Catatan Liga TB 2015 : Minggu Ketiga

April 18, 2015

Semua grup udah punya juara dan runner-up masing-masing buat tanding di babak selanjutnya, baik hoki atau bola. Cuman grup D yang belum punya juara dan runner-upgrup, karena grup D ada 5 tim, ada tim guru nyempil.

Juara grup D kemungkinan besar XI-3, yang secara fantastis mengkambing-gulingkan tim guru 5-1 minggu kemaren. Buat runner-upmasih diperebutkan sama kelas gue (XI-7) dan tim guru. Hari ini jadwal bola kelas gue lawan guru, yang sekaligus jadi penentuan siapa yang lolos ke babak selanjutnya. Buat lolos, kelas gue harus menang di laga ini, kalo seri pun gak lolos gara-gara kalah produktivitas gol.

Buat hoki sendiri kelas gue udah lolos ke babak selanjutnya (gaada guru soalnya). Biasa, kelas gue jadi runner-up dibawah XI-3. Rencananya kelas gue bakal lawan XI-5 di babak 8 besar, setelah gue kira XI-4 jadi juara grup sebelah.

**********

Gue dateng jam 7 lebih dikit, setelah Adam ngebacot di grup kelas kalo yang maen bola harus datang jam 7 gara-gara lawan guru main jam 7.40 alias pertandingan kedua. Tapi pas gue datang, panitia masih ngebajak sawah alias lapangan bola yang beceknya Subhanallah kayak kolam renang kaum babi. Kalo hujan gede emang kebiasaan lapang bola selalu tergenang gila-gilaan.

Gara-gara panitia masih sibuk ngebajak sawah, pertandingan pertama antara XI-3 sama X-5 pun ditunda beberapa saat.

Gara-gara kelas X-5 baru keliatan 2 orang, Pak Doni pun nyamperin kelas gue dan nawarin buat maen pertama. Setelah blablabla akhirnya kelas gue maen pertama, lawan guru, penentuan lolos atau ngga.

Ada hal yang membuat gue gak nyangka beberapa saat sebelum Pak Doni nyamperin kelas gue. Gapapalah, gue juga seneng kok.

**********

Pemain kelas gue pun akhirnya siap-siap, setelah blabla bengek yang kedua, akhirnya pertandingan siap dimulai dengan bergairahnya. Lalu prit!! kick-off pertandingan antara kelas gue lawan guru pun resmi dimulai, gak usah pake materai buat ngeresmiin nya.

Awal-awal pertandingan, tim guru keliatan lebih mendominasi, aktor utamanya adalah pemain naturalisasi pihak guru nomor 11, gatau itu siapa soalnya, mukanya juga kayak mahasiswa bukan kayak guru... Selain itu Pak Asep Wahyu juga berhasil mengoyak 4 bek XI-7 dengan aduhainya, seperti biasa.

Setelah menunggu beberapa menit, akhirnya gol buat guru tercipta di sama pemain.naturalisasi, gue turut andil dalam gol tersebut karena harusnya gue bisa nahan tendangan itu, tapi gak nyangka bolanya malah ngolongin gue :(

Abis gol itu, mental XI-7 yang awalnya harus.menang, malah jadi mental.harus.bisa.seri.walau.lapang.kayak.sawah. Eh pas gitu, Pak Aswa malah ngegolin lagi.... Udah 2-0 buat guru, mental XI-7 pun berubah lagi jadi teuing.lah.kumaha.ngke.

Babak pertama berakhir dengan 2-0 yang diwarnai dengan susah ngoper karena lapang becek. Kelas gue berhasil menciptakan 1 shot off target ke gawang Pak Ibas.

Abis itu, babak 2 dimulai dan keadaan malah lebih buruk. Kelas gue dijadikan dedek-dedek pra puber dengan 3 gol tambahan yang dicetak oleh pelatih futsal 2 gol dan (yang katanya) Pak Iwenk 1 gol. Pertandingan berakhir dengan 5-0 buat guru. Dan gak lolos. Yaudah.

Ah iya, pas udah kalah 5-0, dedek-dedek pasca-puber dari kelas gue pun mental bertandingnya berubah menjadi maju.kabeh.geus.kagok.edan. Eh ujung-ujungnya gak ngegolin juga :(

Abis itu gue cuman keliling-keliling gak jelas di lapang hoki, kayak jomblo lagi nyari galaksi buat ditatap diatas genteng waktu Sabtu malam. Yah, tapi setidaknya abis pembantaian 5-0 tadi, Anis langsung nyuruh gue jadi wasit pertandingan berikutnya, seperti biasa. Jadi jomblonya gak keliatan terlalu lama lah (walaupun aslinya emang udah lama, udah senior malah...)

BTW, yang main waktu itu kelas XI-8 lawan XI-2, dimana XI-8 bisa comeback abis ketinggalan poin sama XI-2. Gue gak terlalu merhatiin pertandingan gara-gara temen gue pada protes laga lawan guru tadi. Mulai dari naturalisasi, pemain Persib, sampe ada alumni (yang nomor 11 tadi ternyata alumni) diomongin sama Ichsan dan rekan-rekan, gue mah diam saja. Udah kalah mau gimana lagi Mz :(

Abis XI-8 sama XI-2 selesai (XI-8 menang, kalo gak salah), pertandingan hoki dilanjut sama kelas XI-6 lawan XI-1. Yang jadi masalah, XI-6 jadwalnya bentrok antara bola sama hoki main bareng, jadi aja lapang bola kosong kayak hati, nungguin XI-6 selesai maen hoki.

Kelas XI-6 aja ada yang nungguin, masa elo gak ada? #baperforlyfe

Gue juga gak terlalu merhatiin ini laga, gara-gara sibuk gangguin Rahmadi dan ngobrol ma Irfan dkk. BTW, XI-6 ini punya nama lain, Amba FC. Jadi, ini bukan laga XI-6 lawan XI-1, tapi Amba FC lawan XI-1. Kecuali pas Singgih masuk, namanya berubah lagi jadi Amba FC feat. Singgih lawan XI-1. Begitulah. Pertandingan dimenangin sama Amba FC feat. Singgih. Dan Liga TB pun berakhir buat XI-1, yang secara asoy kalah 3 kali di sepak bola. Itulah yang membuat XI-1 (dan X-1 juga) selalu jadi lawan yang menggiurkan bagi setiap kelas. Entahlah, tapi emang kata anak Bilingual sendiri, tradisi Bilingual yang kurang trengginas di Porak / Liga TB emang udah turun-menurun.

Laga Amba FC feat. Singgih lawan XI-1 selesai, lapang hoki langsung diisi sama XI-4 lawan XI-3 yang mau main, dan lapang bola masih diisi sama XI-2 yang keliatan kayak sekumpulan lelaki muda dan bergairah yang lagi nendang-nendang bola di sawah deket rumah. Lapang bola masih nunggu Amba FC feat. Singgih yang lagi istirahat sebelum lanjutin pertandingan bola.

Sambil nungguin bareng, gue nonton pertandingan hoki XI-4 lawan XI-3. Kelas XI-4 sendiri kayanya terinspirasi sama gerakan Aung San Suu Kyi di Burma sana, gara-gara 4 dari 5 pemain mereka adalah cewe (Ivanka, Trisi, Adinda sama Dhea), satu lagi diisi sama Dary yang sekaligus jadi satu-satunya pria di tim itu. Hoki XI-3 sendiri yang main cowok semua, termasuk Fadly (iya, Fadly yang kelas 10 nya maruk itu) yang secara fantastis bisa masuk starting line-up hoki kelas XI-3.

Karena udah capek ngomong (ya, akhir-akhir ini mulut gue pegel banget kalo kebanyakan ngomong) dan nunggu Amba FC feat. Singgih istirahat, gue akhirnya fokus nonton di pertandingan. Orang-orang bilang sih gue fokus nontonnya gara-gara ada hal lain di pertandingan itu. Tapi yakinlah kawan, yang mereka katakan itu, benar :(

Dary secara cepat kilat ngebuat XI-4 unggul, anak-anak XI-3 pun resah gelisah di tribun penonton. Abis gol itu, pemain XI-3 keliatan mendominasi pertandingan, keliatan dari seringnya mereka menyerang gawang XI-4, karena sepertinya XI-4 mengusung strategi parkis bus ala Mr. Rapip (gatau, pengen aja Rapip eksis di blog gue), membuat Salim dan rekan pun keliatan stress buat menjebol gawang XI-4.

Beberapa kali nyoba, gawang XI-4 yang dikawal Ivanka (gue cuman liat dia didepan gawang waktu XI-4 nyerang) akhirnya pecah telor juga, sama Salim. Eh abis itu, Dary dkk malah kewalahan menghadapi trengginasnya pria-pria muda dan bergairah dari XI-3 yang dipimpin Salim ini (Mz Tyo alias Audy gak keliatan, jadi aja Salim mejeng). Salim nyetak beberapa gol, walau golnya banyak yang diprotes gara-gara terlalu gampang, gawang kosong tinggal cungkil :( Sistem menyerang XI-4 pun jadi reyot gara-gara hal ini, termasuk Ivanka yang kadang maju ke depan (dia kan di belakang mulu), Fadly yang main di tengah dan tentang stik Fadly yang lebih sering nyangkut di stik lawan daripada di bola. BTW XI-3 juga maen tanpa goalie (jadi gaada Ivanka-nya XI-3). Mungkin Mz mz ini lelah.

Babak dua XI-4 lawan XI-3, gue gak nonton banyak (kayanya XI-3 menang) gara-gara Amba FC feat. Singgih udah siap-siap di lapang bola. Gue pun siap-siap jadi hakim garis Amba FC feat. Singgih lawan XI-2. Dan prit, wasit Azka Mumtaz pun meniupkan pluit tanda pertandingan dimulai.

Aduh males nyeritain lagi :( Pokoknya setelah bakbikbuk darderdor dagdigdug, Amba FC feat. Singgih akhirnya bisa ngegolin lewan Irvan di babak 1, skor 1-0 buat keunggulan Amba FC feat. Singgih. Babak 2, Fajar ngegolin buat XI-2, skor pun imbang 1-1 dan harus dilanjut ke Extra Time.

Ah iya, selama gue ngewasitin, ternyata hoki kelas gue lagi maen lawan XI-5 (abis XI-4 lawan XI-3 selesai), dan gue gak nonton, dan gue kira kelas gue menang, dan ternyata kelas gue kalah 7-4. Au revoir Liga TB... Untung gue gak dimainin hoki, kalo iya wah jatuh harga diri gue sebagai peneliti hal-hal tidak penting dan peternak virus Hipertia jombloinis ini. Yah soalnya gimana, debut gue di hoki waktu porak kemaren berujung pada teriakan "Gi*blig Kal!!" gara-gara kemampuan gue buat ngenain bola ke stik hoki yang aduhai :(

Ya, buat sekadar ngenain bola ke stik hoki aja gue gabisa. Sehina apa diriku ini. Tuhan, ambil aku!! *terdengar suara petir* *taunya itu petir dari planet sebelah*.

Ah iya, Amba FC feat. Singgih lawan XI-2 dilanjut ke Extra Time. Di babak ini, Ananta mencetak gol indah yang berasal dari umpang panjang Amba yang gak kalah asoynya. Skor 2-1 buat keunggulan Amba FC feat. Singgih. Tapi menjelang akhir Extra Time yang kedua, tendangan Toro dari jarak dekat gagal ditangkep Mz Rafi dengan sempurna, jadi aja 2-2 buat kedua tim, yang artinya harus dilanjut ke adu penalti.

Fajar dan Toro tendangannya salah fokus, jadi kayak Sergio Ramos atau Mz Terry tendangannya. Ananta, Irvan sama Amba sendiri sukses jebol gawang Willy di babak adu penalti ini. Amba FC feat. Singgih akhirnya menang 3-1 di babak adu penalti, setelah cuman Salman yang berhasil masukin ke gawang Rafi.

Abis itu udah, gue lelah. Anak hoki udah pada berangkat ke UPI buat tanding tinju hoki disana. Gue sama Diko akhirnya ke lapang basket, gatau ngapain. Disana gue sempet ngobrol sama Dyra Fadli Ronal Diko Arya dan Irul yang marah-marah mulu serem :( Satu persatu akhirnya pulang, Rasiq sama Jul akhirnya ke lapang basket (abis maen bola lawan X-8 dan menang 2-1), ngobrol lama (termasuk ngabisin bekelnya Mz Lintang) lalu pulang gara-gara lelah.

Sebelum bener-bener pulang jam 6, gue mampir dulu ke SMP gue, diskusiin sesuatu sama Fawwaz Dery Yara Syntia Firra dan Teh Titin, yang diwarnain dengan kunci motor gue yang ilang lalu ketemu dan Yara yang dateng terakhir pulang pertama. Ada juga yang baper, tapi, bodo amat. Liat seseorang di GOR Suci tadi lebih menyenangkan daripada liat seseorang di SMP ini. Yang gue maksudkan orangnya, bukan tempatnya. Yah, gitulah.

Hah, gue lelah. Buat Minggu depan kayaknya gue gak akan dateng ke GOR Suci. Buat apa coba :( Selain karena gak ada yang lolos, Sabtu depan juga gue kemungkinan ada Olimpiade Geografi di ITB, kalo udah didaftarin itu juga, kalo belum, ya artinya hari malas di rumah.

Tertanda, Haykal SP, yang telat balikin buku perpus udah hampir sebulan.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar