HAYANG UNDANGAN MOAL Part 1

September 18, 2015

Kayaknya, mulai hari dan seterusnya sampe gue lulus SMA nanti, gue punya kalimat baru buat memicu semangat gue kalo lagi males belajar di sekolah (gak tau pas di rumah ampuh atau nggak hahaha). Kata-kata tersebut adalah : "HAYANG UNDANGAN MOAL" atau kalo di-artiin ke bahasa Indonesia adalah "Mau undangan kagak". Undangan disini maksudnya adalah diterima kuliah via jalur undangan atau bahasa lawasnya SNMPTN, jalur yang bisa dibilang sebagai jalur impian semua anak SMA kelas 12 karena cuman dari jalur inilah kita bisa keterima kuliah tanpa harus test berak blablabla, karena penilaian dan penerimaan jalur SNMPTN ini berdasarkan nilai rapot kita dari kelas 10 sampe kelas 12.

Wajar gue (sama Ichsan juga sebenernya) jadiin kata-kata itu sebagai motivasi, karena di kelas 12 ini kadang-kadang gue ngerasa lebih males dari kelas 11. Dikit-dikit ngantuk dan bawaannya pengen tidur, entah gara-gara udah kelewat males belajar di SMA atau guenya yang udah tua jadi kena angin dikit langsung ngantuk. Bodohnya lagi, tidur itu kadang kejadian beneran. Beberapa diantaranya terjadi waktu guru masih ngajar di kelas ,apalagi pas pelajaran Bahasa Inggris, yang entah kenapa gue pasti tidur walau gue udah niat banget dan udah mempersiapkan semuanya biar gak tidur di pelajaran ini tapi 10 menit kemudian gue udah ditemukan di kursi gue dengan iler berhamburan sampe konon sempet dikira danau purba sama para ahli HAHAHA AMPUNI HAMBA, tapi beberapa kasus tidur gue di kelas adalah waktu gak ada guru dan tugas dari guru itu udah selesai gue kerjain *setelah biasanya maksain diri ngerjain*. Tapi tetep sih kasus tidur paling bodoh gue selama SMA itu waktu kelas 11, dimana gue tidur waktu ada kuis matematika sampe akhirnya gue gaikut kuisnya Subhanallah Ya Habibi mikir apa gue :')

Kalo kelas 11 gue masih bisa rada santai soal pelajaran & nilai, maka di kelas 12 ini gue harus gila-gilaan soal nilai, makanya gue harus belajar bener-bener di kelas 12 ini. Apalagi ternyata hasil "santai" gue waktu kelas 10 dan 11 itu maksa gue buat kerja lebih keras di kelas 12 ini, karena waktu kelas 11 gue secara fantastis dapet nilai semester 80 sama 83, terhitung bagus buat anak IPS walaupun itu biasa aja kalo dibandingin sama anak IPA apalagi IPA 2 yang masuk kelas IPA unggulan di SMA gue, dimana nilai 83 di IPA 2 itu gue masih tercecer di ranking belasan atau puluhan malah, gilak emang. Tapi nilai segitu Alhamdulillah udah bisa ngebuat gue bercokol di 10 besar (meski di nilai yang kedua gue sempet turun ke 11 tapi selain itu gue masih bercokol di 10 besar) dari seluruh anak IPS angkatan gue, yang jumlahnya cuman 56 orang itu, tapi ya lumayan lah masuk 10 besar dari seangkatan IPS.

Dan alasan gue harus keterima kuliah via jalur undangan kali ini adalah : kagok edan. Nilai udah naik mulu tiap semesternya, dapet rangking 10 besar seangkatan pula. Yah kagok edankeun undangan we lah. Walaupun sebenernya nilai gue ada yang turun dan pasti gue bakal punya banyak saingan yang mau masuk ke SBM ITB. Tapi ya setidaknya gue coba aja dulu sapatau gue hoki nanti keterima undangan SBM ITB *amen*. Kalo gak keterima undangan? Yah, jangan sih kalo bisa :( Tapi kalo iya ya gapapa juga sih gue masih ada pilihan lain koq. Sejauh ini gue udah daftar Unpar (Universitas Katolik Parahyangan) jurusan Manajemen sama Universitas Telkom jurusan MBTI (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika) sebagai universitas swasta cadangan, dan juga gue sempet keterima di Universitas Ciputra Surabaya secara tiba-tiba karena Bu Nanik, guru BK gue beberapa hari lalu sempet masuk ke kelas dan tiba-tiba ngasitau bahwa ada 10-12 anak di kelas gue yang dapet undangan dari Universitas Ciputra di Surabaya saya, dan gue Alhamdulillah dapet. Tapi waktu gue tau kampusnya ada di Surabaya, pikiran pertama gue adalah :

"Panas ah mager"

Jadi aja gue masih bingung mau diambil apa nggak, ehe ehe ehe.

Makanya, sekarang ini gue lagi berjuang banget buat dapetin SBM ITB lewat jalur undangan, karena gue gak terlalu pede kalo udah SBMPTN, alias jalur test. Gue berharap sekarang, nilai semester 5 gue minimal bisa 84, walaupun kayaknya susah karena matematika gue jeblok minta ampun, karena ya gurunya sapa lagi kalo bukan pak.itu.tau.lah.siapa :( Si Rafi pun, temen seperjuangan IPS gue yang berharap undangan Unpad, bilang gini soal nilai matematika "Anjir euy Kal si pak eta teh penggagal undangan pisan". Tapi walau gitu, gue tetep bakal berusaha buat ningkatin nilai gue semester ini, gak tau gimana caranya pokoknya nilai gue harus diatas 83 di semester ini, biar seenggaknya ngebuat gue tenang soal undangan ke SBM ITB. Pendaftaran SNMPTN sendiri baru bakal dibuka tahun depan, gak tau bulan Januari atau Februari, dan gue masih belum tau apa gue bakal milih jurusan lain selain SBM ITB, mungkin gue bakal milih UI atau UGM atau Unbraw, tapi entah yah. Yang jelas gue bakal milih SBM ITB dan yang jelas nilai gue semester 5 ini harus diatas 83, atau bye SNMPTN.

Iya, gue tau kalo tujuan utama sekolah sebenernya itu buat nyari ilmu. Tapi kadang nilai itu juga penting buat ngukur kemampuan diri kita biar kita tau harus ngapain waktu nilai kita dibandingin sama temen, karena nilai digunakan sebagai tujuan kita di sekolah. Dan buat dapet ilmu di tingkatan yang lebih tinggi, tentunya kita harus dapet nilai bagus dong di tingkatan sebelumnya. Jadi jangan munafik kalo tujuan lo sekolah murni buat nyari ilmu doang tanpa peduli nilai. Kalo lu mau daftar kerja di perusahaan bagus juga, yang pertama diliat pasti nilai dulu, kalo nilai lu bagus lu bakal diwawancara dan menjalani berbagai proses blablabla dan abis keterima, barulah orang bakal liat soft skill dan attitude lu di tempat kerja itu, jadi nilai tetap penting walau tidak penting-penting amat hehe ya begitulah. Ya tapi jangan nyari nilai semata aja juga sih, ngapain sekolah kalo mau nyari nilai doang mah. Analoginya kayak Allah nyuruh kita berusaha buat bekal akherat tapi jangan sampe lupa dunia. Gitulah.

Selain itu, kalo gue gagal jadi orang (naudzubillah), jalan gue buat gagal itu terlalu mahal. Beneran...

Ea.

Bukan Haykal.

Gak tau kenapa tapi gue merasa di post ini gue udah banyak banget make kata "tapi" dan "walau". Walau (tuh kan) gue gak tau udah berapa kali gue nulis 2 kata itu di post ini, apa cuman perasaan gue aja... Entahlah.

Kalimat "Hayang undangan moal" yang gue sama Ichsan (ya cuman kita duaan yang nerapin ini) pake harusnya bisa jadi motivasi biar ningkatin nilai di semester 5 ini, karena justru di semester inilah gue (dan para pengejar-undangan lainnya) harus gila-gilaan ngejar nilai biar keterima undangan di PTN yang dia pengen, apalagi kalo nilainya naik terus dari kelas 10, apalagi yang nilai semester 1 sampe 4-nya tinggi (yang nilai semesterannya diatas 85, tipe pelajar yang biasanya bakal sedih kalo nilai ulangan salah 1 pelajaran pentingnya di bawah 90 atau bisa nangis gara-gara gak bisa bimbel abis pulang sekolah. Kondisi kejiwaan dimana otaknya terkadang harus diperiksa). Saingan gue sendiri sejujurnya berat banget kalo mau dapet undangan SBM ITB, karena di kelas gue aja, ada sekitar 6-7 orang yang ngincer SBM ITB, belum dari kelas sebelah dan belum dari anak IPA yang berniat murtad. Dan bukan masalah jumlah pesaing gue, tapi yang jadi masalah adalah 5 orang yang mau SBM ITB di kelas gue itu nilainya diatas gue semua HAHAHAHAHHA, alias mereka emang selalu masuk ya seenggaknya 7 besar di seangkatan IPS, sementara gue 'cuman' mentok-mentok masuk ranking 7 atau 8 seangkatan. Yang jadi masalah gue paling utama adalah si Shanaya, temen sekelas 3 tahun gue yang nilai semesterannya gak pernah berhasil gue susul sekalipun dari kelas 10. Ada juga si Dhea, yang selalu masuk 3 atau 4 besar, ada juga Ayunda yang sekelas 3 tahun dan ya nilai kita susul-susulan sih sebenernya dari kelas 10, ada juga si Astri yang nilainya gak beda jauh sama gue tapi nilai dia hampir selalu ada di atas gue, sisanya gue gak terlalu peduliin (kayak Shafa atau Sheila, yang selalu masuk 3 besar bulanan kelas gue) karena mereka gak pengen SBM ITB, jadi mereka gak terlalu jadi masalah utama kayak si Shanaya ini.

SBM ITB, sebuah impian.
Jadi ya begitulah, mulai sekarang gue harus belajar keras dan pintar biar nilai gue bisa diatas 83 walau matematika bener-bener jadi penghalang sepenghalang-halangnya buat gue dapetin SBM ITB lewat jalur undangan. Tapi ya namanya juga berusaha, kita harus tetep serahkan hasilnya sama Allah karena sekeras apapun berusaha, percuma kalo Allah tidak merestui, eak. Tapi ya begitulah semoga di akhir nanti, semoga di pertengahan 2016 nanti waktu udah mau lulus, gue bisa dapetin SBM ITB lewat jalur undangan dan kelak bakal dipanggil ke depan semua siswa di angkatan dan orang tua siswa sebagai salah satu dari sekian siswa yang dapet jalur undangan PTN waktu Pawidya, alias waktu kelulusan.

Ada aamiin?

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar