Satu Dua Dua

Oktober 31, 2016

Senin, 31 Oktober 2016. Jam 1 malam lebih 22 menit.

Sekitar 15 menit yang lalu, gue keluar kamar buat duduk di sofa depan TV lalu cuman diem dan main HP. Kebiasaan aneh yang suka gue lakukan waktu malem, apalagi diatas jam 12, beberapa waktu lalu bahkan gue pernah duduk di sofa depan kamar gue dan diem aja gak ngapa-ngapain, dari jam 1 sampai setengah 3 malem, terus masuk kamar dan tidur.

Yah, kehidupan kuliah gue udah mulai membaik sedikit-sedikit menjelang masuknya bulan November. Walau sebenernya belum sepenuhnya baik, tapi ya udahlah seenggaknya gak kayak minggu lalu atau 2 minggu lalu dimana gue (dan semua TPB SBM ITB) dibuat setengah gila dengan proyek bejibun yang ngebuat tiap hari pulang malem dan mulai lupa kalau tugas matbis adalah nyata.

Setelah eksibisi SBM selesai hari Jumat lalu, kali ini gue "cuman" ngurusin tugas simulasi bisnis dimana tiap kelas dibikin 2 perusahaan kecil-kecilan untuk lalu jualan sampai akhir November nanti, dan juga ngurus acara nonton bareng yang jadi salah satu agenda pertama Divisi Kekeluargaan SBM ITB 2019. Dan, gilanya, di kedua urusan itu, gue ketuanya.

Besok gue ada 3 pertemuan yang berkaitan tentang itu, dua diantaranya gue yang mimpin.

Dan gue bahkan belum tau mau bahas apa aja besok.

Belum lagi tugas matbis.

Sebenernya ada 4 pertemuan, tapi mungkin kumpul sama temen-temen TEC (unit enterpreneur di ITB) harus gue tunda karena gue lebih mementingkan proyek simulasi bisnis gue, dimana proyek itu ada di bawah naungan mata kuliah Introduction to Business yang punya bobot 4 SKS, jadi ya bye unit.

Omong-omong soal ketua, gue jadi inget salah satu omongan gue di kelas "Talk The Talk" perdana beberapa minggu lalu. Disana gue bilang, bahwa salah satu masalah terbesar gue adalah, gue kaku kalo jadi pemimpin, tapi gue selalu ingin mimpin. Kaku disini maksud gue adalah, ya gitu, gue bisa ngebuat orang yang gue pimpin percaya bahwa gue bukanlah pemimpin yang mereka pengen. Walau seiring waktu proyek yang gue pimpin jalannya lancar-lancar aja, tapi tetep aja gue masih harus belajar banyak banget buat mimpin lebih banyak orang.

Mulai dari jadi Kadiv Logistik buat Wisokto SBM beberapa waktu lalu, gue kurang komunikatif sama anggota jadi ya gitulah untung lancar jaya sampe hari H. Dan, Adib nunjuk gue jadi ketua acara nobar timnas yang diadain Divisi Kekeluargaan SBM 2019, dimana besok adalah kumpul perdana panitia yang udah daftar dan gue juga diminta tolong untuk buat proposal sponsor yang bahkan gue aja bingung isinya mau kayak gimana. Terus ketiga, gue gak tau kenapa kepilih jadi CEO perusahaan simulasi bisnis kelas gue, bareng si Rais. Dan gue rasa, kekakuan gue kalo mimpin keliatan banget di simbis ini.

Dari jadi CEO ini, gue sadar satu hal :

Gue bukanlah perencana yang baik.

Ini baru gue sadar tadi sore, setelah bendahara gue nanya-nanya ke gue soal laporan keuangan yang dikumpulin besok dan gue bingung harus jawab apa, belum lagi blablabla nya soal apa yang mau kelompok gue jual. Beruntung gue punya Isaac dan Hasyim yang inisiatifnya cukup gede buat melakukan sesuatu yang produktif di grup, karena gue gak terlalu banyak omong.

Karena kelompok gue jualan makanan, dan gue jujur aja gak tau banyak soal dunia kuliner.

Makanya gue jarang ngomong di grup.

Maafkan daku :(

Kekakuan gue tercermin banget dari apa yang udah kelompok gue lakukan. Disaat yang lain udah matengin ide bisnisnya, kelompok gue bahkan udah ganti ide bisnis untuk kali ketiga minggu ini, dan itu pun belum dapet nama dan logo perusahaan, disaat yang lain udah bikin akun Instagram khusus perusahaan dan followersnya udah hampir sampe 300 orang.

Kelompok gue bahkan belum nentuin packagenya, tempat jualannya, harganya, namanya, logonya, dan segelintir hal kecil lainnya yang penting banget buat simbis ini. Dan gue percaya itu semua karena gue, karena gue berpikir kesuksesan kelompok berawal dari kepala, lalu lanjut ke kerja sama tim.

Percuma kerja sama tim udah bagus tapi kepalanya cuman bisa bengong kayak orang bego, gak tau harus ngapain.

Dan itu gue sekarang.

Dan semoga bisa dirubah.

Harus sih sebenernya.

Gimana mau lulus dari jurusan Kewirausahaan kalo gak punya skill mimpin.

Yaudah, Bismillah aja.

Senyumin aja.

Doain aja semoga semua pertemuan besok berjalan lancar dan proyek gue lancar sampe akhir.

Dan semoga matbis gue minimal dapet AB. Atau B deh buat semester 1 ini.

Good thing takes time.

Wassalam.

You Might Also Like

2 komentar