Upacara Pertama

Maret 03, 2014

Sekarang, gue sekolah di SMA Taruna Bakti, kelas 10, jadi anggota OSIS sekbid bela negara yang gue pun gak ngerti kenapa keterima jadi anggota OSIS, apalagi waktu tau gue ada di sekbid bela negara, padahal gue milihnya sekbid agama...

Selama gue ada disini (yang udah sekitar 8 bulanan) gue heran kok disini kagak pernah ada upacara bendera tiap hari Senin... Beneran, gue heran, sampe nanya ke temen sekelas gue yang SMP nya di TB juga kayak Alif atau Fikri, mereka bilang emang biasanya juga gak pernah ada upacara bendera. Upacara paling ada waktu peringatan hari-hari besar. Gatau emang sekolah gue aja atau emang SMA swasta lain juga gak pernah ada upacara bendera, gak tau deh.

Tapiii, ternyata ada keajaiban yang muncul belum lama ini. Bu Molly yang jadi kesiswaan sekolah gue nyaranin gimana kalo di SMATB ini dilaksanakan upacara bendera setiap Senin pagi. Waw. Gue cukup yakin respon siswa bakal kurang setuju sama upacara Senin pagi ini. Ya karena gitu, kebiasaan disini jarang ngadain upacara, kalo yang SMP nya di negeri sih mungkin ngerasa biasa aja karena udah sering ikut upacara waktu SMP.

Akhirnya Bu Molly memutuskan kalo upacara ini harus terlaksanakan buat yang pertama kalinya. Petugas buat upacara pertama ini adalah OSIS, baru nanti mungkin petugasnya per kelas.
Lho kok pramuka ???
Jadilah kita (OSIS) ngadain rapat buat nentuin siapa aja petugas upacaranya dan gimana latihannya. Gue sendiri gak ikut karena lagi ngacir ke tempat lain, hehehe. Tapi setelah dirapatkan beberapa lama, jadilah siapa aja yang bakal jadi petugas upacara.

Salman jadi pemimpin upacara, pemimpin pasukannya dari kelas 11, MC atau yang ngomongnya si Kak Cut Fira, dirijennya Muthi, yang baca doa Kiki dan yang baca UUD nya HAYKAL.

Iya, setelah dirapatkan, akhirnya gue kebagian jadi pembaca Pembukaan UUD 1945, setelah sebelumnya 3 kali pencoretan (pertamanya gue, terus diganti sama Dian, terus diganti jadi gue lagi). Gile men, ambil bagian di upacara pertama sepanjang sejarah SMATB.

Besoknya, abis pulang sekolah, kita semua yang OSIS latihan dulu bentar, seenggaknya yang jadi petugas selain yang nyanyi-nyanyi. Kita sebenernya pernah latihan upacara macem gini waktu LDKS, jadi latihan kali ini gak berlangsung lama karena udah pernah dulu. Petugas upacaranya pun gak beda jauh sih sebenernya.

Ah iya, gue sebenernya gak yakin ini bisa disebut sebagai upacara. Karena, tempatnya di aula lantai 2, mana mungkin bisa ngibarin bendera... Jadi pengibaran bendera sama pemuteran lagu Indonesia Raya dihilangin. Dari situ gue lebih yakin nyebut ini sebagai apel pagi.

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu pun datang. Upacara pertama sepanjang sejarah SMATB. Semua siswa dari Jumat udah dikasitau kalo Senin bakal ada upacara. Yah, walaupun rada ogah-ogahan, tapi akhirnya semua siswa (kelas 10 sama 11 aja soalnya kelas 12 mau UN) bisa digiring ke aula buat baris, walaupun masih rada ngaco.

Abis diatur blablabla, Kak Cut pun mulai ngoceh,

"Mohon perhatian, upacara hari ini. Hari Senin tanggal 3 Maret 2014, akan segera dimulai, tiap-tiap pemimpin pasukan, menyiapkan pasukannya"

Upacara (atau apel) terus berlanjut sampe akhir. Walaupun masih ada sedikit kesalahan, tapi wajar lah, upacara pertama.

Gue sendiri lancar baca Pembukaan UUD nya, gak kecepetan gak terlalu lambat kayak waktu latihan di LDKS. Alhamdulillah aja~

Jadi ya begitulah cerita upacara pertama di SMA Taruna Bakti ini. Ke depannya gue gak tau apakah upacara atau apel ini bakal rutin dilaksanakan tiap Senin pagi atau nggak, kita liat aja nanti.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar