Persib Random

Agustus 04, 2018

Sejak gue resmi jadi Bobotoh atau penggemar dari Persib Bandung sekitar tahun 2006, gak sering sebenernya gue nonton pertandingan Persib langsung di stadion. Seinget gue, kunjungan pertama gue ke stadion buat nonton Persib itu waktu tanggal 18 Maret 2011, Persib lawan Persija, di Stadion Si Jalak Harupat. Waktu itu, gue nonton bareng Ayah dan beberapa tetangga gue yang emang udah direncanain dari minggu sebelumnya, dan karena rame banget gara-gara emang lawan Persija, lampu belakang mobil gue sampe ketabrak sama salah satu motor waktu udah deket stadion karena emang rame banget cuk *lah jadi jawa timuran*. Sayang, waktu itu Persib malah kalah 3 - 2 sama Persija, yang berujung rusuh dan ngebuat Ayah gue mager nonton Persib lagi di stadion, apalagi kalo lawan Persija. Sebelum itu juga pernah sih gue dateng ke Stadion Siliwangi nonton Persib, tapi nonton latihan doang dan hari itu gue inget adalah hari pertama Suchao Nutnum dateng ke latihan Persib, yang kemudian jadi legenda Persib asal Thailand bareng Shitaweechai alias Kosin, walau Suchao cuman semusim doang di Persib.

Semakin gue tumbuh SMA, gak membuat gue jadi sering nonton bola ke stadion. Tercatat cuman 3 kali gue nonton bola langsung di stadion waktu SMA, bahkan yang nonton Persib cuman 1 waktu lawan Ayeyawady United sebagai pertandingan terakhir fase grup AFC Cup di Stadion Si Jalak Harupat bareng Irfan, Willy, sama Arvin sekitar tahun 2015, yang skor akhirnya adalah 3 - 3 karena tim lawan ngegolin pinalti di menit akhir. Selain itu pernah juga sekitar tahun 2013 nonton PBR (Pelita Bandung Raya) lawan Madura United di Stadion Siliwangi, yang dimana PBR kalah 1 - 0 waktu itu, dan yang terakhir adalah nonton laga iseng Persib lawan Timnas U - 19 yang skor akhirnya adalah 1 - 1 di Stadion Siliwangi.

Tapi di kuliah, gue malah jadi sering nonton Persib langsung di stadion, ya walau gak sering-sering banget sih sebenernya tapi mending lah dibanding jaman SMA, karena stadion Persib pindah dari Stadion Si Jalak Harupat yang jauuuh di Soreang sana ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api atau GBLA yang relatif masih baru di daerah Gedebage, yang lebih terjangkau dari rumah gue dibanding harus ke Soreang. Kunjungan pertama gue ke GBLA itu waktu sekitar April 2017, gue masih tahun pertama di ITB dan kala itu gue nonton pertandingan Persib lawan Arema, pertandingan pembuka Liga Gojek Traveloka 2017. Waktu itu, gue nonton sama Teddy, Azmi, Leo, Adit, Faiz, Irfan Nurhadi, sama temennya Nurhadi yang dari Abu Dhabi tapi aslinya orang Indonesia. Kisah lengkapnya bisa dibaca disini. Pernah juga gue nonton Persib lawan Persipura sekitar Mei 2017 di GBLA, yang akhir Persib menang 1 - 0 lewat penaltinya Essien.

Tapi, dari sekian dikit pertandingan Persib yang gue tonton langsung di stadion, mungkin pertandingan hari ini adalah yang paling random dan tidak terencana. Setelah gue melakukan farewell party kecil-kecilan dengan temen-temen Thailand gue yang mau balik pagi tadi yang akhirnya gue terpaksa nginep di LK21 (Ligar Kencana 21 alias kosan temen-temen gue) karena udah jam 1 malem, gue mager balik, dan gue juga sekalian nganter Daniel kesana. Akhirnya, setelah pulang sekitar jam 11 pagi gue pun lanjut tidur di rumah sampe sekitar jam 2 siang, dimana hari itu gue gak ada rencana apapun karena emang masih libur sampe tanggal 20 Agustus nanti.

Hari ini, mungkin untuk pertama kalinya Persib main sore di lanjutan Pekan ke-19 Liga Gojek, karena biasanya main jam 6.30 malem. Tapi gatau kenapa, pertandingan Persib vs Sriwijaya FC kali ini bakal mulai jam 4 sore, diluar kebiasaan. Awalnnya waktu bangun tidur, gue biasa aja dan cuman 'Oh wow tumben main sore' waktu gue baca berita kalo Persib bakal main sore ini. Sampe jam 3 sore, efek jomblo nan gabut ngebuat gue tiba-tiba kepikiran buat nonton langsung pertandingan sore ini di stadion, entah gimana pun caranya. Selama sekitar 10 - 15 menit gue masih menentukan apakah gue mau nonton apa nggak, gue cari info harga tiket, jarak rumah ke stadion dan lain-lain. Akhirnya, gue pun memutuskan untuk dateng ke GBLA dan nonton langsung walau sendiri doang.

Gue awalnya ngeliat temen gue ada yang jual tiket Persib vs Sriwijaya, tapi dia gak bales waktu gue chat. Akhirnya, gue nekat berangkat aja walau gue sendiri masih gak tau nanti beli tiketnya gimana. Sekitar jam 3.40, setelah shalat ashar dan ganti baju pake atribut Persib, gue pun berangkat ke GBLA sendirian pake Nmax kesayangan gue. Sekitar 10 menit (iya, sepuluh menit) kemudian, gue pun sampe di GBLA dimana gue parkir di suatu komplek yang emang sebelahan sama stadionnya. Waktu abis parkir, gue pun langsung cari calo yang jual tiket, dimana akhirnya gue beli tiket seharga 100rb di Tribun Timur yang harga aslinya 75rb, ya gapapalah lagi mager ribut gue waktu itu.  Akhirnya, gue pun masuk ke dalem stadion waktu udah kick off tapi santuy soalnya masih sekitar 2 - 3 menitan. Karena gak dapet kursi, akhirnya gue milih di tempat yang berdiri tapi ada tiang sandarannya, yang emang ada beberapa orang juga disana. Tribun tempat gue nonton itu ada di sebrang Tribun VIP, di pinggir lapangan tapi agak deket sisi gawang juga sih.

View dari tempat gue nonton
Persib yang kala itu lagi bagus-bagusnya dan lagi ada di peringkat 1 sekarang ini emang keliatan nyerang terus pertahanan Sriwijaya FC, yang lagi agak kendor sejak awal putaran 2 ini karena konon gak ada dana setelah pemiliknya kalah dalam pemilu Sumatera Selatan, jadi pemain bagus mereka pada dijualin semua. Persib kali ini masang duet Bauman - Wanggai sebagai striker utama buat bikin gol ke gawang lawan, karena Ezechiel The King lagi kena hukuman gak main gara-gara akumulasi kartu, juga ada Agung Mulyadi sang pemain muda yang turun dari awal. Sisanya sama aja sih paling Indra Mustafa aja si bek muda yang mulai sering main kalo Bojan Malisic / Igbonefo kena akumulasi kartu.

Sejak 10 menit awal, Persib emang udah keliatan menekan pertahanan Sriwijaya FC lewat duet Bauman - Wanggai yang mulai keliatan kompak walau Wanggai baru dateng di putaran kedua ini. Dan akhirnya, menit 16 Persib berhasil ngegolin lewat Bauman setelah dapet bola muntah hasil tendangan luar kotak penalti dari Agung Mulyadi yang kena tiang, dimana sebelumnya si Agung ini sempet gocek-gocek cihuy ala Ronaldo dulu, skor pun 1 - 0 buat Persib. Lalu menit 28, Persib berhasil ngegolin lagi, kali ini lewat Patrich Wanggai yang nyudul bola hasil umpan deket Bauman. Buat gol kedua ini awalnya agak meragukan, karena Teja Paku Alam sang kiper Sriwijaya, awalnya berhasil menghalau bola tapi akhirnya wasit memutuskan kalo gol itu sah, karena emang udah lewatin garis gawang walau sempet diprotes sama pemain Sriwijaya, skor 2 - 0 buat Persib bertahan sampai babak pertama kelar.

Di jeda istirahat babak pertama, gue sempet jalan-jalan dan akhirnya pindah sisi gawang karena kalo di babak kedua Persib bikin gol, gue bisa liat prosesnya dari jarak deket. Babak kedua pun mulai, dan sebenernya kondisinya gak beda jauh sama babak pertama dimana Persib keliatan banget mendominasi dan banyak nyerang lewat duet Bauman - Wanggai, Ghozali, Agung, sama In Kyun, walau emang beberapa kali Sriwijaya FC juga mulai nyerang gawang Persib, yang untung masih bisa disave sama Deden Natshir. Ada juga momen dimana Sriwijaya hampir banget bikin gol, mungkin sekitar menit 80an, waktu itu pemain Sriwijaya udah lolos dari offside dan lari sendiri tinggal ngadepin Deden, tapi untung tendangan doi masih kena tiang jadi skor masih tetep 2 - 0 sampe akhir pertandingan. Persib menang. Bobotoh senang. Oh iya, menjelang akhir babak kedua, gue liat langit sore itu (sekitar jam 5 - 6an) keliatan bagus banget agak oren-oren lucu, senja merindu kalo kata anak indie mah. Gue pun gak lupa ngefoto suasana stadion dengan view langit yang bagus itu, walau gak bisa gue post karena GAK ADA SINYAL SAMSEK MONMAAP.
Senja merindu
Abis pertandingan beres, gue sengaja gak langsung balik kayak biasa karena emang mau ikutan Viking Clap yang terkenal dan udah jadi tradisi Persib dan Bobotoh sehabis pertandingan. Tapi ritual Viking Clap itu gak langsung dimainin abis pluit tanda pertandingan beres, tapi kita nunggu pemain salam-salaman dulu, siapin drum dan speaker ke tengah lapang, dan lain-lain. Mungkin ada kali kita nunggu 15 menitan sampe akhirnya Deden Nathsir sang kiper memimpin Viking Clap hari itu, dengan semua pemain Persib ada di sekeliling lingkaran tengah lapangan. Sesi ritual Viking Clap ini berjalan sekitar 30 detik aja, tapi suasana yang dibuat kala itu bikin merinding-merinding haru karena emang semua orang di stadion ngikutin gerakan tepuk tangan Viking Clapnya. Ini kalo mau liat gue kasih 1 contoh video Viking Clap Persib Bandung yang dipimpin Bojan Malisic, waktu abis lawan Borneo FC kalo gue liat dari videonya. Viking Clap di video ini sendiri mulai waktu 1:28 karena sebelumnya nampilin dokumentasi waktu pertandingan hampir kelar sama persiapan Viking Clap.


Abis Viking Clap beres, bukan berarti sesi ritual setelah pertandingan beres. Tapi masih ada lagi sesi dimana semua Bobotoh nyanyi chants yang kayaknya baru, judulnya 'Hati Biru' dimana gue cuman hafal reff nya aja jadi gak terlalu banyak ikut nyanyi, cuman ikut rekam sama ngangkat tangan doang. Lagu yang emang dinyanyiin abis beres pertandingan ini durasinya sekitar 1.5 menit jadi gue agak pegel ya ngerekamnya monmaap dan bikin memori hape gue jadi rada abis, tapi gapapalah mumpung masih jomblo kan gak ada kewajiban harus ngesave banyak foto sama cewek.

Loh kok curhat ?

Setelah itu pun, gue gak langsung pulang karena jarang-jarang gue nonton langsung di stadion dan mumpung gue lagi sendiri jadi gak ada yang maksa gue balik cepet. Gue pun baru keluar stadion sekitar jam 6.30 setelah panpelnya ngasih kode buat 'ngusir' Bobotoh yang masih ada di dalem stadion waktu itu dengan cara matiin lampu, trik yang biasanya dipake kalo lagi main futsal sampe malem. Akhirnya, gue pun balik tapi perjuangan gue ternyata belum beres tanpa disangka-sangka. Karena jalan dari stadion ke tempat motor gue berada itu maceeeeetttt banget sama manusia. Jadi kan si komplek tempat gue parkir motor itu ada di sebelah GBLA, cuman dipisahkan sungai yang sebenernya gak terlalu gede gitulah, nah masalahnya jembatan penghubung GBLA dan komplek ini kecilnya kayak pentil hotwheels dan cuman dibuat dari papan kayu yang agak tebel, bukan kayak jembatan biasa. Dengan jembatan seuprit itu dan orang sebanyak itu yang mau lewat, bikin keadaan jadi rusuh dan macet karena semua orang mau lewatin jembatan duluan dan dateng dari 3 arah sekaligus. 

Mungkinkah ini simulasi dari melewati Jembatan Shirath di akhirat kelak? Gak deng lebay.

Tapi ya emang macet manusia banget sih gilak dan dempet-dempetaan, tapi untung orang di sekeliling gue gak ada yang bau-bau banget alias masih bisa ditolerir sama idung gue, kalo ada yang bau banget sih monmaap keknya gue lebih baik dilemparkan ke sungai aja dan berenang sampe rumah. Ada akang-akang, bapak-bapak yang bawa anak, ibu-ibu, teteh-teteh, pedagang gelang, pedagang es teh, dan gue di tengah kerumunan itu. Dan bahkan, ada 3 orang bule yang mungkin lagi sial terjebak disana malem itu. Kalo liat dari muka sama badan sih kayaknya orang Amerika, soalnya yang bule cuman 1, sementara yang 2 lagi agak item bahkan ada yang mirip Kanye West tolonq aq ingin call you on my cell phone, tenet tenet *joget*.

*dilemparin ke sungai* 

Waktu di momen dempet-dempetan simulasi Jembatan Shirath itu, banyak Bobotoh yang kepanasan, eungap / sesek napas, haus, dan gabut jadi pada teriak gak jelas, ya untungnya pada teriak buat mencairkan suasana sih bukan teriak ribut kayak 'Dararawet heula atuh anju !' dengan nada yang agak bercanda dan maknanya adalah 'Minum es dawet dulu biar kalem'. Atau mungkin beberapa dari mereka banyak yang ganggu si 3 bule itu kayak 'Mister ngomong atuh mister' yang tentu mereka gak paham dan cuman masang muka 'Naon sih siateh berak' atau senyum-senyum maksa, walau beberapa dari kita ada juga yang bercanda 'Kade ah ulah ngomong kitu ka si mister bisi ngartieun sieta' alias 'Titati jangan ngejek di bule sapatau doi paham basa sunda'. Gue pun sempet ngobrol sama tuh bule sambil empit-empitan, pake bahasa inggris dengan tampan dan gaya karena seminggu ke belakang sering ngomong inggris sama temen-temen Thailand gue. Ternyata, mereka bertiga dari Kanada dan mereka udah 3x nonton Persib langsung di GBLA, walau baru pertama kali ini mereka ikut simulasi Jembatan Shirath. Ada kali sekitar 45 menit sampe akhirnya gue berhasil lewatin jembatan kayu kecil berak itu, yang untungnya gue selamat, gak dijadiin umpan ikan di sungai dan bisa pulang ke rumah dengan aman damai sentosa dan bisa internetan lagi cek Instagram dan Line walau sebenernya gak ada yang ngechat *nangis*. 

Tapi jujur, pengalaman nonton Persib yang serba dadakan dan random ini entah kenapa bikin hati gue senang dan gembira, walau gue gak bisa internetan selama pertandingan karena emang gak ada sinyal. Mulai dari gue yang baru ngumpulin nawaitu buat nonton sejam sebelum pertandingan mulai, gue yang baru berangkat 20 menit sebelum pertandingan mulai, gue yang belum tau dapet tiketnya gimana waktu udah sampe, gue yang baru masuk waktu kick off udah mulai, gue yang teriak kenceng waktu Persib bikin gol, gue yang gabut foto-foto senja merindu karena gak ada internet, gue yang merinding ikutan Viking Clap dan nyanyiin lagu, sampe gue yang hampir jadi pepes buat diumpanin ke ikan sungai abis ikut simulasi Jembatan Shirath yang semuanya ngebuat gue hepi walau banyak perjuangan hari ini.

Yah, lumayan lah gue bisa hepi-hepi setelah seminggu nemenin temen-temen gue dari Thailand jalan-jalan keliling Bandung sampe sempet sakit parah seharian penuh. Liburan gue masih agak lama sih sekitar 2 minggu lagi baru masuk. Walau OSKM alias ospek maba ITB bentar lagi, tapi buat OSKM kali ini gue agak gabut karena jarang banget gawe, gue juga gak tau nanti hari - H bakal dateng apa nggak hehe yang penting gue menjalani liburan singkat ini dengan bahagia sentosa.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar