Kucing

Agustus 04, 2015

Dibandingkan temen-temen gue kayak Nadyra yang takut kupu-kupu atau Mataya yang takut kucing atau Yara yang takut semua binatang (beneran, gatau sekarang masih kayak gini apa ngga). Gue Alhamdulillah diciptakan sebagai orang yang (kayaknya) bisa suka sama semua binatang. Maksud 'semua' disini adalah binatang yang bersahabat atau gak membahayakan manusia kayak kucing, kelinci, burung, kura-kura sampai kambing gunung pemakan tinta ikan atau organisme kecil lainnya. Tapi entah kenapa gue gak pernah suka sama anjing, mungkin trauma. Makanya gue kalo ada anjing biasanya suka ngehindar, walaupun anjingnya imut dan minta dinafkahin. Dan ah iya, sama kecoak, apalagi kecoak terbang, horror setiap orang itu mah kayaknya. Mungkin juga cacing besar Alaska, kalo emang bener-bener ada.

Dan sesuai judul, yang mau gue bahas sekarang adalah tentang binatang kesukaan gue, kucing atau gue biasa bilang ke temen gue sebagai "ncing" :3 Gatau kenapa akhir-akhir ini gue jadi suka lagi sama kucing, soalnya lucuu :( Entah apa gimana awalnya, mungkin gue cuman tiba-tiba keinget akan kenangan gue sama mantan kucing di rumah gue. Namanya Mio, kucing anggora bulunya empuk-empuk jantan, warna bulunya putih ada corak emas item sama coklat. Seinget gue tuh kucing udah ada di rumah gue sejak gue masih kelas 2 SD alias sekitaran tahun 2005an, waktu itu rumah gue masih di Bandung tapi di pinggiran jalan tol, alias sebelum pindahan ke deket TSM sampe sekarang ini.

Waktu gue pindahan tahun 2008 ke rumah saat ini, si Mio jelas dibawa pindah juga. Gue dan keluarga memperlakukan Mio kayak biasanya aja di rumah sebelumnya. Beli Whiskas tiap bulan, manggil dia kalo lagi gadag, mandiin dia (itumah kerjaan Ibu sama adek gue sih), liatin dia jailin ikan di kolam depan rumah gue (sekarang udah gak ada kolamnya), termasuk bersihin eeq-nya karena walaupun dia keliatan kayak kucing bangsawan tapi sifatnya masih rada mpoengs :(

Gak kayak di rumah sebelumnya yang gue masih bisa mantau Mio kemanapun dia pergi karena dulu juga gue masih sering keluyuran abis pulang sekolah (dan komplek rumah gue dulu ya gitu-gitu aja jadi gampang nyarinya), waktu pindahan ini si Mio jadi rada repot nyarinya kalo dia keluyuran buat nongki gawuhl. Karena emang rumah gue sekarang ini ada di daerah semi-perkotaan yang sedikit rumit, bukan komplek tenang dan damai, dan hal ini juga berpengaruh ke diri gue yang jaraanngg banget keluar rumah buat main sama temen-temen kayak waktu gue masih tinggal di rumah yang dulu. Semenjak pindahan, Ibu gue jadi ngebatasin si Mio buat keluar rumah, karena resikonya tinggi banget, kalo gak dicuri orang (walau udah ada kalung kalo gak salah) ya ketabrak kendaraan atau dijailin anak-anak perkotaan yang kadang kelakuannya ke binatang lebih gak binatang dari binatang sekalipun. Pernah suatu waktu si Mio keluar rumah dan sorenya belum pulang, malemnya juga belum. Akhirnya gue yang nyari dia ke tetangga dan sekitar rumah gue, dan akhirnya dia kembali dengan sendirinya dengan kondisi badan yang dekil kayak abis kalah taruhan judi bola.

Selain itu, kucing gue ini punya kebiasaan yang cukup liar. Pernah sekali waktu sekitaran tahun 2006-2007an gue yang masih bocah ingusan dan hobinya keluyuran ini ngeliat si Mio lagi jalan-jalan chantique (gue lupa dia ini laki atau cewek) di taman kecil depan rumah. Dan waktu lagi damai ngeliatin kucing itu, si Mio dengan liarnya tiba-tiba makan rumput yang ada di bawahnya. Dan semenjak itu kucing gue jadi liar karena suka makan rumput :(( Dan pernah juga sekali waktu saat gue udah pindahan. Gue yang masih kelas 4 SD itu lagi duduk-duduk santai aja di dalem rumah, mungkin lagi nonton TV atau main PS2, gue liat si Mio lagi duduk-duduk lucu di bawah kursi deket gue, kayaknya mau tidur. Karena gadag, gue panggil "Mio, Mioo, Mioo" dan dia pun ngangguk ke arah gue dong :(( Yang anehnya, dia ngangguk sambil merem, jadi kemungkinan dia mau tidur tapi gue ganggu, karena gamau gue bawa dia ke pesantren kucing liar, dia tetep nurut dengan ngangguk walau sambil merem, beneran. Pernah juga dia bersin tiba-tiba sampe gue rada kaget. Gitulah lucu :((

Semua ini mulai berubah sejak menjelang Lebaran 2009 atau 2010 lupa gue. Waktu itu gue sekeluarga mau mudik keluar kota selama beberapa hari. Karena kalo dia ditinggal dia bisa aja makan perabotan rumah, jadi aja dia "dititipin" ke orang kepercayaan keluarga gue (yang bahkan masih jadi kepercayaan keluarga gue sampe sekarang, ya karena emang baik sih). Abis mudiknya beres, gue dan adek gue heran kenapa Mio gak balik-balik, Ibu gue sih alasannya apa gitu lupa gue tapi gue dan adek gue percaya aja. Lama-lama gue dan adek gue mulai melupakan Mio karena dia gak balik-balik. Beberapa tahun kemudian, gue dan adek gue mulai protes kenapa Mio gak balik-balik dari dulu.

Usut punya usut, ternyata peristiwa "dititipin" itu malah jadi tragedi buat gue dan adek gue. Si Mio emang dititipin ke orang kepercayaan keluarga gue, tapi abis itu Ibu (atau Ayah gue kayaknya sih) malah nyuruh kucing itu dikasihin aja ke sodara orang kepercayaan keluarga gue itu, dengan alasan udah gak bisa ngurus lagi kayaknya. LAH :(((( Dulu sih biasa aja gue karena udah lupa sama Mio, nyeseknya baru kerasa sekarang, beneran. Kucing gue :(( Gue sekarang gatau dia dimana dan keadaannya gimana, tapi semoga sih baik-baik aja :')

Ayah gue emang rada males punya peliharaan yang bisa keliling-keliling di rumah macem kucing, anjing atau kingkong hidung mancung. Ayah gue lebih suka hewan yang dikurung dan damai dan gak ribet ngurusnya macem ikan, kura-kura atau burung. Sementara Ibu gue apa aja mau kayaknya kecuali anjing, sementara adek gue mau ngurus apa aja termasuk anjing (walau gue dan Ibu gue pasti gak akan setuju) dan adek gue sekaranglah yang rutin ngurusin 2 burung kenari di rumah. Entah kenapa Ayah gue gak terlalu suka kucing di rumah, mungkin ngerepotin...

Yang ngebuat gue bisa move-on (sementara) dari si Mio adalah adanya kehadiran binatang lain di rumah gue. Macem kura-kura yang udah ada sejak gue pindah ke rumah ini juga dan sekarang udah guede banget, atau ikan mulai dari ikan hias warna-warni, ikan koi yang gede banget sampai ikan besar yang nyeremin (dan akhirnya mati gara-gara infeksi di matanya), marmut dan kelinci walau gak pernah bertahan lama, sampai burung kenari yang sekarang tinggal 2 lagi (dulu ada 3, tapi 1 mati gara-gara ulah gue huhuhu maafkan...)

Dari 5 jenis binatang pengalih perhatian gue ke Mio itu, tinggal kura-kura sama kenari yang bertahan. Kura-kura itu udah ada sejak 2008 dan udah gede banget sekarang, sampe kalo dia mau gue bersihin kadang dia suka mau nyakar tangan gue pakek kukunya yang panjang, kura-kura ini yang ngurus gue sama Ibu gue, Ibu gue biasanya ngasih makan doang sementara gue ngasih makan sama bersihin akuariumnya kalo kotor. Ada juga burung kenari, itu yang ngurusin 80% adek gue mulai dari kasih makan sampe nyuruh dia buat berkicau lagi. Ibu sama Ayah gue paling bantu masok makanan aja, sementara gue ora urus, cuman pernah 2 kali ngasih makan tuh kenari, dan pernah juga ulah cuek gue membuat burung kenari yang paling kecil mati kedinginan sampe adek gue nangis :(((

Salah 1 dari 2 kenari di rumah gue

************

Balik lagi ke kucing. Nah, semenjak gue dan adek gue nanyain lagi tentang Mio, gue pengen punya kucing lagi walau itu kayaknya baru bisa dilakukan waktu gue udah nikah, kira-kira 9-10 tahunan lagi InsyaAllah, itupun kalo (calon) istri gue gak takut kucing, amsiong bener dah kalo takut kucing :( Selain itu, gue kepengen punya kucing lagi karena liat foto kucing temen-temen gue macem Ale dengan Bolen dan Oren-nya, Dafa dengan Bonbon-nya (Dafa dan Bonbon malahan udah sering nonton Star Wars barengan, cie gitu), Hasna dengan Witi-nya (yang sekarang katanya jadi garong dan hobinya ngegalau di atas genteng), Najma dengan kucing.yang.matanya.beda.warna (belum lagi perliharaan burung hantunya), ada juga Wisnu yang kucingnya baru beranak, atau Adam yang kucingnya judes juga Ayunda yang kucingnya guede dan Nadyra yang juga punya kucing walau gue gak tau kayak gimana.
Kucingnya Adam
Kucingnya Ale, namanya Oren
Kucingnya Najma yang kayaknya baru beranak
Kucingnya Hasna, namanya Witi

Lucu khan. Ya makanya gue tiba-tiba pengen punya kucing lagi walau gatau nanti ngurusinnya gimana HAHAHA jahat yha. Dan gatau juga kalo punya kucing mau gue namain siapa. Kandidat terkuat sih kalo gak Mio lagi ya paling Kimo. Mio mah buat mengenang kucing gue yang dulu, kalo Kimo gatau lucu aja dari hasil pembicaraan bodoh gue, Lita sama Ozi. Ah elah, punya kucing aja kagak :((

Di sekolah gue sendiri juga kadang suka ada kucing lewat, mulai dari yang gede (dinamain Luna kalo gasalah sama Bram Kevin dkk) dan ada juga yang kecil. Kucing gede suka muncul di awal kelas 11 dulu dan sekarang entah kemana, sementara kucing kecil mah suka lewat aja gitu sampe pernah nyasar di kelas gue di lantai 4, mungkin dia pakek lift. Pengen deh bawa pulang salah 1 dari mereka, tapi kayaknya mereka mah kucing liar, bisa-bisa rumah gue dikuasai sama doi ntar, kan berabe. Gue sendiri kalo lagi gadag suka manggilin kucing-kucing liar itu, pake siulan buat burung hahahah gelo, dan jelas mereka gak nyaut sama sekali. Temen-temen gue juga banyak yang suka nyamperin kucing sekitar sekolah (terutama yang masih imut) kayak Nadyra atau Hasna atau Ale atau Robo (yang selalu bisa bikin tuh ncing lupa diri) sampe Ivanka yang waktu funrun kemaren gue liat sempet-sempetnya berinteraksi sama kucing sekitar.

***********

Omong-omong soal kucing lagi, gue pernah sekali ngeliat peristiwa yang parah soal kucing. Waktu gue lagi lewat Jl. Laswi buat pulang sekolah, di deket rel kereta lagi macet, dan waktu gue lagi nyalip kemacetan dengan trengginas pake motor gue, tiba-tiba dibawah gue liat ada kucing kecil lagi kejang-kejang ih Astagfirullah :(( Beneran kasian banget, hampir aja gue nabrak, kasian parah inimah, untung ada Mas-Mas mobil pick-up yang nolongin doi. Gile dah pokoknya, mana kecil lagi kucingnya belom puber kayaknya.

Intinya begitulah. Gue pengen melihara kucing lagi. Walau entah kapan biasanya dan gimana cara ngurusnya. Alasan utamanya ya karena lucu aja hahahaha, kucing juga kan binatang kesayangan Rasul. Daripada anjing, gue jelas lebih milih kucing. Dan karena itulah gue kayaknya gak akan mau masuk ke rumah yang punya anjing (Alhamdulillah sampe sekarang belom pernah). Bhay aja dah.

Yaudah gitu aja. Capek ah bisa-bisa minus mata gue makin parah kalo lama-lama di depan laptop mulu.

Wassalam :)

You Might Also Like

2 komentar