September Awal

September 01, 2015

I met you in the city of the fall
One September night


Tengah malam lebih sedikit, awal bulan September. Akhirnya gue bisa mainin playlist yang tepat buat bulan ini, yaitu “September”-nya Adhitya Sofyan, walaupun makna September di lagu itu sendiri kurang dalem sih (halah naon), sama kayak lagu Tulus yang “Satu Hari di Bulan Juni” dimana gue masih gagal paham kenapa Tulus ngasih itu judul buat lagunya. Yah tapi setidaknya lagu “September” Adhitya Sofyan mah enakeun dan pernah masuk playlist gue 1 bulan berturut-turut, walau bukan waktu bulan September dan gak berhubungan sama gue.

Entahlah apa yang ngebuat gue tiba-tiba pengen ngetik di tengah malem ginian, padahal tadinya gue mau ngerjain tugas matematika (yang dikumpulin besok pagi dan gue tidur waktu diterangin tentang materi tugas ini huhuhu ngantuk parah cuy abis main voli) dan baca-baca dikit buat presentasi sejarah yang siapa tau kelompok gue kebagian awal-awal besok. Mungkin lelahbdg.


Sebenernya, ide tulisan ini udah muncul dari beberapa bulan lalu. Munculnya tiba-tiba aja (istilah gaulnya random at its finest walau gue yakin itu cuman gaul buat gue doang) waktu gue lagi naik motor lewat depan Gedung Sate Jl. Diponegoro. Pas lagi di motor, gue liat bis Bandros (Bandung Tour On The Bus, bus buat keliling Bandung yang belom pernah gue naekin tapi pengen tapi gak ada temen dan gak tau caranya gimana) lewat depan Gedung Sate dan diem bentar, di Mz-Mz pemandu nya jelasin blabla sementara penumpang mulai foto-foto lah standar.

Dan gue waktu itu sadar kalo harusnya gue bersyukur bahwa pas kelas 11 gue bisa liat Gedung Sate yang keliatan jelas dari jendela kelas gue (kelas gue di lantai 4 jadi keliatan bagian atasnya Gedung Sate) sementara orang datang jauh-jauh cuman buat liat bentar tuh kantor pemerintahan provinsi, foto-foto terus udah aja pulang.

YEAH, harusnya kita udah mulai bersyukur sama apa yang udah kita punya.

Gue jadi inget cerita di ibadah pagi beberapa waktu lalu (jarang-jarang dengerin ibadah pagi dengan saksama), ceritanya tentang seorang raja kaya raya yang merasa gak bahagia. Akhirnya si penasihat itu nyuruh dia buat ngasih 99 koin emas ke tukang kebun kerajaan yang kayaknya kelihatan riang gembira sepanjang waktu. Waktu si tukang kebun nemuin 99 koin emas di depan rumahnya, dia pun galau kenapa gak 100 koin emas, dan selama beberapa hari kemudian dia makin galau nyari 1 koin emas yang menurut dia jatoh di suatu tempat. Dan raja pun berpikir (abis liat si tukang kebun akhirnya galau mulu) "Ah iya ya, ngapain gue nyari yang gak ada, syukuri apa yang kita udah punya". Ea lagi.

EH ELAH BRO LU UDAH PUNYA 99 KOIN EMAS MASIH AJA NYARI 1 YANG SEBENARNYA GAK ADA :(( Dan mungkin abis itu si tukang kebun make 99 koin emasnya buat ngebentuk 'Tip-x eyang' atau "Tim pencari koin emas yang hilang". HADAH BRO.

Jangan mati selama masih hidup.

Jadi intinya begitu, syukuri apa yang kita udah punya, walau gue yakin kita pasti bakal mau minta lebih, tapi syukuri aja dulu yang udah ada. Nanti yang kita pengen lagi juga (InsyaAllah) terkabul. Kapan? Gak tau. Waks.

Walau pikiran ini agak jijik kadang kalo dipikirin sama cowok-cowok yang takdir sebenarnya adalah menjinakkan singa, tapi ya gapapalah. Bersyukur itu merayakan kehidupan. Rayakanlah kehidupan bagaikan orang yang rumahnya bakal dibedah sama tim "Bedah rumah".

Minimal, waktu lo bisa nemu foto temen lo 3 tahun lalu yang konyol dan bisa lo tunjukkin ke temen lain sambil ketawa-ketawa tanpa ada rasa dosa ghibah,

Waktu lo punya radio di kamar dan bisa denger lagu favorit di tengah malem kayak gini, walau waktunya suka gak terduga namanya juga radio,

Bisa ngomong pake logat Jawa (walau gak ngerti bahasa Jawa) yang rada medok dan ngomong bahasa Inggris pake logat India (walau cuman Najma, Alif sama temen sekelas gue di EF yang mengakui kalo cara ngomong bahasa Inggris gue macem orang India) diluar fakta bahwa gue gak punya darah India sama sekali, kecuali kalo tiba-tiba ada hasil penelitian yang nyebutin kalo Kakek gue sebenarnya adalah keturunan langsung pendiri Taj Mahal atau masih punya ikatan saudara sama anaknya Jawaharlal Nehru,

Bisa nyalurin hobi gak jelas macem nulis ginian, yang bisa diterima (walau gue yakin diterima iya, tapi juga diabaikan huhuhu), kalo kata Mirza sama Farhan mah “Teuing Kal blog maneh saking garingna sok ngakak” :((

Atau mungkin hal yang biasanya berlaku buat anggota ACGBNG alias “Aliansi Cowok Gak Berani Nyapa Gebetan” macem Ozi, mungkin bisa liat sidoi tiap hari juga udah bisa bikin lupa diri 5 menit kemudian, atau minimal nemu foto sidoi 2 tahun lalu yang masih gemesqhue juga sama efeknya,

Atau mungkin tinggal di Bandung juga harusnya kita syukuri, karena ya gitu, orang Jakarta mah tiap weekend ke Bandung, gak tau gue juga tujuan utamanya ngapain, dan alesan utama harus bersyukur jadi orang Bandung sih ya jelas Persib (terutama cowok) dan Mz Ridwan Kamil,

Atau hal lain semacam itu, yang harusnya dengan itu kita gak punya banyak alasan lagi buat sedih-sedihan mulu, apalagi soal tekanan kelas 12 yang katanya udah setara tekanan pasien kejiwaan (atau psikiatri, apapun itu) tahun 1950an,

Walaupun bener sih gue setengah gila kelas 12 ini, dan sedih juga pasti bakalan muncul sih,

Stress kelas 12, banyak PR, TO, UTS, UAS, UN, US dan blablabla belom kalo gak keterima undangan masih harus ikut SBMPTN yang konon sama susahnya kayak makan aspal rebus,

Minus mata nambah tiap hari (gak logis sih tapi gak tau mata gue kayaknya akhir-akhir ini bermasalah banget sama kacamata minus 1.75an),

Jomblo dari lahir sampe entah umur berapa,

Disaat belom ikutan bimbel aja udah pusing sama nilai, dan setelah liat kondisi saat ini jadi pengen ikut bimbel walau gak tau bakal sanggup apa ngga (dan aslinya pun gak minat ikutan bimbel, tapi setelah liat keadaan, gue gak yakin sanggup melewati ini sendirian), atau malah bakalan ngeluarin busa terus dari mulut setiap abis pulang dari bimbel,

Atau pikiran baper tipe flashback macem “Perasaan baru aja kemaren jadi gosong gara-gara duduk tepat di depan api unggun waktu makrab field trip kelas 10, egile sekarang udah mau UN aja”,

Atau kemampuan pengen berpikir lo berkurang drastis (gak tau tah, tapi kemampuan bahasa Inggris sama sejarah gue tiba-tiba menurun gitu aja, juga kemampuan ber-argumen gue yang belakangan ini masih nyambung tapi acak-acakan, gue jadi banyak lupanya huhuhu diriku tua padahal KTP aja belom dapet) entah gara-gara kebanyakan belajar atau gak pernah belajar,

Atau buku yang rencananya mau selesai dibaca dalem 2 Minggu, malah gak selesai-selesai setelah 2 bulan karena sibuk kelas 12 *alesan mulu padahal mah emang males aja takut nangis abis bacanya, gak deng gak nangis juga sih*,

Atau macem masalah sederhana yang lagi gue hadapin sekarang, keyboard laptop yang nyusahin af

Tapi coba deh tanggepin dengan senyum, entah senyum bodo amat atau senyum ikhlas atau senyum gara-gara terlalu pusing sama keadaan jadi jatohnya senyum yang mau nangis (kayak es batu, semakin dingin jadi malah kerasa panas kan?)

Ea.

Entahlah, bacaan random diluar buku pelajaran gue rada berkurang akhir-akhir ini karena waktu gue kebanyakan diisi sama belajar yang gue gak terlalu yakin bakal masih ngerti tuh materi seminggu kemudian. Makanya mohon maap kalo kalian mengharapkan quotes bagus penyemangat hidup, kalian gak bisa nemuin itu disini, kecuali kalo tiba-tiba ada quotes yang tiba-tiba gue temuin secara gak sengaja, berharap aja. Hehe, ngapain.

Ada bapak2.

Ya ampun aku ngomong apa.

Jadi intinya begitu, syukuri apa yang ada, coba cintai apa yang udah punya, berharap aja kita dapet bonus yang wujudnya hal yang kita pengen sejak lama, dan syukuri juga itu. Halah ngomong apa gue kuis matriks aja masih remed. Syukuri lah kehidupan macam orang yang bisa liat gebetannya tiap hari walau gak bisa nyapa. Senyumlah macam orang yang lolos ujian Fakultas Kedokteran padahal dia pengennya masuk filsafat. Eh gak deng itumah lupa diri bukan senyum.

Yaudah diulang deh.

Senyumlah macam orang yang bisa ngapalin dan mengamalkan *ah elah mengamalkan* lirik cepet (yang awalnya "Oh summa lumma dumma lumma you assuming I'm a human") dari lagu Rap God nya Eminem dan bisa unjuk gigi alias JP ke cewek-cewek gaul dan cantik di sekolah (walau gak akan ditanggepin ya tapi at least you tried). Bisa apal dan mraktetik lirik cepet lagu Rap God adalah suatu kebanggaan tersendiri apalagi kalo sebenarnya lo adalah pecinta musik slow macem Adhitya Sofyan.

Nah udah bener.

Semoga September dan seterusnya berjalan lancar bagi kita semua. Semoga Tuhan menyertai kita. Semoga gue keterima undangan SBM ITB dan semoga harga makanan di kantin 5 sekolah gue makin murah, apalagi yang jualan minuman konvensional (aq*ua sama teh bo*tol) cuman 1 stand doang.

Aamiin.

Wassalam. Semoga besok cerah.

You Might Also Like

0 komentar