Untuk Haykal 5 Tahun Mendatang

April 21, 2016

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bacanya sambil senyum ya. Udah tahun 2021 masa belum senyum sih elah.

Halo Haykal, apa kabar? Cie udah 22 tahun nih ye, udah makin tua ya sekarang (masa sih)..., udah lulus kuliah. Masih jomblo gak? Hahaha, semoga sih nggak. Tapi kalo masih, ya, gapapa sih, sabar aja, hidup emang berat :(

Lagi apa, Kal? Kalau aku sih, lagi nulis ini, di kantin sekolah lantai 5 itu, siang-siang jam 1 yang mulai kerasa panas-panas lucunya, sendirian tetep, sambil nunggu TO di bimbel jam 2 ntar. Libur panjang dan refreshing pasca-UN jadi hanya sekadar mitos karena Minggu ini udah pada masuk intensif di bimbel atau di sekolah :( Sedih emang, walau Minggu lalu sempet ke Dufan. Tapi ya tetep, entah yah.

Meh. Siapa juga yang nanya ya.

Yah, dibalik segala ketidak pentingan dalam hidup ini, aku mau kasih liat 1 hal :

Masih inget itu, kan? Itu loh, 'hasil karya' kamu waktu awal-awal kelas 12, yang disuruh nulis cita-cita kuliah gitu-gitulah, tuntutan dari siswa XII-8 untuk XII-8 karena kelas kamu waktu itu bisa dibilang yang terakhir bikin gituan, walau bisa dibilang ikut-ikutan tapi malah bisa dibilang yang paling bagus dibanding kelas lain. Pasti inget lah, ya, wong kamu mikir idenya aja butuh 3-4 hari masa sih gak inget. Tapi bukan inget atau nggaknya yang mau aku tanyain. Tapi, udah kecapai belum?

Merujuk dari karton oranye itu, kamu nulis 4 harapan sekaligus, gak lupa nulis nama dan kalimat "Bismillahirrahmanirrahim" yang entah kenapa keliatan lebih bagus dari tulisan Arab seorang Haykal yang biasanya. Dari 4 harapan itu, Alhamdulillah salah 1 diantaranya udah terwujud 3 bulan setelah kamu nulis gituan, inget kan? Iya, kamu keterima undangan Manajemen Unpar dan gak diambil gara-gara uang pembayarannya gak akan dibalikin andai nanti keterima PTN. Nah, sekarang, 3 impian lagi nih. Mari bahas satu-satu.

Pertama, yang paling dekat dan paling bisa dicapai saat itu. Keterima SBM ITB. Cita-cita terbesarmu sejak kelas 2 SMA. Cita-cita yang entah kenapa katanya kamu optimis banget bisa keterima, lewat jalur undangan pula, padahal nilai matematika di rapot semesteran aja cuman 67 dan teman-teman kamu dari sekolah negeri pada nyinyirin macem "Ih Kal kok maneh nilai rata-rata semester 1 sampai 5 cuman 77 tapi bisa daftar undangan? Urang aja nilai 87 gak bisa daftar undangan loh" dan waktu itu aku inget kamu cuman bisa bergumam dalam hati "Ya mampus". Walaupun banyak orang yang nyaranin kamu jangan masuk SBM dengan bermacam alasan; lebih banyak teori daripada praktek lah, mahal lah, orang kaya tapi gak pinter lah, dan segala tetek bengek lainnya, kamu tetep ngotot masuk sana (saking ngototnya sampe pilihan undangan pun cuman SBM ITB) karena ada jurusan wirausahanya, yang jarang ada di PTN, kecuali mungkin Universitas Brawijaya di Malang sana yang waktu itu pun belum jadi pertimbangan.

Walau kata orang jangan terlalu optimis kalau mau mencapai sesuatu, tapi, masa hidup ini cuman melulu soal rendah diri sih?

Oke. Harapan kedua, "Why people become enterpreneurs", sekumpulan gambar (aslinya ada 16 gambar, tapi karena gak cukup di kertasnya jadi kamu cuman gambar 12 hahaha dasar bodoh) yang kamu ambil dari salah 1 fanspage di Facebook. Gimana, udah kecapai mimpinya? Maksud aku jelas, mimpi yang entah kenapa mulai kepikiran waktu Liga TB kelas 11. Itu loh, bikin perusahaan penyedia alat olahraga yang harapannya bisa bersaing sama Adidas dan koleganya 20-30 tahun ke depan. Logo udah, nama belum (rada bodoh juga Kal kamu lupa saran namanya dari Nadyra sama Gazza), niat udah, pengalaman jualan kecil-kecilan udah dari kelas 10, nunggu apa lagi?

Harapan ketiga, kamu gambar cukup kecil di kanan atas, bendera Turki. Hahaha, masih inget kan alasan awal apa yang buat kamu pengen kesana?

"Ih woy pengen dapet istri orang Turki deh" kata Haykal pada Fauzi dan Narulita.

Kalo ada temen-temenmu baca surat ini (apalagi alasan pengen ke Turki), mungkin 5 menit kemudian mereka akan ngepost sesuatu di timeline dengan judul utama "Kiamat sudah dekat !! Tolong sebarkan".

Hahaha gak berubah ya emang begonya Haykal tuh. Tapi intinya, gimana, udah kesana? Yah aku tau kalo makin hari kamu makin pengen ke Jerman, bukan Turki lagi, dan Turki pun cuman sebatas angan jualan kebab disana atau jadi sponsor utama tim Galatasaray, atau syukur-syukur dapet istri orang sana (halah, orang sesekolah aja gak dapet-dapet).

Entah apa lagi harapan yang kamu gak tulis disitu, harapan kecil-kecilan seorang Haykal Satria Panjeraino waktu masih seumuran aku. Tapi inti dari semua harapan tersirat dan tersurat itu adalah, udah kecapai? Karena aku pengin pas kamu lagi baca ini, seorang Haykal Satria versi 22 tahun lagi melakukan sesuatu yang penting dan berguna, misalkan udah 2 tahun lalu lulus dari SBM ITB dan sekarang lagi kuliah S2 di Nuremberg, atau lagi rapat ngebahas kerja sama jadi apparel Timnas Turki, atau lagi bangun Masjid di Gorontalo, atau lagi kampanye Calon Bupati Cilacap, atau apalah.

Aku gak pengin Haykal tahun 2021 ini lagi dalam kondisi galau pas baca ini. Galau yang macem-macem, bukan soal asmara doang, yah walau asmara juga jadi faktor utama, tapi jangan lah, kurang-kurangi galau macem :

- "Duh nahanya sieta mah sok cerita soal mantanna wae"
- "Ah sieta mah sok mahiwal, cenah bogoh ngan teu bogoh jadi aing kudu kumaha"
- "Galau euy geus umur 22 ngan can boga kabogoh keneh"
- "Era siah cuy dateng sorangan ka kawinan batur teh, batin ieu mah"
- "Eh woy aing hayang gera gawe siah bodo amat lah dek ngurusan tai ucing di kantor Google oge"
- "Jir karek geh tanggal 3 gaji aing geus beak deui ieu mah kacau"
- "Bro ban motor aing bocor di Cigondewah gera kadieu jemput aing kaburu paeh"
- "Mang ai eta sapatu 150 nepi Bandung tiasa teu, da di imah abdi nu kitu teh ngan 100rb atuh piraku"

Entah udah sadar atau belum, tapi ternyata masalah di dunia ini bukan cuman soal asmara, bukan cuman soal belum pernah pacaran, atau ditolak cewek 2938728192763 kali ataupun ditinggal nikah sama pacar dan lain-lain. Nanti juga mungkin kamu sadar bahwa masih banyak hal yang lebih buruk dari itu semua, misalkan belum pernah nyobain nata de coco buat buka puasa, atau mie jatoh ke wastafel pas tanggal 24 atau juga ditilang polisi pas lagi gak bawa SIM dan STNK. Dan ternyata bahkan masih banyak yang lebih parah dari itu, kayak orang Palestina sana yang tiap hari dilanda kebingungan harus mati apa hidup, atau, ah iya, kamu pasti inget kan cerita dari temen kamu waktu SMA? Ituloh, yang temen kamu liat ada Ibu-Ibu meninggal abis lahiran bayinya di salah satu rumah sakit, yang katanya abis itu kamu merenung beberapa saat, mikirin banyak hal soal si anak yang baru lahir itu; kalo ultah dia sedih, hidup tanpa Ibu, dan lain-lain, dibalik fakta kejam bahwa kamu udah lupa soal hal itu 24 jam kemudian. Tapi, hei, Ibu yang meninggal pas lahiran itu lebih buruk daripada 17 tahun gak pacaran.

Ya, tapi jangan sampe keasikan ngejomblo juga sih... Syukur-syukur juga kamu lagi baca ini sama pacar.

EGILA.

UDAHAN AJA BOLEH GAK WKWKWKWK.

Dan semua itu ngebuat kita sadar 2 kemungkinan : hidup ini lucu, atau kita yang terlampau receh sampe nganggap hal gituan aja lucu.
Ini bisa lebih buruk dari gak pernah pacaran 17 tahun.

Pada akhirnya, si masa sekarang cuman bisa berharap, berharap dan berharap ke masa depan. Berharap semoga masa depan bisa jauh lebih baik dari masa sekarang dan masa lalu. Berharap semoga kesalahan masa sekarang dan masa lalu bisa jadi pembelajaran dan gak diulangi lagi. Kalau dianalogikan dengan kisah cinta anak SMA yang baru selesai pubertas, ini udah kayak jatuh cinta diam-diam, yang hanya bisa berharap terus ke gebetannya sampai Nicki Minaj bikin album duet sama Vagetoz.

Kalau aku disini, berharap sambil banyak bertanya. Agak bikin gila sih, tapi kata orang-orang, hidup ini dipenuhi dengan pertanyaan, entah kita sadar atau nggak. Hal-hal kecil macem pilihan kaos kaki buat ke sekolah hari ini atau ngasih duit parkir juga termasuk pertanyaan loh; "Mending kaos kaki Blues Clues atau yang motif loreng?" dan "Ah si Kang Parkirnya gak guna, tapi kalo gak ngasih takut digebukin. Jadi, mending ngasih apa nggak ya?". Dan, di hidup ini ada 3 jenis pertanyaan, yang besar, kecil, dan kecil padahal besar. Pertanyaan kecil itu yang kayak milih kaos kaki yang mana hari ini dan segala macam pertanyaan kecil yang muncul setiap harinya. Kalau yang kecil padahal besar itu kayak "Mending ngerjain PR apa tidur ya" atau "Uangnya mending dipake nonton sama gebetan atau main di Hanzo yah?" dan segala macam yang lainnya, pertanyaan sederhana tapi efeknya bisa besar tanpa kita sadari. Kalau yang besar, jelas, macam "Mending SBM ITB apa manajemen UI ya" atau "Wah ditawarin kerja di Freeport nih jadi Humas gajinya gede tapi resiko tinggi, ambil gak ya..." pertanyaan besar yang muncul beberapa tahun sekali, atau mungkin bisa aja tiap hari buat orang penting macem Presiden mah.

Kamu sudah diperingatkan.

Jadi, ya, begitulah Kal, surat dariku. Mungkin kamu rada jijik juga dikirim ginian sama anak 17 tahun yang beli roti bakar lima ribuan pun masih mikir-mikir, tapi gapapalah, udah biasa kok di naonsih sama temen-temen. Kalau ditanya tujuan nulis ginian ke kamu, jawaban aku boleh jadi macem khotib-khotib waktu Jumatan "Diharapkan bisa berguna khususnya bagi diri khotib pribadi, dan umumnya bagi jamaah sekalian yang dirahmati Allah Swt." HEHEHE.

Mungkin ini kedengeran gila, tapi sebenernya aku punya 5 tahun buat mencapai hal yang aku tulis disini, biar bisa baca ini sambil senyum-senyum ntar, senyum-senyum terus muntah.

Kalo sempet dibales ya, Kal. Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar