Kangen Basket

Mei 10, 2014

Entah kenapa, tiba-tiba gue kangen basket.

Kemaren abis balik sekolah gue nonton pertandingan futsal antara SMATB lawan SMA Labschool UPI, di GOR Suci, bolos pramuka, hehehe. SMATB kalah 5-3 kalo gasalah, tapi itu gak penting. Abis itu selesai gue liat di lapang basket ada Mail (XI-5), Handi (XI-1) sama Rafi (X-4) lagi main basket berdua, iseng doang sih, yang cewe juga ada yang main 3-4 orang mah. Gue yang lagi sama Bima (X-5) jelas langsung ke lapang basket, Bima juga anak basket, gue juga (mantan) anak basket.

Gatau kenapa, pas masuk lapang basket, tiba-tiba kangen main basket lagi, udah berbulan-bulan gue gak main disini. Dulu pas semester 1 gue sempet ikutan basket, terus pas semester 2 pindah ke eskul bola karena ngerasa gak bisa-bisa main basket, hehehe. Di bola juga gak jago sih, tapi minimal kalo eskul bola kan karena minat sama senengnya sepak bola juga jadi mau gimana-gimana ya enjoy aja. Kalo basket daridulu gue gak pernah ngerti, cara main gak tau banyak, NBA apalagi gue gatau apa-apa. Beda sama sepak bola yang bahkan gue masih inget siapa pemain PSAP Sigli (asal Aceh) yang nyetak 2 gol waktu lawan Persib Bandung yang di pertandingan itu kalah 3-0 waktu main di Aceh, ISL musim 2011-2012. Namanya Abu Bakar Bah. Konon sekarang dia main di Lampung FC.

Sedangkan MVP NBA tahun kemaren aja gue gak tau siapa orangnya...

Gue udah ikut eskul basket dari kelas 7, awalnya saran ortu ikutan basket, sampe akhirnya ketagihan dan akhirnya jadi kapten tim basket SMP (AHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA beneran ini) pas kelas 8, walaupun pas pertandingan sempet kalah besar... Di SMA gue lanjut lagi basket. Latihannya sama-sama aja sih passing, shooting, lay up dll, paling yang bedain basket SMP sama SMA cuman kalo di SMA mah kadang belajar juga strategi main kalo kita di posisi defense gimana kalo ofense gimana. Rame lah pokoknya, walaupun gue gak bisa-bisa lay-up dan gak kepilih jadi tim buat tanding di turnamen. Tapi biarlah, toh banyak banget kok yang lebih bagus, semuanya lebih bagus dari gue malah kayanya hahahaha *nangis dibawah shower*.

Balik ke cerita. Pas baru masuk lapang si Bima langsung ikutan maen sama Rafi Mail Handi, sementara gue cuman duduk-duduk aja, males ikutan huhuhu. Beberapa menit kemudian Azis (XI-8) datang, dia pengen main jadi suit sama gue buat 3 on 3. Gue sama Mail sama Bima, Rafi sama Handi sama Azis. Yah gitulah main-main aja biasa, yang cupu lawan 5 orang tim basket TB kabeh, syerem :(( Selesai jam 6 abis itu nganterin Rafi balik seperti biasa.

Abis itu gue berpikir lagi gimana kalo kelas 11 gue ikutan basket lagi, tapi eskul bola juga masih. Tapi gue mau ikutan basket lagi kalo hujan doang. Soalnya tahun ini eskul basket sama eskul bola kelas 11 (jadwal eskul bola kelas 10 sama 11 beda) sama-sama hari Kamis. Nah, kalo tahun depan masih sama harinya, gue mau ikutan basket lagi seandainya hujan. Soalnya kalo hujan lapangan bola jadi becek banget dan biasanya Pak Dicky ('pelatih' eskul bola) ngebatalin eskul. Tapi kalo eskul basket sama hockey mah kalem-kalem aja kalo hujan juga, lapang mereka kan indoor.

Yang jadi masalah lain, gue gak punya sepasang sepatu basket.

Punyanya sebelah doang.

Beneran, gue cuman punya 1 sepatu basket, sepatu kiri kalo gasalah. Bukannya gue kere jadi cuman bisa beli sepatu sebelah doang. Tapi ini terjadi pas mau foto Arbes (hari itu hari Jumat) di rumah Ayunda sama anak-anak X-6. Gue kan kalo sekolah hari Jumat emang biasanya pake sepatu basket, buat pramuka getoh. Mau foto arbes gue bawa sandal lain, dan sepatunya gue taro di tas. Pas udah balik ke rumah, gue cari-cari di tas kok sepatu gue cuman sebelah. Beberapa menit kemudian di grup Line kelas ada yang bilang "Ini sepatu basket siapa yang ketinggalan sebelah?"...

Sial.

Gue langsung bilang ke Ayunda kalo itu sepatu gue, dan minta tolong besok dibawain pas Liga TB. Ternyata besoknya dia lupa bawain. Dan seterusnya lupa mulu. Sampe akhirnya suatu hari pas gue mau masuk kelas Ayu dengan santainya bilang "Kal, sepatu kamu ilang kayanya". Hati gue luluh lantak, berantakan, hidup gue hancur seketika. Apalah artinya sepatu bila tidak diciptakan sepasang. Apalah artinya manusia bila tidak diciptakan berpasang-pasangan *nangis lagi*. Bahkan di lagu yang judulnya "Sepatu" karya Tulus pun ada lirik awalannya berbunyi "Kita, adalah sepasang sepatu, selalu bersama, tak bisa bersatu".

Syedih Ya Rabb...

Kenapa ini semua harus terjadi padaku *sambil teriak di tengah jalan* *tiba-tiba terdengar suara petir* *kehujanan sambil nangis-nangis macam film-film dangdut India*.

Lebay ah, hehehe.

Setelah sepatu gue ilang sebelah, gue jadi punya hipotesis keren berhubungan dengan (mantan) sepatu gue dan gue sendiri. Di hipotesis karya Haykal Satria M.Blo tersebut dijelaskan bahwa : "Sepatu itu menggambarkan pemiliknya. Jika sepatunya utuh, itu artinya bahwa dia tidak menjomblo. Dan jika sepatunya cuman sebelah, itu berarti dia jomblo". Keren bukan?

Gue curiga ilangnya sepatu gue ini adalah cara Tuhan ngasitau gue kalo gue harus menjomblo lebih lama. Sial....

Gue juga punya hipotesis kedua. Tapi yang itu terlalu esktrim, pasti banyak yang kaget kalo gue sebutin hipotesis yang kedua disini. Bahkan menurut desas-desus yang beredar di masyarakat gak luas mengatakan bahwa hati lo bakal berguncyang (make y biar gawl) sesudah lo membaca hipotesis kedua gue. Untuk kebaikan para jomblo dan atas nama Persatuan Jomblo Susah Nyapa Internasional, gue mengucapkan mohon maaf karena gak bisa nulis hipotesis kedua gue disini.

Lagian, emang ada yang mau tau?

Oh iya. Setelah udah sekitaran 5 bulan ikutan eskul bola dan hampir 3,5 tahun ikutan basket, gue akan jelasin perbedaan dan persamaan eskul bola dan basket. Untuk eskul bola ya jelas bola di SMA karena di SMP gak ada eskul bola. Ini dia :

Perbedaan :
1. Basket lebih capee gewla. Di basket harus lari kapanpun, jarang banget berhentinya kecuali kalo istirahat atau pas diganti. Kalo di eskul bola masih bisa nyantai pas main juga, karena lapangnya gede dan berisi banyak orang, jadi kita gak harus tiap saat ngejar bola. Kesimpulannya pas ikutan basket keringet gue lebih banyak dibanding pas gue ikutan eskul bola.

2. Di eskul bola, kalo bolanya kena tangan bakal dipiriwit karena dianggap hands ball, kecuali kalo lagi throw in atau lagi dipegang sama kiper. Kalo dibasket gapapa kalo bola kena tangan, harus malah.

3. Bola di eskul sepak bola gapapa kalo ditendang sekenceng apapun juga, gak akan ngaruh ke bentuk bola. Kalo bola basket ditendang konon katanya bisa menyebabkan sakit kaki bolanya bitu kalo kata orang Sunda mah, alias ngejendol bolanya, terus dorr deh petjah.

4. Di eskul basket awalannya latihan dulu segala macem, pas akhirannya baru main. Kalo di eskul bola langsung main dari awal sampe akhir tanpa latihan, gatau tah Pak Dicky. Tapi seruu.

Persamaan :
1. Kalo pas eskul basket gue ganteng, pas di eskul bola juga masih ganteng.

Sekian. Terima kasih. Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar