Mager Membawa Berkah

Juli 28, 2018

Jadi, setelah kemaren gue cerita soal gue yang gak jadi gabut abis kelar UAS semester pendek karena ketemu orang baru, dimana di tulisan itu gue cerita tentang gue yang ngacak-ngacak tong sampah komplek ketemu temennya temen gue yang orang Kalimantan dan lagi dateng ke Bandung buat ikut seminar, dan abis seminarnya kelar dia minta gue anterin jalan-jalan keliling sekalian futu-futu di ITB, yang untungnya dia gak minta gue buat fotoin dia di lagi headstand di depan toilet Labtek 7, karena...

gue lupa Labtek 7 tuh gedungnya yang mana :((

*disuruh ikut SSDK lagi*

Ya tapi intinya begitu, gue senanq karena setelah UAS dan libur ini gue gak gabut-gabut amat untuk seenggaknya seminggu setelah semester pendek kelar. Dan di postingan kemaren juga gue bilang bahwa abis ketemu temennya temen gue *yang gue lupa namanya siapa*, gue bakal ikutan program himpunan sebelah (KMM - Keluarga Mahasiswa Manajemen) yang tugasnya jadi buddy / partner dan nemenin 28 mahasiswa dari CBS - Chulalongkorn Business School, yang lokasinya di Bangkok, Thailand, tapi kalo ada yang nanya lokasinya lebih detail, monmaap gue gatau CBS ini masuk kelurahan mana.

Buat netizen budiman yang iri dengki atau heran bagaimana kisahnya seorang Haykal SP bisa keterima program jalan-jalan sama orang Thailand ini, padahal sebenernya ini program kerjanya KMM - Keluarga Mahasiswa Manajemen, sedangkan gue secara resmi adalah anggota dari IMK Artha - Ikatan Mahasiswa Kewirausahaan. Jawaban dan kunci utamanya adalah karena gue lagi mager aja dengerin materi kuliah di kelas HEHEHE *ditampol dosen*.

Yha jadi waktu itu gue lagi ada di kelas Investment & Capital Analysis (buset keren banget ya nama mata kulianya) dimana kelasnya sendiri (harusnya) mulai setiap hari Kamis jam 8 pagi dan kelar jam 12 siang, dan ini kelas buat seluruh mahasiswa wirus angkatan gue jadi ruang kelasnya pun yang cukup buat 76 orang (jumlah wirus angkatan gue), tapi karena mahasiswa SBM memang banyak yang ajaib dan mbonek, maka banyak pula dari kita yang nekat dateng telat, tapi telatnya gak nanggung alias kagok edan karena banyak yang baru masuk kelas jam 9, jam 10, bahkan jam 11 pas kelasnya uda mau bubar dia baru dateng :( Gue sendiri udah terdaftar di geng telat menengah yang jam 9 baru masuk kelas dan biasanya masuk lewat pintu kelas belakang sambil tas disimpen di loker sebelah kelas.

Untuk Haykalicious, plis adegan diatas tadi gabole ditiru *mulai narsis*.

Dan pada hari itu (kejadiannya hari Kamis seminggu sebelum UAS aja pokoknya gatau dah tanggal berapa), gue kebetulan lagi magerrrr banget dengerin materi kuliahnya (kayaknya tiap minggu gue kebetulan mager deh), yang sebenernya berguna tapi gara-gara otak guenya aja yang udah konslet duluan kalo liat angka jadi suka gak nyambung sama materinya, sekeras apapun gue mencoba memahami tapi tetap saja q tidak mengerti. Kalaupun akhirnya ngerti, biasanya 5 detik kemudian gue bakal lupa lagi tadi gue ngerti yang mana :(

Kalo lagi mager di kelas, gue biasanya kayang main hape buat scroll tymlin twitter atau mengikuti perkembangan netizen melalui Line Today. Dan saat itu waktu lagi asyik-asyiknya scroll tymlin twitter (follow dong @haykalsp), di hape gue tiba-tiba ada notif masuk buat email sbm itb gue, dimana emailnya itu dari KMM ITB yang intinya lagi buka lowongan buat jadi buddy / temen main dari program kerjasama SBM ITB sama CBS di Thailand sana.

