Jepang di Taruna Bakti

Maret 28, 2014

Rabu kemarin, gue ditawarin buat ikut "seminar" kecil-kecilan tentang pendidikan Jepang di sekolah gue pas pulang sekolah. Acaranya sendiri abis pulang sekolah, di XII-4. Gue sebenernya gak terlalu tertarik amat tentang Jepang, tapi secara iseng gue ikut aja, sekalian ngebunuh waktu sebelum gue eskul bola di GOR Suci jam 3.30 an, siapa tau ada manfaatnya.

Pulang sekolah gue ke XII-4. Jam 2.30 yang dateng belom banyak amat. Jadi gue ngambil proyektor di TU karena si orang Jepangnya nanti mau presentasi. Setelah nunggu rada lama, akhirnya orang Jepangnya pun dateng, jam 3... Abis itu acara dimulai, yang ikut gak banyak amat, 30 orang paling, kelas 10 dan 11. Pertama-tama orang Jepang 1 ngenalin diri, perempuan, umur sekitar 40an, orang Jepang yang katanya udah belasan tahun tinggal di sini, makanya Bahasa Indonesianya casciscus. Orang Jepang kedua ngenalin diri, membungkuk kaya tradisi Jepang, perempuan juga, umur sekitar 25an, suaranya kecil banget, gak kedengeran namanya siapa, ngomong pake Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang, yang nanti di terjemahin oleh orang Jepang 1 tadi. Gitulah.

Blablabla. Orang Jepang itu ngomongin banyak hal tentang pendidikan sama pekerjaan di Jepang sana. Mulai dari sistem pendidikan di sekolah sama kuliahan, Universitas yang bagus dimana aja, jurusan yang disukai, cara daftar kuliah atau kerja di Jepang, perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, biaya hidup di Jepang, asrama kalo kita kerja/kuliah disana, gaji, dan hal lain yang berkaitan tentang pendidikan dan pekerjaan di Jepang.

Gue sendiri awalnya sedikit takjub dengan pendidikan dan pekerjaan disana. Kaya menjamin kesejahteraan lah, tapi jelas kita kudu pinter buat kuliah/kerja disana. Kalo pendidikan bahasa nanti mereka bakal bantu kita pas udah disana. Ah iya, biaya hidup disana cukup mahal sampe ngebuat beberapa siswa jadi berekspresi "Wow, mahal amat bro", tapi emang fasilitas asramanya cukup mantap.

Mereka juga nunjukkin data Universitas di Jepang beserta jurusan yang populer/bagus. Kebanyakan jurusan teknik, seni atau bisnis. Makanya pas gue tanya "Apa ada Universitas di Jepang sana yang cukup bagus buat jurusan sejarah atau sastra?"

Dan si orang Jepang 2 pun kebingungan...

Ya, dia kebingungan dengan pertanyaan gue. Bukan karena Bahasa Inggris (gue nanya make B.Inggris) gue ngaco, tapi karena emang dia kurang paham apa ada Jurusan Sejarah/Sastra yang bagus disana. Saking bingungnya, orang Jepang 2 malah sampe nanyain ke orang Jepang 1 (yang udah lama tinggal di Indonesia tadi). Dan orang Jepang 1 pun awalnya keliatan bingung, sampe akhirnya jawab "Eeh, jadi gini, setiap distrik di Jepang itu punya sejarah nya masing-masing, kaya misalnya Kekaisaran di tiap daerah kan beda-beda, jadi itu bisa dijadiin bahan pembelajaran. Atau bisa juga sejarah waktu Jepang di Perang Dunia II. Jadi semacam itulah"

Nanya naon, dijawab naon...

Jawabannya emang gak terlalu nyambung, tapi gue udah cukup puas bisa ngebuat mereka kebingungan, HAHAHA. Abis itu, mungkin karena belom nemu jawaban yang pas, si orang Jepang 1 dan 2 sampe nyari di internet tentang jurusan sejarah di Universitas di Jepang dan nunjukkinnya ke gue. Gue sih oh oh aja, karena gue nanya biar keliatan berkontribusi lah ahaha. Yah, sejarah Jepang menarik sih, tapi cuman tentang Samurai dan keterlibatan Jepang di Perang Dunia aja, tentang Kekaisaran gue gak terlalu tertarik. Gue lebih minat sama sejarah di Eropa sana, terutama Romawi kuno, atau sejarah Agama Samawi (Islam, Kristen, Yahudi). Itu lebih menarik buat dipelajari (menurut gue).

Kalo hal yang gue sukai tentang Jepang sih, pasti ada. Yang pertama adalah penulis Jepang yang epic kaya Haruki Murakami dengan 1Q84, Norwegian Wood sama Kafka On The Shorenya, juga ada Soji Shimada dengan novel detektifnya yang mantep kaya Tokyo Zodiac Murders. Selain itu, gue juga suka sama pianist Jepang, Yiruma, dengan karyanya River Flows In You sama Kiss The Rain yang enakeun. Timnas sepakbola Jepang juga gue suka karena pembinaan pemain muda mereka dan jerseynya yang keren-keren. Dan tentu cewe-cewe Jepang yang terkenal cantik-cantik dan juga *** favorit para pria. Hahahaha ngga deng. Haykal bukan pemberantas wanita lugu kok *dibakar hidup-hidup*.

Dan juga, Kiko Mizuhara. Ya ampun, cantik banget dia plisss :(( *keluar busa dari mulut*.

Setelah sesi tanya jawab selesai. Akhirnya si Orang Jepang pun mengakhiri presentasinya tentang pendidikan dan pekerjaan di Jepang. Dia pun gak lupa buat ngasih website tentang universitas atau perusahaan terkenal di Jepang siapa tau kita mau nanya lebih lanjut. Abis itu, mereka ngucapin makasih udah dateng, blablabla, dan selesailah "seminar" kecil-kecilan ini. Abis ini gue rencananya mau langsung cabut ke GOR Suci karena ada eskul bola, yang dimana gue udah telat 30 menit.

Gue langsung berangkat. Dan begitu sampe, jelas mereka udah pada main semua. Gue pun cepet-cepet ganti baju/celana dan sepatu. Udah gagahnya make seragam bola lengkap, gue teriak ke Pak Dicky "PAK, MAIN PAKK". Pak Dicky pun bilang bentar lagi juga istirahat, tanggung. Jadi gue menununggu dulu bentar sambil pemanasan.

Setelah istirahat bentar, terdengar geludug dari langit, dan...

Hujan pun turun dengan syahdunya...

Yah, hujan. Gue gak jadi maen. Kecewa. Tapi aku rapopo.

I'm always wait for you, after the rain~

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar