Lika-Liku UTS Semester 2 : Matbis

Februari 27, 2017

Yak, hari ini adalah hari UTS pertama di semester 2 ini, dimana UTS semester kali ini sistemnya gak bakalan beda jauh sama UTS semester 1 kemaren, dimana jadwal UTS dipadetin dalam seminggu, beda sama fakultas lain di ITB dimana mereka UTS-nya lama tapi cuman tiap hari Sabtu doang. Di semester 2 kali ini, ada 4 mata kuliah yang ada UTS-nya, dan dilaksanakan 4 hari berturut-turut yang berarti 1 hari 1 mata kuliah. Hari pertama sendiri ada matbis alias matematika bisnis, mata kuliah yang paling gue benci di semester 1 tapi jadi mata kuliah yang gue benci kedua di semester 2 ini setelah statbis. Karena setelah berjuang mati-matian supaya gak ngulang matbis semester 1 (dan akhirnya berhasil gak ngulang), gue akhirnya bisa merasakan nikmatnya ngerti matbis di semester 2 ini, karena emang materi matbis semester 2 ini gak sesusah semester 1. Waktu semester 1, gue bener-bener gak paham sama sekali setiap materi matbis, walau gue tiap kelas selalu duduk paling depan dan merhatiin dengan mode fokus 100%, tapi tetep gak ngerti, gue aja yakin gue bisa gak ngulang gara-gara gue deket dan sering nanya sama dosen matbis kelas gue, Bu Gantina, yha walau abis nanya tetep gak ngerti huhu pengen cri aja setanah petak pertanian :(

Tapi buat matbis di semester 2 ini, gue mengalami peningkatan yang lumayan karena gue jadi ngerti setiap materi matbis dari awal sampe sekarang ini, yang ngebuat gue gak harus cari-cari guru les yang biasanya temen gue sendiri buat ngajarin gue sampe tangan mereka tiba-tiba pindah ke punggung gara-gara kelamaan ngajarin gue karena gue adalah tipe yang lama banget ngerti soal matematika. Tapi kali ini, alias tadi malem, gue bener-bener belajar matbis sendiri, dan gue lancar-lancar aja gak ada halangan waktu ngerjain soal Tutorial Week tiap minggunya, dimana tiap TW materinya beda-beda. Kemaren dari siang sampe malem, gue bener-bener ngerangkum hampir semua materi matbis buat UTS tadi, abis itu ngerjain soal Tutorial Week sesuai kebutuhan aja karena gak semua soal di Tutorial Week itu bakal masuk ke UTS nantinya. Yha gue kadang-kadang nanya sih ke temen gue kalo ada yang masih gak ngerti, tapi kebanyakan gue coba ngerjain sendiri, mengandalkan catatan gue yang kalo diliat bisa bikin Bambang Pamungkas mau alih profesi aja jadi petani kangkung saking jarang ada faedahnya, malah kebanyakan gue nulis "DIHAPUS WOY" atau "DIHAPUS WKWKWK" atau "GATAU KERJAIN NDIRI AJA" karena gue terlalu sering mengalami kejadian papan tulis dihapus waktu lagi nyatet materi.

Ekspresi gue waktu lagi nyatet tapi tiba-tiba dihapus.

Akhirnya, gue pun sempet ketiduran sekitar jam 11-12 malem buat akhirnya kebangun lagi jam 4an, yang gue pake buat lanjut belajar lagi biar makin aselole sama semua materi matbis ini. Walau gue yakin kali ini gue bisa, tapi gue tetep gabole ngeremehin matbis karena gue tiba-tiba inget nilai gue semester lalu yang jebloknya minta jus apel itu *loh kok udah jelek malah nuntut?!*, jadi gue harus tetep berusaha dan Bismillah biar ya seenggaknya semester ini matbis gue dapet AB atau BC lah, gak kayak semester lalu dimana harapan gue adalah semoga matbis gak ngulang ehe ehe ehe sebua peningkatan.

Ujian sendiri mulainya jam set8 pagi, dimana gue sendiri kebagian di kelas 2A, dan ternyata temen sekelas gue buat UTS kali ini adalah temen sekelas gue semua di kelas PRD. Gue sendiri dateng sekitar jam 7.10, atau 20 menit sebelum ujian dimulai, dimana kelas belum terlalu rame waktu itu jadi gue bisa milih bangku di deretan pojok belakang. Waktu sampe kelas, gue belajar lagi, bukan belajar sih, liat-liat catatan sambil bahas beberapa materi yang gue masih gak ngerti ke temen gue yang ngerti kayak Baba atau Hansen. Pengawasnya telat sekitar 3 menit waktu itu HEHE BODO AMAT YA ALLAH 3 MENIT DOANG. Dan setelah gue telaah dan melakukan serangkaian penelitian yang melibatkan Badan Intelejen dari 18 negara, gue berkesimpulan bahwa kakak pengawas ini dari FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB, karena wajahnya menunjukkan wajah ambisius ingin menghabisi soal dan mencoba menguasai dunia lewat angka, dan mukanya sendiri mirip kalkulator HEHE GAK DENG. Pengawas ujian matbis emang biasanya dari fakultas lain yang kayaknya udah ditahbiskan jadi asisten dosen, kayak semester lalu dimana UTS matbis pengawasnya dari FMIPA kalo gue liat dari mukanya. Yha tapi intinya sapa gue lah cuman netizen pasrah doang bisanya cuma ngejudge.

Soal sendiri dibagiin, sekalian sama answer sheet yang warnanya oren itu. Sebelum buka soal, gue baca Bismillah dulu dan baca Pembukaan UUD 1945 doa semoga dilancarkan dan dimudahkan dan hasilnya memuaskan. Waktu gue buka soal, seperti biasa soalnya ada 10, dibagi jadi 2 bagian yaitu Bagian A sama Bagian B, dimana Bagian A ada 7 soal dan biasanya gampang atau yha seenggaknya lu bego kalo gabisa kerjain, dan Bagian B ada 3 soal dan semuanya soal cerita DAN TERNYATA SUSAH BGT WOY GILAK GUE GAK NGERTI APA-APA BENERAN DEH.

Beneran deh, gue tau gue bakal mampus waktu baca 3 soal di Bagian B. Karena walaupun cuman 3 soal, tapi mereka ini gak ada yang ikut program KB kayaknya, karena anaknya banyak, mungkin karena mereka masih mikir banyak anak banyak rejeki. YHA TAPI TOLONG YHA REJEKINYA BAGI-BAGI KE GUE DIKIT MAH :(

Karena mata gue udah berdarah duluan waktu liat soal Bagian B, jadi gue ngerjain soal Bagian A duluan, dimana gue hampir lancar ngerjain semua soalnya, walau ada yang sempet lupa dikit tapi ya seenggaknya masih bisa gue selesain 85% mah. Dari 7 soal Bagian A, gue lancar ngerjain 5 soal dan 2 soal sisanya butuh waktu merenung kepada semesta sampe akhirnya gue bisa ngerjain 2 soal itu di 20 menit terakhir. Setelah selesai ngerjain beberapa soal Bagian A, gue coba memberanikan diri baca soal Bagian B terus coba dikerjain. Gue baca berulang-ulang soalnya sampe isi otak gue cuman soal itu, dan abis baca berulang-ulang soalnya, gue akhirnya makin gak ngerti itu soal pengennya apa :( Padahal kalo intinya soal itu minta ditraktir nasi padang ayok dah sini gue ladenin, tapi sayang soalnya gak minta ditraktir nasi padang, tapi malah minta gue ngerjain anaknya yang bisa 3-5 itu.

Udeh Bu daripada bikin susah orang suruh ngerjain anaknya, mending masukkin pesantren aja tuh 3-5 anaknya biar jadi soal yang berguna bagi ummat.

Akhirnya, gue memberanikan diri buat nyalin soal Bagian B di answer sheet HEHEHE tapi abis itu nyoba inget-inget rumus yang pas buat tiap soal di Bagian B itu. Karena otak gue hampir meleleh, gue lanjut ngerjain beberapa Bagian A yang belom sempet gue kerjain, abis itu gue kerjain Bagian B lagi. Dimana akhirnya gue baru menemukan pencerahan di 10 menit terakhir, yha walau gak semua tapi lumayan daripada nulis soal doang. Tapi dari semua anak yang harus gue kerjain, paling cuman bisa gue kerjain 1-2 aja, itupun gak beres HEHE tapi udah lumayan sih. Akhirnya, gue ngumpulin soal sama answer sheet gue dengan pedenya, walau Bagian B gak keisi semua, dan memutuskan buat gak ngomongin UTS Matbis dulu karena rasanya kaki gue pindah ke ginjal saking pusingnya gue. Tapi entah kenapa, gue pede banget bakal dapet yha minimal 65 atau 70 buat UTS Matbis ini. Walaupun kerasa rendah, tapi sebenernya ini udah lumayan banget buat gue, karena di semester 1 gue dapet nilai 60 di kuis aja udah bikin tumpengan kecamatan kayaknya. Intinya, Bismillah aja sih dan pasrah diri dan berharap semoga nilainya sesuai atau malah lebih dari yang gue harapin.

Besok sendiri UTS Statbis, dimana gue aja jujur gatau mau belajar apa karena gak ngerti sama sekali :( Ini tadi gue juga abis UTS Matbis malah ke perpus buat ngaso bentar sambil laptopan karena masih mencari teman buat ngajarin statbis. Yha namanya juga idup.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar