Hanya Waktu Yang Bisa Memulihkan Cinta

Agustus 10, 2015

Judulnya gile ya, macem gue baru aja dicampakkan sama cewek terus pergi ke India buat belajar meditasi (atau yoga kali yak) dan waktu pulang gue beralih jadi tukang kaos kaki paling sukses di kota gue.

Tapi bukan kok. Gue sekarang gak lagi dicampakkan sama cewek (tapi diabaikan :(( hehe gak juga deng), judul yang lebih mirip quotes di buku "100 Kata-Kata Mutiara Agar Anda Tak Galau Dijamin Ampuh" ini keluar dari mulut Pak Dadi, guru sejarah kelas gue waktu ada pelajarannya tadi pagi. Quotes mantap buat dedeque-dedeque galaw ini bermula dari sebuah cerita iseng Pak Dadi (ya biasanya juga gitu sih) sebagai berikut :

"Suatu saat, ada 6 orang (atau lebih pantes disebut 'hal') yang terdampar di sebuah pulau di tengah laut. Yang terdampar disana ada kekayaan, kesedihan, kebahagiaan, kecantikan, ketampanan dan cinta. Mereka ber-6 terdampar di pulau itu bareng-bareng. Di suatu saat yang menyedihkan, pulau itu mulai tenggelam sama air laut. Hebatnya, semua penghuni pulau tadi udah buat perahu masing-masing buat nyelamatin diri dari pulau tadi, cuman cinta yang belum bikin perahu. Dan makin lama, tubuhnya makin tenggelam.


Pertama si cinta ini minta tolong sama kekayaan, 'Oi bro angkut gue ke kapal elu dong!!' tapi si kekayaan nolak dengan alasan 'Sori bro gue gabisa, perahu gue udah penuh nih sama harta gue, maap ya bhay'. Terus si cinta ini minta tolong sama kecantikan sama ketampanan, tapi lagi-lagi ditolak dengan alasan 'Kagak ah, kehadiran lo disini cuman bakal ngerusak pesona perahu gue sob!!'. Makin lama si cinta makin tenggelam, ia minta tolong ke kebahagiaan, si cinta panggil kebahagiaan tapi doi gak nyaut, ini merujuk ke logika bahwa orang yang lagi bahagia seringkali lupa sama orang lain. Makin lama ia makin tenggelam, waktu airnya udah sampe leher dia minta bantuan ke kesedihan, tapi lagi-lagi ditolak dengan alasan 'Sori pisan bro, gue lagi mau sendiri dulu' (ieu naon pisan kzl).

Akhirnya si cinta pun pasrah, air udah mau nenggelamin tubuhnya. Dia pikir sekitar 10 menit lagi ia bakal ditanyai soal 5 perkara, dan waktu mikir gitu tiba-tiba ada yang narik dan nyelamatin dia. Selama di perjalanan si cinta ini gak sadarkan diri karena puyeng, mabok air laut. Setelah beberapa lama dan diturunkan di tempat aman (sama temen-temennya lagi yaay) dia mulai sadar dan nanya ke temen-temennya 'Kok kalian jahat sih gak mau nolong aku :((' 'Eh cuy-cuy, yang tadi nolongin gue siapa ya? Gue gak sadar waktu ditolong tadi soalnya'.

Salah 1 temennya pun jawab 'Ohh itu tadi si waktu bro'.

Selesai."

Ceritanya gue ubah-ubah bahasanya sedikit dari yang Pak Dadi omongin di kelas (ya gak mungkin juga sih Pak Dadi pake kata 'bro bro' atau 'cuy-cuy' atau 'gue' buat nyeritain ini di kelas. Dan menurut gue ini cerita absurd sih, tapi gapapalah setidaknya ada maknanya disana. Kayak orang kalo lagi bahagia suka lupa orang lain, atau orang yang lagi sedih suka mau sendiri aja (iya sih, tapi dalam kasus ini momennya sangat tidak tepat) dan blablanya. Lalu jelas yang paling bikin baper dedeque-dedeque puber adalah "Hanya waktu yang bisa memulihkan cinta".

Ea.

Ah iya, bedewei, waktu mendengar kata 'ketampanan' di cerita ini, entah kenapa otak gue langsung menyambungkan kata tersebut dengan ini :
"Aku sebut ini : tampan dan berani."
Ya jadi kurang lebih seperti itu. Abis cerita itu si Pak Dadi cuman bilang "Tapi emang bener loh, cuman waktu yang bisa memulihkan cinta. Dan waktu juga adalah obat paling manjur buat segala penyakit. Asal kita sabar aja" lalu omongan pun berlanjut ke materi yang sebenarnya. Jadi ya cerita ini cuman selingan aja di pagi tadi. Gatau karena apa Pak Dadi cerita ini, mungkin karena lagi pengen aja. Padahal sebelumnya lagi ngomongin Raymond Westerling :(( Mungkin lupa diri. Dan ah iya, selain Mr. Westerling ternyata gue baru inget kalo sebelum cerita ini Pak Dadi lagi jelasin materi ibadah pagi tadi, tentang pengaruh doa orang lain buat kita, lalu muncullah cerita ini (masih gak nyambung amat emang) dan 1 cerita lagi tentang pengaruh doa orang lain buat kita. Abis itu nah baru deh masuk lagi ke materi yang benar.

Ehm, sebagai salah 1 remaja 16 tahun yang bentar lagi dapet KTP, yang masih galau kalo harga aq*ua botol depan sekolah naik jadi 3500 (asalnya 3rebu), gue setuju dengan 'quotes' ini. Buat beberapa hal yang udah diatur dari sononya (iyasih semua juga udah diatur dari sononya, tapi kan ada beberapa yang bisa diubah sama kita sendiri), kita hanya perlu sabar kalo keadaanya memburuk. Hal-hal yang gue maksudnya disini lebih condong ke hal-hal kejiwaan macem galau, sedih, depresi, stress, bingung dan hal-hal lain. Hal macem ginian bisa hilang seiring berjalannya waktu, kita cuman perlu sabar aja, nanti juga lupa kok :)

Jadi ya istilahnya kalo lo misalkan lagi galau gara-gara kucing lo hamil sama kucing liar RW sebelah, atau stress gara-gara ulangan geografi lo dapet 50 padahal udah relain gak dateng ke pesta semalam suntuk demi belajar keras buat ulangan, atau depresi karena kaos kaki kesayangan lo ilang dimakan kura-kura, yang sabar aja bruh. Percayalah cuman waktu yang bisa nyembuhin kegalauan lo. Dan karena itu kita harus sabar, jangan lupa berdoa juga bisa makin asoy. Percayalah bahwa cobaan ini masih bisa elu tanganin, dan percayalah bahwa cobaan ini bakal ngebuat lo makin kuat ke depannya.

Dan karena gue masih remaja dan (kayaknya) kebanyakan pembaca gue juga masih remaja, jadi masih sering galau karena cinta. Walaupun akhir-akhir ini gue agak geli kalo ngomongin ginian (halah), tapi ya mau ngasitau aja, sekolah weh dulu da udah kelas 12 :(( Bukan iri sama orang-orang pacaran di sekolah, tapi ya gitu, gatau....

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu (QS An-Nisa : 1)

Gue yakin temen-temen yang tau kisah gue di SMA ini bakal mikir "Naon pisan ieu bullshit" waktu baca post ini.

Ebuset bijak banget ya gue. Mentang-mentang udah jadi kaum tua di antara murid sekolah, yang kalo mau naik tangga ke lantai 4 pun kayaknya harus dituntun sama anak SD-SMP saking ringkihnya gara-gara pelajaran.

Dan kalo boleh jujur, sebenernya post ini dibuat secara spontan, dan aslinya melenceng dari tujuan sebenarnya gue nulis post ini. Karena sebenernya pada awalnya gue mau nulis post tentang kehidupan gue di sekolah pada hari ini, tapi ngeliat kata-kata yang bisa buat baper, jadi aja tiba-tiba lupa diri dan malah nyambung kemana-mana, yah walau aslinya gak terlalu kemana-mana dan gak bikin baper juga sih, ceritanya pendek dan sederhana lagian...

"BRO BRO

IYA BROOO

LAGIAN ITU BRO, ITU TUH NAMA JALAN DI BALI DEKET KUTA BROO

ITU LEGIAN BROOOO

HAHAHA PARAH PARAH"

Hehe gak lucu yah. Yaudah deh. Gue harap kalian gak nganggep gue lagi galau atau stress atau depresi karena tulisan gue yang tampak begitu jujur dan bisa bikin muntah temen-temen gue. Karena sesungguhnya gue (Alhamdulillah) lagi gak dalam keadaan galau blabla, justru lagi bahagia walau gak tau gara-gara apa #BahagiaItuSederhana. Ya, stress juga kadang muncul sih akhir-akhir ini, kebanyakan gara-gara pelajaran yang bikin gue mulai gundah gulana soal undangan kuliah SBM ITB.
Tapi bodo amat sih, masih banyak kesempatan buat nambah nilai di pelajaran lain, setidaknya sampai gue bisa dapet nilai diatas 83 (kalo bisa diatas 85 malah) waktu pembagian rapot semesteran nanti, biar peluang gue keterima undangan makin asoy.

Ada aamiin?

Wassalam :)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Waktu mgkn bisa menyembuhkan apapun tapi kesabaran menjadi bagian terbesar dari ingatan. Semangat Haykal!!

    BalasHapus