Tengah-Tengah US

Maret 12, 2016

Sebulan kurang, UN buat anak SMA dimulai. Dan gue rasa, semua anak kelas 12 sekarang ini kurang lebih lagi ngerasain hal yang sama :

- Bosan
- Stress
- Depresi
- Guru bosan
- Kuliah kumaha
- Pengen piknik
- Pengen liat Yeti
- Dunia membosankan
- TO iyah jomblo iyah
- No lyfe all the day
- Dont u dare to touch me
- Abis UTS muncul US lalu TO-5
- Aing di sakola nanaonan wae sih
- "Naha pas SMP mah UN teh asa gampil"
- "Eh ai cara ngitung iklim Schmidt-Ferguson teh gimana?"

Dan mungkin salah dua tugas yang perlu kita hadapi sekarang ini adalah : lulus UN dan SBMPTN, sama gimana caranya biar kita gak berakhir dengan nyilet-nyilet tangan sendiri sebelum ini semua selesai. Beberapa minggu lalu, di Bali ada siswa kelas 3 SMA yang gantung diri, dari surat terakhirnya, kurang ada tanda dia berbuat gitu gara-gara diputusin pacar atau perkututnya mati diserang tokek, tapi kalo gak salah di surat terakhirnya dia bilang "Maaf belum bisa membahagiakan orang tua" PADAHAL KATANYA DIA PINTER DI SEKOLAH.

Fix.

Jangan sampe kayak gitu ya.

Aing gak mau die virgin.

Aduh.


Siswa yang bunuh diri di Bali itu kayak mewakili pikiran semua kelas 12 sekarang ini, bingung antara mau mati aja apa ngelanjutin hidup *eh apa gue doang yang mikir gini? Atau, gimana ya, overthingking mungkin? Semua yang sebenernya simpel jadi gempar. Soal 1+1 diitung pake rumus relativitas, pertanyaan "Pasal yang mengatur BPK sebelum amandemen adalah?" malah jadi nangis gara-gara gak bawa kalkulator.

Eh, itu overthinking apa gila sih...

Tapi ya gitulah intinya, semua jadi ngebosenin akhir-akhir ini. Di SMATB sendiri, sekarang lagi ngadain US dari hari Jumat minggu kemaren sampai Senin besok, yang berarti kelas 10 dan 11 libur, dan kelas 10 pun 3-5 hari yang lalu lagi ngadain Field Trip di Desa Cibuntu yang entah dimana. Sementara kelas 11 gada acara apa-apa dari sekolah jadi mereka ngacir kemaana-mana selama seminggu ke belakang ini, mulai dari nonton film di bioskop sampai mungkin ada yang ikut acara Ninja Warrior di Jepang sana. Selamat bersenang-senang, dik.

Dan kelas 12 di dua minggu terakhir ini rata-rata ngabisin waktu di tempat les yang rupa-rupa macam atau di rumah aja no lyfe. Buat yang les, ada yang nyege, ngedu, ngesce, nganiel, ngefokus dan blabla bimbel lainnya, sementara yang dirumah mungkin ngedota bareng sahabat sampai merenungi kenapa kura-kura gak suka chitato rasa indomie. Gue sendiri termasuk geng rumahan yang, gak tau deh, mau ngapain lagi. Pengen ngedota gak mahir (tanggapan anak-anak dota SMATB : "Halah sosoan sia Kal ngedota, main tetris aja pake cheat engine kan"), pengen main FIFA eh gamenya udah dihapus (main di HP, mau donlot males ah sizenya 1.5GB), mau malam mingguan, eh baru inget gak punya pacar.

Dan jujur gue baru sadar ini malam minggu waktu grup chat gue ngingetin hal tersebut.

Ujian Sekolah yang lagi dijalanin sekarang ini adalah lanjutan dari UTS yang baru selesai Minggu lalu. Jadi, di sekolah gue, US dimulai hari Jumat (Minggu kemarin) disaat UTS aja baru selesai Selasa, 3 hari sebelumnya. Dan konon setelah US ini, gue bakal ngadepin lagi TO-5 yang soalnya dari Dinas Pendidikan. Abis itu UN. Abis itu SBMPTN. Abis itu entah apa lagi sampai kuliahan dimulai sekitaran September, mungkin. Doa gue akhir-akhir ini pun sedikit diganti supaya semua anak kelas 12 tabah dan kuat menjalani ini :((

Omong-omong soal US, gue rada zonk di 2 pelajaran sejauh ini : matematika sama PKN. Matematika, melanjutkan tradisi kelas 12 yang gak tau kenapa soalnya jadi susaaaahhhhh banget, padahal rata-rata ngulang pelajaran kelas 10-11. Masalahnya, bukan cuman gue aja yang gak bisa, ke-56 anak IPS rata-rata juga gak bisa, malah Hasna aja yang dianggap dewi matematika IPS cuman bener 15 dari 30 soal pas UTS kemaren. Beneran deh, gak tau kenapa gue juga, matematika kelas 12 ini jadi menakutkan banget. Entah karena gurunya, pelajarannya, muridnya yang emang gak bisa atau gara-gara stress mikirin pelajaran lain, atau kombinasi itu semua. Seinget gue, gue cuman lolos KKM 1x di pelajaran matematika kelas 12 ini, waktu kuis (atau ulangan, lupa) tentang Gauss Jordan atau semacamnya dan gue dapet 80, rekor di kelas 12, sisanya Wassalam. Hal ini berlanjut sampai TO-1 sampai 4 dimana rata-rata gue paling cuman 50an, lanjut lagi di UTS dimana dari 30 soal, gue cuman bisa ngisi 18 dan sisanya berserah pada Tuhan YME, padahal sehari sebelumnya gue udah les privat di rumah selama 4 jam dan 15 menit sebelum mulai, gue pede bisa dapet nilai 80an. Ini berlanjut pas US hari Kamis kemarin, dan malah lebih parah lagi. Dari 40 soal, gue cuman bisa 20-21 soal dan sisanya ngasal, dan ngisi ngasalnya 3 menit sebelum waktu abis :((

Sumpah, gue ngerasa kosong banget. Sisa hari itu gue habiskan dengan muka bete, diiringi sakit kepala. Padahal hari Rabu kemarennya (lagi Nyepi jadi libur) gue dan 10 orang IPS lain udah belajar bareng di 2 tempat, Boemi Joglo di Dago Giri dan Eduplex Cafe di Dago, sampe nyewa ruang private malah. Tapi, gak satupun orang dari squad Margondah City yang bener-bener bisa 40 soal US matematika. Gue juga gak tau masalahnya apa, tapi rata-rata cuman bisa ngitung sampe tengah-tengah dan abis itu JENGJENG AING KUDU NAONKEUN DEUI IEU.

Lepas dari US matematika yang bikin gue ngomel-ngomel sepanjang hari (apalagi lagi puasa jadi laper huhu), pagi tadi gue dihadepin sama soal PKN yang SUSAH GILAK. Hari tadi jadwal US Geografi sama PKN. Malemnya gue gak belajar banyak karena grup Margondah City gone wild dan gue keburu ketiduran jam 10-11an. Walhasil belajar di sekolah aja, geografi sendiri Alhamdulillah gak susah amat gara-gara yang gak gue pelajari malah gak ada hoho. Kalo PKN, gak tau ya, gue niat belajar pas istirahat tapi gak bisa, alhasil cuman jalan-jalan gak jelas aja di sekitar kelas sambil nyanyi lagu kebangsaan Itali sama Prancis yang baru gue hapal beberapa hari lalu. Pokoknya, pas soal dibagiin gue cuman Bismillah aja semoga yang gak gue pelajarin gak ada semua, dan semoga cepet-cepet setengah 12 gue pengen pulang.

Doa gue terkabul, yang gak gue pelajari rata-rata gak ada TAPI KENAPA SUSAH BANGET. Beneran. Banyak jawaban yang ambigu kayak Bahasa Indonesia, banyak bingung mau milih B apa D blabla gitulah berak. Atya sama Ichsan bilang susah, entah karena gak belajar atau emang susah benera. Karen bilang susah tapi biasa aja, Nadyra juga bilang kayak gitu dan abis itu nyanyi lagu Komo lewat jalan tol weleh-weleh. Tauk lah. Semoga ekonomi sama Bahasa Jepang gak susah-susah amat yah.

Ah iya, hari ini adalah hari terakhir ngisi SNMPTN alias Undangan, yang bakal diumumin 10 Mei ntar. Gue sendiri udah ngisi hari Selasa kalo gak salah. Gue cuman milih SBM ITB doang, karena katanya UI suka gak mau dijadiin pilihan kedua pas gue awalnya bilang mau milih Manajemen UI setelah SBM ITB. Buat ITB sendiri, gue milih jalur peminatan Kewirausahaan sama si Ichsan dan gue baru nyelesein dokumen peminatannya kemaren. Doain yak. Temen-temen gue sendiri ada macam-macam rupa ngisi SNMPTN. Ada yang gak ngisi SNMPTN macam Satria sama Najma yang udah puas di UPH sama Unpar. Ada yang ngisi pilihan terbaiknya macem gue ama Ichsan, dan ada juga yang ngisi 3 pilihan macem Nadyra yang sampe nyasar milih UGM di pilihan ketiga.

Dan, gue rada gak paham sama nilai di SMA negeri yang rata-rata gede banget. Tanpa mengurangi rasa hormat ke SMA negeri, tapi tolonglah ngerti kalau dapet nilai 85 di rapot semesteran SMATB itu buat gue udah bagaikan dapet Nobel Fisika :( Makanya beberapa temen negeri yang nanya nilai rata-rata semester 1-4 gue berapa, semua pada kaget

"Kok nilai lo kecil amat bro?"

Iya emang, nilai gue turun jauh, awalnya gue di IPS ranking 6, dan yang terbaru adalah ranking 11, dibawah Jul, dan nilai rata-rata gue 77.51, ngebuat semua anak negeri yang nanya nilai gue pada kaget. Mereka lebih gempar lagi pas gue kasitau bahwa gue bisa daftar ulang SNMPTN. Dan mereka pasti lebih kaget lagi kalo gue bilang si Gazza yang nilainya 75an bisa daftar ulang SNMPTN juga. Ada beberapa chat yang gue inget dari mereka :

- "Kal, mau masuk SBM kan? Nilai rata-rata berapa? Temen aku ada yang mau SBM juga"
"77.51 nih, temen kamu berapa?"
"Sugan teh bakal bikin down, dia 90an"
Oke...

- "Kal, nilai rata-rata berapa?"
"77.51"
"Ihh naha kecil anjis"
Nya sori atuh aing mah naon :(

- "Kal nilai rata-rata berapa?"
"77.51"
"Anjis naha kecil, ai maneh mau masuk mana?"
"SBM ITB cuy doain yak"
"Hoo, lewat jalur apa? Pacar urang geh dek asup SBM nilaina 87"
"SNMPTN lah naon deui"
"Maneh bisa? Naha urang nilai 82 teu bisa anjis"
Nya mampus weh.

Sebenernya hati gue remuk redam juga ditanyain begituan pas nilai gue lagi turun, jadi gue bilang aja kalo di SMA gue nilai 85 keatas udah bisa dianggep jenius dan yang nilainya 87 keatas biasanya ikut olimpiade tiap bulan. Semoga aja mereka mengerti...

Hati yang remuk redam ini juga disebabkan oleh tugas akhir Bahasa Indonesia yang gak ada hentinya menghantui siswa yang peduli tiap malam (kalo yang gak peduli mah, ya, sabodo teing), tak lain dan tak bukan adalah tugas novel yang deadline nya hari Senin besok, dan gue baru nulis 60 halaman kertas A5 HEHEHEHEHEHHEHEHEHEHEHEHEHHE. Tugas ini rada terhambat gara-gara pas UTS dan US ini gue gak lanjutin novel, piraku lah. Gue suka bingung mau belajar apa lanjutin novel, dan itu rata-rata berujung di gue gak ngerjain semuanya lalu pergi boboque. Gue tenang-tenang aja novel baru dikit setelah tau "editor" gue, Nadyra, baru ngerjain dikit juga di novelnya, yang ngambil latar tempat di New York sono. Gue tenang karena dia yang sering baca buku aja novelnya baru dikit. Jadi ya, gitulah. Yang bener-bener ngambis bikin novel kayaknya cuman Mataya, Shafa, Dhea sama Ardita *seenggaknya itu yang gue tau. Sisanya entahlah antara bodo amat atau gue gak tau novel mereka gimana perkembangannya.

Tugas novel yang bikin gila dan ujian terus-terusan ini ngebuat gue jadi pelupa berat dan jadi sering makan di kelas 12 ini. Beneran deh. Gue bisa lupa apa yang baru gue liat 5 detik yang lalu, atau apa yang orang omongin 10 detik yang lalu. Short-term memory gue (ceileh) makin jelek, tapi Long-term memory gue masih berjalan baik. Aneh juga emang. Tapi, ya, gapapalah. Aneh itu asik kok. Mungkin pelupa juga yang ngebuat gue gagal berkali-kali di matematika.

Urusan makanan, kelas 12 gue jadi makin sering makan (eh udah bilang ya), apalagi di rumah, kalo males ngapa-ngapain gue nyari apa aja yang bisa dimakan dari mulai wortel sampai madu, dan untung meja makan masih utuh gak gue lahap juga. Dan untung, berat badan gue gak naik pas gue cek terakhir beberapa hari lalu, entah sekarang. Gue jadi kayak Mas Adnan, yang kalo stress segala dimakan, jadi aja katanya Mas Adnan ndut sekarang, mungkin sepupu gue lupa diri pas ngerjain tugas kuliahannya, atau stress mikirin kenapa dia nyasar di Teknik Elektro padahal maunya Kedokteran :(

Walau bikin gila, tapi ada 1 dari gue yang gak berubah baik sebelum masa ujian atau sesudah, yaitu : masih jomblo. Ya, gue masih jomblo aja walau udah 17 tahun lebih 1 bulan, walau Gazza udah ngejodohin gue sama 4 cewek berbeda, gue masih aja jomblo. IYALAH GAZZA DIPERCAYA :( Diluar itu, gue mungkin terlalu aneh buat dipacarin, jadi ya begitulah. Kuncinya ikhlas.

TAPI GUE SEKARANG UDAH PUNYA SIM SAMA KTP YAYAYAYAY oke gak nyambung bye.

Jujur aja, sekarang ini masih lebih mending dari kelas 10 semester 1, alias 6 bulan pertama gue di SMATB. Itu masa terburuk gue selama SMA, dimana gue udah hampir bilang mau pindah sekolah ke ortu gue di bulan Desember abis bagi rapot, tapi untung gajadi dan abis itu gue bisa nyesuain diri dan lalala beginilah daku sekarang ~ Walaupun sekarang ujian dan pelajaran dan gurunya bikin kita mau ngubek-ngubek tempat sampah, tapi seenggaknya sekarang gue gak kesepian amat.

Ada The Berak's berupa Lita sama Ozi yang walau berak tapi berak (lah) walau Lita akhir-akhir ini sama Mine Kevin mulu dan gue udah hampir mau leave chat mereka puluhan kali karena gatau guenya aral mungkin, ada juga The Margondah yang bikin gue lupa belajar buat US, ada juga Rafi Dafa Kresna Nadyra (mereka Margondah juga sih) dkk yang ngebuat gue gak jalan-jalan sendiri tanpa arah lagi pulang sekolah. Belum lagi temen kelas macam Gazza Rezy Al dkk yang makin berak tiap hari, gak lupa temen sekelas di SSC yang udah makin deket setelah berbulan-bulan seruangan dan gak ada yang saling kenal WKWKWKKW *beneran lho. Gitulah.

JANGAN GEER LO PADE.

Intinya kali ini ada temen stress bareng-bareng.
The Berak's

Margondah Squad
Stress bareng-bareng kali ini juga ngebuat gue dkk lebih sering ngomongin ntar mau gimana. Kayak Nadyra yang mau bikin acara TV sendiri dan ngundang gue jadi figuran kurang penting, Nadyra (deui) yang pengen buat channel yutub sama The Margondah, Dafa yang mulai lihai soal hukum, Ozi yang pilot, Lita yang ahli gizi dan bentar lagi jadi tante-tante, Neysa dan Jul yang ke Jepang, Rahmadi yang jadi penerjemah Bahasa Jepang, Gazza kurator dan desainer, serta gue yang pengen perusahaan gue bisa berdiri dan pengen tinggal di Jerman.

Ada amin?

****************************

Kesimpulannya, semua kelas 12 harus sabar di masa-masa ini. Emang ngebosenin parah, emang bikin gila, emang bikin jomblo makin lama, tapi ini juga buat menyongsong masa depan gilang-gemilang, dan kita yang belajar keras hari ini menunjukkan bahwa sesungguhnya kita sedang berkembang menuju arah yang lebih baik.

EAEAEA.

Temen-temen gue yang tiap hari ngobrol sama gue pasti gak percaya seorang Haykal SP berkata begitu. Karena biasanya yang gue omongin adalah :

- "Tadi ya urang lagi diem, terus ada semut nyamperin
Semut suka yang manis
Kesimpulan ?"

- "Sedih gak sih lagi main monopoli, pas dapet kartu Dana Umum isinya cuman 'Bismillahirrahmanirrahim' "

- "Bapak2 kalo perempuan namanya Ibu2"

- "Kulihat ada boneka baru ~"

- "AUX, ARMES CITOYENSSSS !!"

Wassalam aja deh. Besok TO SSC mikir naon.

You Might Also Like

0 komentar