Post Ke-100 : Produktivitas

September 17, 2014

Alhamdulillah, akhirnya blog gue ini sampe juga di blog ke 100.

Akhir-akhir ini, produktivitas gue menurun cukup drastis, walau gak kaya tahun lalu dimana dalam setahun gue cuman nulis 15 post.

Terhitung sejak 15 Maret 2011 (iya, dua ribu sebelas) gue mulai bikin blog pertama gue, haykal43satria.blogspot.com. Waktu itu gue cuman liat artikel di majalah Bobo (iya, majalah bobo) tentang blog, menulis dan cara buat blog. Gue tertarik, karena emang dari sebelum itu gue udah seneng nulis kecil-kecilan. Akhirnya besoknya gue buat tuh blog. Rencana awalnya blog itu bakal diisi artikel atau berita yang gue dapet dari internet, buku sama majalah yang gue punya di rumah. Makanya waktu itu gue tumpuk berbagai buku dan majalah yang punya artikel bagus buat dimasukin ke blog gue. Alhamdulillah beberapa terlaksanakan.

Beberapa bulan setelah ngeblog dan belajar serta ngembangin blog itu, gue pun mulai menulis kisah gue sendiri. Tepatnya 9 September 2011, gue menulis tulisan pribadi pertama gue, Cerita Tentang Guru Agama Yang Tidak Jelas\, ditulis waktu gue kelas 8. Bisa diliat di post itu kalo gaya tulisan gue masihlah sangat alay (sampe sekarang juga sih sebenernya), banyak kata-kata aneh (kaya burayot, apaan itu...) dan pemakaian imajinasi gue masihlah sangat luas dan gak jelas. Gue terharu baca ceritanya, sekaligus pengen nangis, Haykal pernah alay :')

Yang mempengaruhi tulisan gue waktu itu adalah buku-bukunya Raditya Dika (kaya Marmut Merah Jambu sama Radikus Makankakus) dan bukunya Alitt Sutanto aka Shitlicious yaitu Skripshit. Dulu gue cuman mau baca novel kaya gitu. Gak kaya sekarang, udah baca novel aneh-aneh segala genre (kecuali horror dan romansa gak jelas, kalo thriller masih suka bacanya), malah sampe buku The Name of The Rose nya Umberto Eco gue pinjem dari perpus, dan selama 2 minggu gue pinjem, gue cuman berhasil sampe halaman 150an, saking gak ngertinya. Tapi, buku-buku lain (selain buku komedi) yang gue baca akhir-akhir inilah yang mungkin mempengaruhi tulisan gue, jadi rada serius dikit. Penggunaan kalimat penuh imajinasi gue berkurang kalo dibandingin sama tulisan gue dulu. Gatau deh. Buku yang rada sejalan dengan tulisan gue (yang rada gak jelas) mungkin cuman Dwilogi Padang Bulannya Andrea Hirata yang baru gue selesain 2 minggu yang lalu. Tapi buku itu belum berpengaruh banyak ke tulisan gue sekarang.

Konsisten
Beberapa bulan yang lalu, gue pernah nulis post tentang konsisten, post itu juga hampir sama kaya sekarang, nyinggung gue yang jarang lagi nulis, sampe kalah dari Robby. Kekecewaan gue sekarang hampir sama sih kaya waktu itu. Gak konsisten buat nulis. Setengah-setengah. Sampe draft di blog numpuk di angka 160. Ngeri. Hal ini membuat gue kurang produktif, kesusahan lagi kalo nulis (terutama kesusahan nentuin kata-katanya) dan banyak nulis hal gajelas cuman buat ngelatih kemampuan nulis yang udah gak dilatih selama berbulan-bulan lamanya (misalnya post hari pertama pake kacamata, apa pentingnya coba?).

Gue bakal selalu inget perkataan Pak Yandi pas pelajaran ekonomi beberapa waktu lalu, "Kuncinya itu konsisten. Sebagus apapun peraturannya gak akan bener kalo kita gak konsisten. Bapak gak ada masalah sama orangnya, tapi masalah sama perilakunya, gak konsisten ngejalanin aturan sendiri. Sebagus apapun peraturannya, atau sepinter apapun orangnya, gak akan bener kalo kita gak konsisten ngejalaninnya". Emas. Itu adalah perkataan Pak Yandi di kelas gue, nyepet salah 1 orang (atau lembaga mungkin) yang menurut Pak Yandi (dan jadi nular ke kelas XI-7) gak konsisten jalanin aturan sekolah. Anak IPS-1 pasti tau lah siapa. Tapi gausah dibahas, gak baik gosipin orang.

Secara gak langsung, perkataan legendaris itu nyepet gue juga, yang kurang konsisten ngejalanin blog ini. Salah satu cita-cita terbesar gue adalah jadi penulis, terutama novel. Gue berharap suatu hari buku karya gue akan nangkring di jajaran Best-Seller toko buku besar di Indonesia, sukur-sukur jadi Best-Seller International. Mungkin di sebelah gue ada buku karya Nadyra juga (si ide ini mau jadi penulis juga). Dan mungkin gue bisa mewujudkan perkataan temen-temen gue (kaya Marisa sama Echa) yang bilang bakal beli buku gue kalo udah terbit nanti, mereka bilang itu pas awal kelas 10, pas kelas baru aja dipecah. Beberapa temen gue juga bilang bakal beli buku gue, kalo udah terbit. Ini jelas jadi beban dan tantangan tersendiri buat gue. Gue gak mau ngecewain mereka (termasuk Bu Alfa guru B. Indonesia), yang udah dukung gue buat ngembangin blog ini dan bikin buku. Ah iya, salah 1 biar kita bisa lancar bikin tulisan bagus adalah banyak baca buku. Kalo bener-bener kesulitan. Coba baca buku yang kurang kita suka. Kaya gue dulu kurang suka buku Thriller, sekarang udah baca beberapa buku bergenre itu.

Kalo gue nulis buku dan sukses (Aamiin), setidaknya ada 1 hal yang bisa anak gue banggain dari Bapaknya nanti. Nanti waktu dia udah SMP-SMA mungkin dia bisa bilang :

"Cuy, tingali yeuh, Babeh urang nu nulis ieu buku, jadi Best-Seller saalam-dunya deui. Edan pan Babeh urang?"

Atau setidaknya anak gue nanti bisa modus ke gebetannya dengan bilang "Eh, kamu udah baca buku Ayah aku belum, yang itu tuh yang isinya kaya buku Panduan Melatih Ikan Cupang itu loh". Terus gebetan anak gue nanti bilang "Oh iya, aku udah baca buku itu!! Bagus banget bukunya, Ayah kamu emang bakat ya jadi penulis. Aku paling suka pas bagian Bapak kamu gak bisa nyapa gebetannya pas masa SMA dulu. Lucu banget itu ahaha. Eh, tapi sekarang kalo gasalah orang yang Ayah kamu gak bisa sapa itu sekarang jadi Ibu kamu kan?" HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.

Dan mungkin anak gue bakal ngobrol terus sama orang itu dan akhirnya pacaran. Gue mah Alhamdulillah aja buku gue nanti bisa ngebantu orang buat dapet pacar.

Ah, maaf jadi ngelantur. Gue berharap hal itu terjadi di masa depan. Gue bisa nerbitin buku gue sendiri. Tapi sebelum itu, yang pasti gue harus bisa konsisten buat nulis di blog ini lagi. Gue cukup kecewa juga sih, 3 tahun nulis di blog, baru sampe 100 post, itu pun gak semuanya gue tulis sendiri. Gak kaya blognya Om Pandji Pragiwaksono. Udah beberapa tahun dia ngeblog, dan setelah diitung, dia nulis 1 post tiap 3 hari. Dan sekarang Om Pandji udah nulis beberapa buku bagus. Semoga gue juga bisa kaya gitu.

Semoga beberapa hari lagi gue bisa lanjutin proyek lanjutin draft blog ini yang udah sampe 160 draft. Walaupun secara sial, laptop gue lagi rusak, sehingga gue susah mau nulis lagi. Gue aja nulis post ini di Lab TIK sekolah. Yah, gitudeh. Semoga nanti gue bisa lebih konsisten lagi nulis, ngembangin gaya penulisan, bikin buku, jadi Best-Seller, dan sukses gara-gara nulis. Aamiin.

Ah iya, kalo laptop gue udah bener dan gue udah gak sibuk sama tugas, InsyaAlah gue bakal lanjutin post ini. Kayanya masih banyak hal yang harus gue tulis disini. Tapi berhubung istirahat tinggal 10 menit lagi, gue akhiri dulu disini.

Terima kasih udah meluangkan waktu buat baca post ke 100 ini.

Menulis itu mudah. Tapi semudah-mudahnya suatu hal, kita harus tetap berlatih~

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar