Ketika Jomblo Menjadi Kebiasaan

Februari 22, 2014

Gue masih rada inget pas Pak Dadi (guru sosiologi) ngajar pertama kali di kelas gue, X-6, 18 Juli 2013 mungkin. Walaupun gue udah rada lupa Pak Dadi njelasin materi apa, mungkin saat itu Pak Dadi ngadain kuis untuk pertama kalinya. Tapi, yang gue inget adalah saat itu Pak Dadi menampilkan slide show tentang kepribadian, kemalasan, dan segala antek-anteknya.

Pak Dadi waktu itu nyuruh kita milih, kita mau jadi kopi, wortel atau telor ke kita semua. Abis itu standar lah, Pak Dadi nampilin yang paling baik kita harus jadi apa sama alasannya. Gue lupa yang bagus apa, kalo gak salah kopi, dan ini berhubungan sama cara kita menghadapi masalah dan semangat, kalo gak salah (lagi).

Abis itu, Pak Dadi nampilin video, yang berupa tulisan-tulisan gitu lah, semacam video motivasi. Tema videonya adalah kemalasan, jadi disana dijelasin kaya kenapa kita males, cara melawan males gimana, sama kalo gue ganteng gimana pengaruh males terhadap masa depan kita. Yah, gitu lah. Nah, di suatu bagian video tersebut si pengisi suara video tadi sempet bilang "Gimana kalo males jadi kebiasaan?" abis itu gue lupa si pengisi suara ngomong apa lagi, mungkin ngomong "Gimana kalo misalnya Anda tampan tapi jomblo dari lahir? Gimana?!". Yah, mungkin kalo dia ngomong gitu, entah kenapa tiba-tiba hujan turun di kelas gue, tapi mirisnya, hujannya cuman menghujani hati gue doang. Dasar jomblo...

Abis videonya selesai, Pak Dadi kembali ngelanjutin materi yang masih nyambung sama video tadi. Pak Dadi juga sempet bilang hal yang sama kaya di video, bukan, bukan yang tampan tapi jomblo, tapi yang "Gimana kalo males jadi kebiasaan?". Abis itu, sejujurnya gue lupa (lagi) apa yang Pak Dadi jelasin. Jadi, kalo kalian nanya "Pak Dadi ngejelasin tentang jomblo atau enggak sih?". Gue cuman bisa jawab :


Sejujurnya, materi Pak Dadi ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan jomblo.

Entah kenapa, waktu Pak Dadi jelasin kata-kata tadi, gue malah berpikir ke hal lain tapi masih sedikit nyambung sama hal tadi. Gue malah berpikir tentang kenapa gue mirip Tom Cruise keadaan gue yang jomblo ini. Saat itu gue malah berpikir Pak Dadi ngomong "Gimana kalo jomblo jadi kebiasaan?".

Gue banget itu...

Sejujurnya, gue jomblo sejak tahun 16**99 *abis itu nangis di bawah shower*. Yah, walaupun gue menjomblo selama itu, gue tetap merasa biasa aja, malah terkadang bangga *diarak keliling kota*.

Entahlah apa yang membuat gue jomblo selama itu. Tapi, sekali lagi, apapun alasannya, minumnya tetap Teh Botol Sosro gue bangga jadi jomblo. Kenapa? Ada beberapa hal yang bisa dibanggakan jadi jomblo. Seperti : gue jadi lebih hemat. Iya, gue setiap bulan gak pernah dipusingkan sama biaya pacaran, kaya nraktir makan lah, beliin hadiah lah, dan segala macam hal rumit yang menghabiskan uang. Walaupun gitu, gue tetep aja sangat boros dalam pengeluaran bulanan, hampir semuanya gue habiskan bahkan terkadang konsumsi gue lebih besar dari pendapatan bulanan gue yang normal (gue juga kan jualan online, lumayan nambah pendapatan). Hampir semua pendapatan gue habiskan untuk 2 hal, buku dan jersey. Mungkin ini adalah salah 1 alasan gue jomblo. Lah, konsumsi buat pribadi aja kadang-kadang gak cukup, apalagi kalo punya pacar, mungkin gue udah harus jual diri HP gue.

Hal kedua yang membuat gue bangga jadi jomblo adalah, bisa sebebasnya ngobrol sama banyak cewe. Ahahaha, mungkin ini suatu kebahagiaan tersendiri bagi para jomblo, bisa deket sama cewe manapun tanpa ada yang marahin, wong kita jomblo kok. Coba bayangin kalo gue gak jomblo, mungkin aja kalo gue ngobrol dikit sama cewe lain, gue mungkin udah dimarahin pacar (bayangan) gue dan mungkin akan dibakar di tempat terus dilempar dari lantai 4. Dan gue juga sempet mendapat pengakuan menyedihkan dari temen gue, Farhan (X-2) yang pacaran sama temen sekelas gue, Alinda. Dia bilang ada sedihnya pacaran, yaitu dia gak bisa bebas ngobrol sama cewek lain. Tapi dia juga bilang kalo ada senengnya juga pacaran ama Alinda. Tapi itu tidak penting dibahas. Ahahaha, diberkatilah engkau Farhan, sedikit kasihan juga nasibmu.

Tapi kalo buat kalian yang bilang gue gak lagi, tarik lagi ucapan tersebut. Walaupun gue pernah ditolak secara tidak etis, tapi gini-gini gue pernah ditembak dalam artian sebenarnya harfiah sama cewek. Dan gue juga pernah diajak kenalan 2 (iya, dua) kali sama temen cewe (orangnya sama) di sekolah gue, tapi gue tolak entah kenapa, dan beberapa bulan kemudian gue nangis karena itu. Yah, beginilah nasib jadi seorang jomblo...

Jadi, intinya, gak selamanya jomblo itu jadi masa yang buruk kok. Selama kita bisa enjoy dan menikmati jadi jomblo, InsyaAllah kita juga gak terlalu terbebani sama beban harus pacaran lah, temen gue mantannya udah 20 lah, dan yang lainnya. Jadi, enak atau ngganya jadi jomblo balik lagi ke mindset kita, apakah kita menikmati atau malah ngerasa terbebani jadi jomblo. Kalo gue sih nikmatin aja jadi jomblo :)

Terima kasih udah menyempatkan membaca, Wassalam!! :D

You Might Also Like

0 komentar