Bagaimana Kelas 12 Berjalan Sejauh Ini

Agustus 20, 2015

*Gue nulis post ini sambil kadang nyetel lagu Bondan - Ya Sudahlah. Lokal emang...

Sekarang gue udah kelas 12, udah jadi paling tua di sekolah, udah jadi sekumpulan dedeque-dedeque dewasa yang bentar lagi kuliah, udah jadi sekumpulan orang yang susah mentolerir anak SD yang ribut deket kelas waktu lagi belajar, yang dalam waktu kurang dari setahun lagi udah mulai banyak muncul status-status galaw khas anak SMA akhir : "TO & les all the time, Party never", "Maafin ya kalo saya ada salah sama kalian semoga kita lancar UN amin", ""Aduh galau mau kuliah dimana, apa gak usah kuliah aja kali yha mending jualan kebab aja deh", "Bentar lagi kita mulai nyebar, guys. Walaupun kepisah, kita harus tetep sering kumpul ya!!" dan juga kalimat sakti menjelang puasa "Bro-bro bentar lagi puasa nih, bukber yuk" dan kalimat melegenda lain "Ngikut bro gue mah" dan ujungnya bukber pun dilaksanain di rumah masing-masing.

Atau hal lain yang biasanya diutarain cewek waktu ditembak cowok dan si ceweknya gak mau, alasan yang paling mudah adalah "Aduh maaf ya aku mau fokus UN dulu, tapi kita masih bisa temenan kok" walaupun 12 jam kemudian dia jadian sama kakak kelas yang kalo ngegambar masih di dinding batu #lawas.
Rangkuman kelas 12 sejauh ini.

"Hidup lo kompleks,

kayak integral" - Rudi Hartanto, kalo gak salah 17 tahun yang ke 18, tampan dan berani.

Yap, jadi gue tinggal kurang lebih 9 bulanan di sekolah ini, atau 8 malah. Dan gue baru menjalani 1 dari kurang lebih 9 bulan gue disini. Waktu yang sempit, jadi gue kira amat fatal kalo udah seringkih ini di SMA dan belum punya tujuan mau kuliah dimana, atau mau ngapain abis lulus SMA. Fatal sih.

Gue sendiri sekarang lagi ngejar tujuan utama gue buat kuliah, SBM ITB atau sekolah bisnis manajemen ITB. Entah gue udah bilang berapa kali di blog ini kalo gue mau kuliah di sono, gapapalah. Yang pertama tentu gue ngincer jalur undangan (walau gak tau bisa apa ngga setelah start yang buruk waktu kelas 10) abis itu SBMPTN, yang katanya susah gile dan gue bahkan belom ikutan bimbel apapun (kalo ikut juga paling matematika doang, tapi itu kan bisa dirumah).

Kalo gak masuk SBM ITB (semoga gak kejadian deh), gue masih rada labil soal pilihan selanjutnya. Antara mau milih SBM di kuliahan lain macem Maranatha atau Unpar (banyak Tiongkok supaya ketularan jiwa dagangnya) atau malah milih jurusan lain yang masih bisa gue kuasai. Sementara ini, gue udah buat sampe pilihan ke-5 kalo gak SBM (baik di ITB atau Maranatha atau Unpar). Pilihan 2 itu HI (Hubungan Internasional) UI, rada gile sih gue milih HI di saat nilai Bahasa Inggris gue masih dibawah Gazza. Pilihan ketiga dan keempat rada labil, antara sejarah atau sastra. Pilihan kelima baru yang lupa diri yaitu psikologi. Buat jurusan hukum sendiri gue gak minat lagi setelah rasa ingin berdebat gue berkurang drastis semenjak kelas 11. Tapi ya incaran utama gue tetep SBM ITB sih.

Buat dapet undangan ke SBM ITB, gue kira-kira harus dapet nilai diatas 83 semester ini, setelah secara menakjubkan gue dapet nilai 83 pas di rapot semester 2 kelas 11 lalu. Biar gak deg-degan sih kayaknya harus dapet 85 keatas, atau malah di kagok edankeun jadi 87 sampe 90 walaupun cuman orang jenius macem Nadyra yang kayaknya bisa meraih itu (halah Nadyra aja mentok di 87 kok). Tapi walaupun nilai semester kali ini diatas 83, gue masih gak tau apa gue bisa keterima undangan apa enggak.
Sori lagi pengen random :(
Masalahnya ada di kelas 10, dimana nilai semester 1 ke semester 2 gue turun. Waktu itu gue masih planga-plongo, belom tau mau kuliah dimana dan belom tau apa itu undangan. Makanya gue santai banget kelas 10, tujuan gue waktu itu cuman biar masuk IPS (dan itu konyol banget), jadi waktu tau nilai semester 2 gue lebih kecil dari semester 1 gue, gue masih bodo amat.

Kelas 11 gue mulai tau apa itu undangan dan pengen ngejar itu. Dan gue sadar kalo undangan itu nilai semester nya harus selalu naik. Dan yang buat gue bingung adalah ada 2 versi dari undangan ini. Versi pertama adalah undangan bakal didapet kalo nilai kita naik dari semester 2 sampe 5, sementara versi 1 lagi bilang kalo undangan bakal didapet kalo nilai kita dari semester 1 sampe 5 naik terus. Diantara kebingungan itu, gue masih nyoba ningkatin nilai semester 3 dan 4 waktu itu, siapa tau dapet undangan nanti. Dan Alhamdulillah gue semester 3 dapet nilai 80an setengah lebih dikit lalu semester 4 gue dapet nilai 83 pas. Tinggal semester ini deh harus diatas 83.
Reaksi SBM ITB waktu gue mau undangan tapi nilai ada yang turun.
***********

Gue sadar harus belajar keras supaya dapet nilai diatas 83 semester ini. Awal kelas 12, gue optimis banget bisa lebih rajin dan bisa dapet nilai diatas 83 akhir semester nanti. Tapi kadang pikiran gak sesuai sama kenyataan.

Awal masuk abis libur Lebaran, buku paket ekonomi gue langsung hilang. Selain itu, dispen funrun di Minggu pertama sekolah ngebuat gue rada ketinggalan informasi sedikit soal buku blabla (kalo tugas Alhamdulillah masih kesusul). Akhirnya sistem buku paket dan buku tulis dirumah gue kacau balau, gue gak tau buku tulis gue yang mana aja dan gue suka lupa simpen buku dimana (gak kaya buku kelas 11 yang terstruktur banget). Hal ini berdampak buat beberapa pelajaran kayak PKN atau ekonomi yang catetan gue rada ketinggalan karena selama ini nulis masih di kertas terpisah.

Atau geografi, dimana salah 1 tugas pertama geografi gue salah ngerjain dan berujung dapet minus 25 di kuis dan minus 10 di salah 1 tugas (walau gue berharap Bu Erni lupa nulis minus di daftar nilai gue). Selain itu, matematika gue masih ngaco saat ini, dimana gue gak ikut kuis pertama, kuis kedua dapet 40, kuis ketiga Alhamdulillah dapet 80 dan kuis terakhir dapet 60 (padahal udah ngerjain sampe akhir huhuhu sedih). Gak lupa kisah kuis PKN di Minggu kemaren dimana gue salah memprediksi waktu, karena waktu itu Pak Hamka bilang kuisnya (yang banyak banget sumpah pegel tangan) dikumpulin waktu bel, dari situ gue akhirnya selesein tuh kuis sebelum bel dan berhasil, eh abis itu Pak Hamka bilang kuis dikumpulin waktu pulang aja karena banyak yang belom selesai, laaahhh gue udah selesai :((( Akhirnya gue males nambahin lagi karena udah pegel parah lalu cerita berakhir dengan nilai 70, biasa aja buat gue gak bagus amat. Ada juga presentasi kelompok B.Indo gue yang berujung rada kacau karena gue salah milih materi presentasi (bukan salah sih, tapi sekelas gue kurang mengerti materinya). Yang terakhir, buku paket agama gue ilang padahal udah dinamain, belum lagi kertas buat ambil seragam pun ilang.

Semenjak itu, gue pasrah aja sama undangan. Keterima Alhamdulillah, gak keterima masih bisa SBMPTN. Dan entah kenapa, gue akhir-akhir ini jadi gak punya motivasi belajar (sama kayak Lita). Suka males nulis-nulis, males di pelajaran tertentu blabla. Semoga ini gak bertahan lama deh.

Di pelajaran lain gue masih bisa rada ngikutin kayak sosiologi atau seni (dimana gue secara ajaib bisa nyelesain tugas gambar gue dalam sehari, jarang-jarang loh) atau agama (dengan buku paket yang ilang) atau ekonomi dengan persamaan akuntansi nya yang cukup bikin bingung atau bahasa Jepang walau masih rada kelabakan ngafalin angka dalam bahasa Jepang, dan pelajaran lainnya.
Jarang-jarang bisa ngegambar yang bagus.
Ya sejauh ini sih begitulah kelas 12 berjalan, berat emang. Belum lagi besok gue ulangan matematika dan harus ngerjain sekitar 120an soal latihan dari buku paket (dan gue baru ngerjain 15an HEHE), dan juga ada 40an soal geografi menunggu untuk dikerjain di sekolah dan 60 soal analisis yang harus dikerjain di rumah. Entah gimana nilai gue di bulan ini gimana, dapet 75 juga udah syukur kayaknya, atau 78 deh. Jangan lupa UTS udah menunggu bulan depan. Gitulah.

Entah apa penyebab masalah ini. Padahal di kelas 11 gue bisa santai-santai aja dan tiba-tiba dapet 83 di rapot semester. Kelas 12 kayaknya gue bener-bener ringkih (malah katanya kebanyakan temen gue pun begitu) dan dalam kondisi pasrah soal undangan. Gue udah nyoba lebih rajin di kelas 12 ini, di beberapa pelajaran emang bener, tapi di beberapa pelajaran malah kacau balau. Atau karena faktor temen dan guru juga bisa jadi sih.

Waktu kelas 11, gue terbiasa sekelompok sama Nadyra (kadang sama Mataya juga) kalo ada tugas kelompok. Pokoknya, kalo guru udah bilang "Bikin kelompok ya" gue pasti langsung lirik ke Dyra dan kelompok pun udah terbentuk, biasanya sama Gazza juga. Gatau enak sama kerja sama bareng Dyra, gue sama dia (dan Gazza atau Mataya atau Vira) bisa bagi-bagi tugas yang bener dan hasilnya pun bagus. Gue bahkan pernah presentasi 2 jam pelajaran waktu sejarah peminatan kelas 11 kemaren, kelompoknya gue Nadyra Gazza Rezy Vira sama Mataya, kelompok gue yang jelasin Renaisans waktu itu presentasi 90 menitan di depan kelas sampe bel pulang, lama karena banyak pertanyaan dari temen-temen. Walau gitu gue pernah juga gak kerja waktu sekelompok sama Dyra, kayak waktu presentasi Bahasa Inggris dimana gue yang lagi dispen olim geografi waktu itu gak kerja apa-apa dan tiba-tiba udah muncul depan kelas bacain materi presentasi dengan kemampuan bahasa Inggris rata-rata.

Makanya waktu tau bahwa di kelas 12 ini gue gak sekelas sama Nadyra dan Mataya, gue langsung galaw, pengen pindah kelas. Dan bener gue ngajuin surat tukeran kelas sama Rahmadi. Alasan gue ke Bu Vita (guru BP) waktu itu adalah gue bakal kesulitan kerja sama bareng orang-orang di kelas gue sekarang, karena gue susah percaya sama orang jadi ujung-ujungnya gue biasanya ngerjain semua tugasnya sendirian. Bu Vita waktu itu sempet ngasitau gue buat percaya kalo gue bisa percaya sama orang-orang di kelas dan gak bergantung sama Nadyra lagi soal tugas kelompok, apalagi Bu Vita bilang kalo kelas 12 ini bakal jarang ada tugas kelompok lagi. Lewat itu gue pun akhirnya percaya sama diri gue sendiri dan akhirnya gak jadi tukeran kelas.

Kenyataan pun berbeda, tugas kelompok mulai muncul beberapa dan gue bener-bener bingung harus ngapain di tugas kelompok bahasa Indonesia dan sosiologi (walau sosio Alhamdulillah bisa selesai cepet). Yang tugas kelompok bahasa Indonesia sih gue bener-bener bingung. Kebiasaan susah percaya sama orang pun muncul lagi dan ujung-ujungnya jadi gue yang banyak ngerjain dan ngomong waktu presentasi (walau buat tugas lain macem buat hand-out atau ngeprint gue percayakan sama orang lain hehe lieur cuy). Hal lain dari kebiasaan susah percaya sama orang itu juga kadang muncul waktu ada tugas kelompok sama temen sebangku, gue biasanya ngerjain pertama tugas itu dan temen kelompok gue biasanya nanya "Kal mau aing bantuin gak" dan biasanya gue bilang "Heeh kalem keur nulis heula" dan tiba-tiba gue bilang "Yak selesai, sok kalo maneh mau nambahin mah" lalu biasanya temen sekelompok gue itu cuman bilang "Anjir Kal ieu mah geus kabeh, gatau aing mau nambahin apa lagi". Ya gue ikhlas sih (beneran), tapi ya chape aja...

Entahlah, di kelas 12 ini gue belom nemu yang semantap Dyra (atau Mataya) soal belajar kelompok (baik waktu ada tugas kelompok atau waktu belajar bersama). Dan di kelas 12 ini gue jadi sekelompok sama Gazza terus dan si Gazza sering banget bilang "Kan maneh paling pinter disini Kal, jadi maneh ketua kelompok ya". Egila. Gue gak bisa ngapa-ngapain nyet.

Yah, semoga aja makin lama gue makin bisa percaya sama temen-temen kelompok gue yang kayaknya bakal permanen selama kelas 12 ini : Gazza Alif Satria Rezy sama Bintang, kadang Al sama Ryan juga. Chape cuy ngerjain sendiri, mana perasaan makin lama hasil kerjaan gue makin gak jelas lagi... Jadi gue suka gak tau mau nulis apa dan akhirnya nulis ngaco aja, mungkin saya lelah :(

**********

Dan beberapa menit yang lalu, si Lita curhat di grup tigaan bahwa dia galau karena nilainya turun di semester 3. Pas gue liat nilai semester 1 sampe 4-nya, ternyata : 82, 83.5, 80.68, 86.06

GILA di IPA dapet 86 mikir apa :( Gue di IPS dapet 80an geh udah syukur...

Dan seketika gue pun merasa lemah...

Untung dia IPA, kalo IPS mungkin gue bakal lebih pasrah lagi.
Reaksi gue waktu liat nilainya Lita.
Yah, walau begitu gue masih sedikit optimis lah soal undangan. Kalo gak keterima undangan juga gue pasrah aja, mungkin bukan jalan gue. Gak harus kuliah di SBM ITB buat bikin perusahaan dan nerbitin buku sendiri. Gak kuliah juga bisa kok asal mau berusaha mah. Tapi ya tentu kalo bisa sih kuliah dulu maunya mah.

Susah, tapi pasti bisa.

*dan tambahan aja, entah dampak dari depresi awal kelas 12 atau emang otak gue yang ngaco, akhir-akhir ini ingatan jangka pendek gue mulai menurun lagi. Gue suka lupa hal-hal yang terjadi 10 menit sampe beberapa jam yang lalu, tapi hal kemaren suka masih inget walaupun samar. Udah sih gitu aja.

Wassalam, semoga hari kalian indah selalu.

You Might Also Like

2 komentar