YAY ARBES

Agustus 20, 2015

Well, setelah nunggu beberapa lama (dan gak nyadar juga sih nunggunya), akhirnya arbes tahun ini alias arbes TB ke 38 dibagiin juga pagi tadi abis pelajaran OR-Teori (teuing nanaonan ieu pelajaran). Ini adalah arbes kedua gue dan kesan pertama gue setelah liat ini arbes adalah : "Gile, berat bener cuy".

BTW, arbes itu sendiri adalah singkatan dari "Arga Bestari". Singkatan ini bukan berarti tanpa makna, karena sesungguhnya dibalik Arga Bestari itu sendiri ada singkatan lain yang tersembunyi, yaitu "Keluarga Besar Taruna Bakti". Ya, jadi di dalem singkatan ada singkatan, geus baelah mungkin yang buatnya efisien *sambil gak tau apa hubungannya.

Ya, jadi arbes ini adalah semacam buku tahunannya semua orang di Yayasan TB. Mulai dari dedeque-dedeque uchul dan menggemaskan di TK, dedeque-dedeque ribut di SD, dedeque-dedeque pra-puber di SMP, remaja-remaja galaw pasca-puber di SMA sampai kakak-kakak.yang.berharap.masih.bisa.jadi.anak.remaja.aja di ASMTB (Akademi Sekretasi dan Manajemen TB). Isi arbes sendiri adalah foto-foto semua orang yang ada di TB mulai dari TK-ASM dan juga jajaran staf Yayasan juga guru-guru, juga foto lengkap kegiatan masing-masing tingkatan di tahun itu.

Gue gak tau arbes pertama kali dibuat tahun berapa, karena gue sendiri baru masuk TB waktu SMA dan gak mau sosoan macem orang yang ikut mendirikan Yayasan TB #Lawas. Tapi kalo gak salah, arbes ini dimulai dari pendirian SMPTB, 38 tahun lalu, gak tau tahun berapa gue gak jago ngitung. Ah iya, 1987, semoga benar. Dan arbes masih bertahan sampe sekarang, yang kayaknya tiap tahun makin besar ukuran arbesnya (karena gue sempet liat arbes di perpus, tipis-tipis arbesnya, masih hitam-putih pula yang tahun 2000an). Arbes tahun lalu aja udah gue anggep gede banget, lah pas liat yang sekarang mampus dah tuh punggung kalo arbesnya dimasukin tas, da mau dibawa juga berat :(
Atas : Arbes tahun lalu
Bawah : Arbes tahun ini
Mampus dah tuh punggung
Arbes juga tiap tahun punya tema. Kalo tahun lalu temanya "Heritage" dengan desain depan yang macem foto keluarga bangsawan Jawa (tapi ada bule 1 ikutan foto), buat arbes tahun ini temanya "Care & Charity" alias "Peduli dan Amal" dengan sampul depan yang lebih simpel dan keren. Walaupun ada tema, gue gak terlalu yakin semua orang yang fotonya ada di arbes ngikutin tema yang ada. Kalo tahun lalu gue liat ada beberapa kelas (terutama anak SMP) yang foto tentang budaya atau di tempat bersejarah. Di arbes tahun ini, gue gak liat banyak kelas yang ngikutin tema, gak ada kelas yang foto di panti asuhan atau lagi bantu korban bencana atau lagi ngerangkul temennya yang gagal lolos seleksi badut sirkus Kecamatan Andir.

Tapi jelas ada kelas yang foto arbesnya menarik perhatian gue. Bukan karena sesuai tema, tapi karena nyeleneh :( Yang pertama itu foto salah 1 kelas di ASMTB. Fotonya sih biasa, semua orang di kelas itu, latar belakang nya Pura di Bali. Tapi yang buat gue heran adalah, fotonya di langit :(( Liat aja ndiri :
Foto di langit? Kade labuh Mba :(
Yang kedua adalah foto kelas 12 IPS yang kemaren baru lulus. Gak tau kenapa kelas IPS tahun lalu fotonya selalu digabungin, kayak tahun lalu mereka kayaknya foto arbes barengan (jadi gue gak bisa bedain mana kakak kelas yang IPS 1 mana yang IPS 2) dan tahun ini mereka nyamain tema arbesnya, dan absurd parah. Dari mulai jerapah sampe Mas-mas Mekdi dimasukkin ke arbesnya mereka, mau nya apa sih :((
Mz burgernya 1 mz
Ya, begitulah, namanya juga anak SMA.

*********

Disamping itu, arbes jelas selalu ditunggu tiap tahun sama anak TB karena beberapa alasan. Seperti : Pengen liat foto sendiri di arbes, pengen liat foto temen-temennya di arbes, pengen liat gebetan / pacar / mantan / adek kelas atau kakak kelas inceran di arbes, pengen liat foto temen yang jelek di arbes jadi lo bisa ngejek tuh orang. Gue sendiri kayaknya jadi salah 1 orang yang memanfaatkan arbes tahun ini buat semua tujuan yang gue sebutin diatas HEHE (kecuali yang nyari foto mantan, karena gak punya *nangis*)

Anak SMA sendiri setau gue (yang angkatan gue) rata-rata liat foto arbes angkatannya, adek kelas, kakak kelas dan anak SMP terutama kelas 9 karena yang kelas 7 belom pada kenal. Buat foto anak SD atau TK sendiri kayaknya gak banyak yang peduli, kecuali buat beberapa orang yang pengen nyari info disana, macem adeknya salah salah gebetan / pacar, yah kadang suka kepo aja pengen liat fotonya. Buat ASM sendiri, kayaknya gak ada anak SMA yang peduli... Buat yang foto di langit pun gue tau dari si Rasiq.

Arbes kelas gue sendiri, XI-7, rada zonk karena gak ada namanya :(( Padahal si Ardita (yang edit arbes kelas gue) bilang kalo dia udah masukin nama di arbes itu, dan zonk yang kedua adalah foto guenya gorings :((( Pose alay yang sebenernya disuruh Ibunya Najma selaku tukang foto arbes anak-anak kelas XI-7. Pas bagian gue yang foto, Ibunya Najma malah nyuruh gue jongkok dan akhirnya memfoto muka gue doang, full. Well...

Padahal ada foto yang lebih bagus tapi gue telat ngasitau ke Ardita buat ganti foto. Ya udahlah. Gak ada yang mau liat foto gue ini.

Ah iya, arbes yang gue dapet kali ini juga rada zonk. Selain karena foto guenya gorings, gue juga dapet yang rada cacat. Ada 2 lembar yang kegabung alias belom dipotong, jadi gue gunting tuh kertas yang kegabung sampe ujung sebagai langkah akhir perbaikan. Yang kegabung ada di kelas XI-4 sama X-6. Dan yang gue gunting yang XI-4 doang karena gue gak kenal anak-anak X-6 tahun lalu.

Well...
Jadi ya begitu arbes tahun ini. Gak menarik emang, karena semua orang di TB udah punya arbes masing-masing. Ya, gitulah, selamat liat-liat gebetan di arbes ya. Jangan kebablasan nanti mimpiin gorila makan sabun, kan repot bayanginnya.

Wassalam.

You Might Also Like

2 komentar