Day 0 SBM x CBS : Halo Teman

Juli 29, 2018


Setelah di tulisan sebelumnya gue cerita bagaimana kisah ajaib mahasiswa wirus yang keterima buat ikut programnya himpunan manajemen akibat kemageran yang melanda (klik disini kalo mo baca), disini gue mau mulai kisah gue bersama orang-orang Thailand, yang Insya Allah bakal gue bikin series alias cerita per harinya gimana. Dan sekarang ini masih gue anggep sebagai Day 0 karena kegiatan utama hari ini cuman menyambut mereka di bandara dan kenalan singkat sama orang-orang Thailand itu.

Yak, setelah hari Kamis sebelumnya gue dan beberapa anak-anak lain dikasih briefing perihal program study trip yang bakal ngedatengin 28 mahasiswa dari Thailand ini, akhirnya gue hari ini bisa THIS IS THE DAY !! Karena hari ini gue akhirnya bisa ketemu dan kenalan langsung sama orang-orang Thailand asli, yang ngomong Bahasa Thailand, yang punya nama asli sepanjang Jalan Anyer - Panarukan tapi punya nama penggilan sependek lagunya Napalm Death - You Suffer yang cuman 2 detik doang.

Anjir iya sih nyiptain lagi tapi teu 2 detik oge plis :(

Setelah saat briefing dikasitau bahwa kita-kita yang buddy dari Indonesia (( diharapkan )) ikut jemput tu mahasiswa Thailand ke Bandara Husein jam 7 malem, tapi ternyata siang ini kita dikasitau bahwa mereka bakal berangkat dari Bandara Husein ke Apartment Beverly Hills Jalan Sangkuriang pake shuttle khusus yang udah disediain sama SBM ITB, jadi kita yang buddy Indonesia gak perlu semuanya jemput mereka di bandara, mungkin cuman 5 orang doang sebagai perwakilan buat jemput mereka, dan yha gue gak ikut karena kemageran, mending langsung ke apartment buat ketemu mereka.

Karena gue dan buddy mager lainnya gak ikut ke bandara, akhirnya kita semua disuruh ke apartment sekitar jam 8 malem, tepat sebelum shuttle mereka sampe ke apartment, karena kabarnya malem ini agendanya cuman "Introduction to Buddy" dan mungkin ada beberapa sambutan di apartment. Jadi yha setelah sore harinya sempet jogging menawan dan tampil rupawan memakai jaket jeans terbaik bangsa, akhirnya gue berangkat ke Apartment Beverly Hills, jam 8 malem dari rumah padahal jarak rumah - Sangkuriang adalah 20 menit wqwqwq kebyasaan. Tapi Alhamdulillah sekali, waktu gue sampai, ternyata baru ada 2 buddy yang dateng, Raisa sama Kak Meygan, mentor gue waktu osjur dulu, yang dateng pake baju batik lengan panjang kayak mau nyambut Keluarga Kerajaan Zimbabwe. Sekitar 5 menit setelah gue dateng, akhirnya Thariq juga dateng.

Setelah kira-kira 10 menitan nungguin, akhirnya rombongan buddy Indonesia yang barusan dari bandara pun dateng duluan ke apartment, sambil ngasitau kalo tu anak-anak Thailand masi pada di jalan karena supir shuttle mereka yang milih rute muter-muter Bandung, jadinya agak lama. Waktu dibilangin begitu, gue cuman berharap pak sopir shuttle nya gak bawa mereka muter-muter eh terus tau-tau bablas sampe Madiun.

Saat itu, buddy Indonesia udah hampir dateng semua, kecuali Koh Daniel, Kak Ajay sama Kak Bella yang emang katanya lagi ada urusan dan gak bisa dateng. Jadi aja, setelah rombongan-jemput-ke-bandara sampe di apartment, kita semua mulai nunggu sambil nongki cantik di lobby apartment, dan setelah itu gue sempet agak bingung waktu liat seorang Teteh dan seorang Akang yang tampangnya agak Chinese, dan jujur aja gue bingung apakah mereka orang Thailand atau Indonesia, karena disaat yang bersamaan Kak Adrian bilang bahwa professor mereka dari Thailand udah sampe di apartment.

Dan setelah gue usut-usut, ternyata seorang teteh dan akang itu adalah koordinator apartment, mereka juga bisa ngobrol pake Bahasa Sunda.

Aq merasa payah.....

:(

Oh iya, sambil nunggu tu orang-orang Thailand sampe apartment, kita semua dibagiin name tag sama si Anin sebagai koordinator program ini, dimana masing-masing dari kita dapet name tag sendiri dan name tag dari 2 buddy yang udah dibagi kemaren. Buddy gue sendiri dipanggilnya Por sama Sun, tapi gue gak hapal nama asli mereka siapa karena yha monmaap nih panjang banget belibet pula, bisa-bisa keseleo lidah gue. Dan setelah sekitar 15 menitan meunggu lagi, akhirnya rombongan Thailand itu dateng setelah diajak muterin Bandung sama sopir shuttle, dan Alhamdulillah kekhawatiran gue gak terjadi, mereka sampe di apartment, bukan di Madiun.

Begitu mereka keluar satu-satu dari shuttle di depan pintu lobby apartment, yang gue pikirkan adalah "Ohh begini ya tampang orang Thailand asli" yang sebenernya gak beda jauh sama orang Indonesia, tapi jujur mereka lebih putih dari yang gue bayangkan, yha mungkin karena mereka mahasiswa di Bangkok kali ya, maklum lah orang kota istilahnya. Dari total 28 mahasiswa Thailand yang dateng saat itu, cuman ada 6 orang mahasiswa cowok dalam rombongan, yang ngebuat gue harusnya gak susah nemuin buddy gue yang cuman 2 orang, cowok semua pula, yang sejujurnya agak garing karena awalnya gue berharap dapet buddy cewek HAHA sa ae lu rapia bacang.

Walau buddy gue cuman 2 dari kemungkinan 6 orang cowok yang ada di rombongan saat itu, tapi tetep aja gue ujung-ujungnya nanya ke salah satu dari mereka mana yang nama panggilannya Por sama Sun, dan akhirnya gue ditunjukkin kepada 2 orang yang kayaknya terakhir turun dari shuttle, dan Haykal pun memulai episode soide dan so akrab edisi internesyenel, dimana gue secara tiba-tiba nyamperin mereka dan bilang Halo teman kalo nama gue Haykal dan gue buddy kalian selama di Indonesia, yang Alhamdulillah direspon dengan baek, karena mereka ngenalin diri juga dan ngambil name tag masing-masing. Waktu gue ketemu, Por adalah buddy gue yang keliatan agak klimis tapi rapih dengan kacamata indie (yang bulet jadul itu loh) walau ternyata dia bukan anak indie penikmat senja, dia juga make kemeja putih bermotif kecil entah apaan, terlihat formal dan capek. Sementara Son agak keliatan ngantuk dengan kaos putih dan outer kemeja warna biru, keliatan lebih santai dibanding Por.

Agenda pertama mereka setelah turun dari shuttle adalah pergi ke ruang apa ya gue juga bingung nyebutnya, mungkin semacam ruang kumpul atau ruang rapat di Apartment Beverly Dago kali yak, soalnya ukurannya gak terlalu gede, jadi kalo mau sewa ruangannya buat resepsi nikahan paling cumah muat sama tamu temen sekelas pas SMP. Mereka dibawa kesana sebagai perkenalan dan pemberitahuan beberapa informasi penting selama mereka di Bandung sama pihak apartment dan juga Kak Adrian sebagai penanggung jawab kegiatan. Setelah dikasi tau beberapa informasi penting kayak peduli gak berarti sayang tentang hal umum tentang apartment atau rundown singkat kegiatan mereka di Bandung, akhirnya para buddy Indonesia pun naik panggung, karena kita disuruh ke depan dan ngenalin diri masing-masing, sambil ngasitau buddy dia siapa biar ntar gak bingung.

Kegiatan kuliah di SBM yang hampir semuanya pake bahasa Inggris ngebuat kita Alhamdulillah lancar memperkenalkan diri kita pake bahasa Inggris dan gak ada yang kepleset tiba-tiba ngomong bahasa daerah. Paling cuman si Jet, adek kelas gue, yang tiba-tiba ngomong Bahasa Thailand tapi sayangnya agak salah WKWKWK sing penting yaqin lurd. Dan Alhamdulillah nya mereka semua bisa menyebut nama gue (Haykal) dengan lancar walau awalnya agak susah, dan hal itu ngebuat gue gak perlu bilang "Okey to make it easier just call me Tom Cruise". Disaat perkenalan itulah, gue pertama kalinya bisa ngeliat muka mereka semua dari jarak dekat (yha tapi gak depan-depanan banget si) dan dari situ gue menyadari kalo mereka ternyata banyak yang cakep HEHEHE semakin sedih gue (sama Daniel) karena buddy kita cowok semua. Oh iya, waktu lagi perkenalan, tiba-tiba si Daniel datang, padahal dari kemaren dia bilang gak bisa dateng gara-gara ada urusan keluarga.

Yha jadi intinya setelah perkenalan, pihak apartment meminta tolong kita buat ngasi tau ke tu orang Thailand buat ngisi semacam form untuk tinggal di apartment itu, dimana mereka semua cuman disuruh ngisi nama, umur, sama tanda tangan, juga kita diminta tolong buat fotoin bagian profil paspor mereka buat lalu dikumpulin sebagai database kalo kenapa-napa. Yha then gue mintain lah blablablanya itu, yang akhirnya ngebuat gue kaget gara-gara tanda tangan si Sun ternyata cuman nulis nama aslinya gada gerakan lihai khas tanda tangan. Dan waktu gue liat kertas lain ternyata tu anak-anak Thailand ternyata tanda tangannya cuman nulis nama doang :(

Jujur kami-kami ini agak shock dan mikir kalo mereka di kampusnya mau tipsen gampang bener ya cuman nulis nama doang.

Setelah nulis form apartment, kami buddy-buddy Indonesia dikasih kunci kamar mereka terus disuruh sekalian anterin ke kamarnya, dimana kamar buddy gue ada di lantai 7, dan awalnya pas udah sampe lantai 7 gue ternyata salah kamar dong HAHAHA pantes gabisa kebuka, untung pas gue lagi usaha buka pintunya gada orang dari dalem tiba-tiba buka pintu, agak nganu juga kalo beneran kejadian :(( Dan Alhamdulillah setelah mendapat pencerahan, gue berhasil membawa 2 buddy gue ke kamar yang benar. Dimana ternyata kamar mereka deket banget sama lift, dan juga deket sama kamar buddynya si Thariq, yang dapet cewek dua-duanya huhu. Tapi Thariq jelas gak boleh ikut masuk kamar buddy nya dia hahaha gila aja ya lau wala takrobu zina.

Setelah nganter buddy ke kamar dan minta kontak mereka biar gampang ngehubungin, gue pun ke bawah dulu buat ngambilin mereka 6 botol air minum yang tadi lupa gue ambil di ruang kumpul tadi itu. Dan waktu gue ke atas lagi, si Por ternyata udah nunggu buat bilang kalo dia gak bawa anduk dari Thailand dan di kamar mandi apartment itu gada anduk sama sekali. Dan waktu gue tanya ke mbak-mbak koordinator dari apartmen nya soal perhandukan ini, sayang sekali ternyata apartemen ini juga keabisan anduk, paling beli aja di Indo*mart yang ada di sebelah lobby apartemen katanya. Jadi yawes, akhirnya gue pergi lagi ke lantai bawah naik lift bareng Por, Sun (yang gatau kenapa tiba-tiba mau ikut), Thariq, Raisa, mbak-mbak apartemen, dan buddynya Thariq, yang ternyata nama panggilannya Rainbow sama Tip.

Terus yaudah, abis gue sampe di lobby akhirnya kita rame-rame lah pergi ke Indo*mart sebelah lobby apartemen buat beli nganterin buddy gue beli anduk & mungkin mau beli snack-snack gitulah. Tapi sayang sekaliii Por kayaknya emang gak berjodoh dengan perhandukan, soalnya anduk terakhir di Indo*mart malem itu udah diembat duluan sama cewek (orang Thailand yang gabawa anduk juga) tapi gue gatau siapa, pokoknya udah abis bis bis aja, jadi akhirnya si Por cuman beli snack sama minuman doang, walau akhirnya si mbak-mbak apartemen dapet 1 anduk buat si Por, entah anduk apartemen atau anduk pribadi, tapi seenggaknya buddy gue bisa mandi dengan tenang malam itu.

Malem itu di Indo*mart, gue liat hampir semua anak Thailand itu lagi pada disana buat jajan-jajan manja karena lapar abis perjalanan jauh dan transit 6 jam di Malaysia. Beberapa dari mereka ada yang lagi liat-liat snack unik Indo yang mungkin gak ada disana, beberapa dari mereka ada yang heboh teriak "Wey ada Taokaenoi sama Ichi Tan lho di Indo !" karena 2 brand itu adalah Thailand punya, ada yang bingung mau beli apa terus gue saranin beli fruit tea yang freeze, ada juga yang beli tisu, sikat gigi, shampo, sabun, yha pokoknya alat-alat mandi dan kecantikan lah.

Waktu gue lagi nyaranin mereka soal minuman apa yang gue suka beli di Indo*mart, gue iseng nanya ke buddy gue, Sun dan cewek Thailand lain yang gue baru kenal malem itu, Aun. Gue nanya mereka mau beli makanan yang agak berat kagak, soalnya di Indo*mart kan cuman ada snack buat ngotorin perut doang *menurut gue* dan gada makanan berat kayak soto campur atau nasi padang. Sun pun nanya emang ada makanan apaan deket sini, yang akhirnya ngebuat gue mikir dan mengingat wilayah Sangkuriang soal permakanan daerah sini. Waktu gue lagi mikir keras, Thariq ngasitau gue bahwa ada tukang nasi goreng di depan Dago Suites, apatemen sebelah Beverly Hills tempat ni orang Thailand tinggal selama di Bandung. Dan yah bener juga, emang ada tukang nasi goreng disana.

Jadi setelah sadar ada tukang nasi goreng deket sini, dengan susah payah gue jelasin 'nasi goreng' ke Sun sama Aun, yang ngebuat harus nunjukkin gambar nasi goreng dari Google sampe akhirnya mereka paham dan bilang "OHHHH" dan ngomong Bahasa Thailand kenceng banget, yang intinya mereka nyamain nasi goreng sama salah satu makanan di Thailand yang mirip biar mereka paham, terus dengan excited bilang mereka mau cobain. Abis itu, Sun pun langsung ngomong dengan kerasnya di Indomart dengan Bahasa Thailand yang intinya "Siapa yang mau makan nasi goreng juga?" DAN DENGAN HEBOHNYA TU SEMUA ORANG NGACUNG DONG MONMAAP AJA NI GUE KAN JADI BINGUNG YAK :(((

Abis semua ngacung (kecuali mas-mas Indomart gak ikutan ngacung, untungnya) si Sun pun ngitung ada berapa orang yang mau nasi goreng, dan ternyata ada 12 orang oke mantap. Karena banyak banget yang mau nasi goreng, gue pun jadi agak ragu dan bilang ke Sun sama Aun pakek Bahasa Inggris "Eh cuy bentar yak gue mau cek dulu tuh si bapak nasgor jualan apa kagak", soalnya kan gaenak ni udah banyak yang pesen taunya bapaknya kagak jualan kan agak nganu ya :((

Akhirnya, gue pun ngajak Thariq sama Daniel buat ngecek tuh Bapak nasgor depan Dago Suites jualan ato nggak, tapi akhirnya Thariq doang yang ikut karena Daniel udah agak jompo jadi magernya mohon wajar. Setelah melewati beberapa rintangan berupa lubang jalanan yang bames (basah-basah gemes), akhirnya gue dan Thariq berhasil sampe di bapak nasgor depan Dago Suites *yang cuman 50 meter dari Beverly Hills*. Begitu sampe di gerobak nasgor dan mengecek kelengkapan, gue pun nanya ke Bapak penjual nasgornya

"Siapa penemu kampas rem, pak?" -- "Pak ini nasgor masi jualan kan ya?"

"Oh masih dek, mau beli berapa?"

"Bentar ya pak dipastiin dulu, banyak euy 10-11an kayaknya, ai bapak disini sampe jamber?"

"Ah sampe seabisnya we, sok atuh ditungguin"

"Oke berangkat, harganya berapaan pak?"

"Nya biasa we 12rebuan"

Setelah percakapan gue dan bapak nasgor itu, gue dan Thariq yang gabut akhirnya pergi lagi ke Indo*mart Beverly Hills buat nemuin tuh teman-teman Thailand yang udah kelaperan kayak pengungsi, dan yha mereka yang mau nasgor udah kumpul aja depan Indo*mart yang bentar lagi mau tutup. Di depan kumpulan, gue berpidato bilang ke mereka bahwa si bapak nasi goreng nya masi jualan dan gue dengan pedenya bilang "AND THE PRICE IS TWENTY THOUSAND RUPIAH PER PORTION" sambil diiringi muka mereka yang melongo iya-iya aja karena udah laper cuyyy untung tangan gue gada yang gigit.

Setelah itu, Gamma yang keknya paling senior ngedata lagi siapa aja yang mau mesen nasi goreng, ternyata ada 11 orang, gak pake pedes semua, dibungkus semua, dan Sun buddy gue udah resah bilang "Jangan pake bawang ya" PADAHAL YHA EMANG GAADA BAWANG NIH MONMAAP AJA BRO". Setelah semua okoc dan mulai pada ngumpulin duit, akhirnya gue sadar kebegoan gue dan bilang "EMM GUYS MONMAAP NI HARGANYA TU TWELVE THOUSAND YE BUKAN TWENTY THOUSAND HEHE LIDAH NJELIMET DOANG KOK GADA MAKSUD KORUPSY" dan untungnya mereka nurut-nurut aja, udah laper kali ya susah :(

Fix gue kalo ke Inggris bakal ngomong bahasa tarzan uka-uka.

Abis duitnya kekumpul semua alias si Gamma dulu yang nalangin ntar yang laen bayar ke Gamma, gue pun bilang "Haji Kempet nanya iki piye, tunggu bentar yeee" yang tentunya gak pake pantun karena yha beda kultur bro maap aja ni. Tapiii ternyata mereka antusias banget mo ikut gue ke tukang nasi goreng karena katanya mereka gabut jadi yauds deh kita semua berangkat ke tukang nasi goreng depan Dago Suites dengan jalan kaki melewati rute genangan bames yang sama kayak yang awal gue lewatin itu. Hmm entah kenapa gue gak yakin mereka itu mau ikut ke tukang nasgor karena antusias atau karena curiga gue bakal ngasih mereka beras goreng, tapi yasudala disaat seperti ini kemampuan kita berpikir positif diuji sekali.

Setelah sekitar 37 detik jalan dan melewati halang rintang bames, kita akhirnya sampe ke tukang nasgor depan Dago Suites, dimana kita disambut dengan muka bapaknya yang kaget kek ketemu rombongan travel hasil mlm. Untuk mengatasi rasa kaget si bapak, gue dengan santainya bilang "Pak, 11 porsi yak gak pake pedes semua" yang langsung dijawab dengan "Oke berangkat" dengan muka hepi karena ya Alhamdulillah langsung diborong kan dagangannya sama peserta travel ceria sejahtera.

Waktu lagi mulai bikin, si Por buddy gue, Kak Adrian, dan 1 cewek yang mukanya mirip India nyamperin kita, dan bilang Por mau nasgor juga, yauds nambah 1 dan pake pedes. Sementara si cewek bermuka India ini, yang ternyata nama panggilannya "Beauty" (tapi emang cantik beneran sih wkwkw) gak pesen nasgor, tapi mau ke minimarket karena Indo*mart udah tutup dan dia telat turun. Sebagai gentleman, gue menawarkan diri nganterin dia ke minimarket terdekat yang masi buka, yaitu adala C*K Tamansari deket Cafe Hala*man. Gue pun bilang ke si Beauty "Mo abanq anterin gak nenq ke C*K deket sini? Abanq bawa motor kok parkir deket sini jadi dijamin aman deh nenq ye gak pemirsa?" alias sa ae lu modusnya rapia bacang. Tapi ternyata Kak  Adrian lebih gercep lagi bilang "Udeh si Beauty ama gue aja ke C*K Tamsar, gue bawa mobil kok soalnya si Por juga mau ikut".

Entah kenapa, malem itu rasanya seperti tersambar petir alias bacot jomblo mah jomblo aja.

Setelah percobaan modus antar-negara ini kandas dan Kak Adrian pergi sama Beauty & Por, gue pun mulai mengeluarkan sifat asli gue sebagai orang Indonesia yaitu hobi nyinyir ama si Thariq kek begini "Thor itu si Beauty ke C*K beli apaan ya? Paling beli make up hahaha biasa lah orang cantik kek gitu biaya operasionalnya mahal cuy" PADAHAL YA KAGAK TAU JUGA KAN MAU BELI APAAN HAHAHA SING PENTING NYINYIR. Tapi emang kalo diliat, si Beauty ini kayaknya model, entah model fashion gitu atau malah model salep penghilang koreng jangan-jangan. Dan selain si Beauty yang mau ke C*K buat beli apaan gue juga gatau, ada juga yang lain banyakan pada nanya dimana mereka bisa beli kartu SIM agar supaya bisa internetan di Bandung ini. Tapi tempat yang jual kartu sim deket sini, alias di Cisitu deket Indomaret pastinya udah tutup, jadi paling besok mereka baru bisa internetan dan harus pake wifi apartment dulu malem ini.

Sementara gue dan Thariq nyinyir, si bapak nasi goreng mulai ngeracik nasgornya dengan semangat, sambil diliatin orang-orang Thailand dengan muka takjub dan lapar. Tapi, gue melihat kebingungan di raut wajah bapak nasgor waktu dia lagi ngegoreng nasi. Bukan, bukan gara-gara waktu itu gue make salep panu semuka-muka, tapi gara-gara tuh orang Thailand ngomong bahasa yang gak kita semua ngerti, jadi gak paham juga mereka lagi nyinyir atau lagi ngomongin apa. Tapi sebelum itu, gue mencoba menenangkan raut wajah bapak nasgor dengan bilang "Orang Thailand, pak. Baru dateng tadi maghrib terus laper cenah, jadi aja kesini haha saya ge gak ngerti da mereka ngomong apa", walaupun gue sebenernya gatau bapak nasgornya bingung gara-gara bahasa mereka atau gara-gara bapaknya bingung mikir ni pesenan gue dibayar pake duit apaan ya....

Akhirnya, gue dan Thariq memulai pembicaraan dengan teman-teman baru gue dari Thailand. Gue kenalan sama mereka semua yang ada di tukang nasgor kayak Gamma, Sun, Aun, Miw, Rainbow, Tip, dan gue gatau lagi nama mereka siapa aja wkwkwk. Waktu kenalan, gue liatin muka mereka satu-satu (tapi gak depan muka juga yha) dan mikir "Anjir ini mah mirip orang Indo" karena yha beberapa dari mereka emang mirip orang Indonesia atau mirip peranakan China Indonesia. Abis kenalan, beberapa dari mereka ada yang mau ikutan ngobrol sama gue dan Thariq, beberapa sibuk merhatiin bapak nasgor, beberapa lagi langsung update Instagram Stories mungkin isinya "HELLO GAESSS Q LAGI DI INDONESAH NEH LAGI PESEN YANG NAMANYA NASGOR CIHUY" dengan tulisan Thailand.

Gue sama Thariq pun akhirnya ngobrol bareng Gamma, Sun, dan Aun karena udah bosen liat kegiatan bapak nasgor yang deket rumah gue juga ada. Hal pertama yang gue obrolin sama mereka adalah menjelaskan 'nasi goreng' dengan definisi internesyenel yaitu "Rice is nasi and goreng is fried, so it is fried rice actually". Awalnya mereka bingung karena ngira fried itu sejenis makanan, tapi akhirnya gue bilang "Nooo 'goreng' is a cooking method, not a kind of food. So it is like fried chicken for ayam goreng, fried banana for banana that got goreng-ed, etc" baru dari situ mereka unggak-angguk ntah karena ngerti atau karena capek gue bacot dan mereka laper.

Abis itu, gue diajarin balik Bahasa Thailand sama mereka, yang dimulai dengan kata sapaan khas Thailand yaitu "sawadikap" yang ternyata berbeda buat cowok sama cewek; "Sawatdee khap" buat cowok sama "Sawatdee kah" buat cewek. Si Gamma sama Sun butuh 5 menit sampe akhirnya gue paham cara ngomong khap sama kah :( Lalu kita diajarin mengenalkan diri sendiri, tapi sayang sekali yang gue inget cuman "Pom che Haykal" yang artinya "Nama gue Haykal", sisanya gue lupa.

Karena mungkin Gamma dan Sun melihat betapa begonya gue belajar bahasa mereka dan daripada bikin susah atau naik darah, akhirnya mereka ganti topik dengan "Bro, lu suka makan kadal?" "Cuacanya dingin banget cuy asli dah enak bat". Hal ini bisa gue maklumi setelah mereka bilang kalo suhu di Bangkok sana bisa sampe 40 derajat celcius lyke reallyyyy bruh gue ke Jakarta atau Surabaya yang masih 32 celcius aja udah cekrak cekrek update muka kucel kepanasan dengan caption "Ni neraka bocor apa gimana yha monmaap kok panas bener ?!" buat diupload ke sosmed.

Yah begitulah, makanya mereka bilang kayaknya mereka bakal betah di Bandung dengan cuaca dingin begini yang jarang mereka rasain di Bangkok sana. Setelah itu ya obrolan berlanjut macam ABG-ABG baru kenal aja kayak gimana, ngomongin apa yang menarik di Bangkok, apa yang menarik di Bandung. Mereka pun sekali-kali nanya beberapa hal yang mereka udah liat tentang Bandung di internet, terutama soal kuliner, terutama soal martabak yang kayaknya mereka tertarik banget, yang menjadi awal mula gue menceritakan jenis-jenis martabak dan awal mula gue tau di Thailand juga ada martabak, tapi cuman martabak telor, dan lalu mereka kepo sama martabak manis dengan segala toppingnya kayak nutella, ovomaltine, red velvet, sampe topping bon cabe pun kalo ada kayaknya mau-mau aja mereka makan.

Waktu kita lagi ngobrol-ngobrol, gak kerasa nasi goreng udah jadi beberapa, dan si mang nasgor nya lagi masak buat sekitar 5 porsi lagi. Melihat hal itu, beberapa anak-anak Thailand gak mau lewatin kesempatan dan bilang ke gue "Eh cuy bilangin dong ke bapak nasgornya gue pengen cobain nggoreng gitu, mumpung disini gitu kan" dan akhirnya gue bilang ke si bapaknya, lalu sekitar 3 orang dari mereka (Rainbow, Miw, sama atu lagi gue gatau namanya) gantiin si bapaknya nggoreng dengan teknik nasgor ala sangkuriang, dan tidak lupa direkam agar supaya bisa update di Instagram stories karena gue yakin itulah tujuan mereka ingin gantiin si bapaknya nggoreng.

Setelah sekitar 5 menit gantiin bapak nasgornya, akhinya bapak nasgor pun ngelanjutin lagi nggorengan yang tinggal dikit lagi. Lalu kita ngobrol-ngobrol lagi kayak biasa,

Prepare for the best and ai Dont have to do that what is this isne I dont know what actuall

You Might Also Like

0 komentar