguin sampe pusing gue ilang, yang Alhamdulillah ilang jam 8an. Waktu udah gak pusing itu gue sempet pengen ngerjain tugas PKN, ngerjain esai 4 paragraf tentang HAM. Tapi karena gue suka lupa diri, jadi aja gue ngerjain post ini dulu, yang ternyata baru beres jam 1 malem, gue ngantuk, dan tugas PKN pun jadinya bakal gue kerjain besok di sekolah, untung PKN jadwalnya di 2 jam terakhir.

Dan gue ingatkan sekali lagi, buat yang nemuin buku ekonomi kelas 12 yang masih tanpa nama dan gak tau punya siapa, kemungkinan besar itu punya gue dan dimohon niat baiknya untuk ngebalikin buku itu ke gue, kelas XII-8, bilang aja punya Haykal yang suka ngusilin Gazza. Makasih.

Udah ah, lelah.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar