Tujuh April

April 07, 2015

Lima hari setelah tragedi.

Alhamdulillah pagi tadi gue sampe sekolah jam 06.29, tepat 1 menit sebelum bel sekolah gue berbunyi dengan lihainya. Padahal gue kira gue bakalan telat lagi untuk yang pertama kalinya sejak 9 Februari 2015 lalu, dan ternyata udah 2 bulan gue gak lagi nulis ibadah pagi di meja piket kelas IPS lantai 4.

Ah iya, BTW dari Senin kemaren sampe Jumat nanti, kelas gue (termasuk juga kelas XI-3 sampe XI-8) bakal tukeran kelas sama kelas XII-1 sampe XII-6 yang Minggu depan mau UN. Jadi, buat Minggu ini kelas XI-3 sampe XI-8 bakal pindah ke ruang kelas XII-1 sampe XII-6 yang ada di lantai 3, sementara kelas XII-1 sampe XII-6 bakal ada di ruangan kelas kita di lantai 4. Ya syukur aja sih gue mah, gak usah cape-cape naik tangga ke lantai 4 tiap hari. Dan entah kenapa XI-1 sama XI-2 gak pindah kelasnya…

Yang memotivasi gue biar gak telat dateng hari Selasa (dan Jumat) adalah, pelajaran pertama hari itu adalah ekonomi, yang gurunya adalah wali kelas gue, Pak Yandi, yang berhasil buat gue gak nulis kisah “Gadis Buta” (salah satu cerita favorit “Geng Barudak Telat”, apalagi alasannya kalo bukan karena kisahnya pendek dan mudah dimengerti) lagi selama 2 bulan ke belakang. Soalnya gue gatau kalo hari itu telat bakal diapain sama Pak Yandi. Kadang disuruh maju ke depan, disuruh push-up sit-up dan segala tetek bengeknya itu, atau kadang disuruh beliin makanan buat sekelaseun. Tapi kadang gak diapa-apain, gagal paham gue…

Seperti biasa, pelajaran ekonomi kali itu gak murni ngebahas ekonomi, alias ekonomi dan lain-lain. Materi ekonominya berupa saham, obligasi dan semacamnya, materi lain-lainnya kayak filosofi tunjukkan jari Pak Yandi waktu “khotbah” di upacara kemaren, tentang uang 90 miliar yang ditaro cash dalem dompet (gak lupa petunjuk buat jalan sama duduk kalo nyimpen tuh dompet di saku belakang) sampe muka jomblo Abyan waktu naek vespa di fly over Kiara Condong. Pelajaran diakhiri dengan ditagihnya utang ratusan ribu beberapa orang di kelas gue.

Gak lupa juga Pak Yandi bahas berbagai strategi dagang orang Tionghoa yang emang udah jadi cerita rakyat di Indonesia. Misalnya Pak Yandi cerita tentang Pak Boen Fie (guru matematik kelas bilingual) yang punya sebagian besar saham “Kampung Gajah” dan ternyata Kampung Gajah itu adalah hasil dari obrolan Pak Boen Fie sama orang tua murid yang juga keturunan Tionghoa. Atau tentang bapak yang ngajarin anaknya dagang dari kecil, supaya nanti dia bisa beli “toko sebelah” buat anaknya. Jadi kalo ada orang nanya barang dan di tokonya gak ada, dia tinggal bilang “Coba cari di toko depan, biasanya ada” dan toko yang disarankan tadi tak lain dan tak bukan adalah toko punya keluarganya juga…

Gue jadi inget pepatah Ernest Prakasa (kalo gasalah), dia bilang gini :

“Kalo mau kaya, dagang kayak orang Cina, jangan jadi anggota DPR”

Yah, gitulah.

Sosiologi, remed UTS, yang gak remed UTS disuruh nulis review apa yang dipelajari kemaren, dikerjain diluar kelas. Karena pada dasarnya kita IPS, jadi suka gagal fokus kalo disuruh ngerjain diluar kelas. Rupa-rupa deh kelakuannya, ada yang nyetel lagu senam di laptop, ada yang buka usaha hotspot portable atau tethering (bayar 2rebu per hari), ada juga yang buka usaha make-up buat cowo, ada yang gangguin kelas XI-4 (kebetulan kelas mereka ada di depan kelas gue), ada yang lupa diri, ada yang jadi ganteng sampe ada juga yang berubah jadi serigala bertompel bertopeng. Eh, nggak gitu juga deng.

Karena pada dasarnya gue kesusahan bikin hal yang praktis kalo nulis (istilah gaulnya : ngerangkum), jadi aja catatan gue jadi salah satu yang paling panjang diantara yang lain, dimana spesies macam Karen misalnya, cuman nulis dikit dengan beberapa panah asmara tapi kayanya isinya mencakup hampir semua hal yang gue tulis. Yah, namanya juga manusia.

Bahasa Sunda, karena di kelas gue sekarang (XII-5) gaada proyektor, kita terpaksa tukeran kelas sama XI-4 yang ada di depan kelas. Seinget gue ini pertama kali XI-7 tukeran kelas sama kelas lain buat pake proyektor. Karena kalo di lantai 4 cuman XI-1, XI-7 sama XI-8 yang punya proyektor, jadi 3 kelas ini sering dipake buat tukeran kelas sama kelas 11 lain yang gak ada proyektor di kelas mereka. Poor IPA.

Hari itu kelompok Karen yang presentasi, tentang buburit atau apapun itu namanya. Gue duduk di belakang, lagi pengen aja. Mungkin gara-gara duduk di belakang itulah gue gagal fokus (lagi) dan malah nyari barang menarik di kelas itu, dimana Echa (yang duduk di sebelah gue) nemuin sebuah makanan keripik pisang atau apalah itu, yang jelas aja ngebuat dia sangat antusias. Walaupun bungkus pertama yang ditemuin isinya plastik doang (kirain gue isinya kertas bertuliskan “Anda kurang beruntung”), akhirnya gue dan Echa nemuin seplastik penuh berisi keripik pisang tadi. Tapi karena gue juga tau diri, gue dan Echa cuman ngeliat keripik itu sebentar, terus ditaro lagi. Tapi entah gimana cewe-cewe yang ada di depan gue berhasil ngambil beberapa keripik pisang itu, mungkin ngambil dari yang udah kebuka bungkusnya.

BTW buat yang belom tau, Echa (Naufal Viansa) adalah fans pisang garis keras. Dari tempat pensil sampe kemejanya aja gambarnya pisang. Kayanya kalo Echa terdampar di suatu pulau terpencil, dia lebih milih dapet stok pisang seumur hidup daripada ditemenin sama Kim Kardashian sekalipun. Atau kayanya nanti gue gak akan heran kalo nanti Echa buka restoran makanan dari menu pisang kayak sop pisang, sate pisang, pepes pisang, nasi pisang, martabak pisang, kupat pisang, baso pisang sampe mungkin air putih rasa pisang. Siapa tau restorannya bisa ngalahin Simpang Raya, yang notabene adalah kepunyaan keluarganya.

Hal menarik lain yang gue temukan di sekitar gue adalah, salah satu buku tulis yang gue temukan disana, tulisan tangannya identik banget sama gue. Heran gue, ada ya orang yang tulisannya serupa sama gue. Setelah gue telusuri lebih lanjut, perbedaan tulisan gue dan dia terletak di huruf J, t kecil dan f. Sisanya kayanya serupa banget. Orangnya cewe, gue tau tapi gak kenal amat, dan sekarang jadi salah satu incaran temen gue yang sekelas sama tuh orang.

Sunda selesai, waktunya olahraga. Gue seperti biasa melakukan rutinitas macam jomblo sebelum bis berangkat ke GOR Suci. Jalan-jalan ke Samping, cuman nemenin Dyra beli roti (kadang bener-bener nemenin doang alias kagak beli) atau keliling-keliling gak jelas kayak jomblo lagi nyari burung merpati dan ternyata merpatinya udah nulis surat ucapan selamat tinggal buat ngejelasin kalo dia bakal pergi nyari pasangan baru, setelah pasangan lamanya ketauan selingkuh sama burung perkutut nakal punya tetangga, yang konon tiap malem nyanyiin lagu "Teman Hidup" nya Tulus buat (mantan) pacarnya merpati si jomblo itu, pesan mengharukan itu dia selipin di kandangnya.

Setelah jam 10 lewat, akhirnya bis berangkat. Yang gue heran, kelas XI-8 (yang olahraganya bareng kelas gue) belom juga dateng dan akhirnya ditinggal. Alhasil 3 bis buat OR dikuasai XI-7, malah di bis gue cuman ada 5 orang, gue Reza Gazza Mas-Mas sama sopirnya. Setelah beberapa meter ninggalin sekolah baru keliatan Egi (XI-8) keliatan rusuh mau ngejar bis. Tapi apa daya bis gak akan mungkin berhenti tengah jalan.

Di Suci, OR SMA bener-bener dikuasai XI-7, dan akhirnya Egi secara aduhai berhasil nyusul ke GOR dengan pake mobilnya sendiri. Dan bilang kelas mereka telat gara-gara ada presentasi mahasiswa blablabla. Walau cuman sedikitan, kelas gue akhirnya pada mau maen bola, dimana skornya udah macam futsal, 7-8, dimana gue menciptakan 1 sundulan berpeluang gol. Sedih.

Abis OR dan sampe sekolah, pelajaran sejarah direncanain mau nonton film "The Patriot" yang bercerita tentang sejarah Revolusi Amerika (sesuai sama materi saat ini). Situasinya kayak tadi, kelas gue akhirnya ngungsi lagi ke XI-4, yang saat itu kosong karena lagi olahraga. Setelah beberapa menit pengembaraan sama Gazza Reza dan Hasna buat cari berbagai perlengkapan nonton film (termasuk iseng naik lift ke lantai 5, yang sebenernya lift lantai 5 belom bisa dipake tapi bisa dicapai dengan beberapa langkah sederhana), akhirnya jam 11.45 film pun dimulai. Gue dateng ke kelas waktu film udah di pertengahan, itupun rada-rada gagal fokus gara-gara lebih milih baca buku dan gara-gara duduk di belakang (lagi), hehehe. Aku lelaki lemah.

Jam 2.45, tuan rumah (XI-4) dateng, dan gue kira nonton filmnya udahan waktu mereka dateng, makanya gue langsung cabut speaker sama kabel proyektornya. Eh taunya, nontonnya dilanjutiin, alhasil gue ngeset dari awal buat lanjutin tuh film, yang ada adegan kepala orang digantiin sama bola meriam (iya, ada adegan kepala copot kena bola meriam, sialan banget itu).

Pulangnya, kayak biasa aja, diem dan nongki deket gerbang sekolah, sama berbagai macam siswa kelas 11 yang kebanyakan XI-4 sampe XI-6. Setelah dengan sukses ngebuat Harris minder abis liat pemaen gue di game FIFA 15 (dan heran kenapa gue belum juga mainin Angel Mariadi Di Maria) juga berhasil buat kiper andalan XI-4 ini heran karena lawan dengan level world class di divisi 4 lebih banyak daripada di divisi 1, itu sih kayanya otak HP dia yang ngawur...

Kerumunan depan gerbang sepi lagi setelah sebagian besar anak XI-4 mulai ngungsi ke ruang PTD SMP, mau ngerjain proyek fisika atau apalah itu. Kesepian, gue pun ngikut sama Wisnu, Dafa, Rafi Rasyiq sama Kevin ke lapak depan sekolah alias Bu Ceuceu. Seperti biasa, gue disitu cuman mejeng doang, beli mah kagak. Wisnu punya pistol air dari botol aqua tadi, yang kita jadiin ajang isengin orang biar celananya basah. Korbannya antara lain Aldy Irfan sama Jul, yang dengan mudah ditipu modus obrolan "Rada deket lagi dong sini, gak kedengeran nih".

Setelah beberapa saat dan ngobrol dikit sama Nadhif, akhirnya gue pulang bareng Rafi seperti biasa, kali ini ngomongin cewe (selalu sih sebenernya hehehe, soalnya kita kan lelaki liar dan bergairah macam Ocan kalo kata Najma mah). Sampe rumah, nonton Persib - PBR. Abis itu berangkat ke EF. Dan disitulah gue baru sadar, buku sama binder gue ilang...

Binder gue, isinya gak penting amat sih, kertasnya juga cuman dikit (kebanyakan udah diorat-oret pula). Tapi, ada 1 kertas penting yang isinya baru gue kasitau ke 9 orang doang, saking pentingnya tuh kertas buat gue. Kalo orang lain baca, wah, gapapa sih sebenernya, hehehe.

Sementara, buku yang ilang adalah buku To Kill a Mockingbird karya Harper Lee, hasil jarahan perpustakaan TB yang aduhai. Gue udah telat balikin tuh buku 2 Minggu, eh ilang. Kurang amsiong apa. Buku itu juga udah jarang banget edisi Bahasa Indonesianya, edisi Inggrisnya banyak sih, tapikan, harganya itu loh :( Masa gue harus jual diri dulu buat gantiin tuh buku...

Gue punya 2 kemungkinan dimana aja buku gue ilang dan 3 kemungkinan dimana binder gue ilang. Buat buku sendiri, gue yakin adanya di pos satpam (seinget gue terakhir kali gue simpen buku di tempat duduk deket pos satpam) atau di Bu Ceuceu (soalnya pas maen kesana gue bawa tuh buku, gue baca malah). Gue harap aja salah 1 diantara 2 tempat itu ada buku guenya. Buat binder, selain 2 tempat itu, gue yakin tempat potensial lainnya yaitu di XI-4, tempat kelas gue tadi nonton. Yah, siapa tau. Soalnya kalo bukunya ketemu, gue bakal tutup lelang diri gue di Kaskus, bilang aja "ada yang BIN (Buy It Now) gan, nanti sore COD-an.

Alhasil gue pun tidur sambil memikirkan dimana kedua barang gue itu berada sekarang. Semoga mereka gak kesepian diluar sana.

Tertanda, Haykal SP, yang masih pake baju seragam sekolah.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar