Mencoba Lupa Diri (Edisi Cerita Pembunuhan)

September 15, 2015

Entah kenapa, sejak Minggu kemaren pikiran gue secara random pengen banget ngarang cerpen, soal pembunuhan, atau psikopat, atau semacamnya. Bukan dari sudut pandang detektif yang nyari pembunuhnya siapa, tapi justru dari sudut pandang di pembunuhnya, yang melakukan berbagai cara cerdas biar gak ketauan, dan entah berakhir bahagia sampe dia mati ketabrak otopet atau berakhir di tiang ggantung karena ketangkep kelompok mata-mata kelurahan sebelah.

Pertama kali idenya muncul gue cuman mikirin pembunuhannya dan belom tau ceritanya gimana. Tapi makin lama gue makin nyari hal lain yang mungkin bisa dijadiin cerita, kayak siapa korbannya, siapa pembunuhnya, kenapa dia dibunuh, gimana dibunuhnya, gimana biar gak ketauan, dan yang belom gue dapetin adalah gimana endingnya --- ketangkep atau gak ketauan.

Daan, gue dapet inspirasi ini pertama kali di kelas. Lupa hari apa, yang jelas bukan Senin karena gue ngantuk parah hari itu. Mungkin Selasa atau Kamis, gak tau dah. Gue lagi baca bukunya Ayu Utami yang Saman (gila parah itu buku, tapi bukan tentang pembunuhan, bahkan gak ada tokoh utama yang mati sama sekali, ada sih yang mati tapi cuman tokoh pembantu yang kalo dia maen film cuman dibayar pake pisang aroma dari mang-mang yang lewat waktu syuting). Lupa abis pelajaran apa, antara ekonomi geografi atau sosiologi. Waktu itu gak ada guru, atau belom datang. Dan randomly aja tiba-tiba pengen bikin cerita pembunuhan :( Ada sih inspirasinya, tapi kalo disebutin nanti gue dikira psikopat lagi....

Sampe sekarang udah ada 3 konsep cerita, yang 1 rada gak jelas sih. Yang 2 lagi gue gak tau tiba-tiba kepikiran aja. Keduanya bales dendam, tentang temen. Gak tau, gue belom bisa kepikiran pembunuhan rumit penuh makna kayak di buku Silkworm (yang gue pun gak ngerti endingnya kenapa bisa begitu). Sederhana aja gue mah, bunuh selesai aja. Penulis pemula :(

Kalo dipikir-pikir, serem juga ya pikiran random gue kali ini. Sebelumnya gue ada niatan buat cerita mesin waktu, terus pernah juga tentang dunia ajaib, dan kali ini pembunuhan. Gue mau nyoba buat cerita fiksi dari dulu karena gue gak jago ngarang yang bener-bener ngarang murni. Tapi dengan kepikiran ini bukan berarti gue punya bakat psikopat ya...

Hadah, bakat psikopat dari mana, baca cerita Tiongkok tentang mayat yang tiba-tiba bangkit terus ngejar-ngejar orang aja gue masih terngiang-ngiang sama ceritanya sampe seminggu setelahnya :(( Aku lemah.

Orang bilang semakin sering kita baca maka semakin banyak yang bisa kita tulis. Dan apa yang ditulis biasanya adalah cerminan apa yang dia baca. Lah gue jarang baca cerita pembunuhan. Gue cuman punya 1 buku Sherlock Holmes dan itupun gak kelar-kelar dibacanya (gue bahkan lupa apakah sekarang buku itu dipinjem temen gue atau ada di tumpukan buku lain). Gue biasanya baca cerita pembunuhan dari sudut pandang detektif, Silkworm, Hibiscus, Naked Face, Da Vinci Code, Sherlock Holmes. Jarang (atau gak pernah malah, atau lupa) gue baca buku pembunuhan dari sudut pandang pembunuhnya langsung. Makanya gue pengen lupa diri walau belom bisa bagus.

Dan buku yang gue baca saat ini adalah Peter Nimble and His Fantastic Eyes atau Peter Nimble dan Mata Ajaibnya, ceritanya jelas tentang petualangan anak buta yang dapet mata ajaib terus menyelamatkan orang-orang dari negeri dongeng. Buku itu gue pinjem secara random dari perpus sekolah dan pinjemnya pake kartu perpusnya Diko karena yang gue ilang, dan gue harus denda serebu besok karena telat balikin 2 hari. Dan ah iya, buku itu kemungkinan besar gak ada bagian tentang pembunuhan kayak yang gue pikirkan, karena ya itu cerita rada bocah :(( Buku yang gue baca sebelum ini adalah Saman - Ayu Utami. Rada aneh ceritanya tapi gak ada pembunuhan sama sekali, ada yang mati tapi gara-gara kecelakaan kerja.

Ah iya, ada sih pembunuhannya, penyiksaan juga ada. Tapi yang pembunuhan gak dijelasin secara spesifik banget. Kalo penyiksaan masih ada bagian disiksanya gimana blabla, tapi yang disiksanya gak mati yaay.

Tapi entah kapan gue mau mulai coba-coba nulis draft pembunuhan ini, karena parah gue kelas 12 gile ribet bener di sekolah. Udah sering niat nulis tapi mau buka laptop aja ringkih rasanya, buka loker aja kayaknya harus dituntun. Kejadian umum waktu gue mau nulis adalah : Malem, tugas udah selesai, ngurus dagangan walau rada gak niat, niat nulis, nulis draft-draft kecil tentang kejadian hari itu, akhirnya ketiduran karena malas buka laptop, akhirnya yang bertahan cuman draft-draft kecil hari itu, sisanya lupa semua karena pikiran gue udah dijejali banyak konspirasi di pelajaran sejarah dan matematika yang bikin anak IPS setengah gila.

Eh tapi beneran loh gue jadi banyak lupa hal-hal beberapa waktu ke belakang, misalnya kemaren ngapain aja. Emang gak penting sih, tapi kadang beberapa hal penting hari itu juga gue suka lupa. Bisa tentang pelajaran, tugas atau kejadian penting lainnya sama temen, atau juga omongan guru yang siapatau berguna nanti.

Selain ringkih gara-gara sekolah *padahal belom ikutan les blablablabla*, gue juga rada takut HAHAHA karena biasanya gue kalo nulis ginian lebih semangat malem-malem, jam 9 keatas. Orang dirumah gue udah siap-siap tidur semua (kecuali adek gue yang diem di kamarnya dan mungkin belajar keras atau main HP sampe tengah malem, dia emang kebalikannya gue dalam beberapa hal). Gue tadi aja mau nyoba nulis draft kecil "Dibunuhnya dengan nyongkel mata, terus isi perutnya dikeluarin dan diganti sama gumpalan kain atau koran, terus matanya disimpen diperut blablabla" eh kepikiran, gak tau gembel aja.

Yah, gitulah. Iseng aja nulis ginian ditengah 146 (beneran seratus empat puluh enam) draft lain yang sebetulnya banyak yang lebih penting. Mungkin gara-gara lelah jadi gue tiba-tiba pengen buat cerita pembunuhan, atau emang otak gue aja yang suka random. Dan gak tau mau mulai kapan, semoga gue diberi kekuatan buat nulisin cerita yang jarang (atau gak pernah) gue buat ini. Paling kalo udah selesai gue bakal ngerasa kayak gini :

Gitulah, besok gue ulangan bahasa Jepang dan test PKN yang bikin mamprang. Dan akhir-akhir ini punggung gue pegel banget, bawaannya pengen dipijit, gara-gara hari Jumat kemaren si Arga tiba-tiba mijit punggung gue dan itu yeah such a pleasure. Mungkin saya lelah.

Wassalam.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Warbiyasah deh bacaannya. Ayo, jadiin satu draft jd cerita utuh. Ntar keburu tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi mikir-mikir konsepnya gimana Buu hahahah

      Hapus
  2. Nonton Dexter udah pernah blon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bro,

      kalo itu film thriller Wassalam aja deh mending baca buku thriller daripada nonton filmnya hehehe :)))

      Hapus