Pagi (Not So) Gembira

Agustus 18, 2015

Hari ini, Selasa 18 Agustus 2015 ada acara Pagem alias Pagi Gembira di sekolah gue. Acara ini biasanya diadain sekolah gue buat memperingati kemerdekaan Indonesia, dan biasanya diadain 1-3 hari setelah 17 Agustus, dan biasanya diadain waktu hari sekolah jadi istilahnya sekolah diganti jadi pagi gembira ini. Acara pagem sendiri biasanya berisi lomba-lomba yang umumnya ada di waktu 17an di masyarakat aja, kayak lomba makan kerupuk, bakiak sama masukin pensil ke botol. Yang gak ada itu lomba makan kerupuk disuapin mantan lomba ngambil koin di buah besar yang dikasih oli, lomba balap karung, dan panjat pinang. Sebagai tambahan, di pagem ini ada lomba tarik tambang, fashion show sama menghias tumpeng. Acaranya sendiri kali ini diadain di GOR Suci, dimulai jam setengah 7 pagi, upacara dulu pasti, pake baju putih.

Buat upacara sendiri, kali ini sekolah gue bener-bener ngadain upacara bendera macam sekolah negeri. Karena biasanya upacara Senin pagi di SMATB lebih tepat disebut "apel pagi" karena gak ada pengibaran bendera (da gak ada tiangnya) tapi kali ini ada pengibaran bendera, tiangnya dari tongkat yang udah disulap sedemikian rupa sama anak-anak pramuka kelas 11 macam Anto, Arif, Rahadi dan kolega. Terpaksa pake itu karena gak mungkin mindahin tiang bendera asli ke lapangan basket (upacaranya di lapang basket). Petugas upacaranya udah disiapin waktu hari Jumat kemaren, dimana gue berperan jadi pemimpin pasukan 1, walau sebenernya gue masih berharap jadi pembaca Pembukaan UUD yang ditempatin si Bella anak kampung. Kelas 12 yang jadi petugas upacara cuman 4 orang, gue Ronal Fajar (Fajar yang mantan pradana itu) sama Zul, sisanya kelas 11.

Gue sendiri dateng jam setengah 7 lebih dikit, atau kira-kira 6.45 kurang dikit. Gue beruntung waktu datang upacaranya belom mulai, kalo udah mulai bisa amsiong gue. Waktu gue dateng udah banyak anak kelas 10 yang baris di lapang basket, sementara kelas 11 dan 12 gak terlalu banyak, biasa lah pada mau dateng telat. Setelah ngatur barisan gue (yang pastinya dedeque-dedeque kelas 10 semua) gue pun berdiri siap, dengan kemeja putih dan buff Field Trip di leher gue, gak tau buat apa iseng aja pake. Upacara pun mulai.

Alhamdulillah semua berjalan lancar, termasuk waktu gue teriak "KEPADA, PEMIMPIN UPACARA, HORMAAAAAATTTT, GRAK" dan yang lain pun bekerja mantap. Satu-satunya masalah di upacara itu adalah salah komunikasi antara gue Fajar dan Ronal sebagai pemimpin pasukan (si Zul telat jadi aja masuk barisan biasa). Sebelum mulai, kita sepakat kalo abis laporan akhir, kita bakal balik di depan barisan masing-masing, buat balik ke tempat awal. Tapi yang terjadi adalah, gue balik ke depan barisan, sementara Ronal dan Fajar malah balik ke tempat awal. Sempet tengsin, akhirnya gue puter balik ke tempat awal gue. Gile. Ini kesalahan kedua gue selama upacara di TB hahaha bodo amat. Selain masalah sialan itu, yang jadi kendala gue (kata orang lain) adalah suara GRAK gue yang gak sepadan sama suara HORMAAATTTT gue. Katanya suara HORMAAATTTT gue udah mantap, tapi pas grak nya aneh :( Entah karena gue cadel atau karena gue emang orang aneh.

Gue jadi inget pagem tahun lalu, dimana gue waktu itu masih anggota OSIS dan pagem ini jadi acara terakhir yang gue tanganin sebagai OSIS. Tahun lalu gue dipercaya sama Kornel dan Alman (ketua dan wakil di sekbid Bela Negara tempat gue bernaung di OSIS) buat ngurus upacara pagi gembira. Jadi aja, setelah minta Kak Cut Fira buat jadi pembawa acara pagem (dan untungnya mau) dan nyari petugas upacara lain secara random (gak dapet si Salman, jadi aja gue pake Wisnu, Zul sama Arya, gak lupa gue akhirnya jadi petugas upacara juga). Walau harus bagi waktu antara logistik pagem dan ngurusin upacara, Alhamdulillah upacara berjalan lancar, walau harus bolak balik nyari perangkat upacara termasuk ngeprint teks proklamasi dan ngobrolin urutan upacara sama Kak Cut Fira dan Bu Molly (karena beda sama upacara biasa jadi ada yang harus diubah dikit). Masalah yang ada paling cuman Wisnu yang suaranya waktu itu serak parah dan Mas-Mas yang sedikit telat muterin lagu Indonesia Raya dari laptopnya Robby. Gitulah.

Abis upacara selesai, panitia masih nyiapin properti buat lomba, terutama lomba makan kerupuk, yang ternyata kerupuknya bisa gue raih tanpa usaha apa-apa karena kerupuknya sejajar sama mulut gue :( Dan gue prediksi lomba ini bakal berlangsung ketat karena anak TB kebanyakan tinggi-tinggi dan kayaknya cuman Mojo sama Jul yang bakal sedikit kesusahan meraih kerupuknya. Tapi gue gak nonton lomba makan kerupuk sepanjang pagem ini.

Gadag, akhirnya gue Rasiq Dafa pun cuman muter-muter pagem aja karena belom ada lomba yang mulai. Setelah beberapa saat baru ada lomba yang mulai, lomba bakiak (dan ternyata sambil nangkep belut) adalah yang pertama gue tonton, yang tanding pertama kelas XII-7, XII-4 dan sisanya entah kelas 10 dan 11 apa. Yang main buat XII-7 itu si Ronal Rasiq sama Dafa. Si Ronal sempet buat ulah gile yang bisa-bisa blog gue dikasih obat hama kalo gue tulis disini. Dan akhirnya gue gak tau siapa yang menang, karena panggilan kelas gue buat main tarik tambang udah terdengar.

Setelah nyari temen-temen kelas 12 (terutama cowok) dan ganti baju yang lebih merakyat (jersey Liverpool yang pernah nyetak 1 own goal dan celana Persib yang ternyata udah rada kekecilan), akhirnya kelas gue siap main tarik tambang, lawan XII-4. Yang main itu gue Mojo Bayu Ichsan Gazza Alif Satria Ryan Bintang Reza dan Astri kalo gak salah, atau Atya lupa gue. Di match pertama, kelas gue kalah setelah sempet narik dikit. Di match kedua kelas gue mulai menunjukkan taring, setelah sedikit perjuangan, akhirnya kelas gue menang match kedua setelah ada kekuatan tambahan dari Azis (yang sebenernya kelas XII-7, tapi karena masih IPS jadi gak ada yang peduli).

Match ketiga, kelas gue mau nyoba come-back, dengan formasi yang sama, kelas gue mulai narik tuh tali tambang dari kelas XII-4. Setelah perjuangan beberapa detik, akhirnya kelas gue menang !! Gile, jarang-jarang kelas IPS menang di kompetisi sekolah hahaha, gak juga deng. Abis itu gue gak tau lawan kelas gue apa. Dan abis itu juga gue masih di arena tarik tambang dan sedikit berkeliling, tapi masih fokus di tarik tambang, nonton XII-7 yang kalah lawan XII-6, padahal sebelumnya si Bima bilang ke gue "Geus Kal kelas aing mah mau ngalah aja", sangat mengalah Bim. Gak lupa juga ada XII-1 yang menang lawan, lawan kelas apa ya gak tau gue soalnya campuran lawannya...
Reaksi abis kelas gue menang tarik tambang lawan XII-4.
Gue gak dapet informasi menarik pertandingan tarik tambang yang menarik abis XII-1 lawan apapun itu tadi, makanya gue ke lapangan basket aja setelah tau kalo disana lagi ada lomba hias tumpeng. Beberapa kelas udah mulai menghias, udah banyak malah. Sementara kelas gue belom ada orang-orangnya, dan gue pun secara soide dateng aja ke bawah dan mulai nyoba ngehias tumpeng kelas gue dari tumpeng dan bahan yang entah datang darimana. Sama Al, Nadine, Vira, Ichsan, Yasmin dan Satria kalo gak salah, mulai bikin rencana hias tumpeng sialan itu. Beberapa kali ide gue ditolak karena dianggap terlalu aneh (dan akhirnya gak ada yang kepake juga ide gue). Selama beberapa menit yang hening itu kita cuman debat mau digimanain nih bahan, sementara gue liat kelas XII-6 yang ada di depan kelas gue udah sempet ngasih bendera Indonesia di tumpeng mereka.

Shid.

Akhirnya Bagoes datang dan mengubah banyak hal, dia sama Nadine dan Yasmin dan Al akhirnya yang menghias tumpeng secara waras dan bijaksana, dimana di tempat lain Ichsan cuman bisa ngomel dan bilang "Aing mah bantu makan aja". Gue gak tau berapa lama lagi waktu menghias nih tumpeng, jadi aja gue bolak balik aja lapang basket.lapang voli buat nonton tarik tambang dan ngeliatin tumpeng lagi. Tarik tambang sendiri gue sempet main dulu lawan kelas XII-2, dan jelas kalah telak karena pemain mereka ototan semua :(( (Salman NofalMJ Alwan Toro Wafi dan yang lainnya). Abis itu ada XII-1 lawan XII-6 dimana nakz Biling menang comeback, dan entah gimana caranya tiba-tiba udah final aja XII-1 lawan XII-2, dan lagi-lagi XII-2 pun menang telak dari nakz biling yang rata-rata anak logistik. Gitulah, juara deh. Yay.

Abis itu balik lagi aja ke lapang basket. Pengeras suara ngumumin kalo lomba hias tumpeng ini tinggal 1 jam lagi. Iya. Satu jam. Lama amat. Ada beberapa kelas yang udah leha-leha dan malah ada beberapa anak yang main basket setengah lapang, waktu dimana ada beberapa kelas masih hias tumpeng, kena bola amsiong tuh. Buat sementara waktu yang menyedihkan, kehidupan gue bener-bener menyedihkan. Duduk-duduk aja, keliling lapang basket, naik-turun tribun basket, ngeliatin orang-orang, main HP, keliling GOR Suci, dan begitulah seterusnya. Sampe akhirnya pengeras suara bilang kalo tumpeng harus diberesin dan boleh dimakan karena abis ini lapang basket mau ada acara fashion show.

HUADAH, akhirnya gue bawa tuh tumpeng ke bawah ring basket rusak, deket tribun, di sebelah tumpeng XII-6 yang tak bertuan. Karena gak ada yang nyamperin, ujung-ujungnya cuman gue Ichsan Rezy Satria Alif Ryan Bintang sama Gazza yang makan tuh tumpeng, hal-hal idealis macem ayam atau telor atau tempe kita abisin semua, dan cuman nyisain 1 buat Vira HEHE. Abis kenyang (karena dari rumah emang belom sarapan), gue ngacir aja ke atas sambil ngemilin timun, sisa makanan gak tau gue ora urus, mungkin dilahap sama Ryan dkk.

Setelah puas ngabisin tumpeng, acara fashion show pun dimulai, gue sama Kepin Jul Bram dkk duduk-duduk tampan di tribun, sementara banyak anak yang duduk di pinggir arena fashion show (tengah-tengah lapang basket). Fashion show pun muncul dari X-1 sampe XII-8. Dimana cewe X-1 malah ngobrol sama penonton, anak X-3 jadi dokter, cewek X-2 diperanin sama cowok, X-4 sampe X-8 gak tau lupa, sementara XI-1 ada Aldwin sama entah siapa yang bergaya macam Soekarno, dan XI-2 sampe XI-6 gak ada, XI-7 dan XI-8 gak tau lupa. Terus XII-1 sendiri ada si (sieta gatau lupa hehe) XII-2 nampilin Salman sama Shafia (Salman sempet pamer otot gile), XII-3 ada entahlah siapa... XII-4 ada Irvan dan Tatia yang dandan macem anak desa, XII-5 lupa, XII-6 ada Iki dan Addina, XII-7 si Ronal sama Shaina pake baju tentara (dan si Shaina pun jatoh di ujung jalan bung) lalu kelas gue (XII-8) nampilin Alvi sama Caca dengan joget sok asiknya.

Abis itu pagem selesai, sekitar jam 11an. Dan pengumuman pemenang, kelas gue gak menang apa-apa, sementara kelas sebelah juara 1 entah lomba apa. Waw. Im feeling very happy. Waw. Satu-satunya hal yang buat gue bahagia hari itu adalah fakta bahwa hari itu gue gak harus belajar di sekolah, dan pulang lebih awal. Itu aja.

Gatau kenapa pengen aja ngirim gambar ini. Suka random emang.
Abis pagem selesai, sebenernya ada acara lain sama (mantan) XI-7, makan-makan di suatu restoran deket GOR Suci dan abis itu ke panti asuhan di Cimahi. Gue awalnya mau ikut, tapi entah kenapa, di perjalanan, gue tiba-tiba puter arah dan pulang aja ke rumah.

Yaudah sih.

Wassalam. Terbaik untuk kalian.

You Might Also Like

0 komentar