Sebelum Ujian Nasional

April 03, 2016

Waktu kelas 6 SD, gue pernah mikir gini :

"Kenapa ya UN SMA diduluin dibanding SD sama SMP ? Kan kasian, udah mah materinya susah ujiannya duluan lagi."

Sungguh waktu itu gue masih berada dalam kesesatan. Karena, sekarang ini, gue bersyukur banget UN SMA diduluin. Gue juga baru ngerti dan berterima kasih ke pemerintah udah ngeduluin UN SMA. Entah apa serumit apa otak gue nantinya kalo UN SMA gak diduluin dibanding UN SD sama SMP. Mungkin kalo UN SMA dilaksanain terakhir gue udah keburu jadi ahli geologi dan saat ini lagi keliling Indonesia, neliti sungai yang belum diklasifikasikan jenisnya.

Siap UN banget emang.

H-1 Ujian Nasional terakhir gue semasa sekolah. Kondisi murid-murid se-Indonesia lagi beragam saat ini. Ada yang lagi belajar keras, ada yang lagi bodo amat, ada yang lagi melajarin kunjaw, ada yang I don't know what to do in my life, ada juga yang lagi baper diputusin pacar, ada yang kesel harga bawang merah naik (loh), ada juga yang baperan sekolah kayak rata-rata anak TB yang udah sekolah di Taruna Bakti sejak TK-SD dan itu berarti mereka udah berada di 1 gedung yang sama selama 12-14 tahun. Gilak, gue 3 tahun aja baper.

Sekarang ini, gue lagi nonton Persib, bersama beberapa paket soal geografi dari blog Pak Anang yang dari Minggu lalu udah setia menemani semua anak kelas 12 di seluruh Indonesia. Tahun ini, semua anak kelas 12 kayaknya bersyukur banget sama kehadiran Pak Anang lewat blognya pak-anang.blogspot.com. Beliau adalah juru selamat angkatan 2016, karena bisa kalian lihat sendiri, di blognya tersedia banyaaakkk banget paket soal buat latihan UN. Mulai dari soal TO Universitas Gunadarma, kunci jawaban Detik-Detik, TO DKI Jakarta sampai bocoran soal UN yang udah kayak kitab suci buat UN besok. Kalo diibaratkan, kita-kita yang kelas 12 ini udah kayak kera sakti, kebingungan mencari kitab suci, dan akhirnya menggunakan laptop dan printer sebagai 'awan kinton' menuju pengembaraan mencari kitab suci yang ada di blognya Pak Anang.

Kalo aja ada Nobel Pendidikan, gue yakin Pak Anang bakal dapet itu tahun ini.
Reaksi anak kelas 12 atas kemunculan blog Pak Anang.

BTW, saat ini Persib vs Arema lagi menit 75, Persib lagi kalah 1-0 dan Yanto Basna dapet kartu merah konyol setelah nendang botol minum yang nyasar di lapangan. Gue sendiri cukup kesel setelah Maitimo ngebobol gawang, karena, entah yah, gue selalu kesel kalo Persib kalah :(( Apalagi beberapa menit lalu Milan baru kalah dari Atalanta. Makin weh.

Persib baru aja kebobolan lagi, jadi aja kalah 2-0. Yasudahlah. Ikhlaskan.

Hari ini, awalnya gue gak terlalu niat mau belajar keras. Tapi nasib berkata lain, grup 'belajar' IPS gue yang dinamain "Margondah City" dan berisi 11 orang (gue, Nadyra, Rasiq, Kresna, Najma, Neysa, Yasmin, Shaina, Echa, Dafa sama Karen) tiba-tiba rame banget hari ini, mengulangi kebiasaan rame pas lagi ada ujian kayak waktu US dulu. Kali ini, rame nya bener-bener produktif. Karena dari pagi sampe malem, yang kami lakukan cuman ngebahas soal-soal geografi 90% sama Bahasa Indonesia 10%. Jadi, beberapa orang nanya soal lalu yang tau jawabannya ngasitau atau sekalian ngasih foto materi itu secara lengkap. Di bagian ini Nadyra berperan banyak karena dia ngeshare banyak banget foto catatan dia, kalo kata Karen mah :

"Catatan Dyra nu lengkap dunia akherat"
The Margondahers versi lengkap.

Emang sih sempet diselingi dulu omongan lain-lain dari ngirim foto jelek Neysa sama Najma sampai ngomongin kenapa Rahmadi kalo ngomong di grup kelasnya dingin dan padat, termasuk juga ngomongin Persib. Tapi itu gak lama dan cewek-cewek biasanya mulai belajar lagi dengan moto soal yang gak paham terus nunggu jawaban dari yang lain, dan Alhamdulillah semua terjawab dengan mantap walau sempet ada sedikit debat macem planet kematian itu Saturnus apa Jupiter. Sejauh ini gue liat, soal dari Detik-Detik yang biasanya ditanyain Najma lebih susah dibanding soal dari blog Pak Anang, dan biasanya debat juga terjadi waktu lagi bahas soal Detik-Detik. Tapi gapapalah, positif ini. Sayangnya masih suka ada aja yang nanya soal yang sebenernya udah dibahas beberapa waktu lalu atau catatannya udah pernah dikirim ke grup, sehingga beberapa yang inget jadi sering ngomong gini :

"Asa geus dibahas etamah"
"Ada kok di photos aing udah ngeshare tadi"
"Si Dyra udah ngirim catetannya kemaren"

Sebenernya gue bisa mengerti kenapa ada beberapa materi yang ditanyain berulang-ulang, itu karena di galeri grup udah ada banyaak banget foto dan mungkin itu membuat beberapa diantara kami jadi pusing dan gak mau nambah runyam masalah harus ngubek-ngubek galeri grup yang dari kemarenudah penuh sama foto catatan. Begitulah.

Tapi intinya, dari grup itu gue belajar banyak hal hari ini yang InsyaAllah berguna buat UN besok. Dibanding temen-temen gue (yang, maaf, rata-rata sekolah di SMA Negeri) yang sejak beberapa hari terakhir giat banget nyebarin kunjaw. Gue gak paham lagi tapi ya sudahlah. Gue sendiri gak terlalu percaya sama kunjaw yang gak tau dapet darimana dan bayar berapa. Karena, ya, sekolah 12 tahun buat apa? Lebih memuaskan keterima ITB dengan belajar sendiri dibanding masuk ITB dengan kunjaw. Ea. Gue sendiri belum liat ada anak TB yang nyebarin kunjaw, dan bahkan di grup angkatan dan grup kelas gak ada satupun yang ngomongin kunjaw sama sekali, santai aja ngomongin materi atau info kuliah atau sekadar nyemangatin. Asik lah.
Penggalan galeri grup The Margondah yang akhir-akhir ini ganti nama.

Sayangnya belajar hari ini sedikit 'dinodai' dengan les matematika yang entah kenapa gue setujui tadi pagi. Gue les matematika di rumah sama guru yang udah ngajarin gue dari kelas 3 SMP sampai 3 SMA. Les tadi gue akui cukup berguna sih dalam hal ngingetin materi matematika yang lupa. Tapi, besok kan UN-nya geografi sama Bahasa Indonesia. Jadi gue pas les tadi sakit kepala dan hampir nangis beneran HEHEHEH cowok macam apa, untung gak nangis beneran...
Gue pas les matematika tadi sore.
Selain belajar hari ini, gue juga udah belajar sampai-sampai gue sering sakit kepala akhir-akhir ini. Abis US, materi bener-bener difokusin ke UN dan itu ngebuat jadwal pelajaran otomatis ganti jadi yang buat UN doang, hal itupun ngebuat beberapa murid jenuh dan sedikit depresi, sehingga makin deket UN kelas makin sepi, udah kayak mendekati MPK aja. Hari Kamis sendiri gue gak bertahan sampe akhir, jam 12 gue cabut dari sekolah, sama Gazza Reza Nadine, tanpa izin, hehehe, dan itu jadi mabal pertama gue sepanjang sekolah. Gapapalah sekali mah. Gue sendiri hari Kamis itu kabur ke Eduplex naik angkot sendirian (disana udah ada Lita Kevin Mine Irfan Bram ama Dimas) sementara Gazza Nadine Reza ke BEC. Pulang dari Eduplex sendiri gue sempet diundang ke acara ultahnya Ivanka di Hokben depan sekolah dan baru bisa ke SSC jam setengah 5. Jumat juga gak belajar cuman geje-geje gitu sebelum berdoa dan salam-salaman dan banyak yang nangis, entah kenapa gue ngerasa sedih aja kagak.

"Don't cry because it's end, smile because it happened" - Dr. Seuss

Kemaren hari Sabtu sendiri, gue berangkat ke Eduplex lagi seselesainya les di SSC. Ke sana pun sebenernya gak disengaja karena tiba-tiba aja Gazza ngajak kemana dulu abis dari SSC dan gue nyaranin ke Eduplex. Setelah merenung dan berdebat 1 jam, gue dan Gazza akhirnya sepakat belajar bareng disana lalu berangkat jam 7 malem ke Eduplex, sama Bintang dan Nadyra. Disanapun gue Dyra Bintang dan Gazza bener-bener produktif. Ngerjain banyak soal, bahas banyak soal, sampe main Garuda Pancasila soal istilah geografi. Dyra (yang dateng duluan) milih tempat yang enak buat belajar di lantai 2 Eduplex dan emang disana daritadi udah didominasi sama anak SMATB yang rata-rata IPA dan lagi belajar kimia. Kita semua pun pulang jam 11 malem kecuali Bintang dan beberapa anak lain yang berencana nginep disana.

Tapi nasib malah menuntun gue pulang jam 11 malem karena nganterin Nadyra dulu sampe rumahnya (yang untungnya di Cigadung, bukan di Padalarang) gara-gara Fadli (yang awalnya mau nganterin Dyra) punya masalah di mobilnya yang kayaknya ada kerusakan di bagian kunci, gue gatau gimana kelanjutan mobil Fadli karena gue sama Dyra udah keburu pulang duluan (iyalah gilak jam 11 malem), mungkin dia nginep malem itu... Gue pun sampe rumah dengan kondisi kedinginan, tapi untung beberapa saat sebelumnya Dyra ngasitau bahwa ternyata lampu motor gue anget, jadi gue megang-megang lampu motor gue kalo kedinginan.

Sekolah gue sendiri pake sistem PBT, yang artinya ngerjain soal pake sistem kertas biasa, bukan pake komputer, jadi aja hari Kamis nanti gue dan teman-teman udah bisa menyusun rencana liburan hihihi~

Intinya, SEMANGAT SEMUAAAAA !! Semoga UN kali ini dilancarkan dan kita semua dapet hasil terbaik dan bisa keterima di perguruan tinggi yang diinginkan, aamiin. Jangan pake kunjaw yah, gak asik, percuma pusing-pusingan berbulan-bulan tapi ujung-ujungnya make kunjaw. Elah. Pirakeu. Semangat buat anak IPS SMATB 2016, semoga hasil kompak 2 tahun ini berakhir baik ya !!
IPS Squad 2016, yang atas foto kelas gue (XII-8) yang bawah foto semua IPS.
Semangat juga buat The Beraque's tentu, Ozi dan Lita yang setia menemani masa akhir SMA gue selama hampir 1 tahun ke belakang ini. ITB BARENG YA. Kecuali Ozi gatau diamah masih labil deng.
The Beraque's : Haykal, Lita dan Ozi.
SEMANGAT SEMUA. Jangan lupa baca Bismillah sebelum ngerjain soal. Sukses dahh. Wassalam ;)

You Might Also Like

0 komentar