E-mail dari KMM ITB pada saat itu.
Waktu baca isi e-mailnya, seketika gue pun langsung tertarik walau awalnya gue bingung Chulalongkorn University itu sekolah apaan karena mengeja Chulalongkorn aja gue masih belibetan :( Tapi, dibalik ketertarikan gue juga tersimpan keraguan gue, yaitu apakah gue bisa daftar program ini? Karena gue udah bilang sebelumnya, bahwa gue ini ganteng tapi jomblo sebenernya adalah anggota IMK Artha, atau himpunannya mahasiswa jurusan Kewirausahaan di SBM ITB, sedangkan ini adalah program dari KMM, himpunannya mahasiswa manajemen atau jurusan sebelah buat gue. Saking ragunya, gue bahkan tanya Risha, orang yang saat itu kebetulan lagi duduk depan gue, tentang apakah gue mending ikut atau nggak ya? Karena sebagai mahasiswa non-manajemen gue agak sadar akan identitas himpunan dan mungkin tengsin kalo beneran keterima alias bacot bgt lu Kal.

Tapi, sebelum Risha bahkan sempet jawab, gue udah mulai buka form pendaftarannya dan mulai ngisi dengan pedenya karena prinsip gue adalah "Sing penting yaqin". Yang harus gue isi di formnya pun gak aneh-aneh, gak ada tuh pertanyaan aneh macem "Jelaskan tentang mekanika fluida" atau "Kok udah kangen padahal ketemu aja belum pernah?". Yha intinya setelah ngisi data diri, pertanyaan pamungkasnya adalah apa alasan lu buat ikut program ini? Dimana akhirnya bakat bacot gue keluar dimana gue ngisi *pake bahasa inggris btw* bahwa gue ingin kenal dengan mahasiswa asing yang juga mempelajari bisnis agar dapat berdiskusi perihal perkembangan dan kesempatan bisnis di negara mereka karena suatu saat gue ingin mengembangkan bisnis gue di Thailand sana alias bacot bgt lu Kal asli.

Dan untuk closing statement, gue menambahkan "Semoga mahasiswa jurusan wirus juga bisa ikutan program ini" because omg I'm so excited can't wait alias bacot. Tapi gue emang beneran excited sama program kayak gini (kenalan sama orang luar negri), karena beberapa bulan lalu juga gue ikut program himpunan gue buat menyambut mahasiswa dari Universiti Kebangsaan Malaysia, walau saat itu gue cuma sekedar menyambut dan gak nemenin mereka keliling kota. Salah satu yang gue pikirkan waktu baca e-mail itu adalah "Anjir tanggalnya pas nih gue lagi gabut-gabutnya, ikut ah" karena yha gue orang Bandung jadi waktu liburan jarang kemana-mana.

Untuk beberapa waktu setelah isi form itu, gue sempet lupa karena emang lagi sibuk-sibuknya nyiapin buat UAS seminggu lagi dan gue pun gak berharap banyak karena itu program himpunan sebelah. Tapi ternyata, hari Selasa kemaren, waktu gue lagi gak ada kelas dan diajakin ngerjain tugas UAS Investment bersama teman-teman di Mister Donat Dago, gue pun menerima notifikasi e-mail lagi ke email sbm itb gue, yang ternyata dari kmm itb, yang ternyata (lagi) isinya adalah sebagai berikut :
Penghibur di tengah pusingnya tugas UAS Investment.
Jadi pada intinya gue diterima sebagai buddynya orang-orang Thailand itu buat seminggu ke depan abis UAS kelar dan gue udah liburan. Abis nerima e-mail itu, reaksi gue gak heboh-heboh amat karena ini bukanlah sesuatu yang harus ditanggapi dengan heboh, jadi gue cuman bilang "Haha anjir gue keterima dong jadi buddy orang Thailand ntar padahal ini programnya kmm" ke teman-teman gue yang lagi bareng ngerjain tugas buat UAS, yang dijawab dengan "wow nice info gan" terus lanjut ngerjain tugas bareng-bareng, dimana saat itu gue lupa bawa laptop jadi hanya bisa menyimak sambil nyatet harus ngapain aja, agar kemageran gue selama di kelas tidak menular ke tugas UAS ini.

Awalnya, gue bingung soal siapa aja yang keterima jadi buddynya orang-orang Thailand ini, makanya e-mail tadi gue bales dengan "eh cuy gue mo tanya dong ada mahasisa wirus yang jadi buddy juga gak?" dalam versi bahasa inggris tentunya, tapi email gue gak dibales sampe sekarang. Dan akhirnya waktu gue cek Line malem harinya, gue baru liat kalo ternyata gue di invite ke grup khusus buddy untuk orang-orang Thailand ini, dimana isinya sendiri ada 15 orang termasuk gue, dan gue gak kenal semuanya kecuali Thariq, Raisa, sama Kak Meygan sebagai mentor gue waktu osjur dulu. Dan yang bikin gue hepi adalah waktu gue liat nama Daniel Krisna di grup itu, yang artinya ada anak wirus juga yang keterima program buddy ini dan itu artinya gue gak harus ngerasa tengsin :')

Padahal kalo pun gue mahasiswa wirus sendiri juga yha biasa aja sih wong yang keterima juga masih ada temen gue pas jaman tpb....

Pas gue join grup, kayaknya belum banyak yang dibahas, tapi pada intinya Anin sebagai koordinator bilang bahwa akan ada briefing untuk para buddy di hari Kamis dan Jumat, dimana kita bisa pilih salah satu da gue ikut yang hari Kamis jam 9 pagi di Kresna SBM ITB, karena saat itu gue lagi ngantri nunggu giliran presentasi buat UAS, dimana gue baru kebagian jam setengah 4 sore, padahal gue udah di kampus dari jam 8 pagi huhu aq rapopo...

Gue dan beberapa anak lain yang ikut briefing Kamis ketemu sama Kak Adrian, yang kayaknya koordinator juga dan kayaknya bukan mahasiswa S1 SBM. Saat itu dia ngejelasin tentang program ini secara singkat dan juga jadwal program ini per hari bakal ngapain dan kemana aja, seru juga ternyata jalan-jalan sama makan-makan dibayarin kampus hehe hehe hehe maklum sobat qismin. Kita juga dikasitau bahwa yang dari Thailand ada 28 orang, sedangkan kita dari SBM ITB cuman 14 orang, jadi kemungkinan 1 orang dari kita bakal pegang 2 buddy orang Thailand, tapi untuk list buddy resminya belom ada di hari Kamis itu. Kak Adrian juga bilang bahwa dari 28 mahasiswa, cuman 6 orang doang cowok yang ikut jadi gue (dan Daniel) berharap kita dapet 2 buddy cewek atau gak ya salah satu cewek lah hehe hehe hehe.

Tapi hari ini sekitar jam 8 malem tadi, Anin akhirnya ngasih list buddy per orang yang fix, dimana akhirnya gue (dan Daniel) yang paling berharap dapet buddy cewek pun harus terpukul kenyataan bahwa buddy kita cowok dua-duanya.... Dimana akhirnya gue dan Daniel mencoba menghibur diri dengan "Yauds lah gapapa kan ntar juga bisa kenalan" alias huhu sedih aing. Tapi ya gapapa deh, gue berharap buddy gue baek dan temenan deket sama cewek cantik yang ikut program ini hehe hehe hehe gak deng gue harus inget alasan gue ikut program ini;

"Ingin mengembangkan bisnis ke Thailand" alias bacot.

Dan besok malem rencananya kita para buddy bakal jemput tuh anak-anak Thailand dari Bandara Husein sekitar jam 6.30 malem, dimana kira-kira kita bakal caw dari SBM ke bandara jam 5-6an. Walau kita belom tau mau pada naek apa kesananya, yang penting kita ada nawaitu / niat buat nyambut mereka aja dulu. Yah semoga aja lancar.

Jadi inti dari tulisan ini adalah tetaplah bersyukur walau anda mageran karena siapatau mager anda bisa membawa berkah seperti yang saya alami dalam kasus ini, dimana saya mager menyimak kuliah dan akhirnya saya malah berkesempatan buat kenalan sama orang Thailand dan jalan-jalan keliling Bandung sambil dibayarin kampus selama seminggu penuh. Tapi ingat, jangan keseringan juga magernya karena itu tidak baek dan dapat membuat masa kejombloan anda bertahan lebih lama.

Terima kasih suda menyimak. Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar