Persib Juara Deui !!

Oktober 18, 2015

Sekarang ini, gue lagi duduk di depan sofa rumah gue sambil mangku laptop juga nonton tv dan nulis post ini. Sendirian di rumah, karena keluarga gue lagi ada acara di Bogor sono (gue tadinya mau ikut tapi cape kemaren abis pensi sekolah). Acara yang gue tonton apalagi kalo bukan Final Piala Presiden 2015, Persib lawan Sriwijaya. Sekitar 15 menit lagi sebelum kick-off di Stadion GBK sana.

Dari pengumuman venue finalnya sekitaran Senin kemaren, gue sebenernya pengen nonton nih final di Jakarta, di Gelora Bung Karno, walaupun dengan candaan keras "Halah kaburu paeh tiheula mun Bobotoh kaditu mah" (Halah keburu mati duluan kalo Bobotoh kesana mah). Gue juga mulai ngeliat paket nonton langsung ke GBK sama beberapa komunitas Bobotoh, dalem hati sih pengen ikut tapi pas liat harganya rada resah juga :(( Ditambah juga ternyata final-nya tanggal 18 Oktober hari ini, 1 hari setelah pensi sekolah gue dan biasanya kalo abis ada acara sekolah (jadi panitia kamsudnya) gue besoknya ringkih gak bisa apa-apa kayak kucing abis dimandiin.

Walhasil, saat ini gue cuman bisa nonton di rumah sendirian sambil nunggu keluarga gue dateng entah kapan (kabar terakhir mereka kena macet di Jembatan Pasupati sono). Tadi siang bardaks FG (Futsal Gablag) mau rencanain nobar di Cikapundung River Spot, sekitaran Alun-Alun. Pengen ikut gue, tapi entah kenapa males lalu kelamaan mikir jadi aja jam 5 masih di rumah. Walaupun Alun-Alun gak terlalu jauh, kalo gue dateng ke nobar Final kayak gini jam 6an bisa-bisa gue nonton dari TV yang ada di HP mang-mang pisang aroma di sekitar sana :( Dan ujungnya juga cuman Arya, Rafi sama Farhan yang nobar disana (lalu Dicky bilang di sekolah juga ada nobar, kayaknya di setiap tempat di Jawa Barat bakal ada nobar walaupun itu antar-RT doang, di deket rumah gue juga ada nobar paling nanti gue kesono kalo bosen di rumah).

Tadi pagi juga jam 9an, gue mau ke sekolah dari GOR Suci, ambil motor yang gak boleh disimpen di GOR selama pensi Sabtu kemaren. Karena gak ada angkot yang bisa langsung dari GOR ke sekolah (atau gue-nya aja yang gak tau kali ya), akhirnya gue sama Rafi jalan dikit dari GOR sampe depan Pusdai, lalu naik angkot di sana sampe sekolah. Di Jalan Pusdai sama Supratman (yang masih di depan Pusdai juga) udah ada banyak bis yang bakal ngangkut Bobotoh ke GBK sono. Banyak banget, mungkin ada 20an atau lebih malah. Semua pake atribut Persib, semua nunggu jadwal berangkat di depan Pusdai, semuanya mau nonton Persib lawan Sriwijaya di GBK. Dan gue hanya bisa bilang "Punten a'" waktu mau lewat depan Mas-Mas yang lagi kumpul sambil bergumam dalam hati "Bawalah serta daku dalam bis Bang, biarpun itu diiket di bagian atas sekalipun :(" Hayang nonton ka GBK euy asli ieumah.

**********

Tadi waktu gue nyalain TV, di Indo*siar (yang nyiarin nih Final) lagi segmen wawancara sama 2 orang siapapun.itu.pelaksana.PialaPresiden. Salah 1 mas-mas yang di wawancaranya bilang "Hari ini kita lihat perdamaian, sportivitas dan hiburan untuk seluruh lapisan masyarakat di Indonesia". Setuju sih gue mah, karena :

GBK BROOOOOO !!

Kapan lagi sih di Indonesia ada turnamen kayak FA Cup di Inggris sono, yang finalnya di stadium nasional (dalam hal ini di Wembley Stadium buat FA Cup) tanpa ada intervensi bardaks London kalo tim non-London masuk final FA Cup (kayak beberapa waktu lalu, The Jak sempet rusuh dulu tapi abis itu Alhamdulillah aman). Gue apresiasi bardaks Jakarta yang ngebuat GBK bisa diisi sama Bobotoh karena ya jarang-jarang Bobotoh sama The Jak bisa damai, apalagi sampe Bobotoh bisa nonton di Jakarta *moga Bobotoh pulangnya juga selamat*.

Mantap juga waktu di Indonesia sekarang ini suporter sepak bola antar-klub udah mulai nyontoh suporter Eropa (walaupun musuh-musuhan masih ada tapi gak terlalu sering anarkisnya kayak disini). Olahraga harusnya bisa jadi pemersatu, bukannya pemisah. Gue jadi inget waktu Maradona ke Nigeria entah tahun berapa. Katanya waktu itu di Nigeria lagi perang sodara. Pas Maradona datang, pihak yang perang itu buat kesepakatan gencatan senjata waktu Maradona ke Nigeria. Keren kan. Juga cerita tentang asiknya mas-mas tahun 60an yang main bola bareng dulu waktu malemnya terus siangnya bunuh-bunuhan atas nama perang. Keliatan aneh sih, tapi nyata.

Kalo level timnas sih udah bener, liat aja pas timnas main semua orang Indonesia bisa bareng-bareng nonton dimanapun tanpa peduli amat dia pendukung Persib Persija atau PPSM Magelang. Kalo antar-klub sayangnya masih suka ribut gak kayak olahraga lain di Indonesia macem badminton atau basket. Sayang suporter antar-klub masih suka ribut sendiri, di saat pemain yang didukung mati-matian itu malah lagi main PS bareng sama rivalnya di lapangan.

Begitulah.

**********

10 menit lagi pertandingan beres, Persib udah unggul 2-0 lewat Jufrianto sama Konate di babak 1 tadi. Final kali ini keras kurang "final", terlalu lambat. Gue kira di awal pertandingan pemainnya santai gara-gara grogi, eh ternyata sampe sekarang masih lambat :( Kalo Persib lawan Arema kayaknya seru tapi males juga tegang-tegangan dan banyak berdoa "Ya Allah semoga Persib menang lah plis pisan ieumah". Pertandingan ini rada menarik karena beberapa pemain Persib pake jersey LS (Long sleeve alias lengan panjang, sebelumnya gak ada pemain yang pake jersey LS musim ini).

Dari menit 50an, Bobotoh pada nyanyi lagu "I believe I can fly" yang di-aransemen yang liriknya gak terlalu jelas kedengeran dari TV. Gue yakin sekarang penonton yang bayar mahal buat dateng ke GBK ngerasa worth it ngeluarin duit buat 18 Oktober ini.

**********

Alhamdulillah Persib juara Piala Presiden 2015 ini, di GBK lagi. Asik banget nih Persib juara Piala Presiden berarti bisa bawa pulang Jokowi. Hehe naon.

Ada kembang api di sekitar rumah gue. Dan ada yang pawai pake motor, dikira keren.

Gue jadi inget waktu lagi nonton pipinaltian Persib vs Persipura di Final ISL 7 November lalu. Gue duduk di kursi rumah gue nonton Persib, Ayah gue tidur, Ibu gue nonton di dapur dan adek gue lagi ngerjain tugas ngegambar. Gue deg-degan banget nonton pipinaltian itu, bahkan volume TV gue kecilin biar gak tegang amat. Gue berdoa semoga Persib menang malem itu. Dan waktu tendangan Nelson Alom ketahan sama Made Wirawan, gue mulai lega dan naikin volume dikit *hehe lebay yha*, dan waktu tendangan Jufrianto masuk, gue lega. Persib juara liga brooo. Gue yakin kalo gue nonton langsung di Palembang dulu (finalnya kan disono), gue nangis deh kayaknya. Gue liat video Manchester City juara di menit akhir (pertandingan terakhir Man. City musim 11-12 lawan QPR) aja mata gue berkaca-kaca, bukan gara-gara golnya tapi gara-gara teriakan bahagia suporternya pas Aguero ngegolin di detik akhir.

Dan video yang gue maksud ternyata udah di blokir FA (PSSI-nya Inggris) atas dasar hak cipta. Ah well...

Gagal fokus.

Gue jadi inget waktu upacara Senin pagi abis Persib juara ISL bulan November kemaren. Di upacara itu lagu wajibnya "Halo-Halo Bandung" dan karena beberapa hari sebelumnya Persib baru juara ISL, jadi aja cowok-cowok berulah dengan ganti lirik "Sekarang, telah menjadi lautan api" jadi "SEKARANG, TELAH MENJADI LAUTAN BIRU" gue juga ikutan nyanyi gitu, hehehe *dikuliti*.

Dan gue juga jadi inget waktu iseng-iseng ikutan pawai perayaan juara ISL 2014 di Stadion Persib Jl. Ahmad Yani. Abis dari sekolah (bukan hari sekolah kayaknya gue lupa) gue lewat Stadion Persib aja kayak rute pulang biasa. Awalnya gak ada niatan ikutan sih, tapi karena keliatan rame dan jarang-jarang, jadi aja gue markirin motor gue disana dan nunggu sekitar 1 jam sampe bis Persib + Ridwan Kamil datang setelah pawai keliling kota. Gue sendiri ada di bagian pintu belakang bis Persib waktu para pemain turun dari bis dan mau ke mess (harusnya bisa lebih depan tapi gue gak gercep). Waktu di dalem mess + stadion juga harusnya gue ikutannya di lapangan, bukan di tribun penonton. Karena rombongan Persib ngangkat piala sambil bagi-bagi jersey sampe duit 100rban yang dilempar ke Bobotoh di lapangan (gue di tribun penonton huhuhu bad decision after all). Tapi setidaknya gue ikutan, gak tau kali ini bakal ikut lagi apa ngga.

********

BTW, ternyata tadi bukan 15 menit jarak dari gue nulis sampe kick off tapi 30 menit huft.

Sepanjang hari ini, gue liat banyak orang yang pake atribut Persib dimana-mana, entah mau ikut rombongan ke GBK, mau nobar atau mau gaya-gayaan doang. Mulai dari laki-laki perempuan mas-mas mba-mba sampe anak kecil banyak yang pake atribut persib (bahkan tadi gue liat di depan rumah gue ada anak kecil jalan sambil ngibarin bendera Persib, keras). Dan gue tadi liat lagi ternyata di sekitar rumah gue ada 2 layar tancep yang dipake buat nobar Persib, yang mantapnya 2 layar tancep itu jaraknya cuman 50 meteran.

Ngomongin soal sepak bola di Indonesia gak pernah abis dari masih jaman penjajahan sampe sekarang. Walau badminton udah bisa bawa pulang juara dunia berkali-kali, tetep aja sepak bola yang lebih populer. Walaupun jeleknya suporter masih ada yang terlalu fanatik dan malah jadi ekstrimis, tapi sisi positifnya ekonomi rakyat gerak dan semua orang terhibur, minimal bisa senyum waktu tim kebanggaannya menang walau HP nya baru aja ilang 24 jam yang lalu.

Dukungan orang Indonesia buat klub bola ada 2 macem, ada ke klub lokal dan klub Eropa (biasanya, walau ada juga yang dukung klub Amerika Selatan). Buat klub lokal biasanya tergantung regional dia tinggal dimana atau dia tumbuh di lingkungan pertemanan / keluarga yang dukung klub tertentu atau ada hubungan batin dia sama daerah asal klub tadi, kayak gue dan warga Jabar Banten lainnya yang kebanyakan dukung Persib. Kalo klub Eropa biasanya lebih ke sejarah dan permainan timnya, kayak gue yang dukung AC Milan karena mainnya bagus taun 2000an, walau sekarang rada mamprang.

Lucunya, buat yang dukung klub Eropa, biasanya keributan terjadi antara para pendukung klub sejarah ke pendukung klub yang lagi bagus beberapa tahun lalu. Kayak fans-nya West Ham atau Nottingham Forest *lawas gile* yang sering bilang kalo fans Man City di Indonesia semuanya itu karbitan (cuman seneng gara-gara mainnya bagus saat ini dan gak tau sejarahnya gimana). Makanya fans karbitan lebih akrab buat fans klub Eropa. Fans yang paling sering dijulukin fans karbitan adalah fans-nya Man City, Barcelona, Man United (agak heran juga sih gue inimah), Chelsea, PSG dkk.

Gue jadi inget ke salah 1 artikel yang pernah ditulis Pangeran Siahaan tahun 2013 lalu. Ngomongin fans karbitan di Indonesia. Dia berpendapat kalo pada dasarnya semua fans klub Eropa di Indonesia itu karbitan semua, karena hampir semua ngefans gara-gara mainnya bagus di suatu masa dan berharap juara, bukan karena dia punya hubungan batin sama daerah asal klub tadi. Dia juga nyontohin hal-hal konyol yang suka dilakukan orang Indonesia yang ngefans sama klub Eropa, macem ngaku-ngaku sebagai fans sejati klub tersebut dan ngaku sebagai warga daerah klub tadi.

Menurut Pange, gak ada yang namanya suporter sejati kecuali suporter yang berasal dari daerah klub tersebut. Kayak gini : walaupun elo ngaku sebagai fans sejati Barcelona, lu gak akan lebih sejati dari orang Catalan yang dukung Barcelona dan udah tinggal disana bertahun-tahun. Teori ini juga berlaku buat bule yang mungkin dukung klub Indonesia. Sengaku-ngakunya mereka fans sejati, gak akan mungkin mereka lebih sejati dari fans yang berasal dari daerah yang sama kayak klub tadi.

Emang ada orang Indonesia yang ngaku-ngaku fans sejati MK Dons? Kalo kagum sih iya (karena pemain akademinya bagus-bagus), tapi kayaknya gak ada deh yang bener-bener dukung MK Dons dari hati kayak fans dari daerah MK Dons sendiri, rata-rata pasti ngefans ke klub besar. Dan rada sulit diterima juga kalo ada bule yang sepenuh hati dukung Persiku Kudus, kecuali mungkin dia pernah maen disana bertahun-tahun.

Yaudah. Persib juara. Bobotoh mantap inang. Maaf kalo acak-acakan. Besok Senin. Jangan lupa sikat gigi sebelum tidur.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar