Mas Qiqi dan Mbak Mar

Juni 01, 2016

Selama kelas 12 ini, gue jadi jarang baca buku, bahkan buku pelajaran sekalipun karena gue lebih seneng nyatet terus-terusan buat belajar daripada baca buku pelajaran ribuan halaman tanpa ngerti isinya. Mungkin baru 3-6 buku diluar buku pelajaran yang gue baca selama kelas 12 ini, karena gue cukup lama buat nyelesain satu buku, buku “Para Priyayi”-nya Umar Kayam aja gue selesein selama 2-3 bulan, dari awal semester 2 sampe beberapa Minggu sebelum UN, padahal bukunya gak tebel-tebel amat, 308 halaman, dan ceritanya pun gak berat-berat amat, paling ada beberapa cuplikan Bahasa dan adat Jawa tahun 40’-an yang sedikit susah dipahami sama anak 17 tahun yang tinggal di Bandung sejak TK dan suka ngoleksi jam besuk ini.

Abis UN, gue kira gue bisa baca buku lebih cepet lagi, tapi sayangnya nggak setelah gue harus ikut Intensif SBMPTN di SSC yang diadain tiap hari, Senin sampe Sabtu. Dan, setelah gue keterima SNMPTN pun, gue kira gue bisa liburan keliling tata surya atau melakukan sesuatu yang produktif dan sporty selama 3 Minggu sambil nunggu daftar ulang 31 Mei kemaren. Tapi sayangnya hal tersebut kandas setelah ternyata SBM ITB ngadain gathering buat mahasiswa baru angkatan gue yang keterima undangan dari seluruh Indonesia tanggal 30 Mei kemaren, dan yang basis Bandung jadi panitia. Gue pun makin pusing buat ngapa-ngapain, bahkan pas acara mulai aja kepala gue nyut-nyutan kayak bajaj mencoba ngedrift, untungnya gue gak melakukan sesuatu yang liar dan berbahaya (kayak ngubek-ngubek tempat sampah atau naburin gula ke wastafel terus dijilatin) walau pening waktu kenalan sama temen-temen semeja.

Alasan gue baca buku bisa lama banget adalah waktu membaca gue yang rata-rata cuman pas sebelum tidur aja, itupun kalo gak ketiduran. Waktu kelas 11, gue baca satu buku bisa seminggu (ya tetep lama sih tapi lumayan kan) karena gue sering baca waktu lagi gabut di kelas, lah kelas 12 mana bisa, setiap waktu diisi dengan bahas soal nyatet materi berdoa dan berkawan, jarang punya waktu yang luang banget buat baca buku sendiri dari rumah. Mau baca di rumah juga, gue udah keburu cape, yang biasanya berakhir dengan ketiduran jam 11, atau kalau lagi “hoki” gue gak ketiduran dan punya waktu baca buku sebelum bener-bener tidur jam 1 malem. Namanya juga idup.

Diantara beberapa buku yang udah gue baca selama ini, sebenernya ada 2 buku yang gue anggap terbaik; “For One More Day”-nya Mitch Albom sama “Sabtu Bersama Bapak”-nya Adhitya Mulya. Buku For One More Day entah kenapa berhasil ngebuat gue sedih, walau kenyataannya diantara buku Mitch Albom lain, buku ini kurang terkenal dibanding “Tuesday With Morrie” yang belum gue baca ataupun “Five People You Met In Heaven” yang biasa aja hehe, dan yang bikin gue sedikit bete sama buku ini adalah ceritanya yang ternyata fiksi. Entah gue masih punya otak jahiliyah atau memang terlalu realistis sampe-sampe gue percaya bahwa cerita di buku itu nyata. Ya Tuhan ampuni hamba. Buku “Sabtu Bersama Bapak” sendiri, bagus parah, coba baca aja sendiri, karena gue dulu bacanya pinjem dari perpus sekolah dan udah gak terlalu hapal jalan ceritanya, tapi punya makna yang mendalam dan cocok dibaca akang-teteh yang baru berumah tangga. Mantap.

Ya, jadi kali ini gue bahas buku lain aja, yang gue yakin udah banyak yang baca karya dari penulis satu ini, terutama dedek-dedek puber atau akang-teteh pasca-puber yang suka bingung mau makan dimana kalo lagi pacaran. Judulnya "Paper Towns", yang kalo diterjemahin jadi rada aneh; Kota Kertas, lu kira origami? Buku ini ditulis sama John Green, yang akhir-akhir ini terkenal karena beberapa novel remaja yang dia tulis macem "The Fault In Our Stars" yang gak terlalu gue ngerti, "Looking For Alaska", "An Abudance of Katherines" dan lain-lain yang belum sempet gue baca juga. Paper Towns ini genre ceritanya gak beda jauh sama "The Fault In Our Stars" dan novel Mas Green yang lain, yaitu tentang kisah remaja. Di Paper Towns ini, Mas Green lebih fokus ke kisah misteri pencarian seorang remaja oleh temannya, tapi jangan disamakan dengan "Sherlock Holmes" atau Detektif Conan karena ceritanya gak serumit itu, gak perlu sampe manggil Polda Metro Jaya atau sampe mengerahkan Tim SAR buat nyari orang ini.

Ya, seperti yang gue bilang, novel ini bercerita tentang kehidupan di masa akhir SMA, kelas 12 lah. Tokoh utamanya Quentin Jacobsen, biasa dipanggil "Q" di buku itu (gue yakin kalo dia ke Indonesia nama panggilannya berubah jadi Qiqi). Mas Qiqi ini punya 2 temen baik, Radar yang pinter hitungan dan komputer sama ada Ben yang otaknya sedikit gesrek dengan obsesi dateng ke prom sama dedeque-dedeque lucu yang dia sebut "Honeybunny". Terus ada juga Margo Roth Spiegelman (entah kenapa gue suka nama ini), dipanggil Margo alias Mbak Mar. Dia tetangganya Mas Qiqi sejak kecil, hobinya ngilang mulu dan ninggalin kode setiap kali pergi. Yah namanya juga cewek, mainnya kode-kodean, lu kira gue mesin enigma bisa mecahin kode.

Bagian awal buku ini nyeritain tentang kisah Mas Qiqi dan Mbak Mar waktu pertama kali tetanggaan, SD mungkin. Jendela kamar mereka hadap-hadapan, jadi kalo gabut atau lagi gak ada PR mereka bisa ngobrol-ngobrol lucu antar-jendela, malah kalo lagi lupa diri si Mbak Mar digambarkan suka nyelonong gitu aja ke kamar Mas Qiqi. Cuman sekadar ngobrol aja, atau pernah sekali mereka diskusiin kematian Mas Robert Joyner, tetangga mereka yang ditemukan dalam keadaan almarhum di taman deket rumah mereka berdua. Dari kecil, si Mbak Mar ini udah keliatan punya bakat kerja di BIN atau jadi editor novel Sherlock Holmes dengan inisiatifnya nyari tau kenapa Mas Robert bisa meninggal mengenaskan. Tapi sayang Mas Qiqi yang terlalu polos waktu itu suka bingung kalo Mbak Mar ngomong dan milih tidur.

Semakin dewasa, mereka digambarkan semakin jauh, Mas Qiqi curhat dengan sedihnya bahwa dia jarang ngobrol lagi sama Mbak Mar selama di SMA, padahal rumahnya sebelahan. Dia menyalahkan status Mbak Mar yang udah naik jadi "anak gahul" di sekolah dan pacaran sama anak gahul pula, sementara di Mas Qiqi tau diri bahwa dia cuman anak kuper yang suka main Resurrection bareng Ben sama Radar. Pendek kata, dia kalah kelas sama Mbak Mar ini, gak mungkin Mbak Mar mau sama dia, pikir Mas Qiqi, wong tau aku aja dia nggak kayaknya, lanjut pikiran Mas Qiqi. Jadi aja selama di SMA ini dia cuman bisa memandangi Mbak Mar dari jauh, memendam rasa cemburu-tapi-aku-bukan-siapa-siapanya-dia dan hanya bisa jatuh cinta diam-diam. Kalo kata kalimat di bagian belakang truk sih; "Ikhlas tapi tak rela".

Dan entah kenapa pada suatu malam yang dingin dan sejuk-sejuk lucu, tiba-tiba aja Mbak Mar ini nyelonong ke kamar Mas Qiqi, waktu Mas Qiqi udah mau bobo tampan. Andai aja gue punya pintu kemana saja, pasti pas baca bagian itu gue masuk ke kamar Mas Qiqi dan tiba-tiba melantunkan Surat Al-Isra ayat 32, mungkin habis itu Mas Qiqi dan Mbak Mar jadi tercerahkan dan ganti nama jadi Muhammad Quentin Jusuf dan Margo Fatimah Spiegelman, lalu mereka memutuskan untuk membuat Kelompok Remaja Masjid Tolak Kemaksiatan Cabang Jefferson Park untuk selanjutnya jadi pasangan pemuka agama setempat yang dihormati semua kalangan. Andai saja.

Oke ngaconya kejauhan.

Jadi di Mbak Mar ini suatuhari masuk ke kamar Mas Qiqi, ngebangunin Mas Qiqi dan bilang dia mau pinjem mobil Ibunya Mas Qiqi. Mas Qiqi pun nanya buat apa Mar, ini udah malem lho nanti Ibu kamu nyariin, terus kata Mbak Mar yaelah woles aja nih Qi gue punya 10 rencana malem ini dan bakal ngajak elo buat bantuin gue, gue jamin deh malem ini bakal jadi malem terbaik dalam hidup lo, tapi pertama gue pinjem mobil elu ya ya ya plis da baik da ganteng da sholeh, begitu kata Mbak Mar. Akhirnya, Mas Qiqi pun terenyuh atau bisa juga terdorong perasaan suka ke Mbak Mar, jadi dia nganterin Mbak Mar ngejalanin 10 rencana balas dendam Mbak Mar ke temen-temennya, dari jam 1 sampe jam 5 subuh, mungkin dia gak pernah ngedengerin lagu Rhoma Irama jadi gak tau efek buruk begadang.

Bagian paling rame dari nganterin Mbak Mar ngejalanin rencananya itu adalah pas masuk ke SunTrust Building tengah malem terus liat pemandangan kota dari ruang rapat di gedung itu, ya asik aja, entah gue kelamaan sendiri jadi pengen kayak gitu :( Hehe nggak deng Astagfirullah ijazah SMA aja belom dapet gue.

Masalahnya, abis petualangan itulah tiba-tiba Mbak Mar ngilang, entah kemana. Mas Qiqi udah nyari kemana-mana nanya banyak orang sampe nyari petunjuk di kamarnya Mbak Mar, tapi gak ketemu juga. Sampe suatu hari dia inget perkataan Mbak Mar soal 'kota kertas' dan mulai mencari dari kata tersebut. Beberapa petunjuk sempet ia dapet, yang pertama di gudang bekas toko souvenir yang udah lapuk, Mas Qiqi sampe rela tinggal disana waktu temen-temennya ngadain Prom Night, karena dia mikir dia gak mau datang kalo gak sama Mbak Mar.

Eaeaea. Kuliah aja belom udah mikirin pacaran aja lo.

Dan pada ujungnya, dia nemu satu kata kunci yang bener-bener keren, namanya Agloe, yang merupakan kota khayalan dan Mas Qiqi ngira bahwa disanalah Mbak Mar berada. Jadi, waktu sekolahnya ngadain wisuda, dia malah kabur naik mobil Ibunya, ke Agloe itu yang jauh banget kayak ngelilingin Pulau Jawa. Tapi dia gak sendiri, ditemenin sama Ben, Radar dan Lacey (pacarnya Ben). Dengan perhitungan Radar yang tampan dan dinamis, mereka nyetir dengan kecepatan penuh supaya sampe tepat waktu. Mereka bersyukur karena Tuhan masih ngasih kesempatan ngebut di jalan, walau ada sedikit hambatan macem Ben yang ngeyel mau kencing di tengah jalan. Sekitar 21 jam kemudian, mereka sampe di Agloe, setelah mencari beberapa lama, akhirnya Mbak Mar ketemu di sebuah gedung, dia tinggal sendiri di suatu ruangan yang udah dia tata. Pertemuan Mbak Mar dan Mas Qiqi sendiri waktu itu kurang dramatis, gak ada adegan peluk-pelukan dengan latar musik India atau Mbak Mar yang tiba-tiba nampar Mas Qiqi dengan alasan "Kamu jahat, Mas !!" yang sebenernya tanpa alasan. Pertemuannya biasa aja, gitu-gitu aja, ngobrol biasa walau Mbak Mar sempet marahan dikit ke Mas Qiqi (cie). Tapi akhirnya mereka bisa baikan dan duduk-duduk lucu sambil mengenang masa lalu di padang rumput sekitar sana, untung kagak ada mamang mbe lagi nuntun mbenya mencari makanan. Bisa repot tuh mereka kalo lagi duduk terus tiba-tiba diberakin mbe, kan gak lucu. Lucu sih, tapi ya kasian aja Mas Qiqi kan ingin PDKT nya sesempurna lagu Andra n The Backbone.

Yah jadi begitulah cerita singkat novel itu, kalian bisa beli novelnya atau nonton filmnya kalo masih penasaran. Ah iya, soal filmnya sendiri gue belom nonton banyak, baru setengahnya karena naluri-males-nonton-film-gue mulai muncul pas sejam pertama film itu. Lagian, tokohnya juga gak kayak yang gue bayangin, cuman Mas Qiqi yang pas diperanin Natt Wolff. Mbak Mar yang diperanin Cara Delevigne kerasa kurang pas entah kenapa, Ben dan Radar juga, gak pas aja.

Setelah pembahasan buku Paper Towns selesai, gue berharap bisa baca lebih banyak buku lagi ke depannya. Saat ini, gue lagi baca buku "Anna Karenina"-nya Leo Tolstoy, setelah sebelumnya pertama kali baca bukunya John Grisham yang "The Firm" dan sempet ngebuat gue suka tiba-tiba resah sendiri. Semoga bisa ya, minimal baca buku perpus juga gapapa, walaupun bacanya satu buku berdua, kayak yang gue lakukan sama Nadyra waktu kelas 11, dimana waktu itu dia pinjem buku "Padang Bulan-Cinta di Dalam Gelas"-nya Andrea Hirata dari perpus sekolah, terus kita baca berdua, gantian aja, yah walau telat ngembaliin tapi seenggaknya bukunya bagus dan gratisan HEHEHE.

Wassalam :)

You Might Also Like

0 komentar