Nanti Mau Kemana Yah

April 21, 2016

Kalau kalian bingung, inti dari artikel ini adalah "Negara mana yang pengen gue datengin dalam 10 tahun ke depan".

***************

Selain Indonesia yang gue tempati tiap hari ini, cuman Malaysia sama Singapura yang cukup beruntung pernah dikunjungi sama gue. Gue ke Singapura udah 2 kali, yang pertama waktu kelas 9, dan yang kedua waktu kelas 10, itupun gak nginep karena udah dapet hotel di Batam dan ke Singapuranya naik kapal feri. Sementara Malaysia, baru beberapa bulan lalu, tepatnya akhir Januari, sama rombongan kantor Ayah gue, berangkatnya pun sama salah 1 agen travel, jadi selama 3 hari Malaysia kedatangan 4 bis yang berisi rombongan dari Indonesia. Selain 3 momen itu, sisa hidup gue yang udah 17 tahun ini dihabiskan di Indonesia, rata-rata di pulau terpadat di dunia (Pulau Jawa) dan kadang juga di pulau yang katanya paling bagus di Asia (Pulau Bali).

Keluarga gue bukan tipe keluarga Kerajaan Brunei yang tiap liburan semester bisa jalan-jalan keliling Eropa atau malah bertamasya ke Planet Mars. Tapi, gue udah cukup bersyukur bisa ke Singapura sama Malaysia juga. Baru ke 2 negara itu aja, gue udah ngebet pengen ngerubah Indonesia. Kalau dari Singapura, aduh entah yah, banyak yang bisa dipelajari dari Singapura buat Indonesia :( Yang udah pernah ke Singapura pasti deh punya keinginan Indonesia (minimal kota besar) bisa kayak Singapura.

Nah, kalau Malaysia, walau gue masih kesel gara-gara Malaysia ini yang ngalahin Indonesia di Final Piala AFF 2010, tapi gue masih menaruh hormat sama negara ini, apalagi di bidang pariwisata. Pas gue kesana, keliatannya negara ini niaaattttttt banget majuin pariwisatannya. Bis pariwisata dimana-mana, tempat wisata yang penuh gak cuman sama orang Melayu, India sama Cina Malaysia doang dan lain-lain. Selain KLCC (Kuala Lumpur City Center) dengan Menara Petronasnya yang keren, tempat lain yang bikin gue takjub itu di Masjid Putra, yang ada di Putrajaya, rada jauh dari Kuala Lumpur. Gue liat dari bis, Putrajaya itu sepi bener, jarang ada mobil ngelewat, tapi di Masjid Putra ini, gile dah, bis pariwisata dimana-mana. Dan kerennya lagi, bis pariwisata ini gak cuman ngangkut wisatawan Muslim doang, tapi banyak juga yang dari Cina, Jepang dan bule-bule dateng kesini, sama pengurus masjidnya juga udah disiapin semua hal supaya turis non-Muslim tetep bisa menikmati keindahan masjid ini tanpa ngeganggu salatnya orang Muslim.
Masjid Putra

Yah, sebesar-besarnya puja-puji gue untuk negara tetangga, tetep Indonesia masih lebih bagus di mata gue, dibalik segara kekurangannya (dan tentu Singapura sama Malaysia pun punya kekurangan masing-masing). Gue harap juga kelak Indonesia bisa belajar dari negara tetangga, terutama soal apa yang masih kurang dari negara ini. Ah iya, omong-omong soal Singapura yang kita (orang Indonesia) anggap sebegitu hebatnya, gue baca satu artikel yang mungkin bisa ngebuat elo pade menarik pikiran "Enak ya jadi orang Singapura..."

Cermin Kecil Bernama Singapura

Anyway, gue tentu pengen pergi ke negara lain juga diluar Singapura sama Malaysia. Ngeliat Istana Merah di Rusia atau ngedaki Gunung Kilimanjaro di Tanzania sana kayaknya bakal jadi pengalaman yang asik. Tapi, gue gak pengen keluar negri cuman buat piknik doang, ngabisin duit macem borjuis-borjuis pemilik lahan kopi zaman Preanger stelsel. Lebih dari itu, gue pengen menetap disana, dan diawali dari kuliah disana. Kalo kata orang Sunda mah, kagok edan.

"Aku tak ingin pergi ke Belanda hanya untuk memenuhi keinginanku bertamasya saja, melihat yang belum pernah dilihat dan merasakan yang belum pernah dirasakan" - Marah Hamli, buku Memang Jodoh karya Marah Rusli.

Oke, jadi, dalam 10 tahun ke depan, yaitu tahun 2026, gue udah berumur 27 tahun. Udah bertahun-tahun yang lalu dapet gelar S1 dan udah nikah (aamiin kwkwkwk). Kalo masih berdasarkan pikiran dan angan-angan gue ini, di umur segitu gue pengen udah dateng ke 3 negara, atau minimal 2 dari 3 itu lah. Syukur-syukur bisa kuliah dan tinggal disana ntar.

Jerman
Kayaknya, hampir semua orang di dunia ini pengen ke Jerman, minimal buat bertamasya. Begitu pun gue, semenjak tertarik sama Bahasa Jerman dari kelas 9 (dan ironisnya belom bisa sampai sekarang), gue menyimpan asa buat kuliah disana suatu saat. Di awal masa SMA, gue pelan-pelan mulai melupakan Jerman karena ternyata di sekolah gue bahasa asing yang dipelajarinya itu Bahasa Inggris sama Bahasa Jepang, bukan Jerman. Tapi di kelas 12 ini, gue 'melek' sekali lagi soal Jerman semenjak Edu Fair, pameran pendidikan di sekolah gue. Dari situ gue jadi pengen kuliah di Jerman, mulai melupakan SBM ITB, tapi karena belum diizinin kuliah S1 di Jerman (karena biaya hidupnya bisa bikin gila sampai ganti ketua rt 2 kali, walaupun biaya kuliahnya gratis) jadi gue mulai menatap lagi mimpi SBM ITB dan bercita-cita S2 di Jerman. Dan dari survei kecil-kecilan dan gak niat, gue udah nemu 1 universitas yang bisa jadi tempat gue menuntut ilmu di 10 tahun ke depan : Friedrich-Alexander University, Erlangen-Nuremberg. Gue sendiri pengennya ambil yang di Nuremberg, biar deket ke Herzogenaurach, tempat dimana kantor Adidas pusat seluruh dunia berada.
Dapet fotonya yang di Erlangen semua.

Jurusannya sendiri, entah yah... Gue pernah sekali waktu liat semua jurusan S2 yang ada di Nuremberg sana, dan gue menemukan yang cocok, tapi sialnya gue lupa apa namanya karena pencarian itu sendiri udah dari bulan November lalu (gimana mau inget, kejadian kemaren aja gue suka udah lupa). Intinya, yang berhubungan dengan bisnis, entah itu marketing atau sports management, lupa. Gue harap juga nanti dapetnya beasiswa, yah, walau kuliahnya gratis, tapi biaya hidupnya gile. Apalagi Nuremberg itu masih di wilayah Bavaria, masih 1 wilayah sama kota Munich, kota yang biaya hidupnya paling mahal di Jerman, gue gak tau ini ada hubungannya apa nggak, tapi ya begitulah. Kita gak bisa ntar marah-marah ke penjaga toko "Di daerah saya, air mineral ginian mah lima ribuan juga kadang dapet dua !! Mahal amat sih disini". Sebenernya bisa aja sih kayak gitu, tapi paling kita berakhir dengan dideportasi ke negara asal atau ditempatkan sama gorila di Kebun Binatang Berlin.

Mungkin ada yang masih bingung, kenapa Nuremberg? Kenapa Adidas? Yah, karenaaa, gue entah kenapa pengen banget kerja buat Adidas, lebih-lebih Adidas pusatnya langsung. Dan gue pilih Nuremberg gara-gara pas gue iseng liat-liat info magang di adidas.com, banyaaakkkkk banget kesempatan magang di Herzogenaurach, kantor Adidas pusat, dan setelah gue cari, ternyata Herzogenaurach itu deket sama Nuremberg, jadi ya gitu deh. Dan gue juga gak tau kenapa tiba-tiba pengen kerja di Adidas, produk buatan Paman Adi Dassler ini lebih memikat gue dari Nike sama Puma, pesaing utama Adidas. Walaupun beberapa orang udah tau kalo gue pengen bikin usaha sendiri, tapi seenggaknya, kalo misalkan harus kerja dulu cari pengalaman dan modal, gue pengen kerja di Adidas gitu lohhh. Karena nantinya perusahaan gue bergerak di bidang yang gak beda jauh sama Adidas, walau tentu buat nyamain Adidas mungkin perlu puluhan tahun, atau mungkin juga bisa bersaing sama Adidas dkk. pas gue udah meninggal dan perusahaannya dipegang sama anak cucu gue. Setidaknya berusaha.

Dan kalo ada yang nanya "Kal naha ih ke Jerman teh ambil jurusan ekonomi, da asanamah Jerman teh bagusnya di bidang teknik sama kedokteran siah" atau "Kal naha ke Jerman teh malah ambil di Nuremberg? Naha gak Aachen (kuliahannya Pak Habibie) atau di Muenchen (katanya sekolah teknik nomor 1 di Jerman ada disini), kan bagusan disana meureun". Kalo ada yang nanya gitu, gue cuman bisa jawab "Nya atuh da aing teh IPS :(" lalu berhuhu-huhu bareng. Kalaupun gue IPA, mungkin gue bakal tetep pengen kuliah di Jerman, dan mungkin bakal ambil di Aachen atau Muenchen juga. Kalau kerja di Jerman pun, gue kayaknya bakal milih perusahaan mobil terkenal disana, macem BMW (Bayerische Motoren Worke), Audi, Volkswagen atau Mercedes-Benz.

Salah satu temen gue sendiri ada yang tinggal di Jerman. Namanya Nadim, temen SMP gue, dia pindah ke Jerman waktu kelas 8, ikut Ayahnya yang kerja disana, dia tinggal di Bremen sampai sekarang. Tapi, walau tinggal di Jerman, anehnya ini si Nadim tetap ngindon :( Gak di Path, gak di blog, gak di line, ngepostnya pake Bahasa Indonesia mulu, ngepostnya pun rata-rata soal Indonesia (nonton Persib, nunjukkin duit recehan goceng sama dua ribuan, Chelsea Islan, dll), walau jelas pernah dia ngepost soal sekolah disana gimana atau cerita dia lagi nonton pertandingan basket atau sepak bola di Bremen sono. Tahun lalu, dia 'liburan' ke Indonesia dan ngabisin waktu sama gue dan temen-temen yang lain di sekitar SMP gue, daerah Alun-Alun. Dan, pas main futsal pun, dia pakenya jersey Persib...

Ya sudahlah, mungkin terlampau nasionalis.

Ah iya, satu hal lagi, gue udah hapal lagu kebangsaan Jerman loh. Awalnya gue kira anthem Jerman itu paling keren satu dunia, ternyata Prancis lebih keren lagi heuheuheu.

Italia
Kalau Italia, gue cuman punya 1 kota yang pengen gue datengin (wajib malah) : Milan.

Hal yang gak aneh kalau gue pengen ke Milan cuman gara-gara klub sepak bola. Iya, gue adalah fans AC Milan sejak 2005, sejak AC Milan kalah dari Liverpool di Final UCL 2005 yang diadain di Istanbul dan katanya termasuk Final UCL terbaik sepanjang sejarah. Awalnya, sebagai anak kelas 1 SD tahun 2005 itu, gue ngefans sama AC Milan gara-gara waktu main Winning Eleven di PS1, gue sering pake AC Milan dan Dida (kipernya waktu itu) mainnya bagus bener, gak ngerti lagi, dari situlah gue mulai jadi fans AC Milan sampai sekarang. Sebagai fans, jelas kalau dateng dan nonton pertandingan langsung di San Siro adalah kewajiban buat seluruh Milanisti (eaea). Walaupun San Siro itu milik bersama (AC Milan sama Inter Milan) tapi bagi gue penyebutan San Siro masih lebih enak dibanding Giuseppe Meazza (cara fans Inter nyebut San Siro).

Selain ke San Siro, gue gak tau mau kemana lagi di Italia. Mungkin ikut-ikutan tempat wisata bagus di Italia yang diambil dari internet, atau mungkin jalan-jalan capruk aja sampe nyasar dan nemu gapura bertuliskan "Anda memasuki wilayah Kabupaten Boyolali". Ah iya, gue pengen juga ke Casa Milan, semacam museum tempat sejarah kejayaan AC Milan dipajang disitu. Kalo diliat di Instagramnya AC Milan sih, keren banget :(

Gitu deh Italia mah. Milan weh jeung Milan.

Saudi Arabia
Ini nih yang mungkin rada janggal,

ngapain ke Arab Saudi, Kal? Jadi TKI?

Bukan.

Terus ngapain?

Ke Mekkah lah :( Kamu gak ngerti aku *lalu nangis*.

Setiap Muslim pasti pengen dateng ke Mekkah setidaknya sekali seumur hidup, setidaknya Umrah. Langkah pertama yang harus gue lakukan kalau pengen ke Mekkah adalah : yakin gue bakal kesana. Kemaren gue denger iklan kecil-kecilan di radio dari seorang Ustadz, dia bilang "Yang pertama kita harus yakin dulu, karena jika kita sudah yakin, niscaya Allah akan memampukan kita untuk pergi ke Tanah Suci" begitulah kurang lebih.

*******************************************

Mungkin saat ini baru 3 negara dulu aja yang pengen gue kunjungi waktu gue berumur 27 tahun nanti. Entah negara mana yang bakal bener-bener gue datengin pas umur gue 27 tahun ntar. Bisa aja ke Jerman, Italia, Arab Saudi atau bisa juga ke negara lainnya atau malah bisa juga keliling dunia. Siapa tau kan?

Intinya, berusahalah dari sekarang. Kalau mimpi ini gak ngebuat gue resah, berarti mimpi gue belom terlalu gede.

Gitudeh geleuh.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar