Bagaimana Kelas 12 Berjalan Sejauh Ini

Februari 21, 2016

Sekitar 41 hari lagi sebelum UN.

Hai, udah lama gak ketemu yah?

Terakhir gue nulis yang bener disini adalah 18 Oktober, sehari setelah MPK, sehari setelah HP gue dicolong orang di lorong ruang panitia GOR sekolah gue sendiri, beberapa menit setelah kick off Final Piala Presiden 2015 antara Persib vs Sriwijaya FC yang akhirnya dimenangin Persib, yang membuat klub kesayangan warga Jawa Barat itu meraih titel juara untuk yang kedua kalinya dalam 1 tahun terakhir setelah Juara ISL 2014 bulan November 2014 lalu. Waw, beruntungnya jadi Bobotoh di masa sekarang.

Dan gue kembali lagi beberapa saat setelah selesai nonton laga Persib vs Bali United di Bali Island Cup, dimana Bali United berhasil nahan imbang Persib 1-1. Peluang Rudiyana, Atep sama David Laly di 10 menit akhir harusnya bisa jadi gol. Kesel. Beneran. Keselnya gue pas Persib main ngaco kayaknya setara sama keselnya gue kalo lagi laper.

Halah, kayak yang main bolanya jago aja, Kal.

Hehehe.

Hai, udah mau lulus nih gue. Tapi gak tau deh, akhir-akhir ini gue sering ngerasa bosen sama kegiatan di sekolah. Yang kayaknya cuman gitu-gitu doang, tapi gapapalah, demi ITB.
Rangkuman kelas 12 akhir-akhir ini.

Gue nulis ini sambil dengerin lagu Resahnya Payung Teduh, yang selama kira-kira 3 bulan ke belakang gak pernah gue hapus dari playlist HP gue, barengan sama lagu Berdua Saja yang juga lagu Payung Teduh. Gak tau deh. Semenjak HP Acer gue dicolong 17 Oktober lalu, Adhitya Sofyan pelan-pelan ilang dari daftar lagu favorit gue, walau jelas lagu Blue Sky Collapse sama Immortal Mellow terkadang gue puter juga, tapi udah jarang, dibanding lagu Payung Teduh. Gitu deh. Remaja.

Besok gue ada UTS. Ngaco emang, angkatan gue yang udah ringkih gara-gara mau UN ini masih aja disuguhin UTS, padahal baru 1-2 Mingguan kemaren gue jalanin TO-4, yang Alhamdulillah nilainya naik dari TO-3. Walau naik, tapi tetep aja ekonomi gue masih dapet 6 dan matematika dapet 55 (tapi di laporan nilai gue dikasih 78 omg thx Paeka), jadi jelas masih banyak PR yang harus gue lakukan sebelum UN, tanggal 4 April ntar, dan SBMPTN yang katanya tanggal 31 Mei ntar. Biar bisa bener-bener fokus belajar buat itu semua, gue sampe harus ngehapusin banyak aplikasi di HP gue, mulai dari Twitter, Facebook, Instagram dan beberapa lainnya, Path menyusul bentar lagi. Gue cuman hapus aplikasinya, bukan akunnya, ntar abis UN juga gue donlot lagi kok. Ini karena selama ini gue rasa gue suka gagal fokus di sekolah gara-gara terlalu sibuk ngurusin jualan gue di Twitter sama Facebook (hey hey gue masih anak fesbuk loh). Dan akhirnya kemaren gue dengan berat hati ngehapus aplikasi itu semua, tentu dengan bilang dulu di Twitter sama fesbuk bahwa gue mau vakum sampe UN, gak lupa minta doa, gak tau tuh ada yang peduli apa kagak, bodo amat lah.

Ah iya, besok itu UTS matematika sama agama, kali ini soalnya 50 soal PG semua, khusus buat anak kelas 3 katanya. Sistem kelasnya masih sama kayak semester 1 lalu, digabungin sama kelas 10. Gue kebagian sama X-8, yang sialnya di kelas gue sendiri. Ya tapi gapapalah, seenggaknya deket kalo ke loker, hehehe.

Entah kenapa, pertama kalinya les di rumah tadi gue gak pengen cepet-cepet udahan, padahal tadi les udah 4 jam loh, dari jam 2 sampe jam 6. Biasanya gue males-malesan kalo les matematika di rumah, sama guru yang udah ngelesin gue dari kelas 9 dan gue anggep berjasa atas kehadiran gue di SMATB sekarang ini (halah naon wkwkkw, tapi beneran loh gara-gara beliau gue bisa ngerjain test matematika Tarbak tanpa ngitung dulu, saking udah seringnya ngerjain soal tipe begituan jadi gue liat soalnya doang langsung tau jawabannya). Sejak gue kelas 3, jumlah pertemuan gue sama dia masih bisa diitung pake jari saking jarangnya, malah sekarang dia sering ngelesin adek gue, yang kadang bawa temennya. Adek gue emang otak IPA nya lebih jalan daripada gue, keliatan kalo les dia sering nanya-nanya yang rumit blablabla, beda sama gue yang biasanya diem aja dan manggut-manggut "Ohh iya iya ngerti kok", kadang ngerti beneran kadang kagak itu juga. Hehe.

Tapi untung kali ini, gue ngerti apa yang diajarin. Tadi gue ngebahas Try Out 3 dari buku Detik-Detik, yang sampulnya ngeselin itu. Les 4 jam itu gue lahap habis 40 soal disono. Sebenernya bisa lebih banyak lagi (yaiyalah gila 4 jam), tapi sayang kemampuan gue yang lambat ngerti matematika ngebuat 40 soal dirasa cukup buat hari ini, untungnya pas lesnya udahan ada Persib yang baru main, jadi gue gak sakit kepala amat mikirin soal yang njelimet itu.

UTS Agama sendiri, gak tau deh. Beneran. Bu Iis nginstruksiin kami kelas 12 buat belajar dari soal TO-3. Ya, udah, mau gimana lagi. Di kelas juga udah kayak no lyfe abis selesai test praktek Shalat Jenazah. Jumat kemaren aja jadwal pelajaran Agama malah dipake nonton film Orphan, yang, gak lagi deh gue nonton itu buat yang kedua kalinya. Mendingan gue disuruh dengerin Mars Perindo sampai depresi daripada nonton ntu film lagi.

Huft, gak tau gue mau belajar kapan buat UTS besok. Diluar UTS, masih banyak tugas yang harus gue kerjain. Gak banyak sih, cuman 1 doang, tapi bisa bikin gila. Apalagi kalo bukan buat novel, yang deadline nya 1 Maret nanti. Sebenernya, gue enjoy sih buat novel ini, tapi deadlinenya gak asik. Kalo tugas ini dikasih tau dari bulan Januari sih, ya gapapa dikumpulin 1 Maret juga, lah tugas buat novel ini baru dikasih tau kira-kira tanggal 9 Februari kemaren, atau beberapa hari sebelumnya, dan langsung dikasitau harus dikumpulin 1 Maret.

Lah gilak.

Neil Gaiman aja belom tentu bisa.

Eh gak tau deng, bisa-bisa aja kayaknya dia mah.

Dee Lestari aja namatin seri Supernova nya belasan tahun, lah gimana nasib wong cilik macem gue yang bahkan blognya bisa diblokir gara-gara konten tidak baik untuk semua kalangan?

Entahlah, makanya akhir-akhir ini hampir semua anak di IPS ngebawa laptop ke sekolah tiap hari, saking mepetnya tugas ini. Termasuk gue, yang kalo ada kesempatan gue buka laptop dan ngetik-ngetik dikit mah, tapi emang kadang buntu itu juga sih. Beberapa anak udah ada yang novelnya sampe 50an halaman macam Ardita bahkan ada yang udah hampir 100 halaman macam Shafa sama Dea. Sakit jiwa. Temen-temen gue punya beragam ide di novel mereka. Ada cerita lesbian puunya Hasna sama Alif, ada cerita gay punya Bagoes, ada yang horror macam punya Gazza sama Nadine, ada yang thriller macam punya Sheila sama Rasiq, ada yang romansa macem punya Nadyra dan kebanyakan anak cewek lain, ada juga yang murni fiksi macem punya Satria. Keren deh pokoknya.

Gue sendiri, ya gitudeh. Kalo diliat dari semua tulisan di blog ini, mungkin elo bakal heran sama novel gue, kok bukan Haykal banget (halah kayak yang tau aja gue gimana). Ya, novel gue sengaja gak sesuai gaya tulisan gue selama ini, yang gak lucu dan gak jelas. Rada tabu juga sih novel gue, beberapa yang denger konsepnya sampe heran dan bahkan Lita yang gue pun ketakutan pas baca naskah awal novel gue jam 11 malem. Seserem itu kah? Gak tau, tapi jujur aja, ada bagian yang gak berani gue tulis malem-malem begini :( Aku cowok lemah. Sejauh ini, gue punya editor yang kontribusinya belum terlalu keliatan :( HEHE. Nadyra ya lumayan sih, kadang ngebantu ide tapi belum terlalu banyak ya karena dia juga sibuk sama cerita Musa dan Indi nya itu. Lita cuman ngebantuin benerin EYD di beberapa paragraf aja abis itu dia sakit-sakitan. Berguna.

Inilah sepenggal cerita novel gue, yang baru 20 halaman itu :

POV Soemini : Aku pun mulai membaca koran yang aku pegang sembari duduk di kursi beranda depan, menikmati udara pagi Bandung yang sejuk sekali. Headline koran pada hari itu adalah “Akhir Cerita Mang Johan yang Mengenaskan”. Didi Johan Rinaldi, atau yang biasa dipanggil Mang Johan oleh warga Jawa Barat, adalah salah seorang pengusaha sepatu senior di Cibaduyut, yang konon berjasa besar membuat Cibaduyut menjadi salah satu Sentra Kerajinan Produksi Sepatu yang paling besar di Indonesia pada tahun 80an dengan bantuannya berupa pembangunan gedung, mesin, peralatan serta program pelatihan untuk para pengrajin sepatu Cibaduyut yang sejatinya sudah ada sejak tahun 1920-an.Ia ditemukan tewas 2 hari lalu dengan kondisi mengenaskan setelah ia diduga dirampok saat sedang sendirian di rumahnya, sekitar pukul 1 malam. Ia ditemukan tak bernyawa di tempat tidurnya dengan kondisi tubuh terikat dan tanpa tangan kanan yang lalu ditemukan di tumpukan sampah depan rumah Mang Johan.


Dan ini adalah bagian ending-nya :

Ibu dan adik perempuan Kirana, serta Ibu Dara adalah orang pertama yang meninggalkan makam anak-anak mereka setelah doa bersama, lalu menyusul Ayah dan adik Dara, dan Ayah Kirana adalah yang terakhir meninggalkan makam tersebut, sesaat setelah akhirnya menangis dan mengucapkan “Bapak ikhlas, nduk. Yang tenang yo di alam sana.”

Percayakah kalian kalo cuplikan novel yang kayaknya serem itu ada bagian yang beginian :

POV Laras : Tadi pagi aku dapat laporan dari Soemini bahwa aku mengigau ke Paris memakai awan kinton waktu Soemini coba bangunin aku. Aku kira pindah ke Bandung bakal ngilangin kebiasaan anehku yang satu itu, eh ternyata masih kebawa juga. Tapi yang itu sih masih mending, kata Ibuku di Semarang dulu, waktu aku kelas 2 SMA, aku pernah mengigau jalan sambil tidur dan akhirnya ditemukan sedang tidur di genting rumah dan beberapa jam setelahnya Ibuku dapat laporan dari tetangga bahwa mereka mendengar tembang Jawa kuno dari arah rumahku sekitar jam 4 subuh.

Judulnya sendiri gak tau apa, tapi sementara ini gue punya 2 alternatif judul : Shakuntala 72, atau Dewaruci 26. Nama Shakuntala gue ambil dari tokoh di buku Saman karya Ayu Utami, dan Dewauci gue ambil dari tokoh wayang yang juga dijadiin nama Kapal Perang, KRI Dewaruci, sementara nomor gue ambil acak aja. Tapi kayaknya Shakuntala sih judulnya, gak tau keren aja.

Kayaknya pelajaran Bahasa Indonesia yang akhir-akhir ini tugasnya paling nggilani. Selain novel yang gak kelar-kelar, Minggu kemarin semua kelas 12 lagi-lagi dibebanin sama praktek puisi (dihapal) dan nulis opini dari koran yang, ya ampun, gak tau gimana lagi nulisnya. Puisi sendiri gue pake punya Tere Liye yang "Puisi Lebay" dan Alhamdulillah gue bawakan dengan lancar walau ada salah di 1 kalimat.

"Aduhai, mengapa langit punya awan putih bergumpal-gumpal lembut
Tapi aku tak punya dia?"

Ea.

Masih jomblo nih.

Ah iya,

pengen nyombong boleh gak?

BESOK GUE FOTO KTP YAAAYYYYYYY.

Yaampun, gue udah 17 tahun. Sekarang sih 17 tahun 9 hari. Jadi yang paling muda di kelas, bahkan di IPS mungkin, yang paling muda kedua itu Sheila yang lahirnya beda sehari doang ama gue. Oke, gak penting.

Tapi sayang, hari 17 tahun gue gak berjalan menyenangkan. Gak tau kenapa, gue merasa Jumat 12 Februari itu sama kayak hari lain aja, bahkan lebih buruk. Gue pengen cepet-cepet pulang hari itu, padahal temen-temen gue gak ada yang ngeselin, entahlah, mungkin gue laper. Tapi gapapalah, seenggaknya gue bisa rayain tujuh belasan gue sendiri. Setiap hal patut disyukuri, bukan?

Tapi ya, itu juga secara gak langsung menyatakan kalo gue udah 17 tahun jomblo.

:(

Daaannn, gue gak tau mau nulis apa lagi :(( Novel aja yang baru 20 halaman udah ngebuat gue pusing, lah besoknya udah UTS aja. Oke deh. Aku kuat koq :'( Yaudahlah terakhir gue mau sampaikan :

Aku menunggumu bagai

Doain semoga angkatan gue semua sukses UN dan bisa keterima di kuliahan yang diinginkan yah. Aamiin.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar