Allvane

Desember 27, 2016

Sejak gue SMA kelas 10 sampe sekarang udah kuliah, ada yang berubah dari gue. Bukan, gue udah gak jomblo lagi sekarang *nyawerin dana umum monopoli* dan bukan juga soal gue yang masih sama-sama suka nyemilin makanan kura-kura gue. Tapi, dari SMA sampe sekarang gue masih sama-sama dipercaya buat ngurus pembuatan jersey tim. Waktu SMA kelas 10 dan 11, gue jadi salah satu yang paling peduli dan yang paling banyak ngurusin soal jersey kelas buat Liga TB sampe-sampe gue pernah debat sama beberapa temen gue waktu kelas 10 karena banyak yang nganggep gue ribet soal desainnya padahal guenya sendiri gak bisa desain huehehe. Kelas 11 juga sama, gue ngurusin jersey kelas gue buat Liga TB juga, dimana akhirnya jersey lucu yang warnanya pink dan punya logo rusa serta logo Simpang Raya di bagian belakang itu jadi sesuai keinginan semua anak kelas walau lagi-lagi, gue sempet debat dikit sama si Onal soal desainnya. Dan di kuliahan kali ini, lagi-lagi gue (Alhamdulillah) dipercaya ngurus pembuatan jersey, kali ini skalanya lebih gede, jersey buat seangkatan. Jersey ini dibikin buat TPB Cup di ITB yang bakal mulai beberapa bulan lagi. TPB Cup itu jadi semacam kompetisi olahraga buat anak-anak TPB di ITB gitu lah, jadi tandingnya per fakultas, bukan per himpunan kayak di Olimpiade KM ITB. Katanya sih, gengsi TPB Cup ini gede banget, dimana anak FTTM sama FTMD udah terkenal banget sama kesolidannya dukung fakultas mereka di TPB Cup ini. Ya jadi gitulah.


Balik lagi ke jersey. Waktu gue SMA dulu, gue cuman dipercaya ngerekap data pemesanan jersey buat temen-temen sekelas, buat nanti diserahin ke temen gue yang ngurusin ke si vendor yang ngebuat jersey kelas gue. Nah, di kuliah ini gue dapet tugas yang lebih [WOW]. Selain ngerekap data pemesanan jersey angkatan, gue juga dipercaya buat datengin langsung si vendor pembuat jersey angkatan gue ini, hal yang belom pernah gue lakukan waktu SMA dulu. Setelah nanya sana-sini bertapa gono-gini buat nyari vendor yang sesuai, akhirnya kepilihlah 1 vendor jersey yang asalnya dari Bandung. Namanya Allvane, ini adalah apparel jersey yang punya merek sendiri, jadi mereka kalo buat jersey pasti make logo Allvane, bukan logo nayki-naykian atau puma-pumaan kayak yang sering ada di vendor kaos pinggir jalan. Sebenernya, ada 4 orang yang ngurusin jersey angkatan ini: gue, Adib sama Faiz ngurusin pembuatan dan Teddy ngurusin desain. Tapi berhubung cuman gue doang yang masuk Paguyuban Mahasiswa Yang Liburan di Rumah Aja, jadi gue dapet tugas datengin tempat produksinya Allvane buat nanya-nanya soal pembuatan jersey angkatan gue.

Tempatnya sendiri gak terlalu jauh dari wilayah dinasti kejombloan gue waktu SMA dulu, yaitu di sekitaran Jalan Cikutra, deket tempat futsal YPKP dimana dulu gue sering futsalan disini sama temen-temen SMA. Tadinya gue mau ke tempatnya jam 11an, abis gue lari pagi rada siangan di Lapangan Gasibu, tapi yang jadi masalah adalah gue gak jomblo tapi kok sendirian ternyata nyari tempatnya gak semudah mengayomi warga kelurahan biar mau berhenti mikir bahwa ikan lohan peliharaan warga itu doyan dikasih rendang buat sarapan *oke ini susah*. Gue rada bingung waktu nyari jalannya, gara-gara di posternya, alamatnya adalah Jalan Sukarapih VI tapi gue gak nemu jalan itu sama sekali dan malah nemu Gang Sukarapih V, itu pun gue ragu masuk ke gangnya, ragu waktu keluar gang gue udah dihadang netizen Namibia buat dijadiin persembahan dewa api. Akhirnya, gue pulang dan berencana nanyain tempatnya ke si akang-akang Allvane nya langsung.

Dan sekitar jam setengah 8 malem tadi, gue caw lagi ke tempatnya setelah nanyain ke si akang-akangnya, dan bilang katanya mau jemput gue di tempat gue sempet berhenti dan bingung tadi siang. Dan ternyata bener, tempat gue sempet berhenti dan bingung tadi siang itu (Gang Sukarapih V) adalah tempat produksi nya Allvane, rada masuk gang dikit sih, untungnya gue gak bawa elang kesayangan kesana karena gue bingung mau markirin elang gue dimana dan gue takut juga elang gue malah jadi atraksi warga RT setempat.

Disana, gue kenalan sama Kang Mylah, salah satu pekerja di Allvane, masih kuliah juga dan umur dia kayaknya gak beda jauh sama gue. Gue dibawa ke tempat produksinya Allvane yang ternyata masuk gang kayak yang gue bilang tadi. Gak banyak orang yang ada di tempat produksi Allvane itu, gak tau lagi pada libur atau gimana, dan cuman ada beberapa mesin jahit sama satu ruangan gede isinya kain semua yang ada di rumah kecil yang gak keliatan kayak tempat produksi itu waktu gue kesana, sampe-sampe gue kaget apparel dengan tempat produksi sekecil ini bisa jadi apparelnya Persebaya Surabaya, dan mulai dari situ gatau kenapa gue mulai kagum sama Allvane ini.

Gue nanya macem-macem ke si Kang Mylah ini, mulai dari bahannya, desain, lama pengerjaan, harga sampe gimana rasanya ditinggal waktu lagi sayang-sayangnya beberapa tambahan khusus kayak lengan panjang, celana panjang dan lain-lain. Tapi fokus utama gue waktu itu adalah nanya bahannya. Tapi tenang, gue bukan nanya bahan ujian kok, tapi bahan jerseynya karena jujur aja gue baru pertama kali dateng ke tempat produksi jersey kayak gitu dan masih suka bingung sama bahan-bahan jersey, gue sengaja nanya macem-macem biar gue angkatan gue gak kecewa dan sekalian belajar juga gara-gara nanti gue pengen kayak bikin merk olahraga sendiri kayak Allvane juga.

Dari hasil penyelidikan gue soal bahan jersey yang kayaknya saking banyaknya pertanyaan gue sampe-sampe ngebuat si Kang Mylah ini pengen alih profesi jadi tukang lem stik pinggir jalan, gue dapet banyak ilmu dan beberapa kesimpulan. Buat pertama kalinya, gue jadi tau banyak bahan jersey kaya polimesh, pique, serena, benzema, bilabong sampe gula aren drifit. Dan dari situ juga, gue tau kalo mau bikin jersey yang ada pritingnya itu bagusnya pake bahan polymesh atau serena gara-gara gak ada pori-porinya jadi hasil pritingnya lebih jelas. Dan gue juga jadi tau kalo ternyata serena punya 2 jenis bahan, serena yang tipis dengan tekstur lembut sama serena yang rada tebel dengan teksturnya rada kasar. Juga akhirnya gue tau dan bisa bedain mana Print n Cut yang biasanya buat logo dan mana polyflex buat sponsor dan nameset. Karena di dunia perkainan ori (Nike, Adidas, Puma dan antek-anteknya) jarang banget kayaknya jersey yang make Print n Cut buat logo sama namesetnya, biasanya pake polyflex, velvet, rubber kayak jersey Player Issuenya Nike atau bordir sekalian, Print N Cut biasanya dipake sama jasa-jasa remake nameset atau sponsor buat jersey bola, atau ya ini dipake buat pembuatan jersey tim.

Tapi sayang karena ingatan gue yang kayaknya makin kacrut sejak stress UN beberapa bulan lalu ngebuat gue sering banget nanya pertanyaan yang sama, apalagi soal bahan, karena jujur aja gue masih suka bingung bedain bahan jersey jadi entah udah berapa puluh kali gue megang suatu jersey yang ada disana dan nanya "Kang ai ini teh bahan polymesh / benzema / serena / dll kan?". Untung aja si Kang Mylah (dan sobinya yang lagi ngejait di deket kita kadang ngeliatin gue di beberapa pertanyaan) masih sabar ngadepin pertanyaan gue yang rata-rata gak beda jauh, mungkin kalo mereka udah gak sabar, Allvane ini bakal gulung tikar, usaha lem stik yang tadi gue bilang juga bakal gulung tikar dan akhirnya si Kang Mylah dan sobi jaitnya banting stir jadi jasa tepokin nyamuk. Dan kesabaran Kang Mylah juga lebih terbukti lagi waktu ada segerombolan adik-adik yang kayaknya masih SMP-SMA dateng rame-rame. Awalnya gue kaget, gue kira mereka dateng buat ngebakar gue hidup-hidup karena gue nyoblos RT nomor urut 2 padahal pernah janji mau milih RT nomor urut 1 *lah padahal beda RT kan ya*, tapi ternyata mereka dateng buat komplain kecil-kecilan soal warna di jersey mereka yang agak kurang aduhai, jadi mereka pengen produksi ulang. Kang Mylah bilang paling Allvane bakal produksi lagi tanggal 3 Januari, sementara adik-adik itu katanya mau ada tanding futsal besoknya kalo gak salah, jadi si Kang Mylah bilang kalo besok Allvane bakal minjemin mereka jersey sementara buat maen, sambil nunggu Allvane buka produksi lagi. Setelah semua puas, akhirnya mereka semua pulang dan gue masih utuh gak kebakar.

Abis itu, gue lanjut nanya-nanya lagi ke Kang Mylah, masih soal bahan dan kadang nanya soal kejadian adik-adik tim futsal tadi, si Kang Mylah sempet curhat kalo dia suka sama cewe yang gaperna bales chat tapi aktif di Instagram emang lumayan sering nerima komplain kayak gitu, terutama soal cacat jersey, kalo kayak gitu Allvane biasanya produksi ulang buat unit yang cacat itu dan ngejual yang cacat tadi dijual, karena katanya ada aja yang mau beli, walaupun masih ada nama orang yang gak kita kenal. Gue jadi inget Rian Arisasi, salah satu sepuh jersey asal Jogja yang pernah sekali waktu ngelelang satu unit jersey tim pesenan yang cacat dengan nama orang dan laku dengan harga yang lumayan, dan yang menang lelang itu namanya beda sama nama yang ada di jerseynya. Misalkan gue Haykal, menang jersey tim futsal random yang namanya Supendi. Gue kadang gak paham juga kalo menang gituan, jerseynya dipake buat apa.

"Ya buat main futsal lah Kal masa buat nanak nasi" kata salah satu netizen yang mulai kesal.

Tapi gapapa sih kalo jersey cacat bernama itu dijual, siapatau lewat situ si pemenang jersey cacat itu bisa ketemu langsung sama si pemilik nama di jersey itu dan ber-uwuwu sampe akhirnya bisa bikin FTV sore yang judulnya: Lewat Jersey Kita Bertemu.

Ya jadi begitulah. Abis gue kayaknya udah yakin bener bisa bedain bahan-bahan jersey dan udah ngerti Print n Cut dan sobi-sobinya, akhirnya pertanyaan gue mulai agak personal. Bukan, gue gak nanya "Kang ai si mamah apa kabar?" atau "Kang kalo aku beliin bunga maunya warna apa?" kok, tapi personal disini maksudnya personal buat Allvane, bukan buat si Kang Mylah. Pertanyaan pertama gue adalah soal mesin press baju, atau mesin DTG namanya kalo gak salah. Sebagai tempat produksi yang udah berhasil jadi apparel Persebaya Surabaya, tentu mereka punya mesin press sendiri, dan dari pertanyaan mesin press itu bahkan gue diajak ke lantai 2 rumah itu, yang bahkan gue baru tau bahwa rumah itu lantai 2 setelah ngira cuman selantai doang. Di lantai 2 itu, barangnya lebih sedikit tapi sama berantakannya kayak lantai 1. Ada meja gede banget kayak buat nyunatin gajah naro segala macem jersey produksi mereka buat di data, ada juga papan tulis gede yang isinya semua data pesenan ke mereka, mulai dari deadline, jumlah pesenan sampe lokasi pemesan. Disitu juga ada beberapa ruangan kecil yang dipake buat ngaso pegawai Allvane, dan tentu ada mesin press yang gue tunggu-tunggu penjelasannya ini.

Entah buat yang ke berapa kalinya, gue dapet penjelasan bahwa mesin press baju itu harganya di kisaran 3-5 jutaan buat yang ukuran kecil atau ya medium lah (muat buat masang nama atau nomer doang), gue juga dikasih tau berapa watt yang kira-kira dipake buat mesin press ini, cara ngepressnya gimana, waktu dan suhunya berapa sampe gue dikasih tau bahwa ada mesin press ukuran gede yang langsung muat 1 baju. Tapi gue sangat menyayangkan bahwa ternyata mesin ini gak bisa ngepres pengeluaran gue selama sebulan.

*anak-anak yang tadi dateng lagi*
*akhirnya dibakar beneran*

Dan abis dapet penjelasan soal mesin press, pertanyaan gue mulai kemana-mana lagi tapi masih belom nanya warna bunga kesukaan dia. Gue nanya soal kapan dan gimana Allvane ini bisa ada sampe akhirnya dengan sabar Kang Mylah menuturkan sejarah Allvane ini buat gue, di lantai 2 rumah itu, yang untungnya gak diiringi musik mellow dari India. Dia bilang, kalo Allvane ini didirikan pertengahan 2015, sama temennya si Kang Mylah namanya Althif kalo gak salah. Si Kang Althif ini dulunya jualan jersey kawe sebelum akhirnya ada temennya yang nanyain apakah dia bisa bikin setelan jersey tim futsal, Kang Althif pun dengan nekatnya jawab bisa disaat bahkan waktu itu dia masih bingung nyari vendor jersey dan bahan-bahan. Gue gak tau apakah pesenan dari temennya itu jadi apa nggak, tapi katanya abis itu, si Kang Althif ini keliling kesana-kemari nyari tempat yang jual bahan-bahan jersey dan bahkan sempet ikut kursus ngejait 2 bulan lamanya. Gak lama dari situ, dia bikin Allvane dengan beberapa pegawai dan cuman punya 1 mesin jait waktu awal-awal (sekarang udah 4-6 mesin jait kalo gak salah). Tapi, dia bilang kalo gimana pun, Allvane masih harusnya berkembang lebih lagi dengan alasan mereka masih numpang di tempat lain buat bikin jersey printing.

Tapi buat gue, perusahaan jersey asal Bandung yang baru ada 1.5 tahun dan udah berhasil ngegaet klub dari Jawa Timur sana (Surabaya) udah ngebuat gue kagum, ya walau Persebaya sekarang statusnya gak jelas. Tapi tetep aja gue kagum, karena kalo misalkan gue bikin perusahaan apparel sendiri, klub pertama yang gue targetin pasti klub kecil dari Jawa Barat dulu kayak PSGC Ciamis, Persikabo Bogor atau mungkin PBR Bekasi kalo masih ada dan baru mau nyoba Persib Bandung sebelum akhirnya bener-bener keliling Indonesia, doain aja.

Di tengah-tengah obrolan gue sama Kang Mylah, bapak founder Allvane alias Kang Althif datang. Gue pun dikenalin ke Kang Althif sambil bilang kalo gue mau mesen buat jersey angkatan, dari ITB. Si Kang Althif ini langsung bilang kalo dia juga pernah dapet orderan dari anak ITB beberapa tahun lalu, tapi lupa dari fakultas apa, terus katanya emang kalo anak ITB mesen, langsung ratusan unit karena emang biasanya buat seangkatan. Ya gitulah basa-basi pria abis itu dia pergi ke lantai 1 gatau mau ngurus apa. Dari yang gue liat, Kang Althif ini orangnya baek, dan masih kuliah, gak tau dimana jurusan apa tapi kayaknya angkatan 2013. Tapi yang penting, Kang Althif ini sama-sama demen jersey kayak gue dan sekilas mukanya mirip sama Kang Syahrul Mubarak, salah satu sepuh jersey Bandung yang koleksiannya udah ngeri-ngeri sampe pernah masuk TV gara-gara jersey koleksiannya.

Beberapa saat kemudian, gue sama Kang Mylah turun lagi ke lantai 1 karena obrolan lantai atasnya udah beres, dan gue juga sekalian mau balik karena gak baek anak bujang maen di rumah anak bujang laen yang baru kenal malem-malem, takut nganu. Waktu gue ke bawah, si Kang Althif ternyata lagi masak emih dong bete juga aing liatnya kirain teh mau ngapain tadi :(( Dia bahkan nanyain "Kang udah makan belom?" ke gue dan sempet nawarin buat bikinin gue emih juga kalo misal gue laper. Walau gue jawab gak laper, tapi seenggaknya pertanyaan udah makan belom dari akang-akang Allvane ini ngebuat gue ngerasa gak jomblo lagi setelah berhari-hari ditinggal pacar ke Surabaya :')

Hehe hehe hehe.

Abis itu, gue langsung pamit ke Kang Mylah dan Kang Althif sambil bilang bahwa gue bakal konfirmasi pesenan ke Allvane dalam beberapa hari ke depan, karena emang sekarang ini gue lagi buka pemesanan jersey ke angkatan gue, nunggu ditutup tanggal 31 Desember ntar. Gue bilang juga nanti kalo ada apa-apa kayak rindu tak tertahankan konfirmasi bahan jersey yang fix dan laen-laennya, gue bakal kesana lagi sama Faiz yang hari ini masih ada di Malang sampa tanggal 3, dia juga bilang oke dan kalo ada apa-apa, gue tinggal kabarin aja via watsap.

Fix sih udah kayak pacaran, untung dia gak bilang "Kalo kangen tinggal telpon aja ya". Serem juga.

Abis itu, gue pulang. Udah jam 9 kurang dikit waktu gue pulang tadi. Dan gak tau kenapa, gue seneng banget abis study tour kesana. Entah gue baper karena ditanyain udah makan apa belom atau gue seneng akhirnya bisa dateng ke production housenya suatu apparel, tapi pada intinya gue pengen suatu saat punya tempat produksi jersey juga, apparel sendiri dengan nama dan logo buatan gue sendiri, ya kecuali kalo ada yang mau bantu gue bikinin logo yang bagus karena otakku hampa ilmu desain :( Ya, doain aja suatu saat gue bakal punya apparel olahraga sendiri dan bisa ngeramein persaingan apparel lokal kayak Allvane, MBB, Injers, Specs, League, DJSport, 90minutes, Sembada dan laen-laennya sehingga produk lokal bisa bersaing sama produk luar kayak Adidas ama Nike, tapi tetep sih GrandSport dari Thailand adalah panutan gue sekarang ini, selain Adidas ama Nike tentu.

Yah, gue dari dulu emang memutuskan buat bikin merk sendiri sebagai penolong gue buat menghidupi kura-kura dan jadi penolong biar gue bisa lulus 3 taun di Kewirausahaan SBM ITB tahun 2019 ntar. Karena ya, gue udah 'keracunan' sama bidang ini dari gue kelas 3 SMP, dan gue gak kepikiran bisnis bidang lain kayak kuliner karena emang gak terlalu paham juga, masak aer aja gosong gue mah. Jadi ya, doain aja beberapa waktu ke depan apparel gue udah berhasil didiriin dan gue berhasil dapet target pertama gue sebagai sebuah merk: menang vendor jersey semua (atau minimal setengahnya lah, yang berarti 6 atau 7) fakultas ITB buat TPB Cup di beberapa tahun mendatang.

Ada aamiin?

Wassalam.

You Might Also Like

2 komentar