Sahabat Kecil

September 13, 2014

Baru saja berakhir...
Hujan di sore inii
Menyisakan, keajaiban
Kilauan indahnya pelangi...


Yap, itu adalah cuplikan lirik lagu yang dinyanyiin oleh Ipang, judulnya Sahabat Kecil. Lagu ini diputerin di speaker (karena emang ada yang namanya TBFM alias siaran khusus SMATB yang bakal muterin lagu selama istirahat kedua) pas gue lagi Shalat Dzuhur waktu hari Seleas, 9 September kemaren seperti biasa di Mushalla Lantai 4, sama Arya. Untung aja diputerinnya pas gue udah rakaat ke 4 dan udah mau selesai Shalatnya....

Entah kenapa, waktu dengerin lagu ini, gue jadi inget Field Trip.

Ya, walaupun gue belum sempet nyelesain post tentang Field Trip (ehehehe aku lemah), tapi gue tiba-tiba keingetan momennya, apalagi pas Makrab (Malam Keakraban). 20 Maret 2014, jam 2 subuh. Gue lupa apakah lagu ini dinyanyiin atau ngga waktu itu. Kayanya ngga deh kalo gue gak salah mah.
Malam Keakraban Field Trip, 20 Maret 2014.
Gue inget saat gue duduk, di depan api unggun yang nyalanya gede banget. Iya, tempat gue duduk cuman berjarak beberapa meter dari api unggun itu. Make kaos basket yang lekbong, ditutupin jaket, dan celana bola pendek. Gak heran pas balik ke rumah semua orang di rumah pada nanya keheranan "Kal, naha kamu abis pulang Field Trip asa nambah item?"

Namanya juga hidup....

Gue, dari dulu, Alhamdulillah, punya banyak temen dari masa ke masa, sejak gue masih kecil dan masih beralamatkan di Jl. Marga Kencana Utara No. 18. Yang masih deket tentu temen waktu SMP dan SMA. Waktu SMP gue punya beberapa orang sahabat yang menamakan diri R-Brothers atau R-Bros. Rudi Rezky Ridwan Rully Gilang aka Kambing dan gue jadi anggotanya. Aldi Dwi Rauf sama Rachmad juga kadang ikutan. Waktu itu kita biasanya diem aja di Mesjid sekolah sampe jam 5 sore, gak akan pulang sampe gerbang sekolah dikunci sama Pak Entang (walaupun kuncinya ada di si Bibi kantin). Yang kita lakukan : diem, ngobrolin tentang pelajaran dan cewe, ngegitar dan nyanyi, diskusi dan serangkaian kegiatan gak jelas lainnya. Ya tapi itulah definisi sahabat :

"Sahabat adalah seseorang yang bisa diajak melakukan kegiatan konyol tanpa alasan secara bersama-sama"

Walaupun sekarang kita beda SMA, tapi kita masih jaga komunikasi dengan main futsal di ITC yang udah kita anggep sebagai Home ground R-Bros walaupun Mas-Mas yang jaganya gak mengenali kita sebagai manusia seutuhnya. Oiya, salah 1 kegiatan termahsyur kita adalah membuat kamar 203 Hotel Malabar Pangandaran menjadi kandang babi, dan waktu di bis gue dan Rudi hampir masuk daftar buang setelah sepanjang perjalanan teriak "Laut, laut!!".

Gue bisa dibilang jadi salah 1 anggota teraneh R-Bros. Pertama, R-Bros itu terbentuk sejak kelas 8. Dan Rudi Rezky Rully Ridwan dan Gilang itu kelas 85, sementara gue kelas 88. Dan jarak antara kelas 88 dan 85 itu lumayan jauh, dipisahkan dengan tangga. Gue juga gak ngerti gimana awalnya gue bisa nyasar sampe sana dan tiba-tiba udah bareng R-Bros. Kedua, semua anggota R-Bros bisa main musik (walaupun gak ada yang bisa nyanyi huhuhu), makanya pas pensi di SMP ada aja mereka yang tampil. Dan waktu diem di sekolah pun kita sering ngegitar dan nyanyi bareng Aul Nispi Caca dan kadang Yara.

Tapi walau gitu, gue pernah terlibat masalah dengan Rudi pas di SMA. Mulainya pas Mei, gue gak tau penyebabnya apa jadi tiba-tiba jauh aja, sama yang lain Alhamdulillah masih akur (walaupun Rezky belom ngegantiin HP gue yang diceburin ke kolam sekolah sama dia....). Tapi Alhamdulillah pas futsal kemaren udah mencair dan bisa mengembalikan kegilaan dan keliaran R-Bros yang setara dengan zaman SMP dulu. Ah iya, pas futsal kemaren Nadim juga ikut loh, yang menjadi hari terakhir Nadim di Bandung sebelum balik ke Jerman besok harinya (jadi Nadim ini dulu temen SMP gue, pas kelas 8 pindah ke Jerman ikut Bapaknya kerja disana. Setelah sekian lama, baru sekarang dia balik lagi ke Indonesia buat liburan).

Diluar R-Bros sendiri gue masih ada beberapa temen yang deket pas zaman SMP, terutama yang sekelas, kaya Fawwaz Nispi Gemila Adit Billy dll.

Dan, terutama, dia, iya dia. Orang yang gue sebut "6" dengan si Gilang aka Kambing dan beberapa orang di SMA yang tau. Orang dibalik cerita "Dari Bangku Naik Ke Hati". Dia yang gue cintai selama 2 tahun 8 bulan tapi tak pernah bisa gue dapatkan. Ninja merah tak akan pernah terlupa.

Still everyday, I think about you ~ Blue Sky Collapse by Adhitia Sofyan

Beranjak ke SMA, gue tentu harus nyari orang baru buat menggantikan R-Bros yang berpisah. Proses pencarian itu gak gampang. Gue inget waktu pertama kali masuk SMA dan hari pertama di X-6, gue udah memperkirakan siapa aja yang bakal jadi temen gue yang setara dengan R-Bros di SMATB. Kalo gue inget orang-orang itu sekarang, ngakak juga sih kalo ngebayangin mereka sekarang jadi R-Bros zaman SMA, walaupun orang yang gue perkirakan itu sekarang jadi temen baik gue, tapi mereka beda dengan R-Bros.

Gue baru menemukan 'mereka' beberapa bulan kemudian, hampir semua saat pramuka, dan bertahan sampe sekarang. Robby Diko Arya Tila dan Jul. Buat yang cewenya ada Shaumil Nadyra sama Najma. Dan Alhamdulillah gue udah hampir kenal temen-temen 1 angkatan gue, kecuali mungkin cuman ada beberapa orang yang gue gatau.

Bis 4 Field Trip, dimana temen deket gue di SMA berada. Mereka ada di belakang : Arya Robby Diko Reyza Arga Tila Fadli (yang baju merah di depan sendiri) dll. Yang cewe kiri depan itu Ivanka (yang lagi ngacungin jempol make jam tangan biru) sama Trisia, belakangnya Najma sama Hanifa (yang rada ketutupan kepala Ivanka) terus belakangnya Fadli ada Andana (yang kacamata) sama Ghiana. Sisanya gue males buat nyebutin satu-satu, maafkan hamba. Sayang waktu itu gue belum terlalu deket sama mereka, makanya gue ada di bis 1. Makasih buat 'Bintang' Fajar Supriyanto yang motoin.

Kesempatan, seperti ini...
Tak akan bisa dibeliii....


Mereka, hampir sama kaya R-Bros. Udah kaya keluarga di sekolah. Sering diem di sekolah sampe sore, ngegalau bareng (kadang sama adek-adek temen Robby yang masih SMP), diskusi bareng, dan lain-lain. Entah kenapa tulisan ini jadi dangdut....

Temen gue di SMA punya beberapa kesamaan kaya R-Bros jaman SMP. Kaya Robby sama nyebelinnya dengan Rudi, atau Diko yang kadang sama galaunya kaya Gilang aka Kambing, atau Arya yang sama senengnya karena baru dapet pacar kaya Rezky, atau Shaumil sama Nadyra yang suaranya bagus kaya Aul dan Yara. Gatau deh...

"Friendship means understanding, not an agreement. It means forgiving, not forgetting. And it means the memories last, even if contacts lost."

Tapi sayang, gue di SMA ini belum bisa deket sama 'dia'. Satu-satunya orang yang gue masih inget rumahnya dimana waktu perkenalan kelas 10 (sempet sekelas soalnya). Orang yang gue sebut sebagai '7' sama beberapa temen gue. Orang yang gue bikin anagram namanya sebagai "My Karavan in Indiaa".

Bersamamu, kuhabiskan waktu
Senang bisa mengenal dirimuu
Rasanya semua, begitu sempurna
Sayang untuk mengakhirinyaa....

Janganlah berganti...


Dan entah kenapa, gue rada terharu liat gambar ini :


I'm happy that we met. I love you.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar